Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Author : -
Overview : Berita Teknologi Liputan6.com menyajikan kabar gadget terbaru, games keren, daftar aplikasi ponsel, aktititas internet hingga operator telekomunikasi
Language : English
Last Updated : 9/2/2014 2:31:12 AM
Website : http://tekno.liputan6.com


View Channel View Channel

1. Game Baru Penerus Flappy Bird Dituduh Hasil Nyontek
Date/Time : 9/1/2014 7:00:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099248/game-baru-penerus-flappy-bird-dituduh-hasil-nyontek
 

Dong Nguyen, pengembang aplikasi asal Vietnam yang tersohor berkat Flappy Bird belum lama ini diketahui merilis game anyar berjudul Swing Copters pada 21 Agustus 2014 lalu.

Mengusung konsep permainan 'menyebalkan' khas Flappy Bird, Swing Copters pun dilaporkan mampu menarik minat para pengguna perangkat Android dan iOS. Kini Swing Copters sudah berhasil 'nonkrong' di posisi ke 10 daftar aplikasi gratis terpopuler di Google Play Store.

Namun sayang, belum lama beredar game anyar ini sudah menuai kotroversi karena dituduh merupakan hasil contekan dari game mobile lainnya.

Sebuah studio pengembang aplikasi bernama Open Name telah mengirimkan email terbuka kepada sejumlah situs dan blogger teknologi. Mereka menyebutkan bahwa Swing Copters milik Nguyen telah secara terang-terangan menjiplak game besutan mereka yang berjudul Bog Racer.



Dong Nguyen pun tak tinggal diam menerima tuduhan tersbut. Dilansir laman Pocket Gamer, Senin (1/9/2014), pengembang game asal Vietnam itu telah mengirimkan email tanggapan, dan memberikan sanggahannya.

"Proyek Swing Copters bukan baru, tapi sudah ada sejak Februari 2014 dengan nama Kitty Jetpack pada waktu itu. Sebagai bukti, Anda bisa melihat screenshot-nya di majalah Rolling Stone yang diterbitkan Maret 2014," tulis Nguyen.

"Saya yakin ini hanyalah sebuah kebetulan yang biasa terjadi antar dua game yang menggunakan mekanisme yang sama. Tapi jika kita melihat aspek lain, kedua game ini benar-benar berbeda," lanjut Nguyen.

Kesamaan antara Swing Copters dan Bog Racer sendiri sebenarnya terasa pada sektor gameplay dan kontrol permainan. Namun dari sisi grafis dan visual tidak ada persamaan sama sekali.



Back To Top Go To Bottom

2. Pengamat: Internet Sudah Jadi Hajat Hidup Orang Banyak
Date/Time : 9/1/2014 6:07:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099492/pengamat-internet-sudah-jadi-hajat-hidup-orang-banyak
 

Pengamat Teknologi dan Informasi, Teguh Prasetyo, menilai akses internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan pokok masyarakat. Karena itu akses internet yang cepat sudah seharusnya bisa dirasakan.

"Ada 9 bahan pokok, yang keempat itu saya bilang kalau sekarang adalah internet. Internet itu sudah menjadi hajat hidup orang banyak," kata Teguh di sela-sela acara diskusi 'Akses Internet Cepat dan Murah, Jalan Tol Menuju Kemakmuran' di Warung Daun Cikini, Jakarta, Selasa (1/9/2014).

Kebutuhan internet, lanjut Teguh, saat ini sangat berbeda jauh dibandingkan beberapa tahun lalu. "Kalau sekarang internet tidak bisa diakses selama semenit saja, sudah banyak orang yang memprotes," katanya.

Untuk mendapatkan akses internet yang cepat, sambung Teguh, dibutuhkan revolusi dari berbagai kalangan. Termasuk praktisi, pengguna, penyedia jaringan dan konten, serta eksekutif dan legislatif.

"Tidak ada koordinasi dan kesatuan visi, itulah masalah kita saat ini. Pemerintah juga jangan terlalu bergantung ke swasta dalam membangun infrastruktur TIK," tuturnya.

Di kesempatan yang sama, anggota Badan Regulasi dan Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Nonot Harsono, menambahkan bahwa untuk mendapatkan akses internet cepat, dibutuhkan pemikiran bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) adalah berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Pemerintah harus ingat bahwa TIK adalah penggerak ekonomi dunia.

"Kemenkominfo harus fokus menyediakan akses komunikasi cepat bagi semua warga negara, dunia usaha dan industri, dan pemerintah, di seluruh wilayah dengan harga terjangkau," kata Nonot.

Nonot pun optimis Indonesia akan memiliki akses internet cepat dan lebih baik ke depannya, tapi diperlukan regulasi, pola pikir, orang-orang, dan organisasi yang tepat untuk membangun infrastruktur TIK.

"Industri Telko itu bisa berjalan tanpa dana dari pemerintah. Jaringan TIK bisa dibangun oleh BUMN dan swasta. PR (Pekerjaan Rumah) pemerintah selanjutnya adalah untuk membenahi pembagian tugas nasional, tapi semuanya harus saling terhubung antara pemerintah dan pihak swasta," ungkap Nonot. 



Back To Top Go To Bottom

3. Nelpon Paling Lama, Pelanggan XL Dihadiahi Mobil
Date/Time : 9/1/2014 5:33:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099483/inelponi-paling-lama-pelanggan-xl-dihadiahi-mobil
 

PT XL Axiata, Tbk (XL) memberikan hadiah mobil kepada salah seorang pelanggannya. Pria beruntung tersebut adalah Rudy Supajan dari Jakarta Timur. Ia mendapatkan 1 unit mobil Suzuki Ertiga karena melakukan aktivitas menelepon paling lama.

Dalam keterangan resminya, Senin (1/9/2014), XL menyebutkan bahwa Rudy merupakan pemenang dari program Talkathon atau 'Menang Berkah Tiap Jam Tiap Hari' pada bulan Juni lalu, yang merupakan bagian dari program 'Ramadan Berkah Sampai Puas'.

"Berkah hadiah Ramadan ini kami buat sebagai salah satu bentuk apresiasi dan komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan XL dan AXIS. Tak lupa saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah menggunakan layanan XL selama bulan Ramadan dan Lebaran," kata Vice President Region XL Jabodetabek, Titus Dondi.

Sesuai temanya, melalui program ini XL memberikan berkah hadiah Ramadan tidak melalui mekanisme pengundian, namun hadiah utama diberikan langsung kepada pelanggan yang menggunakan layanan voice paling lama di bulan Ramadan, selama periode 21 Juni hingga 21 Juli 2014.

XL juga menyediakan hadiah ratusan ponsel Android hingga 5 unit motor Honda Revo. Pemenang ditentukan berdasarkan data akurat yang didapat. Selain Rudy, 5 pemenang hadiah utama berupa motor adalah pelanggan XL dari Depok, Tegal, Pekanbaru, Pontianak dan Surabaya.

Saat ini XL diperkuat dengan 47.814 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) serta jaringan backbone fiber optic (FO) yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. 



Back To Top Go To Bottom

4. 5 Pelajaran Penting dari Tersebarnya Foto Bugil Artis
Date/Time : 9/1/2014 5:00:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099446/5-pelajaran-penting-dari-tersebarnya-foto-bugil-artis
 

Foto bugil sejumlah selebriti ternama di dunia bocor di internet. Foto-foto itu kabarnya dicuri oleh seseorang dengan cara membobol layanan penyimpanan online iCloud milik Apple.

Sejumlah artis yang menjadi korbannya antara lain Jennifer Lawrence, Kate Upton, serta sejumlah bintang Hollywood lainnya seperti Victoria Justice, Ariana Grande, dan Mary Elizabeth. Juru bicara Lawrence bahkan mengakui bahwa foto yang disebar itu benar milik Lawrence, yang diduga dicuri dari akun iCloud-nya.

[Baca: Hacker Curi Foto Bugil Jennifer Lawrence dan Kate Upton

Bagaimanapun, kasus pencurian foto ini merupakan kejahatan serius dan pelanggaran privasi. Ada beberapa pelajaran penting yang bisa kita petik dari kejadian ini.

1. Terlepas dari apakah para selebriti tidak melindungi account mereka dengan baik atau memang ada celah keamanan di iCloud, namun jika Anda mempunyai foto bugil, berpikirlah dua kali sebelum menyimpannya di layanan penyimpanan awan (cloud).

Pasalnya, penyedia layanan cloud  sering dijadikan target. Hacker tahu bagaimana cara menyusup ke layanan cloud, mereka tahu bahwa selebriti dan perusahaan memiliki file penting. Dan hacker tahu mereka bisa mencari keuntungan finansial dari situ.



Selain itu, tidak ada yang bisa menjamin bahwa semua file yang Anda simpan di cloud akan terjamin keamanannya. Mantan agen NSA, Edward Snowden beberapa waktu lalu pernah mengklaim bahwa anggota NSA sering berbagi foto bugil yang mereka kumpulkan dari kegiatan pengawasan online yang mereka lakukan.

Jadi, meskipun penyedia layanan cloud yang Anda gunakan lebih profesional dalam menangani keamanan, Anda tetap harus menyadari kemungkinan resikonya, dan hacker lebih banyak mencuri file dari layanan cloud daripada komputer di rumah Anda.

Selanjutnya >>>

Selanjutnya

2. Jika Anda harus menyimpan file-file penting Anda di layanan cloud, jangan lupa dienkripsi. Namun jangan menggunakan tools enkripsi yang disediakan penyedia cloud. Sebab jika hacker meng-hack layanan itu, mereka dapat memperoleh akses untuk mendekripsinya jika sistem dekripsinya ada di layanan itu.

3. Pastikan untuk mengamankan akun Anda dengan benar. Gunakan password yang kuat. Hindari menggunakan password yang sama untuk banyak layanan. Sebab jika salah satu layanan Anda dihack, bisa jadi layanan Anda yang lain akan ikut terkena karena passwordnya sama.

4. Cobalah pertimbangkan, jika Anda menyimpan foto bugil di cloud lalu foto itu bocor, kemungkinan bocornya foto-foto itu akan berdampak buruk pada karir atau hubungan Anda.

5. Pastikan untuk tidak berbagi (men-share) foto/video yang Anda sendiri tidak ingin publik melihatnya. Ingat, foto atau video yang Anda posting di Internet dapat dikonsumsi publik dan akan online selamanya.

Tempat terbaik untuk menyimpan file-file yang penting dan sensitif adalah di komputer yang tidak terhubung ke internet. Namun file tersebut tetap harus dienkripsi dan dilindungi password.

Baca juga:
Hacker Juga Curi Foto Bugil Kim Kardashian
Foto Bugil Seleb Disebar Hacker, Ini Daftar Korbannya
Hacker Curi Foto Bugil Jennifer Lawrence dan Kate Upton



Back To Top Go To Bottom

5. Gabung ISIS, Mantan Vokalis Band Rock Tebar Ancaman di Twitter
Date/Time : 9/1/2014 3:44:44 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099317/gabung-isis-mantan-vokalis-band-rock-tebar-ancaman-di-twitter
 

Sally Jones, seorang wanita berusia 45 tahun asal Chatham, Inggris, awalnya adalah seorang vokalis band rock yang memiliki kehidupan liar dan bebas. Namun segalanya berubah setelah ia menikah dengan Junaid Hussain, seorang hacker yang memutuskan untuk mengambil jalur hidup jihad. 

Dilaporkan laman Daily Mail, Senin (1/9/2014), Jones dan Hussain kini bahkan teridentifikasi telah berada di Suriah untuk bergabung dengan militan ISIS. Melalui akun Twitter pribadi Jones, @UmmHussain101, ia mengkonfirmasi bahwa bersama sang suami ia telah berada di Idlib - Suriah selama 7 bulan dan bergabung dengan ISIS.



Tak hanya itu, Jones juga menebarkan ancaman kepada kaum kafir melalui Twitter. Dengan gaya meneror ia berkicau, "Suamiku saat ini sedang berada di kamp latihan untuk melatih kemampuan membunuh kaum kafir..."



Sebelumnya ia pun sempat mem-posting sebuah kicauan kontroversial yang berbunyi, "Kalian kafir harus dipenggal dengan pisau tumpul. Datang ke sini dan saya akan memenggal Anda.”

Apa yang dikicaukan Jones menuai berbagai reaksi dari para pengguna Twitter. Pihak Twitter pun memutuskan untuk menghapus kicauan Jones dari linimasa.



Jones diketahui memiliki 2 orang anak yang ia tinggalkan di Inggris. Sementara sang suami, Hussain sebelumnya adalah seorang hacker yang bergabung di dalam tim Poison, kelompok hacker ternama dan disegani di Inggris.



Back To Top Go To Bottom

6. Apple Pamer iWatch Bulan Depan, Penjualan Digelar 2015
Date/Time : 9/1/2014 3:07:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099186/apple-pamer-iwatch-bulan-depan-penjualan-digelar-2015
 

Apple telah menyebar undangan sebuah acara kepada media yang diprediksi untuk memperkenalkan iPhone 6 dan iWatch. Namun untuk penjualannya, iWatch diprediksi akan diluncurkan ke pasar pada tahun depan.

Acara Apple ini akan digelar di Flint Center for the Performing Arts di De Anza College, Cupertino, Amerika Serikat (AS). Ini adalah lokasi yang sama saat pendiri sekaligus mantan Chief Executive Officer (CEO), Steve Jobs, memperkenalkan Mac 30 tahun lalu.

Adapun menurut sumber situs Re/Code, iWatch tidak akan dijual sebelum tahun depan. Kendati perangkat wearable ini diperkenalkan dalam acara yang sama dengan iPhone 6 pada bulan depan.

Dilansir Daily Mail, Senin (1/9/2014), sumber itu merujuk pada skema peluncuran iPhone pertama yang dijual enam bulan setelah pertama kali diperkenalkan.

"Ini (iWatch) tidak akan dikapalkan segera. Ingat, Apple tidak mengapalkan iPhone pertama sampai enam bulan setelah diperkenalkan pada Januari (2007)," tulis Re/Code mengutip informasi dari sumber.

Senada, sumber Financial Times mengungkapkan bahwa perangkat wearable Apple tidak akan dijual sampai awal 2015. Sehingga kehilangan kesempatan penjualan di musim liburan.

iWatch Apple itu disebut akan bisa memonitor kesehatan dan menunjukkan pemberitahuan dari ponsel pengguna. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai remote untuk gadget 'rumah pintar'

Sebelumnya, analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo, mengatakan bahwa iWatch akan tertunda sehingga penjualannya baru dimulai pada tahun depan. Penundaan karena Apple disebut mengalami kendala produksi.

Tantangan yang dihadapi Apple, katanya, adalah adanya kesulitan yang lebih tinggi terkait komponen, sistem desain, produksi, dan integrasi antara hardware dan software.

"Kami optimis dengan iWatch dan yakin bahwa keunggulan desain dan bisnis model di belakangnya membuat perangkat ini sulit dicontek. Namun mengingat tantangan tersebut, peluncurannya akan ditunda sampai 2015," ungkap Kuo.



Back To Top Go To Bottom

7. Indonesia Menuju Smart City, Apa yang Perlu Disiapkan?
Date/Time : 9/1/2014 2:23:11 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099241/indonesia-menuju-smart-city-apa-yang-perlu-disiapkan
 

Desakan untuk melakukan penerapan kota pintar alias smart city terus berdengung di kalangan penggiat teknologi, termasuk di Indonesia. Namun perlu dilakukan persiapan yang matang sebelum menerapkan kota pintar.

Pembangunan infrastruktur yang memadai disebut sebagai salah satu bagian penting dalam membangun smart city. Pelaku teknologi menilai posisi infrastruktur pada smart city merupakan bagian penting dan menjadi dasar agar sebuah kota bisa memiliki 'kecerdasan'.

"Smart city itu kan konsepnya kota yang bisa mengontrol secara sistematis. Perangkat yang ada di dalamnya saling terhubung, jadi yang paling penting untuk punya smart city, ya harus bangun infrastrukturnya dulu," kata Harry K. Nugraha, Director Channel Sales Intel Indonesia Corporation yang dihubungi tim Tekno Liputan6.com melalui email.

Ia pun menambahkan, pembangunan infrastruktur pendukung sebuah kota untuk menjadi smart city sebaiknya dilakukan pada fasilitas baru karena akan lebih mudah mengaturnya sesuai dengan kebutuhan. Sektor transportasi dinilai Harry sebagai salah satu bagian yang harus mendapatkan 'infrastruktur pintar' lebih dulu.

"Transportasi bisa menjadi bagian yang dapat dikembangkan terlebih dahulu. Biasanya penerapan infrastruktur baru lebih baik dipasang pada model atau jenis fasilitas baru yang ada pada sebuah kota supaya lebih mudah menerapkannya," tambah Harry.

Lebih lanjut, Harry menilai Indonesia memang sudah seharusnya menerapkan kota pintar supaya bisa lebih teratur. Pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan ekonomi negara disebutkannya akan dapat lebih seimbang ketika teknologi dimanfaatkan secara optimal, salah satunya dengan mengadopsi smart city.

"Pemerintah dan masyarakat harus bekerjasama, karena teknologi kan sekadar fasilitas. Bagian penting lainnya adalah kesadaran dan keinginan menjadi lebih baik yang ada pada manusianya. Kalau itu tidak ada, ya tetap bakalan susah punya kota pintar meskipun secara teknologi sudah siap," tandasnya.



Back To Top Go To Bottom

8. Produsen Kamera Klaim Temukan Obat Virus Ebola
Date/Time : 9/1/2014 1:51:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099261/produsen-kamera-klaim-temukan-obat-virus-ebola
 

Sebuah perusahaan kamera ternama asal Jepang, Fujifilm, dilaporkan telah berhasil menemukan obat untuk menanggulangi virus ganas Ebola.

Dalam keterangan yang dipublikasikan pihak Fujifilm, obat yang diberi nama Avigan ini merupakan hasil modifikasi dari obat anti-influenza. Avigan saat ini sedang memasuki proses uji klinis di Amerika Serikat.

Jika lolos uji klinis, Fujifilm mengaku siap menawarkan obat ini pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk digunakan menanggulangi wabah Ebola di berbagai belahan dunia, khsusnya kawasan Afrika Barat.

Anti-influenza tablets fabipiravir are potential treatment to fight the rapidly expanding

Meski begitu, menurut yang dilansir laman News.com.au, Senin (9/1/2014), Avigan atau yang dikenal pula dengan sebutan Favipiravir belum dapat dibuktikan mampu mengobati pengidap Ebola. Keampuhannya hanya dapat dibuktikan melalui uji klinis yang diaplikasikan pada manusia atau hewan.

Sebelumnya WHO telah menyatakan wabah mematikan Ebola di Afrika Barat dapat menginfeksi lebih 20.000 orang sebelum dapat dikendalikan. Sampai sejauh ini 1.552 orang tewas di Liberia, Sierra Leone, Guinea dan Nigeria akibat Ebola.

Asisten Direktur Jenderal WHO Bruce Aylward mengatakan bahwa pihaknya membutuhkan sokongan dana sebesar US$ 489 juta. Selain itu diperlukan pula sekitar 750 pekerja internasional dan 12.000 pekerja nasional di Afrika Barat.

Selain Fujifilm, sejumlah produsen perangkat teknologi asal Jepang lainnya diketahui juga telah aktif berkecimpung di dunia kesehatan. Beberapa di antaranya adalah Sony, Toshiba dan Panasonic. 



Back To Top Go To Bottom

9. Hacker Juga Curi Foto Bugil Kim Kardashian
Date/Time : 9/1/2014 1:18:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099234/hacker-juga-curi-foto-bugil-kim-kardashian
 

Media sosial tengah dihebohkan dengan pemberitaan mengenai pencurian foto bugil para selebriti Hollywood. Diperkirakan ada lebih dari 60 selebriti yang menjadi korban hacker.

Laman Gossip Cop melaporkan, selain Jennifer Lawrence dan Kate Upton, foto bugil aktris kontroversial Kim Kardashian juga dicuri hacker. Korban lainnya adalah Lea Michele, Selena Gomez, Cara Delevingne, Keke Palmer, Vanessa Hudgens, Wynonna Ryder, dan selebriti kenamaan lainnya.

Seorang pengguna situs berbagi foto, 4chan, mengaku memiliki banyak foto bugil yang belum ia posting. Mengutip laman Gossip Cop, Senin (1/9/2014), foto bugil Jennifer Lawrence, Kirsten Dunst, dan Kate Upton tersebar secara online pada Minggu, 31 Agustus 2014. 

Juru bicara Lawrence menegaskan bahwa gambar itu benar-benar milik dari pemeran film `The Hunger Games` tersebut dan diduga telah dicuri dari akun iCloud-nya.

"Ini adalah pelanggaran privasi. Pihak berwenang telah dihubungi dan akan menuntut siapa pun yang mem-posting foto-foto dari Jennifer Lawrence," ujar sang juru bicara kepada Huffington Post

Selain sejumlah selebriti wanita, satu-satunya selebriti pria yang menjadi korban adalah aktor Dave Franco, yang diduga muncul bersama Brie Larson. Namun daftar ini belum diketahui keasliannya, mengingat banyak foto yang diperoleh dari pihak ketiga.



Back To Top Go To Bottom

10. Umur MSN Messenger Sebentar Lagi Akan Berakhir
Date/Time : 9/1/2014 12:47:00 PM
Direct link : http://tekno.liputan6.com/read/2099283/umur-msn-messenger-sebentar-lagi-akan-berakhir
 

Era layanan pesan instan populer milik Microsoft akan segera berakhir. Layanan Windows Live Messenger atau yang juga dikenal dengan MSN Messenger akan ditutup sepenuhnya pada 31 Oktober 2014 mendatang, termasuk di Tiongkok.

Sejumlah pengguna di Tiongkok dilaporkan sudah mendapatkan email pemberitahuan dari Microsoft terkait akan ditutupnya layanan itu dalam waktu dekat. Melalui email itu, menurut BBC, pengguna juga dijanjikan akan mendapatkan kredit Skype gratis jika mereka migrasi ke Skype. 

Windows Live Messenger atau MSN Messenger ditutup karena layanan ini tidak bisa bersaing di tengah maraknya layanan chatting baru yang bermunculan seperti Line, WhatsApp, hingga WeChat.

Windows Live Messenger sendiri meluncur pada tahun 1999 dengan nama MSN Messenger. Lalu berganti nama menjadi Windows Live Messenger pada tahun 2005.

Layanan ini merupakan salah satu pelopor layanan chatting via internet. Saat itu saingan MSN Messenger adalah AIM milik AOL dan ICQ. Microsoft kemudian menambahkan fitur-fitur lain pada layanan ini seperti fitur pengiriman foto, video call dan game. Seiring perjalanannya, pamor MSN Messenger terus meningkat.

Tahun 2009 penggunanya ada 330 juta. Namun angka itu kemudian semakin menurun seiring diakuisisinya Skype oleh Microsoft senilai US$ 8,5 miliar pada 2012 dan semakin maraknya aplikasi chatting lain yang bermunculan.

Sejak itu MSN Messenger mulai kehilangan taring. MSN Messenger kian tak mampu bertahan setelah 15 tahun mengudara. Dan Microsoft akan fokus mengembangkan Skype.

Kabar penutupan ini sebenarnya sudah bergulir sejak lama. Microsoft mulai menutup layanan ini pada April 2013 untuk sebagian besar pengguna, dan akhirnya ditutup sepenuhnya pada 31 Oktober 2014.



Back To Top Go To Bottom