Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Berita Politik, Hukum, Dunia - Indonesia News Today
Author : -
Overview : Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal
Language : English
Last Updated : 7/24/2014 2:13:47 PM
Website : http://news.liputan6.com/


View Channel View Channel

1. Pesawat TransAsia Airways Timpa Pemukiman Padat Penduduk
Date/Time : 7/24/2014 12:52:55 PM
Direct link : http://foto.liputan6.com/show/1/2082742/0/pesawat-transasia-airways-timpa-pemukiman-padat-penduduk
 

Beberapa rumah di Pulau Pengu, Taiwan, hancur tertimpa pesawat TransAsia Airways yang jatuh Rabu (23/7/2014). (REUTERS/Stringer)



Back To Top Go To Bottom

2. Hari Anak, RUMAN Aceh Salurkan 26 Paket Pendidikan
Date/Time : 7/24/2014 12:52:20 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082725/hari-anak-ruman-aceh-salurkan-26-paket-pendidikan
 

Anak merupakan penerus perjuangan bangsa. Sementara pendidikan menjadi investasi masa depan yang sangat berharga. Dan, kemajuan sebuah bangsa di waktu yang akan datang sangat tergantung pada kwalitas pendidikan anak saat ini.

Masalah pendidikan bukan mutlak tanggungjawab pemerintah. Namun, semua elemen bangsa juga dituntut berperan dalam menyediakan sarana pendidikan berkwalitas bagi semua anak tanpa pengecualian. Partisipasi masyarakat menjadi salah satu celah yang bisa dimanfaatkan untuk meminimalisir suramnya dunia pendidikan.



Berangkat dari kondisi tersebut, Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menjadikan satu dari tiga misinya adalah berupaya sebagai mediator bagi semua kalangan masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri yang peduli terhadap nasib pendidikan anak Aceh.

“RUMAN Aceh berupaya menghimpun potensi individu dan lembaga baik domestik maupun asing untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan mutu pendidikan anak Aceh”, ujar Ahmad Arif, salah satu inisiator PEACE (Peduli Pendidikan Anak Aceh) Foundation di Jakarta satu dekade silam.

Pada momentum HAN (Hari Anak Nasional) tahun 2014, Rabu ( 23/7) kemarin, RUMAN Aceh memfasilitasi niat tulus seorang hamba Allah dari negara Singapura yang hendak membantu anak keluarga fakir miskin di Aceh yang masih bersekolah dengan membagikan paket perlengkapan sekolah.

Niat tulus tersebut sangat tepat waktunya. Karena, proses belajar dan mengajar tahun ajaran baru 2014/2015 mulai efektif pada Senin, 4 Agustus nanti.  Paket tersebut terdiri dari 12 item berikut; tas 1, sepatu 1 pasang, buku tulis 20 buah, pensil setengah lusin, pulpen 2, penggaris 1, rautan 1, penghapus 1, buku gambar 2, sampul buku 20 lembar, cat kayu 1 kotak, cat air 1 kotak.



Paket-paket tersebut diantarkan langsung oleh para pengajar bimbingan (bimbel) gratis RUMAN Aceh ke rumah 26 anak fakir miskin dan yatim. Sebagai informasi, bimbel cuma-cuma itu dilaksanakan oleh Divisi Anak RUMAN Aceh sejak 8 April 2013 lalu untuk anak-anak dhuafa dan yatim di Desa Punge Blangcut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh.

Di antara penerima itu adalah Arif, siswa kelas 5 SD, seorang anak yatim, ibunya menjadi TKW (tenaga kerja wanita) di Malaysia. Arif tinggal di rumah neneknya. Ditemani oleh bundanya, Arif menerima paket tersebut dengan perasaan kaget dan sukacita. Kaget, karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari RUMAN Aceh.

“Terima kasih banyak kami haturkan kepada donatur, juga kepada RUMAN Aceh atas bantuan sangat berharga ini”, ungkap bundanya Arif tersenyum bahagia.

Pengirim:

Arif

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.  



Back To Top Go To Bottom

3. Tanggapan Marzuki Alie Terkait Laporan Kecurangan Pilpres 2014
Date/Time : 7/24/2014 12:43:43 PM
Direct link : http://video.liputan6.com/main/read/17/2082633/0/tanggapan-marzuki-alie-terkait-laporan-kecurangan-pilpres-2014
 

Ketua DPR, Marzuki Alie memberikan tanggapan terkait laporan kecurangan pada Pilpres 2014 oleh Prabowo Subianto



Back To Top Go To Bottom

4. WNI Turut Jadi Korban Saat Apartemen Ditabrak Pesawat TransAsia
Date/Time : 7/24/2014 12:35:10 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082706/wni-turut-jadi-korban-saat-apartemen-ditabrak-pesawat-transasia
 

Kecelakaan kembali terjadi di dunia penerbangan. Pesawat TransAsia Airways menabrak apartemen di Penghu, Taiwan dalam upaya pendaratan darurat akibat badai.

Sebanyak 48 orang tewas, sedangkan 10 orang lainnya selamat. Namun ada warga negara Indonesia yang terluka. Dia diketahui berada di dalam apartemen yang ditabrak.

"WNI itu sedang bekerja di apartemen. Dia wanita, kini sedang dirawat di rumah sakit setempat," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Michael Tene saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Dia menjelaskan, saat ini pihak perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia sedang menuju ke rumah sakit setempat WNI itu dirawat. Belum diketahui nama dan asal WNI itu.

"Untuk detailnya, kami belum tahu, pihak Indonesia sedang menuju ke korban," ujar Tene. Dia juga memastikan tak ada WNI yang berada di pesawat TransAsia.

Insiden itu terjadi pada Rabu 23 Juli kemarin. Pesawat dengan rute penerbangan domestik itu lepas landas dari Kaohsiung menuju Pulau Magong, Taiwan.

Namun perjalanan pesawat jenis ATR 72 yang membawa 54 penumpang dan 4 awak terhalang hujan dan angin kencang yang disebabkan badai tropis topan matmo. Pilot pesawat kemudian memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat.

Upaya pendaratan darurat yang pertama gagal. Pilot kemudian sempat meminta izin melakukan pendaratan darurat ulang. Namun beberapa saat kemudian pesawat tersebut justru hilang kontak dengan menara pengawas.

Belakangan diketahui pesawat tersebut jatuh di Desa Xixi, Pulau Penghu, Taiwan. Pesawat gagal melakukan pendaratan darurat dan menabrak sebuah bangunan hingga ambruk dan terbakar. (Ein)



Back To Top Go To Bottom

5. Suap SKK Migas, Mantan Anak Buah Rudi Rubiandini Dipanggil KPK
Date/Time : 7/24/2014 11:48:44 AM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082684/suap-skk-migas-mantan-anak-buah-rudi-rubiandini-dipanggil-kpk
 

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mendalami kasus dugaan suap kepada mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini dengan tersangka Presiden Direktur PT Kaltim Parna Industri (KPI) Artha Meris Simbolon. Untuk itu, penyidik KPK memanggil pegawai SKK Migas Rakhmat Asyari.

"Yang bersangkutan jadi saksi untuk tersangka AMS," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, Kamis (24/7/2014).

KPK beberapa waktu lalu telah menetapkan Presiden Direktur PT KPI Artha Meris Simbolon sebagai tersangka dugaan pemberian suap kepada Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. Status tersangka itu disematkan ke Artha Meris setelah penyidik melakukan gelar perkara dan ditemukan 2 bukti permulaan yang cukup telah terjadi tindak pidana korupsi berupa pemberian suap kepada Rudi.

Oleh KPK, Artha Meris disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHPidana.

Soal adanya pemberian uang dari Artha Meris mencuat dalam sidang pembacaan vonis terdakwa Rudi Rubiandini terkait kasus dugaan suap SKK Migas oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Selasa 29 April lalu.

Disebutkan dalam analisis yuridis majelis hakim, Rudi Rubiandini dinyatakan menerima uang sebesar US$ 522.500 dari Presiden Direktur PT Kaltim Parna Industri Artha Meris Simbolon. Uang diberikan supaya Rudi merekomendasikan atau memberi persetujuan menurunkan formula harga gas untuk PT KPI.

Selain dari Artha Meris, Rudi Rubiandini juga dinyatakan menerima uang SGD 200 ribu dan US$ 900 ribu dari Komisaris Utama Kernel Oil Singapura Widodo Ratanachaitong. Uang diberikan agar meloloskan pelaksanaan lelang terbatas minyak mentah dan kondensat yang diikuti perusahaan milik Widodo. Menurut majelis hakin, Rudi menerima uang Artha Meris dan Widodo dari pelatih golfnya yaitu Deviardi. (Ein)



Back To Top Go To Bottom

6. Kasus Haji, Anggota DPR dan 2 Pengawal Menag Diperiksa KPK
Date/Time : 7/24/2014 11:42:02 AM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082676/kasus-haji-anggota-dpr-dan-2-pengawal-menag-diperiksa-kpk
 

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil anggota Komisi X DPR Irgan Chairul Mahfiz sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka bekas Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA).

"Dia diperiksa sebagai saksi untuk SDA," ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha di Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Bersamaan dengan Irgan, penyidik juga mengagendakan pemeriksaan terhadap 2 pengawal Menag, yakni Eko Widyantoro dan Iwan setiawan, serta staf TU Menag, Rosandi. Mereka juga jadi saksi untuk SDA.

"Sama, mereka akan diperiksa sebagai saksi," ujar Priharsa.

Sejumlah saksi yang punya hubungan darah dan kedekatan personal dengan tersangka SDA sudah dipanggil penyidik KPK. Mereka diketahui ikut pergi naik haji bersama rombongan SDA saat masih menjabat Menag. Namun rombongan tersebut diduga pergi naik haji dengan mengambil jatah dari kuota milik masyarakat yang sudah 'mengantre' bertahun-tahun untuk berangkat haji.

Saksi-saksi yang sudah pernah diperiksa beberapa waktu lalu sebut saja Wardhatul Asriyah, istri SDA, Rendika D Harsono, menantu SDA, serta 5 adik SDA. Terakhir 2 nama diperiksa penyidik KPK hari ini. Mereka adalah Najmudin H Rasyid dan istrinya, Rosma Lotang Sawalleng. Kedua orang ini merupakan sahabat dari Ketua Angkatan Muda Kabah PPP Joko Purwanto.

Dalam kasus dugaan korupsi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 di Kementerian Agama, KPK telah menetapkan Suryadharma Ali (SDA) sebagai tersangka. Selaku Menteri Agama saat itu, SDA diduga telah menyalahgunakan wewenang dan melakukan perbuatan melawan hukum untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi.

Modus penyalahgunaan wewenang yang diduga dilakukan bekas Ketua Umum PPP itu antara lain dengan memanfaatkan dana setoran awal haji milik masyarakat untuk membayari keluarga, pejabat, dan tokoh masyarakat pergi naik haji. Selain keluarga SDA sendiri, di antara keluarga yang ikut diongkosi naik haji itu adalah para istri pejabat Kemenag.

Di sisi lain, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan laporan hasil analisis transaksi mencurigakan yang memperlihatkan bahwa SDA mengajak sedikitnya 33 orang untuk berangkat naik haji.

Selain soal naik haji gratis bagi keluarga, pejabat, dan tokoh masyarakat itu, KPK juga mencium adanya penggelembungan harga terkait dengan katering, pemondokan, dan transportasi jemaah haji selama penyelenggaraan ibadah haji oleh Kemenag.

Atas perbuatan yang disangkakannya, SDA dijerat dengan Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana juncto Pasal 65 KUHPidana. (Ein)



Back To Top Go To Bottom

7. Politisi Inggris: Kalau Tinggal di Gaza, Saya Pasti Serang Israel
Date/Time : 7/24/2014 11:40:32 AM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082674/politisi-inggris-kalau-tinggal-di-gaza-saya-pasti-serang-israel
 

Kecaman kepada Israel kembali datang dari pihak internasional. Tapi kali ini berasal dari anggota parlemen Inggris, negeri yang dikenal bersekutu dengan Amerika Serikat dan negeri zionis.

Politisi bernama David Ward itu menegaskan akan meluncurkan roket ke Israel bila dia tinggal di Palestina. Tak dijelaskan alasannya kenapa ia berkata dan memilih bersikap demikian.

"Pertanyaan yang penting adalah, jika saya tinggal (penduduk) di Gaza, apakah saya akan luncurkan roket? Mungkin iya," kicau David lewat akun Twitternya, @DavidWardMP, seperti dilansir Al-Arabiya, Kamis (24/7/2014).

Cuit David itu menuai kecaman dari sejumlah politisi lainnya karena dinilai bertabrakan dengan sikap Inggris.

Beberapa anggota dewan pun mendesak Wakil Perdana Menteri Nick Clegg untuk memberhentikan David dari Partai Demokrat Liberal. Yang lainnya menilai kicauannya merupakan provokasi untuk tindakan kekerasan.

Partai Demokrat Liberal pun segera menindak tegas David Ward. "Kami mengecam keras komentar David Ward, dan itu tidak mewakili sikap Demokrat Liberal. Partai menilai ini masalah yang sangat serius dan akan menjatuhkan sanksi," demikian pernyataan partai.

Israel sudah 16 hari melancarkan agresi militer ke Gaza Palestina, yang berujung pada kematian lebih dari 600 warga Palestina dan 29 warga Israel.

Baru-baru ini, kampanye Israel lewat media sosial menuai kontroversi dan protes. Alih-alih menarik dukungan dari Inggris, Israel Defence Forces (IDF) justru diprotes oleh warga Britania lantaran mengunggah foto yang menunjukkan roket-roket yang mengarah ke Westminster, ke Gedung Parlemen Inggris.

Foto tersebut disertai tulisan, "Hamas terrorists just fired rockets at southern and central Israel. What if they were attacking your home?" -- "Teroris Hamas baru saja menembakkan roket-roket ke selatan dan tengah Israel. Bagaimana jika mereka menyerang rumahmu?"

Kampanye lewat Twitter militer Israel juga menuai kecaman. (Ein)



Back To Top Go To Bottom

8. Anggota Separatis Pro-Rusia: Kami Menembak Jatuh MH17
Date/Time : 7/24/2014 11:37:59 AM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082665/anggota-separatis-pro-rusia-kami-menembak-jatuh-mh17
 

Seorang anggota kelompok separatis Pro-Rusia mengaku bahwa pihaknya telah menembak jatuh pesawat Malaysia MH17 pada Kamis, 17 Juli lalu.

Sebuah koran Italia, Corriere Della Sera sempat melakukan wawancara dengan seorang anggota separatis yang tak disebutkan namanya pada Rabu, 23 Juli 2014 ketika hendak mengevakuasi jenazah korban.

Dalam wawancara tersebut disebutkan, pada hari tragedi itu kelompok Pro-Rusia mengira pesawat yang melintas (MH17) adalah pesawat militer. Mereka bahkan telah menyiapkan pasukan darat untuk menghadapi kelompok pro-Ukraina.

"Kami baru saja menembak pesawat fasis Kiev (MH17), teriak prajurit lain. Mereka memperingatkan kita untuk hati-hati akan pasukan musuh lain yang diterjunkan," ceritanya.

Saat itu, lanjutnya, saya sedang mencari parasut di tanah dan pepohonan.

"Saya menemukan tubuh seorang gadis kecil, mungkin berumur 5 tahun. Dia tertelungkup dan kondisinya mengerikan. Saat itulah saya menyadari bahwa pesawat itu adalah pesawat sipil, bukan militer," ungkap separatis yang merupakan bagian dari unit paramiliter, seperti Liputan6.com lansir dari Newsweek (24/07/2014).

Separatis yang berusia 31 tahun ini mengaku bertugas menjaga lokasi kejadian sejak pesawat jatuh pada 17 Juli lalu.

Sebelumnya, Rusia dituding pemerintah Ukraina sebagai pihak yang berada di balik penembakan pesawat MH17. Namun Rusia secara tegas membantahnya dan menuding balik Ukraina adalah pelaku penembakkan.

Sementara itu, Direktur keamanan informasi Ukraina, Vitaly Nadya mengaku memiliki rekaman audio yang didapat dari pihak intelijen. "Kami merekam percakapan anatar perwira Rusia dan seseorang di kantornya di Moskow. Kami tahu pasti, beberapa menit sebelum rudal ditembakkan, ada laporan ke perwira tersebut bahwa pesawat (target) sudah datang."

Berdasarkan data pemantauan militer, Rusia menyebutkan bahwa pesawat Su-25 milik Ukraina terbang mendekati MH17 kemudian menembakkan rudal ke arah pesawat tersebut.

Sebanyak 298 orang tewas dalam tragedi tersebut, 40 jenazah korban pertama telah tiba di Belanda untuk proses indentifikasi.

Sementara dua kotak hitam pesawat telah berada di Hampshire, Inggris pada Rabu, 23 Juli untuk proses penyelidikian. (Imel Pebreyanti/Ein)

Baca Juga:

Rusia Bantah Terlibat Jatuhnya MH17

Ukraina: Perwira Rusia Tekan Tombol Rudal ke Arah MH17

Bantah Tembak MH17, Rusia: Pesawat AU Kami Tak di Daerah itu

Rudal Hantam MH17, Rusia dan Ukraina Saling Tuduh

Sudah Tiba di Inggris, Kotak Hitam MH17 Siap Dianalisis



Back To Top Go To Bottom

9. #WarisanJokowi untuk DKI Jakarta
Date/Time : 7/24/2014 11:36:49 AM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082627/warisanjokowi-untuk-dki-jakarta
 

Joko Widodo, mungkin satu-satunya orang yang mempunyai karir cemerlang di pemerintahan. Setelah menjabat walikota Solo selama dua periode, laki-laki yang biasa disapa Jokowi ini langsung dicalonkan menjadi gubernur DKI Jakarta.

Awalnya banyak yang pesimis. Bagi kelompok ini, mereka menganggap Jakarta bukan Solo. Ada lebih banyak masalah yang harus dihadapi karena Jakarta adalah barometer kesuksesan untuk propinsi lain.

Keraguan para pesimistis itu dijawab dalam pemilukada DKI. Laki-laki kerempeng yang suka musik metal itu mengalahkan calon petahana, Fauzi Wibowo dengan telak. Joko Widodo yang lahir 21 Juni 1961 ini dilantik menjadi gubernur DKI Jakarta pada 15 Oktober 2012.

Belum dua tahun menjabat sebagai Gubernur DKI, didampingi wakil gubernur Basuki Tjahaya Purnama atau yang biasa dipangil Ahok, Jokowi telah melakukan perubahan banyak hal. Jokowi, tidak seperti yang banyak dituduhkan para “musuh-musuh”nya, terutama yang tidak setuju karena Jokowi mencalonkan presiden periode 2014-2019.

Seseorang dengan akun Twitter @hariadhi  menjabarkan apa saja yang telah sukses dikerjakan oleh Jokowi selama masa jabatannya yang singkat itu. Akun twitter @hariadhi  meng”kultwit”kan pencapaian jokowi dalam membangun ibukota dengan tagar #WarisanJokowi.

#WarisanJokowi untuk warga Jakarta itu diantaranya adalah:

Kampung Deret

1. Kampung Deret

Untuk menanggulangi banjir yang rutin setiap tahun datang, Jokowi membangun kampung-kampung yang berada pinggiran sungat dibah menjadi Kampung Deret. Mernurut @hariadhi Kampung Deret terbaik ada di Petogogan. "Rumah-rumah menyatu jadi Cluster yang rapi & ada taman, " katanya di linimasa.

Selain di daerah Petogogan, Kampung Deret yang dibangun oleh mantan walikota Solo itu adalah Kampung Deret Cilincing dan Cipinang Besar Selatan. Jokowi juga membangun ulang empat blok rumah susun, diantaranya di Tambora'

Taman-taman Kota

2. Taman-taman Kota

Sebelumnya, taman-taman yang ada di sekitar Jakarta dibuat seadanya. Sejak Jokowi menjadi Gubernur, laki-laki yang suka blusukan ke kampung-kampung ini mulai menata agar kota tampak lebih indah. Beberapa Taman kota yang diubah menjadi cantik itu diantaranya adalah Taman Semanggi, Taman Ramah Anak Salam yang berada di Pasar Minggu,  Taman Tebet yang menurut @alisyahsamosir sekarang ada kolam ikan, bunga di sepanjang jogging track, alat2-alat olahraga, dan seluncuran anak-anak.

Lainnya adalah taman Hutan Kota Penjaringan, taman Vertikal Tugu Tani, Taman jalan layang Casablanca, Taman Tanah Abang dan lainnya. taman-taman itu terbukti mampu mengubah wajah Jakarta menjadi cantik. 

Waduk Ria Rio

3. Waduk Ria Rio, Pluit dan Papanggo

Selama pemerintahan Jokowi yang belum genap dua tahun ini, banyak wadug yang dibuat indah. Pertama adalah waduk Pluit yang sebelumnya hanya menjadi tempat untuk menumpuk sampah, sekarang menjadi sebuah taman kota yang elok.

Kedua adalah waduk Pluit. @hariadhi di linimasa menyebutkan, waduk yang berada di Jakarta Utara ini sebelumnya dalah comberan raksasa busuk bekas rawa-rawa. Namun sekarang pemandangan di sini seperti Singapura. Begitu juga dengan Waduk Papanggo.

Industri Berbasis Kampung

4. Industri Berbasis Kampung

Jokowi yang mengawali karirnya sebagai tukang mebel di Solo itu juga memperhatikan perkembangan industri kecil. Salah satu program yang dia jalankan adalah industri berbasis kampung. Program ini telah diterapkan, salah satunya adalah kampung tahu tempe yang berada di Tegal Parang, Mampang Jakarta Selatan. 

Pertanian Hi-tech

5. Pertanian Hi-tech

Jokowi memang kreatif. Ide-idenya selalu tak terduga. Tukang mebel yang mulai Oktober 2014 resmi menjadi presiden ketujuh Indonesia ini diam-diam mengembangkan pertanian dengan teknologi tinggi. Salah satunya adalah Rumah kaca dan kebun virtual Marunda.

Masih menurut @hariadhi, Rumah kaca Marunda bisa menghasilkan Rp 24 JUTA sekali panen, berkah buat para petaninya.

Sebenarnya masih banyak hal yang telah dilakukan oleh Jokowi: Pembangunan rumah sakit khusus anak, lansia dan kanker di Pasar Minggu, Kartu Jakarta Sehat dan lain-lain. Hebat. Mudah-mudahan prestasi ini juga segera diikuti oleh propinsi-propinsi  lainnya di Indonesia

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free.  



Back To Top Go To Bottom

10. Upacara Megah dan Hari Berkabung Nasional Hormati Korban MH17
Date/Time : 7/24/2014 11:11:50 AM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2082659/upacara-megah-dan-hari-berkabung-nasional-hormati-korban-mh17
 

Dua pesawat militer yang membawa 40 peti jenazah para korban tragedi MH17 sudah mendarat di bandara militer Eindhoven, Belanda. Jasad para korban pun langsung disambut upacara pemakaman khusus.

Setelah itu, seperti dilansir dari BBC, Kamis (24/7/2044), 40 mobil jenazah langsung mengantar para jenazah ke kota Hilversum, di mana proses identifikasi akan dimulai.

Saat pesawat tiba pada Rabu 23 Juli 2014 waktu setempat, diberlakukan juga hari berkabung nasional. Dalam rangka memghormati 298 korban MH17, yang sebagian besar di antaranya adalah warga Belanda.

Sejauh ini sumber intelijen AS mengeluarkan bukti-bukti yang menunjukkan keterlibatan pemberontak Ukraina pro-Rusia, terkait serangan rudal tanggal 17 Juli yang menjatuhkan MH17. Namun pihak Rusia membantah telah mempersenjatai pemberontak.

PBB juga sudah mengeluarkan sebuah resolusi, untuk meminta akses tak terbatas ke tempat lokasi jatuhnya pesawat.

Dua pesawat lain yang membawa korban MH17, dijadwalkan tiba di Eindhoven pada Kamis ini.

Sebelumnya, sumber militer Inggris menyebut laporan inteljen menunjukkan para pemberontak sengaja mengacak-acak lokasi untuk mengaburkan bukti, memindahkan jenazah, dan menempatkan puing pesawat lain di lokasi. Perdebatan AS berlanjut di Ukraina Timur pada Rabu kemarin, para pejabat di Kiev mengatakan ke BBC bahwa dua pesawat yang dianggap jet militer, jatuh hanya 35km (sekitar 20 mil) dari lokasi kecelakaan.

Perdana Menteri Arseniy Yatseniuk menuturkan, salah satu anggota militer bisa saja terkena rudal di udara. Namun ia tak menuduh Rusia, tetapi menegaskan tidak ditembakkan oleh jet dari Ukrania.

Selanjutnya upacara megah untuk para korban MMH17

Upacara Megah

Flowers left at Schiphol Airport

Gereja-gereja seluruh Belanda membunyikan lonceng lima menit sebelum pesawat militernya dan kepunyaan Australia yang membawa jenazah, mendarat pada pukul 15.45 (20.45 WIB). Bendera setengah tiang juga turut dikibarkan untuk seluruh bangsa yang warga negaranya menjadi korban.

Hadir menyambut dengan upacara pernghormatan militer, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima, PM Belanda Mark Rutte, dan duta besar berbagai negara, termasuk Dubes RI Retno Marsudi.

Upacara penerimaan jenazah dihadiri sekitar 1.000 keluarga korban "berlangsung luar biasa megahnya," tutur Joss Wibisono -- seorang penulis Indonesia yang bermukim di Amsterdam -- kepada wartawan BBC Indonesia, Ging Ginanjar. Joss adalah keponakan Jane Adi Sutjipto, satu dari 13 WNI penumpang pesawat nahas itu.

"Suasananya begitu sedih," ungkap Joss sambil tersedu.

Meski senang menyambut kedatangan pesawat pembawa jenazah, namun para keluarga korban belum bisa mendekat dan hanya bisa mengikuti upacara penghormatan. Sebab jenazah-jenazah tersebut masih harus diidentifikasi lebih dahulu.

Untuk para korban Indonesia, pemerintah telah mengirim ahli forensik dari Polri.

Sejak hari Minggu 20 Juli, papar Joss, polisi Indonesia sudah datang membawa sejumlah data pribadi korban guna untuk mencocokkan DNA. Juga dokter gigi Jane Adi Sutjipto datang untuk mencocokkan data gigi.

Simpang Siur

Joss Wibisono mengakui pihak terkait sangat membantu keluarga korban. "Bukan cuma membantu saya, keluarga yang di Belanda, tapi juga keluarga kami yang di Indonesia. Pihak Malaysia Airlines dan Kementerian Luar Negeri datang kepada kami. Membantu pengurusan segala macam".

Jika identifikasi selesai, yang bisa makan waktu berbulan-bulan, menurut Joss, para keluarga dari Indonesia akan didatangkan ke Belanda. Setelah itu keluarga yang tinggal di Belanda juga diberangkatkan ke Indonesia, "untuk memakamkan Tante Jane dalam satu liang lahat bersama mendiang suaminya," tutur Joss sambil tersedu.

Sementara itu, masyarakat internasional menuding pemberontak Ukraina yang menguasai kawasan jatuhnya MH17, membesar-besarkan jumlah mayat yang sudah dikumpulkan. Pemberontak menyebut sudah 182 jenazah yang diangkut, namun ahli forensik internasional menyebut jumlahnya paling banyak 200.

Muncul juga tudingan bahwa para pemberontak Ukraina menunda-nunda pengumpulan jenazah.

Namun sebaliknya pemimpin separatis, Alexander Borodai, mengatakan kepada BBC bahwa justru pengamat internasional dari Badan untuk keamanan dan kerjasama di Eropa, OSCE, meminta mereka membiarkan jenazah untuk dikumpulkan para ahli."

"Jadi kami menunggu satu hari. Lalu dua hari. Lalu tiga hari. Tapi tak ada satupun ahli yang datang! Membiarkan mayat begitu saja lebih lama, dalam suhu 30 derajat, itu tidak masuk akal. Benar-benar tak berperikemanusiaan. Bagaikan adegan di film horor," katanya.

Namun juru bicara OSCE Michael Bociurkiw membantah hal tersebut. "Bukan tugas kami untuk memberitahu orang apa yang harus dilakukan. Tugas kami di sini hanya memantau, mengamati, dan menulis laporan," kata dia.

Michael juga menambahkan, bahwa para pemberontak juga di tuduh melebih-lebihkan jumlah mayat yang diangkut dari lokasi kecelakaan ke kota Kharkiv pada Selasa lalu.

Para pemberontak pro-Rusia mengklaim ada 282 mayat, namun para ahli mengatakan hanya 200 mayat yang baru mereka verifikasi.

Selanjutnya kotak hitam, petunjuk utama untuk menguak misteri kecelakaan MH17

Kotak Hitam

Dalam perkembangan lain, pejabat badan keselamatan penerbangan Belanda menyatakan data rekaman suara atau kotak hitam sudah diunduh, berisikan data yang valid dari penerbangan itu.

Pemeriksaan kotak hitam berlangsung di kantor pusat Badan Penyelidikan Kecelakaan Udara Inggris di Farnborough.

Di Washington, pejabat intelijen memaparkan bukti yang mereka kumpulkan yang menunjukkan peran para pemberontak Ukraina.

"Buktinya kuat sekali bahwa (yang menjatuhkan MH17) adalah rudal SA-11 yang ditembakkan dari timur Ukraina, yang dibantu oleh Rusia," kata pejabat yang tak ingin disebut namanya.

Mereka mengatakan, sebagian besar penjelasan mengarah bahwa pemberontak mengira pesawat MH17 adalah pesawat lain.

Bukti inteljen meliputi gambar satelit yang memperlihatkan fasilitas yang diduga tempat latihan pemberontak di kota Rostov, Rusia. Serta gambar yang diduga peluncur rudal darat-ke-udara di kawasan pemberontak, dan analisis rekaman percakapan pemberontak Rusia yang mengaku menjatuhkan pesawat itu.

Sementara itu, pertempuran antara tentara Ukraina dan pemberontak terus berlangsung. Dilaporkan sudah menewaskan 16 orang. Pemberontak mengaku telah menjatuhkan sebuah pesawat militer Ukraina.

Pertempuran di Ukraina Timur membuncah pada bulan April dan diyakini telah menewaskan lebih dari 1.000 jiwa. (Safira Badri/Ein)

Baca juga:
2 Jet Tempur Ukraina Ditembak Jatuh

Parlemen Ukraina Baku Hantam Bahas MH17

Rusia Bantah Terlibat Jatuhnya MH17



Back To Top Go To Bottom