Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Berita Politik, Hukum, Dunia International - Indonesia News Today
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Berita Politik, Hukum, Dunia International - Indonesia News Today
Author : -
Overview : Liputan6.com Indonesia News Today, menyajikan kabar berita terkini indonesia dan dunia internasional meliputi berita politik hingga hukum dan kriminal
Language : English
Last Updated : 11/22/2014 1:18:56 AM
Website : http://news.liputan6.com


View Channel View Channel

1. JK Benarkan Nusron Wahid Jadi Kepala BNP2TKI
Date/Time : 11/21/2014 11:20:39 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137788/jk-benarkan-nusron-wahid-jadi-kepala-bnp2tki
 

Nusron Wahid dikabarkan akan menjadi Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo atau [Jokowi](2128645 "") dan Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK.

Wakil Presiden Jusuf Kalla membenarkan hal tersebut. Nusron akan menggantikan Kepala BNP2TKI sebelumnya, Gatot Abdullah Mansyur

"Ya (Nusron Wahid jadi Kepala BNP2TKI), setelah dilantik baru sah," kata ‎JK di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Nusron Wahid merupakan politisi Golkar yang dipecat partai yang berada di bawah komando Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie lantaran mendukung Jokowi-JK pada Pilpres 2014 lalu.

JK mengatakan Nusron terpilih karena kemampuannya, bukan sebagai bentuk kompensasi dukungan saat Pilpres 2014 lalu. Ketua Umum PMI ini pun menegaskan bahwa Nusron masih kader Golkar.

"Dia ini kan tetap Golkar, buktinya tetap anggota DPR," terang dia.

Keputusan Presiden atas penunjukan Nusron sudah disiapkan. Namun demikian pelantikan [Nusron Wahid](2130802 "") tidak bisa dilakukan saat ini, karena Jokowi dan keluarganya sedang berada di Singapura untuk menghadiri acara wisuda putra bungsunya, Kaesang Pangarep. (Riz/Nan)



Back To Top Go To Bottom

2. Mekeng Nilai Ada Manipulasi Demokrasi di Golkar
Date/Time : 11/21/2014 11:08:07 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137787/mekeng-nilai-ada-manipulasi-demokrasi-di-golkar
 

Rapimnas di Yogyakarta telah memutuskan Munas Golkar akan digelar pada 30 November 2014.  Padahal sebelumnya Ketum Golkar Aburizal Bakrie atau [Ical](2137538 "") menyatakan Munas akan digelar Januari 2015.

Menanggai hal ini, Ketua DPP [Partai Golkar](2129599 "") Melchias Marcus Makeng menilai ada manipulasi demokrasi internal Golkar. Seolah-olah ada demokrasi, tetapi sesungguhnya demokrasi yang dipaksa, dimanipulasi dan diskenario.

"Sungguh keterlaluan apa yang terjadi saat ini. Demokrasi dipaksakan untuk kepentingan sejumlah kelompok," kata Mekeng di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Mekeng menjelaskan rapat Pleno DPP Partai Golkar yang ditetapkan Aburizal Bakrie bahwa Munas digelar Januari 2015 tiba-tiba berubah pada Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yaitu Munas dipercepat.

Yang mengherankan, kata dia, percepatan [Munas Golkar](2137538 "") itu secara serempak disampaikan para Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I (provinsi). Padahal sebelumnya, mereka pula yang mati-matian menolak Munas dipercepat.

"Ini patut dipertanyakan, ada apa? Apa karena sudah menerima sesuatu. Demokrasi sepertinya sudah diskenario," ujar anggota Komisi XI DPR ini.

Dia mengecam cara Ical memimpin partai. Seolah-olah Partai Golkar adalah milik pribadi dan keluarganya yang diperlakukan layaknya sebuah CV.

"PT (perseroan terbatas) masih lebih baik karena ada komisaris, dewan komisaris, pengawas dan sebagainya. Ini seperti CV, yang kepemilikannya adalah Aburizal," tutur Mekeng.

Menurut dia jika ingin memimpin lagi, Ical harus melakukannya dengan cara-cara yang sehat, jujur, dan demokratis. "Jangan ada intimidasi, pemakasaan kehendak dan menghalalkan segala cara," tukas Mekeng. (Ali)



Back To Top Go To Bottom

3. Pasukan Koalisi Serang ISIS - Panda Kegirangan di Musim Dingin
Date/Time : 11/21/2014 10:57:01 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137685/pasukan-koalisi-serang-isis-panda-kegirangan-di-musim-dingin
 

Video baru yang dikeluarkan oleh pusat komando Amerika Serikat menunjukkan serangan udara terhadap kelompok ISIS di Irak. Berita itu mengawali [Jendela Dunia](2137183 "") yang diatayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (21/11/2014).

Video baru yang dikeluarkan oleh pusat komando AS menunjukkan serangan udara terhadap kelompok Islamic State of Iraq and Syria ([ISIS](2136045 "")) di Irak. Serangan itu menargetkan gedung, terowongan dan ruangan kendali bawah tanah kelompok ISIS.

Pasukan koalisi yang dipimpin AS menargetkan serangan udara ke basis-basis kelompok ISIS yang ada di Irak dan Suriah. Serangan itu didukung militan Suriah, pejuang Kurdi dan Militer Irak dari darat.

Polisi Israel menembakkan gas air mata ke sejumlah pemuda Palestina yang berunjuk rasa. Para pemuda Palestina kesal dengan didirikannya penghadang jalan dan pemeriksaan kendaraan oleh Israel.

Warga Yahudi di Yerusalem barat justru khawatir akan keselamatan mereka. Beberapa pekan terakhir serangan warga Palestina bersenjatakan pisau, senapan dan kendaraan telah menewaskan 11 orang. Sementara 5 warga Palestina terbunuh yang terkait serangan.

Di China, rekaman CCTV merekam seorang pejalan kaki berhasil lolos dari kecelakaan mobil di persimpangan jalan Provinsi Zhejiang pada hari Minggu 16 November.

Laki-laki itu nampak berhati-hati saat menyeberang ketika tiba-tiba sebuah mobil mengarah kepadanya, saat kejadia itu ia berusaha menghindari truk yang mendekat.

Untungnya kedua mobil itu dengan cepat mengubah arah kemudi, sehingga mereka melintas di sekitar pejalan kaki itu.

Panda Da Mao dari Kebun Binatang Toronto, Kanada dengan riang bermain salju yang menumpuk pada Senin 17 November.

Meski suhu udara di Toronto saat itu mencapai minus 9 derajat Celcius, [panda](2136208 "") Da Mao bersuka ria berputar-putar di sekitar luar kandangnya. Pengawas kebun binatang melihatnya melakukan salto dan menggelinding di sekitar kandang. (Ado)



Back To Top Go To Bottom

4. Walikota Bogor Bima Arya Pangkas Dana Belanja Daerah Rp 5 M
Date/Time : 11/21/2014 10:38:50 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137747/walikota-bogor-bima-arya-pangkas-dana-belanja-daerah-rp-5-m
 

[Pemerintah Kota Bogor](2135687 ""), Jawa Barat, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) telah menandatangani kesepakatan terkait efisiensi belanja pegawai 2015 sebesar Rp 5,5 miliar. Diharapkan dana itu dapat dialihkan untuk menunjang kesejahteraan warga Kota Bogor.

Dalam penandatanganan persetujuan tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Bogor pada rapat Paripurna DPRD Kota Bogor, [Walikota Bogor Bima Arya](2131727 "") mengatakan Pemerintah Kota Bogor mengikuti surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang pelarangan rapat dinas luar kota.

Penyelenggaraan rapat-rapat dinas di luar kantor nantinya akan diarahkan menggunakan fasilitas ruang rapat di lingkungan Pemerintah Kota Bogor. "Masih cukup kok di Ruangan Pemkot kalau untuk mengadakan rapat-rapat," kata Bima di Bogor, Jumat (21/11/2014).

Selain itu, Bima juga akan mengkaji ulang anggaran-anggaran perjalanan dinas yang diajukan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) pada ada asistensi dokumen pelaksanaan anggaran.

Dalam paparannya, dia menjelaskan pengurangan belanja barang inventaris yang ditunda seperti pengadaan [mobil dinas](2135687 "") non-operasional dengan nilai Rp 5 miliar dan penundaan kegiatan promosi investasi ke luar negeri termasuk pagelaran kesenian dengan nilai seluruhnya Rp 550 juta.

Ketua DPRD Kota Bogor Untung Maryono menyambut baik pemangkasan anggaran tersebut. Politisi PDIP ini menilai, dana tersebut dapat dialihkan ke dalam kegiatan-kegiatan skala prioritas Pemerintah Kota.

"Pembenahan infrastruktur sekarang sedang giat-giatnya dilakukan Pemkot Bogor seperti mengenai PKL, kesehatan, dan pendidikan. Untuk itu, efesiensi anggaran akan kami (DPRD) dukung," pungkas Untung. (Ado)



Back To Top Go To Bottom

5. Video Detik-detik Kepala Reporter TV Terkena Skateboard
Date/Time : 11/21/2014 10:17:38 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137716/video-detik-detik-kepala-reporter-tv-terkena-skateboard
 

Kecelakaan bisa terjadi di mana saja dan menimpa siapa pun. Termasuk saat seorang reporter sedang siaran langsung di televisi.

Insiden tragis itu menimpa reporter Australia dari Channel Seven, Mike Amor. Saat ia sedang melaporkan langsung kegiatan bermain skateboard.

Dalam video yang dimuat Telegraph dan telah beredar di YouTube itu, Amor terkena skateboard yang meluncur tepat di belakangnya saat meliput di Venice Beach, California, AS.

Bagian belakang kepalanya pun sukses terkena papan seluncur terbuat dari kayu itu. Orang-orang yang berada di belakangnya pun terkejut, melihat skateboard itu lepas kendali dan meluncur ke arah sang presenter.

"Aku baik-baik saja," kata Amor berulang-ulang.

Amor pun mengaku hanya sedikit cedera. Setelah menggosok-gosok kepalanya, lalu ia segera melanjutkan siaran.



Back To Top Go To Bottom

6. Pompa Air Tak Berfungsi, Kadis PU DKI Berdalih karena Anggaran
Date/Time : 11/21/2014 9:52:05 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137751/pompa-air-tak-berfungsi-kadis-pu-dki-berdalih-karena-anggaran
 

Salah satu penyebab lambannya penanggulangan banjir di Jakarta saat ini adalah pompa-pompa air yang tak berfungsi karena kehabisan bahan bakar. Hal itu ditemukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau [Ahok](2137558 "") saat blusukan ke pompa air Kebon Baru, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Terkait masalah itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Agus Priyono beralasan keterlambatan pengisian solar ke pompa air karena anggaran pembeliannya baru dapat digunakan setelah APBD Perubahan disahkan.

"Kemarin kan anggaran perubahan. Sekarang anggaran perubahan ini kita udah belanja," kata Agus di Balaikota Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Ia mengatakan, Dinas PU tak bisa menggunakan anggaran murni APBD DKI 2014 karena sudah habis dipakai saat puncak banjir pada Januari lalu. Sehingga, Suku Dinas PU kekurangan dana yang mengakibatkan bahan bakar pompa terlambat dibeli. Baru setelah APBD Perubahan cair, sudin bisa melakukan pembelian.

"Kalau sudin anggarannya memang terbatas. Jadi kekurangan solar itu sudin. Kalau dinas nggak. Cuma ini kan rancu, campur aduk sudin dan dinas. Itu yang ada kan di Jaksel lah. Kalau sudin lainnya solar terpenuhi. Apalagi di Sudin PU Jakarta Selatan kan memang ada pergantian pimpinan," kata Agus.

Sedangkan menanggapi musim hujan yang sudah tiba, Agus mengatakan pihaknya segera melakukan perbaikan pompa air dan peninggian jalan. Keduanya sebagai langkah jangka pendek penanggulangan banjir.

"Yang deket ini yang jelas pertama perbaikan pompa yang harus kita kejar dan prioritaskan," kata Agus.

Pompa air dikatakannya sangat diperlukan saat ini untuk mengalihkan air yang mengenangi pemukiman warga ke sungai atau waduk. Maupun mengalirkan air dari waduk ke laut atau sungai ke sungai apabila kapasitas air semakin tinggi akibat hujan.

Juga terkait banyaknya air yang merendam daerah di sekitar Bukit Duri dan Kebon Baru karena adanya sheetpile (dinding turap) yang dilubangi, sehingga air menerobos ke jalan. Untuk mengatasinya, Dinas PU menurut Agus, segera meninggikan jalan di area tersebut.

"Kita atasi dengan cara jalan di situ akan kita tinggikan. Kan kemarin yang terendam sisi utara. Selatan kering karena sudah ditinggikan. Nah sisi utara akan kita lakukan segera [pakai anggaran](2137445 "") perubahan ini," jelas dia. (Ado)



Back To Top Go To Bottom

7. MITOS URBAN : Penampakan Noni Belanda Di Kantor Gubernur Banten
Date/Time : 11/21/2014 9:49:43 PM
Direct link : http://video.liputan6.com/main/read/318/2137766/0/mitos-urban-penampakan-noni-belanda-di-kantor-gubernur-banten
 

Salah satu lokasi yang memiliki kekuatan gaib adalah kantor gubernur yang terletak di pusat kota serang,sebuah keluarga belanda yang pernah menjadi penguasa konon tinggal di gedung ini dengan segala kediktatorannya di bagian belakang,terdapat sebuah bangunan yang dahulu merupakan penjara pribumi dan sekaligus menjadi tempat mereka mengerang menahan rasa sakit akibat siksa yang diterima.



Back To Top Go To Bottom

8. Hadiri Konferensi Fatayat, Ini Pesan JK untuk Wanita NU
Date/Time : 11/21/2014 9:36:28 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137761/hadiri-konferensi-fatayat-ini-pesan-jk-untuk-wanita-nu
 

[Wakil Presiden Jusuf Kalla](2137710 "") atau JK menghadiri acara pembukaan konferensi besar Fatayat Nahdhatul Ulama (NU) ke XV di Gedung Kementerian Agama, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya, JK mengamanatkan kepada Fatayat NU sebagai organisasi perempuan untuk meningkatkan peran dan kualitas perempuan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Tugas [Fatayat NU](432341 "") sebagai organisasi perempuan adalah memberi solusi kepada para anggotanya untuk menjalankan profesinya, meningkatkan kemampuannya. Bekerja sama untuk meningkatkan keterampilan," kata JK, Jumat (21/11/2014).

Sementara itu, Ketua Umum Pucuk Pimpinan Fatayat NU, Ida Fauziyah mengatakan MEA yang akan dimulai pada 2015 diibaratkan seperti pisau bermata dua. Sisi pertama membuka peluang seluas-luasnya bagi perkembangan ekonomi Indonesia karena bisa menjangkau 9 pasar negara lain dengan lebih mudah. Namun di sisi lain, persaingan semakin ketat di pasar dagang ASEAN bahkan di dalam negeri.

"Apabila kita siap, akan menguntungkan bagi kita. Tapi apabila tidak siap, akan menjadi bencana bagi kita," kata Ida usai JK memberikan sambutan.

Politisi PKB ini menyatakan kesiapan Indonesia dalam menghadapi era masyarakat ASEAN sangat diperlukan agar Indonesia tidak hanya menjadi bangsa konsumen atas produk-produk negara lain, tetapi juga menjadi produsen yang bisa menjangkau pasar negara-negara lain.

Untuk itu, lanjut Ida [Fatayat NU](432341 "") mengupayakan perubahan kebijakan yang memihak perempuan, membangun kapasitas sumber daya perempuan, dan membangun kapasitas organisasi. (Ali)



Back To Top Go To Bottom

9. 2 Kakak Beradik Tewas Tertimbun Longsor di Bengkulu
Date/Time : 11/21/2014 9:23:11 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137750/2-kakak-beradik-tewas-tertimbun-longsor-di-bengkulu
 

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bengkulu sejak Kamis malam hingga Jumat pagi telah menyebabkan [longsor](2136629 "") di 12 titik di sepanjang jalur lintas Sumatera. Mulai dari Rejang Lebong (Bengkulu) menuju Lubuk Linggau (Sumsel) hingga Kiliranjawo, Kab Sijunjung (Sumbar).

Kondisi ini juga mengakibatkan longsor di Jorong Ranah Pinago, Nagari Siaua, Kecamatan Kamang Baru. Satu rumah yang berpenghuni 4 orang roboh diterjang longsor.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, tim penyelamat berhasil menemukan Gifrianto dan Yur dalam keadaan selamat di rumah yang diterjang longsor. Namun, 2 anaknya ditemukan telah meninggal dunia.

"Pada pukul 04.20 WIB, Romi (7 tahun) berhasil ditemukan, sedangkan Gita (11 tahun) ditemukan pada 05.15 WIB," ujar Sutopo melalui sambungan telepon, Jumat (21/11/2014)

BPBD dan Dinas PU, menurut Sutopo, telah membersihkan jalan dari material longsor dan saat ini kondisi jalan sudah dapat dilalui kembali.

Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami puncak hujan pada Januari 2015, sehingga potensi longsor dan banjir akan meningkat.

Longsor adalah bencana yang menyebabkan korban jiwa paling banyak selama 2014. Dari total 332 musibah longsor, telah menyebabkan 262 orang meninggal dunia.   

Daerah rawan longsor yang perlu memperoleh perhatian yaitu daerah-daerah pegunungan dan perbukitan di sepanjang Bukit Barisan dari Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu, Sumsel, dan Lampung.

Beberapa gejala umum sebelum longsor ditandai oleh adanya keretakan tanah, [amblesnya tanah pada lereng](2135561 ""), penggembungan pada tebing lereng, miringnya pohon-pohon atau tiang-tiang pada lereng, munculnya rembesan air pada lereng secara tiba-tiba, dan mata air pada lereng menjadi keruh secara tiba-tiba. (Ado)



Back To Top Go To Bottom

10. Tangis 300 Pelayat di Pemakaman Miss Honduras yang Tewas Tragis
Date/Time : 11/21/2014 8:57:47 PM
Direct link : http://news.liputan6.com/read/2137635/tangis-300-pelayat-di-pemakaman-miss-honduras-yang-tewas-tragis
 

Tangis haru pecah di acara pemakaman [Ratu Kecantikan Honduras](2137380 "") Maria Jose Alvarado dan kakanya Sofia Trinidad. Meski berduka, teman-teman dan kerabat hadir dalam acara pemakaman ganda itu.

"Maria Jose Alvarado (19) ditembak 2 kali di bagian belakang saat ia mencoba melarikan diri setelah melihat kakaknya, Sofia (23) ditembak oleh pacarnya yang cemburu," kata polisi seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (21/11/2014).

Tak hanya diwarnai tangis, adegan memilukan pun terjadi kala sang bunda memeluk erat kedua peti mati putrinya untuk terakhir kali. Teresa Munoz nampak begitu terpukul dengan kematian kedua putrinya sekaligus.


Lebih dari 300 orang menghadiri acara pemakaman kedua jasad yang dikubur berjajar di sebuah kuburan kecil, dekat kampung halaman mereka di Santa Barbara, [Amerika Serikat](2137452 "").

"Kami akan merindukanmu. Kalian akan selalu ada di hati kami selamanya," kata kakak paling tua Maria, Corina Alvarado.



Pada peti mati Maria Jose, disampirkan sabuk bertuliskan Miss [Honduras](2137380 "") yang dimenangkan pada bulan April.

"Hati keluarga hancur," ucap paman korban, Claudio Munoz sambil berderai air mata. "Mereka membunuh 2 gadis yang memiliki banyak impian... Mereka akan dikenang sebagai ratu selamanya di Honduras dan dunia."

Dilansir dari Reuters, kasus ini telah mengejutkan Honduras, Amerika Tengah, wilayah yang penuh dengan kekerasan dipicu oleh sengketa wilayah antara kartel narkoba yang bergerak melalui Amerika.

Negara Amerika Tengah yang miskin dikenal memiliki tingkat pembunuhan tertinggi di dunia, dengan 90,4 pembunuhan per 100.000 penduduk. Jumlahnya hampir 2 kali lipat dari negara-negara terdekat dengan kejahatan tinggi, seperti Venezuela dan El Salvador.

Hidup Ratu Kecantikan Honduras Maria Jose Alvarado berakhir dengan tragis. Dia dan kakaknya, Sofia Trinidad ditemukan tewas mengenaskan dengan luka tembak pada tubuhnya.

Jasad Miss Honduras dan saudaranya itu ditemukan terkubur di tepi Sungai Aguagua, Desa Cablotales, Kota Santa Barbara setelah menghilang selama 6 hari.

Polisi akhirnya menahan 2 orang, yang diduga kuat terlibat dalam aksi pembunuhan tragis ratu kecantikan Honduras dan kakaknya.

Maria Jose Alvarado terpilih menjadi [Miss Honduras](2137305 "") pada April 2014 lalu. Rencananya, wanita berparas cantik itu akan unjuk gigi di ajang Miss World yang akan digelar di London pada 14 Desember mendatang. Namun impiannya terhenti sebelum semuanya bisa terwujud karena meregang nyawa di tangan kekasih kakaknya. (Ado)



Back To Top Go To Bottom