Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Kabar Berita Terbaru Dunia Kesehatan, Seks, Diet, Herbal Terbaik
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Kabar Berita Terbaru Dunia Kesehatan, Seks, Diet, Herbal Terbaik
Author : -
Overview : Berita Kesehatan Liputan6, ragam isu penting kesehatan mencakup info seksual, cara hidup sehat, diet cepat alami, obat herbal tradisional terbaik hingga parenting
Language : English
Last Updated : 1/26/2015 10:16:26 AM
Website : http://health.liputan6.com


View Channel View Channel

1. Selai Kacang, Manfaatnya untuk Tubuh Melebihi Kelezatannya
Date/Time : 1/26/2015 9:00:57 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2166154/selai-kacang-manfaatnya-untuk-tubuh-melebihi-kelezatannya
 

Diantara sekian banyak selai, selai kacang jadi salah satu favorit banyak orang. Rasanya yang gurih sekaligus lezat pas untuk dipadukan dengan biskuit maupun roti tawar. Apakah Anda salah satu penggemarnya?

Beruntung bagi Anda yang menyukai selai kacang karena ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari olesan roti yang satu ini. Paling tidak ada tiga manfaat bagi kesehatan Anda seperti dilansir Good Housekeeping, Senin (26/1/2015).

1. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis
Selai yang berbahan dasar kacang ini mengandung lemak jenuh tak tunggal, antioksidan dan Vitamin E. Jika secara rutin menggunakan selai kacang sebagai olesan rotu bisa menurunkan dari risiko penyakit jantung, penurunan daya ingat, serta Alzheimer.

2. Bantu turunkan berat badan
Kaya serat, protein, lemak jenuh tak tunggal nabati pada selai kacang akan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan lain.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh
Kacang memiliki beragam vitamin dan mineral seperti Vitamin B-niacin yang membantu metabolisme tubuh serta magnesium dan potasium yang membantu fungsi otot dan menjaga tekanan darah tetap stabil.
Selain itu, kandungan selenium dan seng dalam selai kacang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.



Back To Top Go To Bottom

2. Bill Gates Prediksi Vaksin HIV Hadir pada 2030
Date/Time : 1/26/2015 8:30:08 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2166106/bill-gates-prediksi-vaksin-hiv-hadir-pada-2030
 

Miliarder sekaligus pendiri Bill & Melinda Gates Foundation, Bill Gates, yakin bahwa vaksin dan obat-obatan yang ampuh untuk melawan HIV (Human Immunodeficiency Virus) akan tersedia pada tahun 2030. Diharapkan vaksin dan obat ini mampu membebaskan seseorang dari virus yang telah membunuh jutaan orang dalam tiga dekade terakhirh.

Pendiri Microsoft ini lewat yayasan amalnya telah mengeluarkan dana puluhan juta dolar untuk penelitian medis pembuatan vaksin ini.

"Kami cukup optimis dalam jangka waktu sekitar 15 tahun akan mendapatkan dua obat baru," terangnya dalam Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss seperti dilansir Guardian, Senin (26/1/2015).

Kehadiran vaksin dalam kasus HIV sangat penting untuk mencegah orang terinfeksi virus tersebut pada populasi yang rentan terkena. Sedangkan obat baru ini diharapkan sebagai perawatan pengobatan tanpa perlu seumur hidup seperti obat yang ada sekarang.

Ia mengharapkan keitka vaksin dan obat ini ditemukan akan bisa menurunkan angka kasus kejadian HIV di seluruh dunia.



Back To Top Go To Bottom

3. Top 5 Health: Orangtua Ingin Balitanya Dieuthanasia Terpopuler
Date/Time : 1/26/2015 8:08:11 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2166252/top-5-health-orangtua-ingin-balitanya-dieuthanasia-terpopuler
 

Orangtua mana yang tega melihat buah hatinya tersiksa. Karena itu, orangtua di China meminta rumah sakit melakukan euthanasia (tindakan medis untuk mengakhiri kehidupan seseorang) pada anaknya yang masih berusia 1 tahun. Tapi, rumah sakit menolaknya.

Kisah pilu keluarga di China ini mendapat perhatian dari pembaca kanal Health Liputan6.com periode Minggu (25/1/2015). Berikut lima berita teratas:

1. Orangtua Ingin Balitanya Dieuthanasia Tapi Ditolak

Seorang balita laki-laki berusia satu tahun mengalami kerusakan otak parah usai terjebak Belt conveyor atau ban berjalan pada bulan lalu. Tak tega melihat penderitaan sang anak, ayahnya Xiong Zhengqing meminta rumah sakit melakukan euthanasia, tapi ditolak.

2. 5 Cara Alami Jadikan Tangan Senantiasa Halus

Musim hujan jadikan tangan terlihat kering dan berkerut.Tak jarang sejumlah orang mengalami tangan yang mengelupas, karena kondisi semacam itu. Bila tak ingin tangan menjadi kasar, Anda dapat mencoba sejumlah perawatan alami di rumah.

3. Inilah Waktu Cuti bagi Para Orangtua

Tahukah Anda bahwa ternyata terdapat waktu-waktu `cuti` bagi orangtua yang bisa didapatkan di tiap harinya? Ketahuilah, ternyata Anda tak menyadari di waktu itu diri Anda sedang terbebas dari peran sebagai orangtua.

4. Kehidupan Seksual Bisa Terganggu Karena Infeksi Kandung Kemih

Seorang wanita diminta untuk lebih menjaga kesehatan organ kemihnya. Bila sampai terinfeksi kandung kemih, maka kehidupan seksualnya bisa saja terganggu.

5. Bila Tidak Hati-hati, Kontak Lensa Dapat Rusak Kornea

Penggunaan lensa kontak tidak dilarang. Namun kita patut mengetahui bahwa penggunaan lensa kontak yang sembarangan dan tidak hati-hati, dapat merusak kornea.



Back To Top Go To Bottom

4. Tak Perlu Ke Luar Negeri Lakukan Operasi Artroskopi
Date/Time : 1/26/2015 8:00:03 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2166013/tak-perlu-ke-luar-negeri-lakukan-operasi-artroskopi
 

Banyak masyarakat Indonesia yang meragukan kemampuan para dokter dalam negeri. Termasuk dalam melakukan tindakan pembedahan dengan sayatan kecil pada sendinbsp lutut, bahu dan engkel karena cedera yang dikenal dengan artroskopi.

Padahal kualitas dokter ortopedi yang sudah menjalani fellowship khusus di bidang operasi artroskopi sudah mumpuni. "Di Indonesia kini sudah ada sekitar 20 dokter spesial ortopedi yang memiliki sertifikat artroskopi. Lalu, peralatan artroskopi yang dimiliki sudah baik," terang dokter spesialis ortepedi dan operasi artroskopi dari Rumah Sakit Royal Progress, Bobby N. Nelwan, SpOT ditulis Minggu, (25/1/2015).

Usai menjalani operasi artroskopi pasien akan menjalani fisioterapi dalam beberapa tahapan dalam jangka waktu beberapa bulan. Hal ini penting dilakukan demi pasien mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal. Salah satu contohnya untuk mengurangi dampak otot mengecil sebelah yang biasanya terjadi usai operasi.

Jika dilakukan di luar negeri, tentunya pengobatan secara komperhensif ini akan menyulitkan pasien sendiri. Pasien harus bolak-balik ke luar negeri untuk menjalani hal tersebut. Hal yang berbeda jika dilakukan semuanya di dalam negeri.

Dokter Bobby yang pernah menangani kasus cedera pada para pesepakbolanbsp ini pun pernah mendapatkan tanggapan positif dari pasiennya. Salah satu pasiennya yang berasal dari Brasil pernah melakukan operasi cedera pada lutut kanan dan kiri, salah satu lutut operasinya ditangani oleh dokter Bobby. Betapa senangnya si pasien karena ia merasakan penanganan yang dilakukan dokter Bobby dan tim terasa lebih baik dibandingkan yang ia lakukan di luar negeri.

"Bahkan, sampai dipamerkan itu rekaman operasi lututnya di Brasil," terang dokter yang mengambil orthopaedic sport medicine fellowship di Changi General Hospital Singapura ini sambil tertawa.



Back To Top Go To Bottom

5. Pamer Perut Rata 4 Minggu Pasca Persalinan, Model Ini Dikritik
Date/Time : 1/26/2015 7:30:36 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2166059/pamer-perut-rata-4-minggu-pasca-persalinan-model-ini-dikritik
 

Seorang model asal Austaralia, Erin McNaught (32) mendapat kritikan pedas dari banyak ahli kesehatan tentang aksi Erin memamerkan perut rata dengan bikini di Instagram usai melahirkan sekitar satu bulan lalu. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa para selebriti terkadang menampilkan hal tidak realistis kepada perempuan lainnya.

Sebelum Erin, memang banyak selebriti yang memamerkan tubuh langsing dengan cepat usai melahirkan. Sebut saja Miranda Kerr dan Kim Kardashian.

"Selebriti kerap menggambarkan hal tidak nyata tentang tampilan ibu pasca melahirkan yang kembali langsing. Padahal seharusnya, seorang ibu yang baru saja melahirkan tak perlu khawatir tentang bentuk tubuhnya," terang psikiater di Rumah Sakit Priory, Roehampton sekaligus ahli kesehatan dokter Natasha Bijlani seperti dilansir Daily Mail, Senin (26/1/2015).

Ibu yang baru saja melahirkan lebih baik banyak berisitirahat pasca proses persalinan yang melelahkan dan fokus pada bayi yang membutuhkan perhatian seperti dungkapkan Bijlani.

Enam minggu pasca melahirkan (periode pascanatal) para ibu baru tidak disarankan untuk berolahraga berat dengan sejumlah alasan. "Selama kehamilan, ligamen tubuh melonggarkan diri untuk proses kelahiran dan dibutuhkan waktu setidaknya enam minggu untuk kembali normal. Jika melakukan olahraga terlalu cepat itu sama artinya merusak diri Anda," terang Bijlani.

Selain itu, coba ingat kembali bahwa tubuh Anda bisa mengalami perubahan kehamilan selama sembilan bulan, sehingga paling tidak tubuh bisa kembali ke bentuk semula dalam waktu yang sama. Jadi tak perlu stres harus kembali ke bentuk semula seperti yang diungkapkan direktur fitnes Louise Day.

Lalu, bagaimana dengan seorang aktris yang bisa mendapatkan tubuh ideal dalam waktu cepat pasca persalinan. "Mari berpikir realistis, para selebriti tersebut didukung oleh ahli nutrisi, koki, dan personal trainer setiap harinya. Hal-hal ini membuat mereka lebih mudah mendapatkan tubuh ke bentuk semula," tambah Day.



Back To Top Go To Bottom

6. Periksa Bahan Kosmetik yang Bikin Keriput di Wajah
Date/Time : 1/26/2015 7:00:37 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165374/periksa-bahan-kosmetik-yang-bikin-keriput-di-wajah
 

Masih ingat dengan bahan pengawet berbahaya dalam kosmetik, paraben? Paraben memang merupakan bentuk ester dari p-hydroxybenzoic acid yang sebenarnya melindungi kosmetik dari aktivitas bakteri. Tapi sayangnya, bahan ini dilarang karena bisa memicu kanker.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menemukan bahwa methylparaben-salah satu jenis paraben ternyata dapat membuat kulit kering dan keriput.

Peneliti melihat,nbspmethylparaben menjadikan kulit tikus pucat, kering, dan lebih berkerut. Sehingga mereka menilai adanya konsentrasi yang tinggi dari bahan ini.

"Methylparaben dapat memperpendek umur sel kulit sehingga membuat tingkat kolagen berkurang danmempercepat penuaan sel," kata dokter kulit di Mount Sinai Medical Center, Rachel Nazarian, MD, seperti dikutip Prevention, Jumat (23/1/2015).

Penelitian ini juga menyarankan wanita pada khususnya untuk berhati-hati dalam memilih bahan produk kosmetik. Sebab bukannya tambah cantik, malah garis keriput yang muncul.



Back To Top Go To Bottom

7. 7 Hal yang Dibahas Menkes dan Menag Bersama Pemerintah Saudi
Date/Time : 1/25/2015 11:30:11 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165859/7-hal-yang-dibahas-menkes-dan-menag-bersama-pemerintah-saudi
 

Untuk memastikan kesiapan pelayanan pelaksanaan haji 1436 Hijriah atau 2015, Menteri kesehatan Nila Farid Moeloek dan Menteri Agama Drs. Lukman Hakim Syaifudin bertolak ke Tanah Scui pada 11 hingga 16 Januari 2015.

Selama di sana, kedua menteri ini mengadakan pertemuan dengan Menteri Haji Arab Saudi, Bandar bin Muhammad bin Hamzah Al-Hijaz agar tercapai kesepekatan di antara kedua negara mengenai jumlah kuota, kuantitas dan kualitas layanan yang dibutuhkan jamaah haji tahun ini. Termasuk kesepakatan akan jumlah petugas haji yang dibutuhkan jamaah haji Indonesia.

Berikut beberapa hal yang dibicarakan oleh kedua belah pihak selama di sana, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Sabtu (24/1/2015)

1.nbspnbspnbsp Kementerian Kesehatan menyadari bahwa aspek pemeliharaan kesehatan dan layanan kesehatan untuk calon jamaah haji merupakan salah satu faktor kunci dalam pelaksanaan haji.

2.nbspnbspnbsp Sungguhpun pada awalnya Pemerintah Arab Saudi berencana untuk mengurangi jumlah petugas haji, namun pada akhirnya dicapai kesepakatan bahwa tidak akan ada pengurangan. Jumlah petugas/tenaga kesehatan pada pelaksanaan haji 1436H akan tetap jumlahnya seperti tahun sebelumnya, yakni 309 orang dari berbagai latar belakang profesi kesehatan.

3.nbspnbspnbsp Menteri Kesehatan menghimbau agar calon jemaah haji secara aktif menjaga kesehatan diri jauh sebelum keberangkatan, baik fisik maupun mental, agar berada dalam kondisi prima saat di Tanah Suci.

4.nbspnbspnbsp Menyadari hal di atas, maka diminta kepada jemaah untuk mengikuti program pembinaan, diantaranya: olah raga untuk meningkatkan kebugaran, konsultasi gizi, dan memastikan didapatnya pengobatan medik secara memadai di layanan kesehatan di tanah air. Jemaah juga dihimbau untuk menyadari kondisi fisik saat keberangkatan dan menyiapkan obat-obatan pribadi yang mungkin memiliki spesifikasi tersendiri sesuai kebutuhan.

5.nbspnbspnbsp Tantangan kesehatan haji tahun 2015 adalah musim panas, yang mana periode puncak haji (arafah-mina) masuk dalam masa tersebut. Heat stroke akan menjadi masalah serius jemaah haji Indonesia. Langkah persiapan yang penting dan harus dilakukan adalah penyiapan kesehatan jemaah melalui: aklimatisasi, peningkatan kebugaran, kecukupan asupan gizi (termasuk air), dan kesiapan fasilitas layanan kesehatan antisipasi kasus heat stroke di kota perhajian.

6.nbspnbspnbsp Kementerian Kesehatan menyediakan Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Jeddah-Makkah-Madinah dengan fasilitas Instalasi Gawat Darurat dan High Care Unit (HCU), sebagai garda pertama penanggulangan masalah kesehatan jamaah haji.

7.nbspnbspnbsp Secara langsung, Menteri Kesehatan telah bertemu dengan Direktur Jenderal Kesehatan Arab Saudi dan mendapatkan penegasan komitmen bahwa Pemerintah Arab Saudi menjamin layanan kesehatan yang memadai di seluruh layanan primer dan rumah sakit milik pemerintah Arab Saudi, bagi seluruh jamaah haji, secara cuma-cuma. Namun demikian, Pemerintah Arab Saudi, khususnya Direktur Jenderal Kesehatan, meminta agar jamaah haji secara pribadi dan dengan dukungan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, dapat memastikan dilakukannya surveilans awal terhadap calon jamaah haji untuk early screening and detection dari penyakit yang mungkin diderita.



Back To Top Go To Bottom

8. Inilah Waktu Cuti bagi Para Orangtua
Date/Time : 1/25/2015 5:00:31 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165389/inilah-waktu-cuti-bagi-para-orangtua
 

Mungkin sebagai manusia akan sangat lumrah jika berkeinginan untuk melakukan sebuah wisata, terlebih lagi bagi orangtua di hari-hari telah menghabiskan waktu mengurusi sang anak. Perasaan ingin libur sejenak dari peran sebagai orangtua terkadang sangat diinginkan.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata terdapat waktu-waktu `berlibur` sebagai orangtua yang bisa didapatkan di tiap harinya? Ketahuilah, ternyata Anda tak menyadari di waktu itu diri Anda sedang terbebas dari peran sebagai orangtua.

Penasaran kapan sajakah itu? Ini dia ulasan yang dilansir dari laman BuzzFeed, Jumat (23/1/2015):

1. Bangun Paling Pagi

Menjadi orang pertama yang bangun pagi membuat Anda memiliki sejumlah waktu luang untuk menikmati waktu sendiri atau justru membangunkan dan bermesraan dengan pasangan.

2. Mengantir Tanpa Ditemani Anak

Mengantre panjang di saat membeli sesuatu atau berada di bank.

3. Tidur Siang

Sesat setelah anak tertidur pulas, apa yang Anda lakukan? Ya, inilah waktu libur Anda sebagai orangtua.

4. Enam Menit Setelah Anak Membuka Kotak Mainan

Waktu yang sangat berharga ketika anak Anda menginginkan kotak mainannya. Sebab, saat itulah Anda akan `berlibur`.

5. Ketika Tayangan Favorit Mereka Mulai

Setidaknya Anda mempunyai waktu bebas selama tayangan favorit sang buah hati sedang diputar.

6. Ke Kamar Mandi

Entah Anda atau saat buah hati ke kamar mandi, peran sebagai orangtua Anda akan diberikan sedikit jeda waktu.

7. Ketika Anak Sudah Tidur

Waktu yang tepat untuk beristirahat dan menikmati waktu berpacaran dengan pasangan tentunya sesaat setelah si kecil jatuh tidur.

Selamat menikmati waktu tanpa harus menjadi orangtua!



Back To Top Go To Bottom

9. 5 Cara Alami Jadikan Tangan Senantiasa Halus
Date/Time : 1/25/2015 4:00:18 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165415/5-cara-alami-jadikan-tangan-senantiasa-halus
 

Musim hujan jadikan tangan terlihat kering dan berkerut. Ditambah harus mengerjakan seabreg pekerjaan rumah, tangan menjadi kasar. Tak jarang sejumlah orang mengalami tangan yang mengelupas, karena kondisi semacam itu.

Bila tak ingin tangan menjadi kasar, Anda dapat mencoba sejumlah perawatan alami di rumah agar tangan selalu lembut seperti dikutip Health Me Up, Jumat (23/1/2015)

1. Minyak zaitun dan gula

Taruh satu sendok makan gula di telapak tangan dan tuangkan sedikit minyak zaitu di atasnya. Gosok, oleskan, pijat dengan lembut kedua telapak tangan dan jari-jari Anda. Setelah selesai, biarkan minyak meresap ke dalam selama beberapa menit, lalu bilaslah.

2. Vaseline dan kaus kaki

Sebelum naik ke atas ranjang, cuci tangan dengan pembersih yang lembut dan keringkan. Oleskan sedikit vaselin dan pijatlah. Lalu sarunglah dengan kaus kaki yang sudah tak lagi terpakai. Setelah bangun di pagi hari, cuci hingga bersih.

3. Lemon, madu dan baking soda

Campuran ini akan melembutkan tangan dan meringankan kulit.

4. Cuka dan kaus kaki

Untuk tangan pecah-pecah, setelah mencuci bersih menggunakan air, keringkan, lalu kenakan kaus kaki di tangan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Lemon, madu dan tepung

Campur semua bahan hingga menjadi scrub, gosok di bagian tangan, pijat dan tunggulah hingga kering.



Back To Top Go To Bottom

10. Cegah Kanker Kulit dengan Rutin Konsumsi Empat Cangkir Kopi
Date/Time : 1/25/2015 3:00:09 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165428/cegah-kanker-kulit-dengan-rutin-konsumsi-empat-cangkir-kopi
 

Salah satu jenis dari kanker kulit yang cukup parah, melanoma dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi empat cangkir kopi sehari.

Meski baru temuan awal, studi yang telah diterbitkan ke dalam JNCI: Journal of the National Cancer Institute diharapkan dapat menjadi langkah awal demi menghindari penyakit berbahaya ini.

Untuk menentukan apakah ada hubungan antara mengonsumsi kopi dan risiko melanoma kulit, Erikka Loffield dari Divisi Epidemiologi Kanker dan Genetika di US National Cancer Institute menggunakan data dari NIH-AARP Diet and Health Study.

Para peneliti menemukan bahwa peminum kopi biasa yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena kanker kulit, dibandingkan mereka yang kurang dalam meminum kopi.

Para peneliti juga mengamati bahwa kopi tanpa kafein tidak memberikan manfaat perlindungan yang sama. Ada juga kecenderungan perlindungan lebih dengan asupan yang lebih tinggi dengan efek perlindungan meningkat dari satu cangkir atau lebih.

Melansir laman Health Me Up, Jumat (23/1/2015), para peneliti juga mengungkapkan bahwa faktor lain yang memungkinkan dapat memengaruhi faktor risiko dari kanker kulit termasuk paparan radiasi UV, indeks massa tubuh, usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, dan gaya hidup.



Back To Top Go To Bottom

11. 5 Cara Hindari Makan Berlebih Usai Olahraga
Date/Time : 1/25/2015 2:03:19 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165448/5-cara-hindari-makan-berlebih-usai-olahraga
 

Kelaparan kerap dirasakan oleh para atlet yang baru saja selesai melakukan olahraga. Memang tidak salah makan usai berolahraga, asalkan makanan kecil dengan jumlah kalori yang tidak terlalu besar. Namun kebanyakan dari kita, justru menyantap makanan dengan jumlah kalori yang sama besarnya seperti yang dibuang.

Jika cenderung makan berlebihan selesai berolahraga, cobalah strategi menyantap makanan sehat seperti di bawah ini yang dikutip dari Health Me Up, Jumat (23/1/2015)

1. Makan setiap 3 sampai 4 jam

Perlu mengonsumsi sejumlah kalori untuk menjaga kadar gula darah selama dan setelah Anda latihan. Ini akan membantu Anda menghindari respons insulin yang sangat tinggi, yang dapat membuat lemak di dalam tubuh jadi berlebih.

Untuk menghindari mengonsumsi terlalu banyak kalori, makan makanan yang kurang dari 500 kalori dan makanan ringan yang memiliki 200 kalori atau kurang.

2. Berolahraga sebelum makan utama

Jika Anda kerap makan usai berolahraga, jadwalkan olahraga sebelum Anda makan makanan utama. Dengan cara ini Anda dapat mengisi bahan bakar dengan kalori yang akan Anda makan pula.

3. Makan protein setiap kali makan

Makan protein membantu Anda mengendalikan nafsu makan dan merangsang hormon kenyang yang membuat Anda kenyang lebih lama. Makannya yang kaya protein seperti telur, susu, yoghurt, gandum saat sarapan. Anda dapat mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, susu rendah lemak, ikan, dan daging tanpa lemak sepanjang hari.

4. Sertakan serat di dalam diet harian

Jangan lupa untuk memasukan serat ke dalam tubuh, setidaknya 25 sampai 30 gram serat setiap hari. Seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Minum

Anda cenderung haus usai berolahraga. Maka itu, selesai berolahraga langsunglah minum agar perut terasa kenyang.



Back To Top Go To Bottom

12. Bila Tidak Hati-hati, Kontak Lensa Dapat Rusak Kornea
Date/Time : 1/25/2015 1:00:09 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165469/bila-tidak-hati-hati-kontak-lensa-dapat-rusak-kornea
 

Penggunaan lensa kontak tidak dilarang. Namun kita patut mengetahui bahwa penggunaan lensa kontak yang sembarangan dan tidak hati-hati, dapat merusak kornea.

"Kita biasanya baru sadar kalau itu adalah sesuatu yang berharga ketika dia bermasalah, termasuk kesehatan mata kita," kata Ketua Kolegium Ophtamologi Indonesia (KOI), DR. Dr. Tjahjono D. Gondhowiardjo, SpM, PhD ditulis Jumat (23/1/2015)

Sebagai seorang pengguna, lanjut Tjahjono, kita harus menyadari bahwa kita akan meletakkan sesuatu ke dalam mata. Bila menyadari hal itu, kita pun akan lebih waspada dan tidak sembarangan dalam memilih lensa kontak yang akan digunakan.

"Lensa kontak itu fungsinya ada dua, yaitu untuk membantu mengoptimalkan penglihatannya demi meningkatkan kualitas, dan ada juga yang untuk gaya hidup," kata pria yang juga Spesialis Mata Jakarta Eye Centre (JEC) @ Menteng.

Berhubung lensa kontak dapat digunakan untuk meningkatkan gaya hidup, silahkan saja bila ingin menggunakan lensa kontak yang berwarna-warni. "Sepanjang kita mengetahui ada risikonya, silahkan saja," kata dia menambahkan.

Tjahjono mengingatkan bahwa lensa kontak pun dapat kotor. Maka itu, kita harus lebih waspada dan tetap memberikan lingkungan yang baik pada mata. Apabila oksigen kurang, mata menjadi bengkak, tergores, dan terjadilah infeksi.

"Susahnya mereka tidak memahami ini. Malah selama tidur, lensa kontaknya tetap dipakai ketika tidur," kata dia.

Karena kebanyakan kita membeli lensa kontak tidak berdasarkan pengetahuan, hal-hal semacam ini tidak dapat dihindarkan.

"Mereka bertanya ke optik, di mana orang optiknya sedang berjualan. Ya wajar saja bila dibilang akan baik-baik saja," kata dia.



Back To Top Go To Bottom

13. Kehidupan Seksual Bisa Terganggu Karena Infeksi Kandung Kemih
Date/Time : 1/25/2015 12:00:52 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165478/kehidupan-seksual-bisa-terganggu-karena-infeksi-kandung-kemih
 

Seorang wanita diminta untuk lebih menjaga kesehatan organ kemihnya. Bila sampai terinfeksi kandung kemih, maka kehidupan seksualnya bisa saja terganggu.

"Karena secara otomatis daerah vulvanya menjadi kurang nyaman. Biasanya menimbulkan rasa panas dan perih," kata Spesialis Urologi Rumah Sakit Bunda Menteng, Dr. Rachmat Budi Santoso, SpU ditulis Jumat (23/1/2015)

"Tapi, bila ingin dipaksakan, bisa saja, sih," kata dia menambahkan.

Rachmat mengingatkan untuk sebaiknya dilakukan terapi bila mengetahui dirinya mengidap infeksi kandung kemih. "Terapinya, urine pasien akan diambil, terus dibiakan dan akan kita cari apa bakterinya," kata Rachmat.

Nantinya, setelah dokter mengetahui apa jenis bakteri yang ditemukannya itu, pasien akan diberikan antiobiotika yang cocok.



Back To Top Go To Bottom

14. Minum Kopi Bisa Kurangi Risiko Kanker Kulit
Date/Time : 1/25/2015 11:00:14 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165267/minum-kopi-bisa-kurangi-risiko-kanker-kulit
 

Sebuah studi baru yang diterbitkan pada 20 Januari lalu dalam Journal of the National Cancer Institute menuliskan, konsumsi kopi dapat mengurangi risiko kanker kulit atau melanona ganas.

Livescience, Jumat (23/1/2015) melaporkan, peneliti melihat adanya kebaikan kopi yang dikonsumsi orang yang mengonsumsi empat cangkir atau lebih dalam sehari bisa menurunkan risiko melanoma hingga 20 persen.

Tapi jangan senang dulu, karena temuan ini bukan berarti membuat Anda bebas berada di bawah matahari seenaknya. Anjuran untuk menggunakan tabir surya tetap perlu dilakukan untuk mencegah radiasi.

"Kopi bukan jaminan untuk melakukan apa yang tidak seharusnya dilakukan. Namun hasil studi ini cukup membuka mata kita bahwa kopi bisa membantu," kata peneliti di Yale School of Public Health dan sesama di National Cancer Institute, Erikka Loftfield.

Kasus melanoma ini memang jarang terjadi di Asia seperti Indonesia. Tapi mengingat penyakit ini mematikan karena merusak sel pigemn kulit tentu akan lebih baik bagi kita untuk mencegahnya.



Back To Top Go To Bottom

15. Dibanding Pria, Wanita Lebih Jago Saat Marathon
Date/Time : 1/25/2015 10:00:07 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165289/dibanding-pria-wanita-lebih-jago-saat-marathon
 

Meski pria lebih cepat berlari, sebuah studi menunjukkan wanita ternyata lebih baik jago sat marathon. Penelitian ini mengungkap, bagaimana seorang wanita mampu mengambil keputusan dalam strategi lari.

Seperti dimuat laman Newser, Jumat (23/1/2015), secara khusus, perempuan 18,61 persen lebih baik daripada laki-laki dalam menjaga kecepatan selama sepanjang 40 kilometer. Penelitian yang melihat lebih dari 1,8 juta dari 131 kejuaraan maraton di seluruh dunia antara tahun 2008 dan 2014 ini menemukan bahwa kedua jenis kelamin sangat mempengaruhi gerakan dalam marathon.

Para peneliti berpikir, hal ini bisa disebabkan oleh perbedaan psikologi dan pengambilan keputusan saat berlari. "Penelitian ini menunjukkan, kita tidak bisa meremehkan kemampuan perempuan," kata peneliti.

"Mulailah mengambil strategi karena ini akan mempengaruhi napas, kecepatan lari dan kekuatan lawan," tulis peneliti.



Back To Top Go To Bottom

16. Top 5 Health: 2 Tanda Keperawanan Bikin Melek Pembaca
Date/Time : 1/25/2015 9:44:19 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165989/top-5-health-2-tanda-keperawanan-bikin-melek-pembaca
 

Psikolog seksual Zoya Amirin memaparkan bahwa ada dua hal yang dapat diperhatikan mengenai keperawanan seseorang. Menurutnya, keperawanan tidak hanya dipandang tentang sobeknya selaput dara, tapi juga oral atau anal seks.

Informasi ini berhasil menjadi berita terpopuler sepanjang Sabtu, 24 Januari 2015. Tak cuma itu, masih ada beberapa artikel menarik lain dalam Top 5 Health Liputan 6.com berikut ini:

nbsp

1. Tanda Keperawanan Bisa Dilihat dari 2 Hal Ini

Meski tidak bisa dilihat secara kasat mata, tapi tanda-tanda keperawanan bisa dilihat dari dua tanda penting. Ketahui lebih lengkap hal tersebut dalam artikel ini.

2. Sexpedia: Seks Tanpa Hamil dan Oral Seks (Edisi Full)

Zoya Amirin memaparkan seluk beluk mengenai bagiamana sebuah hubungan seksual bisa tidaknya menyebabkan kehamilan.

3. Selama 40 Menit Gadis Kecil Ini Berjuang Selamatkan Temannya

Menolong seseorang tak harus memiliki tubuh yang kuat dan uang yang banyak. Seorang gadis kecil di Provinsi Sichuan, China, yang masih berusia 6 tahun berusaha menyelamatkan temannya yang tenggelam hanya dengan tangan.

4. Pria Ini Berikan Ganja untuk Putrinya yang Sekarat

Saking tidak tega melihat anaknya menderita kanker neuroblastoma stadium 4, sang ayah memberikannya ganja. Simak kisahnya dalam artikel ini.

5. Obesitas dan Sunat Bisa Bikin Penis Bersembunyi

Penis tertimbun terkadang bisa terjadi karena mikropenis, ini jarang dan berhubungan dengan masalah kesehatan.



Back To Top Go To Bottom

17. Studi: Makan Permen Karet Bikin Mulut Sehat
Date/Time : 1/25/2015 9:00:54 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165351/studi-makan-permen-karet-bikin-mulut-sehat
 

Sebuah penelitian yang belum lama ini diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE menemukan manfaat permen karet dalam hal kesehatan. Dalam studi tersebut disebutkan bahwa permen karet dapat menangkap bakteri di mulut.

Seperti diberitakan Newser, Jumat (23/1/2015), penelitian berjudul 'Quantification and Qualification of Bacteria Trapped in Chewed Gum' ini menyebutkan, permen karet bisa menjadi perangkap bagi bakteri melalui ludah yang dibuang.

"Lima relawan mengunyah mulai dari 30 detik hingga 10 menit. Peneliti kemudian mengukur efektivitas karet dan bakteri di mulut," tulis peneliti.

Kendati demikian, peneliti juga tidak menyarankan penggunaan permen karet untuk membersihkan mulut lantaran kebersihan mulut tergantung pada cara kita membersihkan gigi. Peneliti beranggapan, menyikat gigi tanpa pasta gigi diperkirakan menghapus jumlah bakteri yang sama saat mengunyah permen karet.

"Kami mencatat lebih banyak spesies bakteri ketika seseorang mengunyah permen karet lebih lama. Hal ini membuat bakteri terjebak dan melemah," ujar peneliti.



Back To Top Go To Bottom

18. Orangtua Ingin Balitanya Dieuthanasia Tapi Ditolak
Date/Time : 1/25/2015 8:00:20 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165363/orangtua-ingin-balitanya-dieuthanasia-tapi-ditolak
 

Seorang balita laki-laki berusia satu tahun mengalami kerusakan otak parah usai terjebaknbspBelt conveyor atau ban berjalan pada bulan lalu. Tak tega melihat penderitaan sang anak, ayahnya Xiong Zhengqing meminta rumah sakit melakukan euthanasia, tapi ditolak.

Selama ini anak yang tak disebutkan namanya itu harus menggunakan alat pendukung hidup dan tak bisa bernapas sendiri. Kondisi ini karena anak itu mengalami gangguan kesehatan akibat kekurangan oksigen (hipoksia).

Sang anak sekarang dirawat di rumah sakit anak Jin Danqun di Provinsi Anhui. "Dia menderita hipoksia, tanpa detak jantung dan napas selama delapan menit. Secara umum, hipoksia lebih dari empat menit bisa menyebabkan kerusakan otak. Dari kondisinya, sangat tak mungkin untuk sembuh," kata pihak rumah sakit, seperti dilansir ChinaDaily, Jumat (23/1/2015).

Praktik euthanasia memang ilegal di China sehingga permohonan orangtua bocah ini menjadi perdebatan panas.

Orangtua yang ditolak rumah sakit tak tinggal diam, ia kemudian ke biro lokal untuk membela perkaranya. Tapi, tetap saja tak ada perubahan.

"Ini akan ditolak di mana-mana di negara ini. Ini ilegal. Meskipun ia sakit, selama ia hidup, harus menghargai kehidupannya," ujarnya.

Saat ini, praktik euthanasia baru berlaku di Belanda, Belgia, dan Swiss untuk anak di bawah umur.




Back To Top Go To Bottom

19. Agar Udara Bersih, Bakar Daging di Tahun Baru Imlek Dilarang
Date/Time : 1/25/2015 7:00:32 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165390/agar-udara-bersih-bakar-daging-di-tahun-baru-imlek-dilarang
 

Di Indonesia Tahun Baru identik dengan bakar ayam dan jagung. Dan pada Tahun Baru Imlek, warga di China juga memiliki tradisi `bakar-bakaran` yakni bakar daging babi. Tapi, praktik ini dilarang karena bisa mengotori udara.

Mulai tanggal 20 Januari 2015, Biro Perlindungan Lingkungan Chongqing (CEPB) bergabung dengan departemen keamanan publik, perencanaan kota, administrasi makanan dan obat-obatan, dan lain-lainnya untuk menghentikan praktik membakar daging di kota.

Dalam tradisi Chongqing dan tetangganya di Provinsi Sichuan biasanya sejumlah rumah tangga membakar daging babi sebelum Tahun Baru Imlek sebelum 19 Februari. Tapi, CEPB mengatakan, membakar benda di udara terbuka dan membuat ayam bakar dengan kayu bakar juga dilarang. Polusi dari pembakaran benda bisa diganti dengan energi yang lebih bersih seperti gas alami, listrik, dan gas cair.

"Siapa pun yang tertangkap melanggar aturan akan dihukum hingga 5.000 yuan (US$ 805 dolar atau sekitar Rp 10 juta)," tulis biro situs resminya, dan dikutip Chinadaily, Jumat (23/1/2015).

Kampanye Antidaging di Chongqing ini terjadi beberapa hari setelah pejabat kota tetangganya Dazhou menyalahkan kabut asap dari daging bakar. Rao Bing, Wakil Kepala Biro Perlindungan Lingkungan Dazhou mengatakan, salah satu penyebab kabut asap di kota adalah asap dari daging bakar. Terutama sebelum Festival Musim Semi dan Tahun Baru Imlek.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah negara bagian sering dilaporkan dengan asap tebal, pengurangan visibilitas, dan bahaya kesehatan. China juga sudah melakukan berbagai langkah untuk mengatasi polusi udara yang parah, termasuk membatasi produksi industri dan penggunaan kendaraan.



Back To Top Go To Bottom

20. Selama 40 Menit Gadis Kecil Ini Berjuang Selamatkan Temannya
Date/Time : 1/24/2015 5:00:33 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165423/selama-40-menit-gadis-kecil-ini-berjuang-selamatkan-temannya
 

Menolong seseorang tak harus memiliki tubuh yang kuat dan uang yang banyak. Seorang gadis kecil di Provinsi Sichuan, China, yang masih berusia 6 tahun berusaha menyelamatkan temannya yang tenggelam hanya dengan tangan telanjang dan hati yang mulia selama 40 menit.

Situs berita China, Newssc.org, melaporkan pada 25 Desember 2014, seorang gadis menyelamatkan temannya yang terpeleset serta jatuh ke dalam kolam buatan di tengah musim dingin. Ia berjuang mati-matian selama 40 menit.

Ziying Wang dan Yaolong Wang memang berteman. Mereka tetangga dan teman sekelas. Pada suatu hari sekitar pukul 17.00 waktu setempat, usai keduanya menyelesaikan pekerjaan rumah (PR), mereka meninggalkan rumah dan bermain dengan teman lainnya yang dekat rumahnya. Memang ketiganya sering bermain bersama. Tapi, pada suatu hari, teman Ziying dan Yaolong tak ada di rumah. Akhirnya mereka hanya bermain berdua dan berhenti di salah satu lapangan hortikultura dalam perjalanan pulang.

Keduanya menemukan kolam dan mulai bermain yang menghibur diri mereka, dengan melempar kerikil ke kolam untuk menciptakan riak. Waktu mereka pun semakin menyenangkan. Tiba-tiba Yaolong yang laki-laki menginjak tanamanan di tepi dan terpeleset serta jatuh ke dalam kolam.

Melihat Yaolong masuk ke kolam, Ziying segera berjongkok dan mengulurkan tangan untuk menolong temannya. Anak lelaki itu berjuang dan berenang ke tepi kolam, meraih tangan temannya.

Ziying memegang tangan Yaolong dengan kuat, tapi dengan semua kekuatan yang dimiliki Ziying, ia tak bisa menarik Yaolong keluar dari air.

Ziying berteriak keras, berharap seseorang mendengarnya dan datang membantu, tapi tak satupun yang datang menyelamatkan mereka.

Waktu terus berlalu dan matahari mulai terbenam. Suara Ziying juga menjadi serak karena terus menerus berteriak. Yaolong hampir tak bisa bersuara karena ia berjuang untuk tetap berdiri di dalam air setinggi dadanya.

Pada pukul 17.40, ibu Ziying, Xueping Li menyadari putrinya tak pulang dan mendatangi rumah tetangga. Tapi, Ziying tak ada juga. Merasa ada yang aneh, sang ibu akhirnya menyusuri jalan mencari anaknya.

Beberapa saat kemudian, ia mendengar teriakan parau anaknya dan buru-buru ke arah suara. Ia melihat putrinya Ziying berlutut di depan kolam sambil memegang Yaolong.

Bibir Yaolong sudah ungu dan tak menunjukkan tanda-tanda respons. Ia dengan cepat mengangkat anak itu keluar dari air, memeluknya dan berlari pulang secepat mungkin.

Para ibu kedua anak itu segera menaruh Yaolong di dalam air panas untuk menghangatkannya dan memberikan teh jahe, sebelum membawanya ke rumah sakit. Berkat respons cepat Ziying dan kesabarannya, Yaolong selamat dari krisis beku tanpa masalah kesehatan.

Bagaimana pun usaha kiat Ziying membuat otot lengannya nyeri selama beberapa hari. Bahkan menurut Li, Ziying tak bisa memegang mangkuk nasi karena lengannya terus gemetar.

Ketika ditanya pengalamannya menyelamatkan temannya selama 40 menit, Ziying dengan polos menjawab `Saya hanya tak ingin membiarkan dia tenggelam karena ia akan mati` seperti dikutip dari Rocketnews24, Jumat (23/1/2015).




Back To Top Go To Bottom

21. Bocah 8 Tahun Rela Tak Sarapan demi Ayahnya yang Sakit
Date/Time : 1/24/2015 4:00:07 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165403/bocah-8-tahun-rela-tak-sarapan-demi-ayahnya-yang-sakit
 

Song Biyang, bocah berusia 8 tahun di Provinsi Hubei rela tak sarapan dan menggunakan uangnya untuk membeli tiket lotre. Ia berharap bisa menang uang yang banyak untuk ayahnya yang sakit.

Ayah dari Song mengalami sakit ginjal dan membutuhkan transplantasi ginjal.

Menurut situs Xinhua dan dikutip Sabtu (24/1/2015), nenek Song memberikan cucunya dua yuan (Rp 4.000) setiap harinya untuk sarapan. Tapi, bukannya dibelikan makanan, si bocah membelikan lotre di outlet kampung halamannya di Jianli.

Sang ayah tak lagi bisa bekerja karena kondisinya terus memburuk. Salah satu cara mengobatinya dengan transplantasi ginjal, tapi biayanya cukup mahal yakni 300 ribu Yuan atau Rp 600 juta

Song mengatakan, sebagai ganti sarapan ia memilih minum air ketika berangkat sekolah karena bisa membuatnya kenyang. Namun, saat sang ayah mengetahui kebiasaan anaknya yang bermain lotre, ia langsung terkejut.

Sang ayah mencoba membujuk putranya itu untuk berhenti, namun tak berhasil. Akhirnya, neneknya memberikan 3 Yuan atau Rp 6 ribu setiap paginya agar ia juga bisa membeli makanan selain lotre.



Back To Top Go To Bottom

22. Tanda Keperawanan Bisa Dilihat dari 2 Hal Ini
Date/Time : 1/24/2015 3:00:23 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165441/tanda-keperawanan-bisa-dilihat-dari-2-hal-ini
 

Meski tidak bisa dilihat secara kasat mata, tapi tanda-tanda keperawanan bisa dilihat dari dua tanda penting. Selain selaput dara yang robek, oral atau anal seks juga.

Seperti disampaikan Psikolog Seksual Zoya Amirin bahwa kebanyakan orang hingga saat ini cenderung berpikir bahwa selaput dara itu bentuknya tertutup lalu robek bila melakukan hubungan seksual. Padahal bukan seperti itu.

"Kalau Anda pernah melihat kawat nyamuk, kira-kira selaput dara seperti itu. Fungsi bolong-bolong itu untuk jalan keluar darah saat menstruasi. Kalau tertutup, berarti harus diperiksa oleh dokter kandungan," kata Zoya untuk Sexpedia, Liputan6.com ditulis Jumat (23/1/2015).

Kembali lagi bicara mengenai keperawanan, kata Zoya, ketika selaput dara itu hilang itu biasanya tidak sakit. Namun yang jadi persoalan adalah hilangnya 'atribut sosial'.

"Keperawanan ini saya sebut small issue with big issue. Karena tanda keperawanan tidak bisa dilihat secara kasat mata, baik kata orang dari cara jalan dan sebagainya tidak ada yang tahu. Tapi batasan keperawanan itu saya pikir ada dua. Pertama, sudah pernah melakukan hubungan seksual, dan pernah melakukan oral atau anal seks," jelasnya.

"Kalau mau perawan jangan hanya kelaminnya yang dijaga tapi tangan dan mulut harus kompak dong. Kalau sudah pernah oral atau anal walaupun belum pernah berhubungan itu sama saja sudah tidak perawan dan perjaka lagi," tukasnya.



Back To Top Go To Bottom

23. Pria Ini Berikan Ganja untuk Putrinya yang Sekarat
Date/Time : 1/24/2015 2:00:36 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165280/pria-ini-berikan-ganja-untuk-putrinya-yang-sekarat
 

Saking tidak tega melihat anaknya menderita kanker neuroblastoma stadium 4, sang ayah memberikannya ganja.

"Warna Kulitnya kembali, matanya bersinar lagi. Tubuh kecil yang lemah karena kanker yang menggerogotinya menunjukkan perbaikan. Tanpa minyak ganja, kondisinya menurun," kata ayahnya, Adam Koessler di rumah sakit di Brisbane ketika itu.

Adam juga mengungkapkan kalau perut anaknya juga tidak sakit lagi dan dia mulai bisa menerima makanan. "Energi nya naik dan dia ingin pergi ke luar dengan saya bukannya berbaring telentang dengan kaki meringkuk." tuturnya dengan sedih, seperti dimuat laman Newser, Jumat (23/1/2015).

Sayangnya, cara ini tentu ditentang medis karena bagaimanapun ganja belum terbukti secara kedokteran bisa membantu pengobatan kanker.

Adam Koessler pun akhirnya ditangkap petugas setelah dinilai tindakannya membahayakan si kecil. Menurut Pria Australia tersebut, minyak ganja dimasukkan ke makanan anaknya melalui infus.



Back To Top Go To Bottom

24. Tinggal di Rumah dan Nonton Televisi Cegah Flu
Date/Time : 1/24/2015 1:00:14 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165233/tinggal-di-rumah-dan-nonton-televisi-cegah-flu
 

Musim penghujan meningkatkan kemungkinan seseorang terkena flu. Ada cara yang menyenangkan untuk mengurangi penularan penyakit itu yakni tinggal di rumah dan menonton televisi.

Para peneliti mengalisis dari kebiasaan orang Meksiko yang menonton televisi selama musim semi 2009 ketika wabah flu H1N1 dimulai. Pada saat itu, para pejabat di Mexico City menerapkan langkah-langkah untuk mengurangi kontak manusia dengan satu sama lain. Mereka menutup sekolah-sekolah umum dan membatalkan acara-acara publik yang besar.nbsp Strategi ini disebut dengan `Jarak Sosial`.

Para peneliti memperkirakan penduduk yang menonton televisi di rumah umumnya kontak dengan orang lain terbatas.

Pada Minggu pertama setelah upaya Jarak Sosial itu, jumlah yang menonton televisi di Meksiko City meningkat menjadi 20 persem. Peningkatan ini terjadi sebagian besar pada anak-anak dan orang yang pendapatannya tinggi, dibandingkan kelompok lain.

Para peneliti mengikuti model itu bahwa ini akan terjadi jika orang-orang tak mengubah perilaku mereka selama epidemi. Dalam skenario ini, kasus flu baru bisa lebih dari empat kali lipat dalam lima minggu namun kenyataannya menurun.

"Wabah flu babi yang melanda Mexico City pada April 2009 bisa saja lebih buruk, tapi penyebaran virus berkurang dengan perilaku masyarakat yang menjauhkan diri dari satu sama lain," kata Michael Springborn, seorang ekonom di University of California, Davis, seperti dikutip Livescience, Jumat (23/1/2015).

Penelitian ini diterbitkan di Jurnal BMC Infectious Diseases.

Peneliti menemukan, ada batas berapa orang bersedia terkurung di rumah, selama wabah flu. Dalam minggu kedua setelah sekolah ditutup, kebiasaan menonton televisi mulai berkurang dari awal yang tinggi dan kembali normal ketika sekolah dibuka lagi, pada pertengahan Mei.



Back To Top Go To Bottom

25. Sexpedia: Seks Tanpa Hamil dan Oral Seks (Edisi Full)
Date/Time : 1/24/2015 12:15:00 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2159915/sexpedia-seks-tanpa-hamil-dan-oral-seks-edisi-full
 

Benarkah sanggama saat menstruasi tidak bikin hamil?nbspMenarik ke luar penis sebelum ejakulasi, apakah tidak bikin hamil?nbspKalau cuma sekedar menggesek-gesekkan antar alat vital, apakah aman dari hamil?nbspApakah oral seks dan anal seks bisa bikin hamil?

Untuk mengetahui segala hal mengenai seks tanpa hamil dan oral seks,nbspPsikolog Seksual Zoya Amirin M.Psinbsppunya jawabannya. Simak edisi Sexpedia episode 10 full seperti yang ditayangkan Sabtu (24/1/2015).

nbsp

Berikut Videonya:



Back To Top Go To Bottom

26. Obesitas dan Sunat Bisa Bikin Penis Bersembunyi
Date/Time : 1/24/2015 11:00:40 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165176/obesitas-dan-sunat-bisa-bikin-penis-bersembunyi
 

Kelamin pria itu memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Baik itu panjang dan lebar, pendek dan sempit, disunat atau tak disunat, atau ada yang tertimbun.

Penis tertimbun terkadang bisa terjadi karena mikropenis, ini jarang dan berhubungan dengan masalah kesehatan.

Pria dengan penis tertimbun sebenarnya memiliki ukuran yang normal, tapi tersembunyi di bawah perut bagian bawah. Ketika melihatnya, Anda mungkin tak akan melihat si kepala penis (glans).

Penis bersembunyi bisa dibagi menjadi tiga subkategori tergantung pada perkembangannya:

1. Obesitas

Penis tertumbun bisa terjadi saat dewasa karena masa kecil yang obesitas. Ini menyebabkan perut bawah turun dan berlemak sehingga penis bersembunyi.

2. Penis berselaput

Ini seringkali merupakan kondisi bawaan yang memengaruhi kulit skrotum yang menghubungkan batang penis. Dalam kasus yang sederhana, selaput yang lebih besar terhubung ke poros dekat glans.

Tapi, dalam kasus yang kompleks, selaput menekan poros belakang dan kadang-kadang berhubungan dengan skrotum.

3. Penis terjebak

Kondisi ini sering disebabkan sunat agresif yang disebabkan kesalahan dari kulup. Jaringan parut tumbuh dan mendorong penis ke dalam lapisan lemak kemaluan.

Setiap kasus penis tertimbun ini bisa menyebabkan distribusi kulit atas penis yang tidak merata sehingga sulit menjaga kebersihan.

Pada bayi, kelebihan kulit menjadi perangkap urine. Pada anak-anak dan orang dewasa, menjaga aliran pipis seimbang menjadi sulit karena tarikan kulit di atas kepala penis, biarkan memegan penis di salah satu tempat. Jika seperti inidengan kelembaban yang disebabkan keringat serta berada di ruang tertutup bisa menyebabkan iritasi kronis dan infeksi.


Jadi Minder

Seiring dengan kondisi yang berhubungan dengan kesehatan penis tertimbun, juga ada masalah psikologis. Ini tak hanya memengaruhi si pemilik penis. Orangtua bisa dihadapkan stres dan khawatir dengan masa depan anaknya.

Sedangkan pada anak, ia bisa tumbuh dengan rasa takut kekurangannya itu dilihat teman sekelasnya serta perasaan tak mampu dan tak amakn, yang bisa menyebabkan depresi. Perasaan itu bisa terbawa hingga dewasa yang terkadang sulit untuk mempertahankan hubungan romantis.

"Ini mencegah saya melakukan atau mengalami banyak hal," kata Michael, seorang pria Australia dengan mikropenis dengan ukuran kurang dari 3 inci (7cm) ketika ereksi, seperti dilansir Medicaldaily, Jumat (23/1/2015).

Pria yang kehilangan keperjakaannya sejak usia 24 tahun itu akhirnya memilih tak mencoba hubungan intim lagi selama enam tahun. Dia mengatakan, ia akan bahagia jika kurang cerdas, IQ sedikit rendah, tapi memiliki penis yang lebih besar.

Ia juga didiagnosa mengalami gangguannbsp bipolar dan depresi. Obat antidepresan yang dikonsumsinya telah menahan dorongan seksualnya.



Back To Top Go To Bottom

27. Top 5 Health: Manfaat Daun Kelor Bikin Penasaran
Date/Time : 1/24/2015 10:04:23 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165719/top-5-health-manfaat-daun-kelor-bikin-penasaran
 

Manfaat daun kelor bagi kesehatan cukup banyak. Hal ini disebabkan olehnbspzat yang terkandung di dalam daun kelor seperti antioksidan, asam amino, magnesium dan nutrisi. Lantas, apa sajakah manfaat daun kelor? Inilah salah satu artikel yang paling dilirik di kanal Health Liputan6.com.

Berikut lima berita teratas periode Jumat 23 Januari 2015:

1. Ini Manfaat Daun Kelor yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Daun yang berbentuk bulat telur berukuran kecil yang tersusun dalam satu tangkai ininbspdapat berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Karena memiliki banyak manfaat dan tidak terlalu sulit dirawat, pohon kelor banyak dibudidayakan secara mandiri dengan cara stek. Simak artikel selanjutnya!

2. Stiker-stiker Lucu yang Ternyata Jebakan Narkoba

Sepintas tak ada yang menyangka kerta-kertas bergambar lucu ini berbahaya. Ada kandungan narkoba yang bisa membuat pengonsumsinya berhalusinasi. Bagaimana mungkin? Ini dia alasannya!

3. Sexpedia: Apa Alasannya Oral Seks dan Anal Seks Berbahaya?

Psikolog seksual Zoya Amirin M.Psi punya jawaban kegundahan Anda mengenai alasannya oral seks dan anal seks berbahayanbspdalam Sexpedia episode Jumat, (23/1/2015).

4. Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Susu

Segala yang berlebihan tak bagus di tubuh, termasuk dalam mengonsumsi susu. Temuan terbaru menunjukkan, lebih baik menghindari produk susu. Hal ini disebabkan risiko kesehatan terlalu banyak mengonsumsi produk susu. Penasaran?

5. Sayur Kangkung Juga Mengandung LSD

Kangkung di Indonesia dipercaya bisa membuat orang mengantuk usai menyantapnya, tetapi ternyata di dalam kangkung ada kandungan yang mirip Lysergic Acid Diethylamide (LSD). Berbahayakah? Ini dia ulasannya!



Back To Top Go To Bottom

28. Selfie Kuatkan Niat Eva Langsingkan Tubuh
Date/Time : 1/24/2015 10:00:41 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165033/selfie-kuatkan-niat-eva-langsingkan-tubuh
 

Butuh ide untuk semangat jalani penuruan berat badan? Anda bisa mensontek cara perempuan asal Islandia, Eva Rut Gunnlaugsdottir (35) yang sukses menurunkan berat badannya hingga 50kg. Caranya dengan selfie alias memotret diri sendiri.

Ide ini bermula ketika Eva, ibu dua anak ini, merasa sangat buruk dengan potret dirinya yang bertubuh gemuk yang memiliki berat badan 121 kg. Potret dirinya yang diunggah ke sosial media pun mendapat ejekan dari teman dan saudara yang melihatnya.

"Saya merasa buruk tampil sebagai lelucon. Dan lewat foto saya bertekad untuk turunkan berat badan," terang Eva seperti dilansir Daily Mail pada Jumat (23/1/2015).

Hal pertama yang Eva hindari adalah makanan cepat saji, keju, dan lemak. Juga cokelat, biskuit, keripikm dan makanan ringan tinggi kalori. Ia mengganti makanan tersebut menjadi sup, buah, sayur, daging tanpa lemak, dan salad.

"Pada hari-hari pertama sangat sulit. Tapi sesudah itu saya sangat stabil. Saat bangun pun tubuh jadi lebih energik dan jiwa pun lebih bahagia," tuturnya.

Ia pun rutin mengabadikan potret diri alias selfienya meski pada tahap-tahap awal penurunan berat badan masih kesal dengan berat badannya. Foto tersebut menjadi motivasinya untuk terus jalani hidup sehat. Hingga akhirnya ia berhasil membuat berat badannyanbsp kini di angka 71 kg.



Back To Top Go To Bottom

29. Takaran Maksimal Seorang Anak Makan Pizza
Date/Time : 1/24/2015 9:00:03 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165043/takaran-maksimal-seorang-anak-makan-pizza
 

Siapa yang tidak suka pizza? Makanan khas Italia ini memang sangat menggiurkan dengan beragam topping mulai dari sosis, daging sapi, daging panggang, ayam, seafood. Tak cuma orang dewasa yang suka, anak-anak juga. Tapi untuk anak-anak, batasi maksimal dua potong pizza saja ya.

Pizza, meskipun tidak tampak seperti makanan 'jahat' tapi merupakan sumber makanan yang mengandung kalori, lemak jenuh dan garam yang cukup besar untuk anak-anak. Sehingga para peneliti menyarankan agar anak-anak maksimal mengonsumsi pizza tidak lebih dari dua potong lalu makan salad atau sayuran lain. Bukan dengan makanan tinggi kalori lainnya.

"Orangtua harus mampu membatasi asupan mengonsumsi pizza, terutama jika pizza sekedar dijadikan cemilan. Karena terlalu banyak mengonsumsi pizza memberi dampak negatif pada asupan kalori anak-anak," terang direktur Prevention Research Center Illinois dan salah satu penulis studi Lisa Powel seperti dilansir laman Live Science, Kamis (22/1/2015).

Di Amerika Serikat sendiri, peneliti menemukan fakta bahwa pizza telah menjadi masalah bagi anak-anak. Anak-anak disana mengonsumsi pizza lebih sering daripada orang dewasa selain itu diakhiri dengan mengonsumsi kue dan biskuit.

Namun, bukan berarti anak-anak dilarang makan pizza. Para ahli nutrisi malah menyarankan orangtua untuk memasak pizza sendiri di rumah. "Ketika kita membuatnya di rumah bisa memilih topping yang sehat. Seperti sayuran dan protein tanpa lemak. Pizza tidak melulu harus peperoni dan keju," terang ahli diet klinis Center for Healthy Weight & Nutrition at Nationwide Children's Hospital in Columbus, Alexis Tindall.



Back To Top Go To Bottom

30. Bocah Ini Kesakitan dan Kulitnya Mengelupas Kala Disentuh
Date/Time : 1/24/2015 8:00:10 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165058/bocah-ini-kesakitan-dan-kulitnya-mengelupas-kala-disentuh
 

Saat lahir Song Liuchen (8) tak berhenti menangis selama 12 jam, orang-orang di sekitarnya bingung akan hal tersebut. Saat ia tumbuh semakin besar baru diketahui bahwa bocah ini mengalami kondisi langka yang membuat kulitnya sangat rapuh seperti sayap kupu-kupu.

Liuchen menderita kondisi langka yang bernama epidermolysis bullosa (EB). Kondisi ini memang menyebabkan setiap sentuhan menjadi sangat menyakitkan bahkan membuat kulitnya terkelupas.

Pada saat lahir, orangtua Liuchen sudah diberitahu apa yang terjadi pada bayi ini, bahkan sudah dibuatkan surat kematian. Dokter spesialis di sebuah rumah sakit di Zhengzhou, Cina menyatakan kepada orangtua bahwa kondisi tersebut sangat jarang terjadi dan tidak tahu bagaimana mengobatinya.

"Sejujurnya sebagian besar dokter sudah berbicara tentang kondisi anak kami dan mengatakan bahwa tidak bisa membatu. Kami juga telah mencoba pengobatan tradisional tapi juta tidak berhasil," ungkap ayah Song Zhongmin kepada Central European News (CEN) seperti dikutip FoxNews, Jumat (23/1/2015).

"Satu-satunya hal yang telah membantu kami adalah kesabaran dan perhatian saya dan istri. Kami memelajari secara perlahan untuk menemukan cara agar membuath hidupnya jadi lebih mudah meskipun ia sering kesakitan baik saat tidur dan bangun," tambah sang ayah.

Zhongmin dan istri mendorong sang anak untuk tetap optimis jalani kehidupan di tengah rasa kesakitannya. Liuchen bahkan tetap mengenyam pendidikan di sekolah reguler. Hebatnya meski kondisinya sering merasa kesakita ia merupakan salah satu siswa terbaik di kelas dua SD tersebut.

Jika ditanya apa musim yang paling disenangi Liuchen, ia akan menjawab musim dingin.nbsp Pada saat musim panas kondisinya akan memburuk. Kulitnya jadi lebih mudah terluka sehingga sprei harus diganti tiap hari karena banyak darah dan cairan dari luka-lukanya.

Obat-obatan dan perawatan medis tak kunjung membuatnya merasakan lebih baik. Ia pun hanya bisa menjalani kehidupan. Ibu dan ayahnya yang berjuang sekuat tenaga untuk terus menyemangatinya.

"Saya mencoba untuk kuat tapi kadang-kadang tidak bisa untuk menahan rasa sedih. Segera mencari tempat tenang dan menangis. Saya tidak ingin dia melihat saya sedih," papar sang ibu.

nbsp



Back To Top Go To Bottom

31. Berhubungan Intim Jadi Lebih Nyeri Usai Operasi Caesar
Date/Time : 1/24/2015 7:00:14 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165218/berhubungan-intim-jadi-lebih-nyeri-usai-operasi-caesar
 

Rasa nyeri umum dialami ibu yang baru melahirkan saat berhubungan seks. Namun, ibu yang melahirkan dengan caesar (c-section) dua kali lebih mungkin mengalami nyeri saat berhubungan intim dibanding yang melahirkan secara normal. Bahkan, saat usia bayi sudah 18 bulan.

Persalinan normal yang dimaksud adalah yang mengalami robekan di perineum (daerah antara vagina dan anus) dan tak perlu dijahit. Penelitian tak melihat wanita yang persalinan normal yang sulit.

Selain itu, peneliti tak memberikan penjelasan alasan proses kelahiran bisa membuat lebih sakit dibanding yang lain.

Peneliti hanya menyimpulkan, persalinan caesar melibatkan pemotongan di dinding depan perut dan rahim. Hal ini biasanya dilakukan di bawah epidural, ketika tubuh bagian bawah mati rasa, tapi ada juga yang dilakukan dengan anastesi umum.

"Hampir semua wanita mengalami rasa sakit selama hubungan seksual pertama setelah melahirkan," kata penulis studi tersebut, Ellie McDonald, dari Murdoch Childrens Research Institute, Victoria, Australia, seperti dilansir Mailonline, Jumat (23/1/2015)..

Dari penelitian itu, perempuan yang masih mengalami nyeri pada 6 bulan dan 18 bulan setelah persalinan dipengaruhi peristiwa selama persalinan dan kelahiran, dalam operasi caesar dan kelahiran dengan vakum.

"Fakta bahwa nyeri saat berhubungan seks lebih sering terjadi pada wanita yang mengalami operasi menunjukkan perlunya memfokuskan perhatian klinis pada cara-cara untuk membantu wanita yang mengalami sakit dan meningkatkan upaya mencegah penyakit setelah melahirkan," katanya.

Caesar vs Normal


Studi ini meneliti data dari 1.244 ibu pertama yang melahirkan anak pertama di enam rumah sakit bersalin di Melbourne, Australia.

Para ibu yang ikut dalam penelitian mengisi kuesioner pada bulan ke tiga, enam, 12, dan 18.

Dari semua perempuan, 49 persen mengalami persalinan vagina dan dua pertiga dari mereka membutuhkan jahitan saat persalinan normal atau episiotomi.

Prosedur ini sengaja dilakukan bidan atau dokter kandungan dengan memotong daerah di antara vagina dan anus agar pembukaan lebih besar untuk dilewati bayi.

Hampir 11 persen wanita yang melahirkan secara normal dengan bantuan vakum, dan 11 persen lainnya melahirkan bayi dengan dibantu forsep. Kurang dari 10 persen yang mengaku melahirkan caesar.

Para peneliti menemukan, 78 persen wanita baru berhubungan seks lagi setelah tiga bulan kelahiran sang bayi. Pada enam bulan, 94 persen kembali bercinta, dan 97 persen bercinta setelah 12 bulan, 98 persen 18 bulan sesudahnya.

Sebanyak 86 persen perempuan memulai hubungan seks lagi 12 bulan setelah melahirkan yang sakit. Dan hampir 45 persen mengalami nyari tiga bulan setelah melahirkan.

Persentase menurun menjadi 43 persen pada enam bulan, 28 persen di 12 bulan, dan 23 persen 18 bulan.

Wanita yang disurvei melaporkan masih merasakan nyeri saat bercinta enam bulan setelah bayi mereka lahir, sepertiga mengatakan rasa nyeri bertahan setahun kemudian.



Back To Top Go To Bottom

32. Pengobatan untuk Penis Kecil yang Bersembunyi di Lemak
Date/Time : 1/23/2015 9:00:12 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165183/pengobatan-untuk-penis-kecil-yang-bersembunyi-di-lemak
 

Kaum pria yang memiliki penis tertimbun bisa mengalami depresi. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya adalah obesitas. Lantas bagaimana mengobatinya?

Situs Medicaldaily, Jumat (23/1/2015), menjelaskan beberapa pengobatan yang dibutuhkan pria yang penisnya tertimbun:

1. Turunkan berat badan

Apabila penis tak spontan muncul dari tempat persembunyiannya, salah satu pengobatannya adalah menurunkan berat badan.

"Itu menjadi pilihan pertama," tulisnbsp Anthony Rivas di Medicaldaily.

2. Operasi bedah

Jika menurunkan berat badan tidak berhasil, operasi menjadi pilihan berikutnya dan biasanya dilakukan ahli urologi atau ahli bedah.

Bedah yang dilakukan melepaskan timbunanpenis dari jaringan di bawah perut bagian bawah. Untuk orang dengan kelamin berselaput, juga dijahit agar sedikit membebaskan penis, sedangkan untuk kelamin yang terperangkap, membuang jaringan parut.

"Kadang-kadang cangkok kulit diperlukan untuk merekonstruksi batang penis," ujarnya.

Hingga kini belum jelas berapa banyak pria yang penisnya tertimbun karena mereka tak akan melaporkannya kecuali mencari pengobatan.

Untuk mikropenis sendiri terjadi pada satu pria dari 200 orang. Para peneliti berspekulasi, banyak pria yang menemukan dirinya mengembangkan penis tertimbun, namun, seperti obesitas, ini terus menjadi masalah di Amerika Serikat.



Back To Top Go To Bottom

33. Sayur Kangkung Juga Mengandung LSD
Date/Time : 1/23/2015 8:30:03 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165325/sayur-kangkung-juga-mengandung-lsd
 

Kangkung di Indonesia dipercaya bisa membuat orang mengantuk usai menyantapnya. Dan ternyata di dalam kangkung ada kandungan yang mirip Lysergic Acid Diethylamide (LSD).

Nama LSD menjadi terkenal ketika tersangka Mitsubshi Outlander maut positif menggunakan LSD, narkoba golongan I yang dikenal dengan nama Smile.

Sayuran yang kaya nutrisi dengan nama botani Ipomea aquatica memiliki banyak nama di sejumlah negara. Sebut saja water spinach, water morning glory, morning glory, water convolvulus, ong-choy atau swamp cabbage, swamp morning glory.

Dan sebuah penelitian yang dilansir Clearwhitelight.org menunjukkan, dalam morning glory (kangkung) terkandung senyawa mirip LSD. Pada 1959, Ethnobotanis, Richard Schultes mengirim sampel dari pembudidayaan morning glory di Meksiko, Turbina corymbosa, ke penemu LSD Albert Hoffman.

Hoffman kemudian menganalisis benih dan mengatakan tanaman itu mengandung alkaloid ergoline. Ini memang agak sulit diterima ketika ditemukan bahan kimia mirip yang dimiliki jamur ergot. Tapi Hoffman yakin bahwa benih itu memang mengandung Lysergic Acid Amida (LSA). Morning Glory dan beberapa benih tanaman lain mengandung LSA.

LSA berbeda dengan LSD karena ia memiliki NH2 sedangkan LSD memiliki N (C2H5) 2. Selain itu, LSD lebih kuat 50 sampai 100 kali.

LSA dianggap sebagai pendahulu LSD, meskipun jumlah LSA di berbagai benih berbeda sehingga kualitas obat yang terbuat juga akan berbeda.


Manfaat Kangkung

Kangkung memang sebagai makanan yang memiliki efek obat. Seperti dalam tulisan berjudulnbsp Water Spinach (Ipomea aquatica, Convolvulaceae) A food gone Wild karya Daniel F Austine disebutkan, kangkung dianggap sebagai pencahar, dan disarankan dikonsumsi dalam kondisi saraf tertentu seperti sulit tidur dan kepala sakit.

Ada juga yang mengatakan, tanaman ini bisa memberikan dampak menenangkan pada manusia seperti yang dilakukan McDonald (2006) yang menyebutnya sebagai hipnotis.

Makan kangkung diduga bisa membantu orang untuk tidur dan ia setuju memakan dalam jumlah yang cukup bisa membuat ngantuk.

Naples, M.L. 2005, dalam tesisnya berjudul Weeds of Rain Fed Lowland Rice Fields of Laos and Cambodia, disebutkan, makan banyak kangkung bisa memberikan efek yang menenangkan dalam kasus sulit tidur, stres, sakit kepala, kelemahan umum, dan leukorrhoea. Kangkung juga direkomendasikan untuk mengobati wasir.



Back To Top Go To Bottom

34. Iklan Rokok Tak Boleh Lagi Tayang di Media Luar Ruang di Jakarta
Date/Time : 1/23/2015 8:08:10 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165596/iklan-rokok-tak-boleh-lagi-tayang-di-media-luar-ruang-di-jakarta
 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerbitkan aturan pelarangan iklan rokok di seluruh wilayah Ibu Kota. Larangan pemasangan iklan ini berlaku bagi media iklan luar ruang.

"Pergub No. 1 tahun 2015, dan sudah diundangkan pada 13 Januari 2015, sekarang sudah berlaku. Reklame rokok dan produk tembakau lainnya dilarang di media luar ruang," jelas Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah di Balaikota, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Saefullah mengatakan, aturan ini dikeluarkan sebagai bagian dari bentuk kepedulian pemerintah provinsi DKI Jakarta. Belum lagi, masalah kesehatan akibat rokok sudah menjadi perhatian dunia.

"Pertimbangannya, itu sudah seruan dunia begitu. Nggak ada turunan dari mana mana. Ini bentuk perhatian pemda saja kepada masyarakat. Memang benar tidak merokok lagi tidak sehat," jelas dia.

Pelarangan ini tidak hanya berlaku bagi iklan yang ada di reklame atau billboard besar. Warung-warung yang dibentuk dan dihiasi dengan perusahaan rokok juga tidak boleh lagi beredar di Jakarta.

"Jadi tidak boleh lagi ada izin iklam di luar ruang itu. Kecuali yang sudah ada entah dipelosok mana yang izinnya sudah ada sampai izinnya berakhir. Setelah itu tidak ada perpanjangan izinnya lagi," ujar mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu.

Saefullah percaya, aturan ini tidak akan berpengaruh pada pemasukan pajak DKI Jakarta. Dengan sistem online yang akan meningkatkan penerimaan DKI Jakarta.

"Kita memilih sehat, kalau duit tidak ada habisnya. Termasuk kita posisikan Pak Bambang (Kadis Pelayanan Pajak). Misinya semua harus buat online pajak," tandas dia.



Back To Top Go To Bottom

35. Menyaksikan Langsung Operasi Lutut
Date/Time : 1/23/2015 8:06:04 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165594/menyaksikan-langsung-operasi-lutut
 

Jika ke rumah sakit dan mendengar kata 'operasi' banyak orang yang takut. Namun, siang hingga sore ini di Klinik Royal Sports Medicine Centre yang berada di Rumah Sakit Royal Progress Jakarta Utara melakukan siaran langsung tindakan operasi cedera ligamen sendi lutut.

Tindakan operasi dilakukan di ruang khusus operasi lalu ditayangkan secara langsung di Convention Centre lantai 8 rumah sakit ini. Penonton yang terdiri dari para dokter spesialis ortopedi dan paramedika dari seluruh Indonesia ini dapat melihat langsung sekaligus bertanya kepada moderator maupun dokter yang sedang melakukan tindakan operasi.

Para penonton yang menyaksikan dapat dengan jelas melihat apa yang dilakukan oleh sang dokter. Kali ini, tindakan operasi yang dipimpin oleh dr. Andri MT Lubis, SpOT memperlihatkan bagaimana merekonstruksi lutut pada salah satu pasien remaja yang mengalami cedera pada salah satu ligamen lutut.

Di dalam ruangan yang sama dengan penonton, terdapat dokter spesialis ortopedi sekaligus ahli bedah yang menjelaskan proses apa saja yang sedang dilakukan oleh dokter Andri.

Inilah sekilas apa yang terjadi pada "The 4th Live Surgery of Arthroscopy ACL Reconstruction Workshop' yang digelar oleh rumah sakit yang terletak di Sunter ini pada 23-24 Januari 2015.

"Kami ingin memberikan sebuah pengetahuan baru kepada dokter spesialis ortopedi tentang pembedahan artroskopi kepada para dokter spesialis ortopedi yang tertarik mendalami ini," terang dokter Yanuarso, SpOt ditemui di sela-sela acara.

Pembedahan artroskopi merupakan pembedahan minimal invasif yang hanya dikakukan dengan sayatan kecil pada sendi untuk memasukkan kamera dan alat operasi. Pembedahan ini bukanlah hal baru di Indonesia, sayanhnya baru sekitar 20 orang dokter spesialis ortopedi memiliki sertifikat tindakan pembedahan artroskopi.nbsp



Back To Top Go To Bottom

36. Perbedaan Persepsi Penyakit Ginjal Misterius di Wilayah Amerika
Date/Time : 1/23/2015 8:00:30 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165241/perbedaan-persepsi-penyakit-ginjal-misterius-di-wilayah-amerika
 

Penyakit ginjal misterius yang menyerang penduduk di Sri Lanka, Amerika Tengah, dan India meninggalkan tanda tanya besar selama bertahun-tahun.nbsp

Untuk mengungkapkan penyebab utama dari penyakit ginjal misterius, sejumlah pakar `turun tangan` melakukan penelitian. Penyakit ginjal misterius yang sementara waktu dikenal dengan chronic kidney disease of unknown origin (CKDu) bisa dikatakan cukup aneh. Alasannya, kebanyakan korban adalah pria berusia muda berprofesi sebagai petani yang bekerja selama berjam-jam di bawah terik sinar matahari.

Di Amerika Serikat, CKDu dianggap sama dengan penyakit ginjal kronis lainnya. Sedangkan Amerika Tengah menganggap CKDu dan penyakit ginjal kronis yang dikenal selama ini sangatlah berbeda.

Dengan kata lain, pemerintah di Amerika Tengah menyebut CKDu sebagai bentuk baru dari penyakit yang menyerang ginjal. Di mana penyakit ginjal misterius ini tidak berasal dari diabetes, hipertensi atau faktor risiko yang berhubungan dengan diet lainnya.

Sejauh ini pula para peneliti setuju dengan Amerika Tengah.

CKDu penyebab utama kematian di El Salvador


Chronic kidney disease of unknown origin (CKDu) merupakan penyebab utama dari dua kematian yang terjadi di El Salvador, salah satu negara di Amerika Tengah dengan jumlah penduduk yang cukup padat. Bahkan jumlah pria yang meninggal akibat penyakit ginjal misterius ini jauh lebih besar ketimbang HIV AIDS, diabetes, dan leukimia.

Melanisr Truth-out, Jumat (23/1/2015) ada pun dampak dari penyakit ginjal kronis yang menyerang pria di sana adalah terciptanya `pulau janda`.

Selain Amerika Tengah, penduduk India dan Sri Lanka pun terus dihantui ketakutan. Sejauh ini, jumlah mereka yang tewas akibat penyakit ginjal misterius sebesar 20.000 orang dalam dua puluh tahun terakhir.

Sedangkan di negara bagian India, Andhra Prades, sebanyak 1.500 orang telah menjalani perawatan akibat CKDu atau penyakit ginjal misterius sejak 2007. Berhubung di negara miskin itu transplantasi ginjal dan cuci darah (dialisis) begitu minim, jumlah orang yang tewas mengalami peningkatan yang cukup signifikan.



Back To Top Go To Bottom

37. Penyakit Ginjal Misterius Ciptakan `Pulau Janda`
Date/Time : 1/23/2015 7:30:13 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165271/penyakit-ginjal-misterius-ciptakan-pulau-janda
 

Dampak dari penyakit ginjal misterius yang belum juga diketahui apa penyebab utamanya selama dua puluh tahun adalah terciptanya `pulau janda` seperti yang terjadi di El Salvador, Nikaragua, India, dan Sri Lanka.

Pulau janda adalah sebutan bagi satu wilayah yang dihuni oleh banyak kaum wanita yang ditinggal mati suaminya akibat penyakit ginjal misterius ini.

Di El Savador, penyakit ginjal misterius yang juga dikenal dengan penyakit ginjal yang tidak diketahui asal-muasalnya atau chronic kidney disease of unknown origin (CKDu) telah menewaskan banyak pria yang bekerja sebagai petani. Jumlahnya pun melebihi korban tewas akibat HIV AIDS, diabetes, hipertensi, dan leukimia. Tak berbeda jauh dari itu, jumlah pria di Nikaragua yang tewas akibat penyakit aneh ini pun bisa dikatakan cukup banyak.

Dalam dua dekade terakhir, terhitung sejak 1990-an, lebih dari 20.000 orang di Sri Lanka telah meninggal dunia akibat CKDu. Bahkan sebanyak 1.500 orang telah menjalani perawatan akibat penyakit ginjal misterius di negara bagian India, Andhra Pradesh.

Namun, tidak tersedianya tempat bagi penduduk Sri Lanka untuk melakukan cuci darah (dialisis) dan transplantasi ginjal, jumlah penduduk yang tewas pun mengalami peningkatan sejak 2007.



Penyakit ginjal misterius ini disebut dengan tubulo-intersitial

Menurut mereka ketiga wabah penyakit ini memiliki benang merah yang sama, para korban adalah pria muda yang berprofesi sebagai tukang kebun, serta pengidap diabetes dan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko dari penyakit ginjal.

Untuk sementara waktu peneliti menyebut para penduduk di tiga negara mengalami bentuk yang sangat jarang dari kerusakan ginjal yang dikenal dengan penyakit tubulo-interstitial, yang terjadi akibat dehidrasi berat dan keracunan.

Dilihat dari kondisi yang ada di `lapangan`, wajar bila sementara waktu peneliti menyebut penyakit ginjal misterius ini dengan tubulo-interstitial. Sebab para korban yang berjatuhan berasal dari wilayah geografis yang cukup subur dan panas. Selain itu, sebagian besar korban kerap berhubungan langsung dengan pestisida cukup berat, serta kurang minum dan hanya minum air tanah setempat.

Meski penemuan sementara ini berpotensi besar untuk mengungkapkan apa yang terjadi di Sri Lanka, para peneliti belum membuktikan secara langsung bahwa kondisi itu benar-benar bersalah.

Sebagai seorang Pakar Epidemiologi di Boston University, Daniel Brooks yakin bila pelaku utamanya dapat diidentifikasi, wabah dari penyakit ginjal misterius yang terjadi sejak 1990 dapat dihentikan, dan korban tewas dapat berkurang. "Saya benar-benar yakin kalau penyakit ginjal misterius ini dapat dicegah," kata Daniel dikutip dari Publicintegrity, Jumat (23/1/2015)

Sayang, ketika ini dibicarakan kepada pemerintah Amerika Tengah, mereka tidak setuju begitu saja. Padahal, catatan Center for Public Integrity telah menemukan fakta bahwa jumlah penduduk di El Savador dan Nikaragua yang tewas akibat penyakit ginjal misterius lebih banyak dari diabetes, HIV AIDS, dan leukimia dalam lima tahun terakhir.

Situs Publicintegrity menyebut lebih dari 16.000 orang di Amerika Tengah tewas akibat penyakit ginjal misterius sejak 2005 hingga 2009. Menurut analisis data yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah ini tiga kali lipat sejak 1990.

Di Sri Lanka sendiri, WHO menyebut ada 8.000 orang menderita penyakit ginjal misterius yang masih belum diketahui penyebab utamanya. Meski banyak sumber yang menyebutkan kalau angka ini dua kali lipat lebih besar.

Sedangkan di negara bagian India, Andhra Prades, lebih dari 1.500 orang telah dirawat karena penyakit ginjal misterius sejak 2007.



Back To Top Go To Bottom

38. Penis Tertimbun Lemak Bikin Hubungan Tak Romantis?
Date/Time : 1/23/2015 7:04:40 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165192/penis-tertimbun-lemak-bikin-hubungan-tak-romantis
 

Pria dengan mikropenis biasanya kelaminnya tak lebih dari 1,2 inci saat lembek. Tapi, bagaimana dengan penis tertimbun. Kondisi ini membuat penis tersembunyi di bawah lemak perut bagian bawah. Alhasil, kepala penis (glans) tak akan terlihat.

Penis tertimbun ini juga bisa membuat menimbulkan masalah psikologis, tak hanya pada si pria tapi juga orangtua.

Seperti dilansir Medicaldaily, Jumat (23/1/2015), pada anak yang penisnya terkubur lemak bisa membuat orangtua stres dan khawatir dengan masa depan si anak.

Sedangkan pada anaknya, ia bisa tumbuh dengan rasa takut kekurangannya itu bakal diketahui teman sekelasnya. Selain itu, si anak merasa tak mampu dan tak aman sehingga bisa menyebabkan depresi.

Perasaan tidak aman ini bisa terbawa hingga dewasa yang terkadang membuatnya sulit mempertahankan hubungan romantis.



Back To Top Go To Bottom

39. Tingkatkan Budaya Membaca Label pada Kemasan
Date/Time : 1/23/2015 6:51:39 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165396/tingkatkan-budaya-membaca-label-pada-kemasan
 

Sehat atau tidaknya seseorang tergantung pada pilihan makanannya. Tapi yang lebih penting, biasakan melakukan pengecekan label sebelum membeli makanan atau minuman kemasan.
Langkah ini untuk menghindari agar Anda memahami apa isi kandungan didalamnya.

Seperti disampaikan ahli teknologi pangan Prof Made Astawan bahwa masyarakat Indonesia mestinya menjadikan baca label sebagai budaya untuk menghindari adanya persepsi negatif terhadap bahan pangan tertentu.

"Baca label kemasan itu penting karena itu acuan sederhana. Khususnya untuk orang sakit mungkin perlu memperhatikan asupannya, berapa kalori yang dibutuhkan dan sebagainya karena label dibuat untuk kita yang sehat," kata Made saat menyambangi kantor Redaksi Liputan6.com, Jumat (23/1/2015).

Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pola makan orang Indonesia yang banyak mengonsumsi karbohidrat. Sehingga Made menilai, tidak adil bila satu bahan pangan tertentu menyebabkan kegemukan atau berhubungan dengan penyakit.

"Minuman bersoda misalnya, yang membuat gemuk itu bukan soda tapi gulanya. Gula itu berkalori dan tidak baik dikonsumsi berlebihan. Selain minuman manis, gaya hidup juga mempengaruhi seseorang kegemukan," tukasnya.



Back To Top Go To Bottom

40. Peneliti Temukan `Tersangka` Penyakit Ginjal Misterius
Date/Time : 1/23/2015 6:49:34 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165382/peneliti-temukan-tersangka-penyakit-ginjal-misterius
 

Dua puluh tahun para peneliti mencari tahu penyebab utama dari penyakit ginjal misterius yang menerpa penduduk Sri Lanka. Selama dua dekade, penyakit menakutkan ini menelan korban sebanyak 20.000 orang.

Selama itu pula para peneliti bertanya-tanya siapa atau apa`biang kerok` di balik penyakit ginjal misterius ini. Meski penyebab utama belum diketahui, tapi korban yang berjatuhan memiliki kesamaan, yakni seorang pria dan berprofesi sebagai petani.

Tiga orang detektif ilmiah dari Sri Lanka turun tangan melakukan investigasi. Bak Sherlock Holmes, Dr. Channa Jayasumana, Dr. Sarath Gunatilake, dan Dr. Priyantha Senanayake menjelaskan kemungkinan terjadinya penyakit ginjal misterius di Sri Lanka.

Sejauh ini pestisida dan bahan-bahan kimia merupakan salah dua penyebab utama terjadinya penyakit ginjal misterius. Bila menoleh ke belakang, tepatnya 30 tahun sebelum penyakit ginjal misterius menyerang penduduk Sri Lanka pada 1990-an, Dr Channa cs setuju kalau kedua itulah penyebabnya.



Dr. Channa, mengatakan, sejak perubahan politik terjadi di Sri Lanka pada 1970, penduduk di sana dikenalkan dengan bahan kimia pertanian, khususnya pertanian padi. Namanya glifosat, herbisida berspektrum luas (dapat mematikan sebagian besar tipe tanaman) yang dapat mengedalikan gulma.

Awalnya glifosat tidak dirancang sebagai herbisida. Saat dipatenkan oleh Stauffer Chemical Company pada 1964, glifosat digunakan sebagai bahan untuk membersihkan kandungan mineral dari pipa-pipa di boiler dan sistem air panas lainnya.

Bahanya, sifat-sifat yang terkandung di dalam glifosat dapat menyatu dengan arsenik, kadmium, dan logam berat lain yang ditemukan di dalam air tanah dan tanah di Sri Lanka, Amerika Tengah, dan India. Dan dapat masuk ke dalam tubuh dengan beragam cara, bisa saja terhirup atau diserap melalui kulit.nbsp



Lebih lanjut mereka, menjelaskan, bila sudah masuk ke dalam tubuh tidak menutup kemungkinan mencapai tubulus ginjal, di mana keasaman yang tinggi memungkinkan logam untuk membebaskan glifosat itu. Akhirnya mengakibatkan terjadinya gagal ginjal yang berujung pada kematian.

Namun hasil invesitigasi yang dilakukan ini masih dianggap `angin lalu`. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah glifosat juga menjadi penyebab utama terjadinya chronic kidney disease of unknown origin (CKDu) di El Savador.

Sebab, pemerintah El Salvador sudah melarang penggunaan glifosat pada September 2013 dan sedang mencari alternatif yang lebih aman. Dan pada Maret tahun lalu, glifosat pun telah dilarang di Sri Lanka.

Melansir Truth-out, Jumat (23/1/2015), Dr Channa menjelaskan bahwa udara panas di Sri Lanka dan El Salvador dapat juga dijadikan penyebab terjadinya penyakit ginjal misterius. Ditambah pula dengan stres dan racun kimia yang masuk ke dalam tubuh para pekerja.

Dr Channa kembali menegaskan bahwa dari hasil satu penelitian yang dilakukan terhadap tikus, glifosat pun dapat menyebabkan terjadinya gangguan di payudara, hati, dan ginjal. Semua itu tergantung dari hormon masing-masing individu.



Back To Top Go To Bottom

41. Daftar Posko PMI Siap Siaga Bencana Banjir
Date/Time : 1/23/2015 6:32:48 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165250/daftar-posko-pmi-siap-siaga-bencana-banjir
 

Palang Merah Indonesia telah menyiagakan Posko Bencana untuk mengantisipasi musim hujan dan banjir yang telah terjadi di wilayah Jabotadebek. Selain itu, para relawan juga siap diterjunkan untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir di kawasan Jabodetabek.

"Posko dan relawan PMI siap 24 jam. Pelayanan untuk penanganan bencana banjir seperti perahu karet untuk evakuasi, dapur umum untuk para pengungsi, dan pelayanan kesehatan untuk bantuan medis juga sudah stand by," jelas Kepala Divisi Penanggulangan Bencana Markas Pusat PMI, Arifin M. Hadi melalui pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat (23/1/2015).

Berikut alamat dan nomor telepon Posko Bencana PMI di wilayah Jabotadebek:

Posko Bencana Markas Pusat PMI

Jalan Jendral Gatot Soebroto Kav. 96. Kelurahan Tegal Parang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Telp: 021 7992325 ext. 678

Posko Bencana PMI Provinsi DKI Jakarta

Jalan Kramat Raya no. 47, Kelurahan Kramat, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Telp: 021 3906666 ext. 212

Posko Bencana PMI Kota Jakarta Pusat

Jalan Pecenongan No. 82, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta pusat Telp: 021 3841474

Posko PMI Kota Jakarta Utara

Jalan Plumpang Semper No. 54, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara Telp: 021 439 35630 atau 021 4392296

Posko PMI Kota Jakarta Barat

Jalan Perdana No. 12, Kelurahan Jelambar, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Telp: 021 5606378

Posko PMI Kota Jakarta Selatan

Jalan Raya Condet Pejaten, Kelurahan Pejaten Barat, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, telp: 021 7980332

Posko PMI Kota Jakarta Timur

Jalan I Gusti Ngurah Rai No. 77, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Telp: 021 8611892 atau 021 86607783

Posko PMI Kota Bekasi

Jalan Pramuka No. 1 Alun-alun Kota Bekasi, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, telp: 021 8855713

Posko PMI Kabupaten Bekasi

Jalan Teuku Umar No. 49, Desa Wanasari, kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi, telp: 021 88331224

Posko PMI Kota Bogor

Jalan Kresna Raya No. 43 A, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, telp: 0251 342865 atau 0251 342864

Posko PMI Kabupaten Bogor

Jalan KSR Dadi Kusmayadi, Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Telp: 021 8750772

Posko PMI Kota Depok

Jalan Boulevard Grand Depok City (GDC), Kota Kembang, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Telp: 021 87337211

Posko PMI Kota Tangerang

Jalan Mayjend. Sutoyo No. 15 Kelurahan Suka Asih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, telp: 021 5531310

Posko PMI Kabupaten Tangerang

Jalan Mayjend. Sutoyo No. 1 Kelurahan Suka Asih, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, telp: 021 5523 582

Posko PMI Kota Tangerang Selatan

Jalan Cendekia Sektor 11, Kelurahan Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, telp: 021 33270060



Back To Top Go To Bottom

42. Efek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Susu
Date/Time : 1/23/2015 6:30:44 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164833/efek-samping-terlalu-banyak-konsumsi-susu
 

Segala yang berlebihan tak bagus di tubuh, termasuk dalam mengonsumsi susu. Temuan terbaru menunjukkan, lebih baik menghindari produk susu. Hal ini disebabkan risiko kesehatan terlalu banyak mengonsumsi produk susu.

Kalsium merupakan mineral penting yang membantu menjaga tulang kita tetap kuat.

Meskipun kalsium diperlukan untuk menjamin kesehatan tulang, kelebihan kalsium bisa kontraproduktif dan mungkin tak menguntungkan sama sekali.

Anda bisa mengonsumsi lebih banyak sayuran dan menghindari efek terlalu banyak minum susu seperti kolesterol, obesitas, penyakit jantung, dan kanker.

Berikut beberapa efek samping minum susu terlalu banyak seperti dilansir Boldsky, Jumat (23/1/2015):


1. Kesehatan Tulang

Ini adalah kepercayaan umum bahwa susu bisa memperbaiki patah tulang. Tapi penelitian telah membuktikan sebenarnya susu memperburuk patah tulang sebesar 50 persen.

Mengurangi produk susu baik untuk tulang. Tidak ada efek perlindungan dari kalsium susu pada tulang. Osteoporosis bisa dikurangi dengan asupan daun hijau, sayuran dan buah-buahan dibanding mengkonsumsi produk susu.

2. Penyakit kardiovaskular

Beberapa produk susu seperi susu, krim, es krim, mentega, keju dan yogurt kaya lemak. Salah satu risiko kesehatan dari terlalu banyak produk susu adalah penyakit jantung. Ini murni karena kandungan lemak yang tinggi di dalamnya tak muda dicerna.


3. Obesitas

Beberapa orang tidak khawatir tentang efek mengonsumsi terlalu banyak produk susu dan berakhir dengan obesitas karena kandungan lemak yang tinggi.

4. Alergi

Masalah sinus, infeksi telinga, sembelit kronis, disentri, anemia pada anak-anak adalah beberapa alergi yang terjadi akibat kelebihan konsumsi produk susu.


5. Kanker

Anda berada pada risiko yang lebih tinggi memicu kanker ketika berlebihan mengkonsumsi produk susu. Orang yang mengonsumsi lebih banyak susu, pertumbuhan insulinnya tinggi, ini juga disebut IGF.

Orang dengan kadar IGF tinggi hampir empat kali lipat berisiko kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar IGF rendah.

6. Diabetes

Diabetes tergantung insulin, juga disebut tipe 1 atau diabetes anak-onset, adalah efek lain terlalu banyak mengonsumsi produk susu.

Hal ini pada dasarnya terkait dengan terlalu banyak konsumsi susu selama masa kanak-kanak.




Back To Top Go To Bottom

43. Bagaimana Menjaga Asupan Minum Anak di Sekolah?
Date/Time : 1/23/2015 6:04:59 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164688/bagaimana-menjaga-asupan-minum-anak-di-sekolah
 

Anak yang mengalami kekurangan cairan 1-2 persen dapat berdampak buruk bagi kognisi anak. Maka itu penting untuk menjaga asupan minum anak selama di sekolah.

Untuk memudahkan orangtua atau guru, uku 'Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja' yang disusun oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti Dr. dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Dr. dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) serta ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah memberikan panduan mudahnya.

"Bila 25-50 persen kebutuhan air minum anak harus diminum selama di sekolah, maka setiap anak perlu minum sekitar 2-4 gelas sehari selama di lingkungan sekolah," tulis para ahli tersebut.

Kesadaran untuk minum air putih ini juga perlu dibangun guna terwujudnya generasi yang sehat dan cerdas. Tapi sekali lagi, para ahli beranggapan kalau hal ini tidak cukup dengan pengawasan orangtua tapi juga perlu ada partisipasi guru dan sekolah untuk membentuk perilaku hidrasi sehat dan peningkatannbsp akses air minum yang cukup, aman dan sehat.



Back To Top Go To Bottom

44. Menkes RI Bertemu Dirjen Urusan Kesehatan Wilayah Makkah
Date/Time : 1/23/2015 5:43:33 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165526/menkes-ri-bertemu-dirjen-urusan-kesehatan-wilayah-makkah
 

Indonesia memiliki jemaah haji dalam jumlah terbesar. Permasalahan kesehatan yang dialami jemaah haji Indonesia, bukan hanya karena penyakit melainkan juga karena masalah usia lanjut.

Demikian pernyataan Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), saat bertemu dengan Direktur Jenderal Urusan Kesehatan Wilayah Makkah, Dr. Khalid Obaid Zafar, mengawali rangkaian kunjungan kerja ke Saudi Arabia, pada Selasa siang (13/1) pukul 14.30 WAS (Waktu Arab Saudi). Beberapa hal yang dibicarakan diantaranya terkait pelayanan kesehatan bagi jemaah Indonesia selama perjalanan haji dan umrah, guna mendapatkan kemudahan akses dan jaminan kesehatan.

ldquoKami perlu meyakinkan bahwa masyarakat Indonesia akan mendapatkan layanan kesehatan yang memadairdquo, ungkap Menkes RI, dalam pertemuan tersebut.

Dalam dialog tersebut, Dr. Khalid menerangkan bahwa Pemerintah Saudi bertanggungjawab sepenuhnya atas seluruh pelayanan kesehatan jemaah haji dan umrah. Tidak ada pungutan biaya untuk pelayanan medis jemaah, selama berada dalam layanan rumah sakit pemerintah. Pelayanan kesehatan oleh negara pengirim haji dimungkinkan untuk diselenggarakan sebagai tambahan dan wajib mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Saudi.

Melalui pertemuan tersebut, diperoleh kesepahaman prinsip untuk menjalin komunikasi dan kerjasama dalam pelayanan kesehatan bagi jemaah haji pada tahun 1436 H. Diharapkan layanan kesehatan dapat meningkat melalui pembukaan akses layanan kesehatan. Pemerintah Saudi akan berupaya untuk melayani seluruh kebutuhan medis jemaah. Pemerintah Saudi meminta agar ada penanda bagi setiap jemaah yang memiliki masalah kesehatan tertentu, agar mudah dalam penanganannya.

PenggunaannbspInternational Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems, 10thnbspRevision atau disingkat menjadi ICD-10 adalah klasifikasi diagnostik standar internasional akan memudahkan komunikasi pelayanan medis bagi jemaah haji. Diharapkan, jemaah umrah juga dibekali informasi medis tersebut. Pemerintah Saudi juga menyatakan bahwa dengan senang hati akan menerima data kebutuhan layanan medis yang diperlukan jemaah haji Indonesia, diantaranya kebutuhan layanan hemodilsa.

ldquoKami akan mengaturdengan sebaik-baiknya, agar seluruh jemaah haji memperoleh layanan sesuai kebutuhannya,rdquo ungkap Dirjen Urusan Kesehatan Wilayah Makkah.

Pertemuan Menkes RI dan Dirjen Urusan Kesehatan di Makkah menjadi langkah awal sekaligus pintu masuk koordinasi teknis layanan kesehatan yang lebih baik untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang, baik diperuntukkan bagi jemaah haji, maupun jemaah umrah.

ldquoNegara harus hadir bagi rakyatnya. Karena di balik kewajiban untuk memelihara kesehatan pribadi, rakyat memiliki hak atas layanan kesehatan, baik selama di Tanah Air maupun di luar negerirdquo, tandas Menkes.



Back To Top Go To Bottom

45. Kemenkes Siapkan Layanan Kesehatan Haji 2015
Date/Time : 1/23/2015 5:39:16 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165522/kemenkes-siapkan-layanan-kesehatan-haji-2015
 

Demi menyiapkan program haji 1436H/2015, Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) bersama Menteri Agama Drs. Lukman Hakim Syaifudin bertolak ke Tanah Suci pada 11-16 Januari 2015. Kunjungan kedua menteri ini dimaksudkan untuk memastikan kesiapan pelayanan pelaksanaan haji oleh Kantor Urusan Haji dan kesiapan Balai Pengobatan Haji Indonesia milik Pemerintah Indonesia untuk memberikan pelayanan yang diperlukan oleh jamaah haji Indonesia.

Agenda utama dalam perjalanan ini adalah pertemuan antara Pemerintah Indonesia, dalam hal ini diwakili oleh Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan, dengan Pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Haji Arab Saudi Bandar bin Muhammad bin Hamzah al-Hijaz.

Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah dicapainya kesepakatan kedua negara mengenai jumlah kuota jemaah haji pada tahun 1436H/2015M, kuantitas dan kualitas layanan yang dibutuhkan jemaah haji Indonesia, dan kesepakatan akan jumlah petugas haji yang dibutuhkan jemaah haji Indonesia (termasuk jumlah petugas kesehatan).

Mengingat pentingnya perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang terkoordinasi dengan baik, baik Kementerian Kesehatan maupun Kementerian Agama menurunkan tim yang memperkuat asupan substantif bagi para Menteri. Anggota delegasi dari Kementerian Kesehatan, adalah 1) Diah S. Saminarsih, Staf Khusus Menteri bidang Peningkatan Kemitraan dan Pelayanan Kesehatan Primer; 2) Fidiansjah, Kepala Pusat Kesehatan Haji; 3) Mawari Edy, Kepala Bidang Pelayanan dan Pendayagunaan Sumber Daya Kesehatan Haji; dan 4) Nurlina Supartini, Kepala Bagian Tata Usaha Menteri.

Beberapa hal penting terkait kesehatan haji, antara lain :

  1. Kementerian Kesehatan menyadari bahwa aspek pemeliharaan kesehatan dan layanan kesehatan untuk calon jamaah haji merupakan salah satu faktor kunci dalam pelaksanaan haji.
  2. Meski pada awalnya Pemerintah Arab Saudi berencana untuk mengurangi jumlah petugas haji, namun pada akhirnya dicapai kesepakatan bahwa tidak akan ada pengurangan. Jumlah petugas/tenaga kesehatan pada pelaksanaan haji 1436H akan tetap jumlahnya seperti tahun sebelumnya, yakni 309 orang dari berbagai latar belakang profesi kesehatan.
  3. Menteri Kesehatan mengimbau agar calon jemaah haji secara aktif menjaga kesehatan diri jauh sebelum keberangkatan, baik fisik maupun mental, agar berada dalam kondisi prima saat di Tanah Suci.
  4. Menyadari hal di atas, maka diminta kepada jemaah untuk mengikuti program pembinaan, diantaranya: olah raga untuk meningkatkan kebugaran, konsultasi gizi, dan memastikan didapatnya pengobatan medik secara memadai di layanan kesehatan di tanah air. Jemaah juga dihimbau untuk menyadari kondisi fisik saat keberangkatan dan menyiapkan obat-obatan pribadi yang mungkin memiliki spesifikasi tersendiri sesuai kebutuhan.
  5. Tantangan kesehatan haji tahun 2015 adalah musim panas, yang mana periode puncak haji (arafah-mina) masuk dalam masa tersebut. Heat stroke akan menjadi masalah serius jemaah haji Indonesia. Langkah persiapan yang penting dan harus dilakukan adalah penyiapan kesehatan jemaah melalui: aklimatisasi, peningkatan kebugaran, kecukupan asupan gizi (termasuk air), dan kesiapan fasilitas layanan kesehatan antisipasi kasusnbspheat strokenbspdi kota perhajian.
  6. Kementerian Kesehatan menyediakan Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) di Jeddah-Makkah-Madinah dengan fasilitas Instalasi Gawat Darurat dannbspHigh Care Unitnbsp(HCU), sebagai garda pertama penanggulangan masalah kesehatan jamaah haji.
  7. Secara langsung, Menteri Kesehatan telah bertemu dengan Direktur Jenderal Kesehatan Arab Saudi dan mendapatkan penegasan komitmen bahwa Pemerintah Arab Saudi menjamin layanan kesehatan yang memadai di seluruh layanan primer dan rumah sakit milik pemerintah Arab Saudi, bagi seluruh jamaah haji, secara cuma-cuma. Namun demikian, Pemerintah Arab Saudi, khususnya Direktur Jenderal Kesehatan, meminta agar jamaah haji secara pribadi dan dengan dukungan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kesehatan, dapat memastikan dilakukannya surveilans awal terhadap calon jamaah haji untuknbspearly screening and detectionnbspdari penyakit yang mungkin diderita.

nbsp



Back To Top Go To Bottom

46. Jangan Sembarangan Atur Diet untuk Anak
Date/Time : 1/23/2015 5:30:39 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164587/jangan-sembarangan-atur-diet-untuk-anak
 

Masalah obesitas atau kegemukan memang cikal bakal penyakit bersarang di tubuh. Apalagi pada anak, risiko berbagai penyakit mematikan bisa dialaminya. Tapi orangtua tak perlu khawatir karena ketika anak obesitas, dokter baru bisa menanganinya setelah usianya menginjak dua tahun.

Seperti disampaikan spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Sudung Pardede bahwa khusus pada anak, obesitas akan dinilai lebih hati-hati ketimbang orang dewasa lantaran dia masih dalam proses pertumbuhan.

"Pada dua tahun pertama kehidupan, sirkuit otak akan tumbuh dan terbentuk nyaris sempurna. Bila masa tersebut diganggu dengan pengurangan asupan makanan karena masalah obesitas, dikhawatirkan hal tersebut malah akan mengganggu perkembangan otaknya," kata Sudung usai talkshow kesehatan di Hotel Le Meridien, Jakarta, ditulis Jumat (23/1/2015).

Tak perlu khawatir anak kegemukan saat bayi, kata Sudung. Menurutnya, yang terpenting adalah menjaga asupan ASI atau makanan pendampingnya. Sebab bila ada yang dikurangi sebelum usia tersebut, bisa-bisa perkembangan otaknya jadi terganggu.



Back To Top Go To Bottom

47. Menko PMK Promosikan agar Jamu Bisa Dinikmati Bangsa Lain
Date/Time : 1/23/2015 5:14:30 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165504/menko-pmk-promosikan-agar-jamu-bisa-dinikmati-bangsa-lain
 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan, pemerintah akan mendorong agar jamu bisa dikenal dan dinikmati tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga bangsa lain.

"Saya berharap jamu jangan hanya dikenal masyarakat Indonesia saja, tetapi juga harus dikenal di seluruh dunia lewat ajang promosi," ujar Puan dalam acara gerakan 'Bugar Dengan Jamu (Bude Jamu)' di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Hadir dalam acara itu Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Perindustrian Husen Saleh, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise, Menteri Koperasi dan UKM AA Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepala BPOM Roy Siparingga, dan Kepala BNN Anang Iskandar.

"Kami di jajaran menteri Kabinet Kerja yang hadir di Kantor Kementerian Kesehatan sepakat untuk bisa mendorong, memajukan dan meningkatkan warisan budaya bangsa, sehingga jamu ini tak hanya dikenal di dalam negeri tapi juga di dunia internasional," kata Puan.

Puan menuturkan, dirinya sengaja mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya minum jamu guna memelihara kesehatan dan kebugaran.

Selain untuk menjelaskan manfaat dari minum jamu, lanjut Puan, gerakan 'Bude Jamu' dikampanyekan agar minuman tradisional ini tidak lagi dianggap sebagai minuman masyarakat kelas menengah ke bawah.

ldquoSaat ini, jamu telah mengalami revolusi, baik dari sisi bentuk persediaan maupun manfaatnyardquo, ujar Puan.

Menurut Puan, manfaat jamu telah diuji secara ilmiah sehingga masyarakat tidak perlu ragu dengan khasiatnya. Secara khusus, Puan mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Kementerian Kesehatan yang mengangkat posisi jamu ke tempat terbaik. Salah satu yang dilakukan adalah saintifikasi jamu dengan menyediakan data ilmiah dalam jamu meliputi keamanan, khasiat, dan mutunya.

Dalam kesempatan itu, Puan bersama Menteri lainnya meneken komitmen bersama bembudayakan minum jamu dari diri sendiri, keluarga, lingkungan dan kasyarakat. Acara ditutup dengan minum jamu bersama seluruh tamu dan undangan.

nbsp



Back To Top Go To Bottom

48. Angka Kelahiran Prematur Bayi Tabung Menurun
Date/Time : 1/23/2015 5:00:08 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164893/angka-kelahiran-prematur-bayi-tabung-menurun
 

In vitro fertilization (IVF), yang lebih kenal dengan bayi tabung makin lama bayi yang dihasilkan dari program ini makin sehat.. Teknik dan kebijakan yang lebih baik memberikan kesempatan hidup bayi yang lebih tinggi seperti diungkapkan dalam sebuah studi di Skandinavia.

Studi ini melibatkan data program bayi tabung dari tahun 1988 hingga 2007 terhadap lebih dari 92 ribu anak yang lahir dari profram bayi tabung di Denmark, Finlandia, Norwegia dan Swedia. Lewat program ini terdapat lebih dari 62 ribu anak lahir tunggal dan 29 ribu anak lahir kembar.

Ditemukan fakta bahwa terjadi penurunan angka bayi tabung lahir dengan berat badan rendah. Lalu, menurun juga angka kelahiran bayi prematur. Menurut Anna Karina-Aaris Henningsen dari University of Copenhagen hal ini disebabkan oleh peningkatan di berbagai hal. Diantaranya laboratorium yang makin canggih dan obat-obatan hormonal bisa merangsang sel telur yang lebih banyak.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah munculnya kebijakan untuk hanya memasukkan satu embrio ke dalam rahim, bukan beberapa embrio.

Seperti dilansir NY Daily News,nbspJumat (23/1/2015), memasukkan beberapa embrio ke dalam rahim memang menimbulkan banyak risiko. Diantaranya dapat menyebabkan hamil kembar baik dua, tiga maupun empat yang membuat anak lahir prematur dengan berat badan kurang, serta kesehatan yang tidak baik.

Dari tahun 1989 hingga 2002, program bayi tabung dengan anak kembar yang ada di Skandinavia jumlahnya terus menurun seperti dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction.



Back To Top Go To Bottom

49. Kenali Daun Pegagan, Tanaman Obat Kuno dari Asia Tropik
Date/Time : 1/23/2015 4:30:28 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164880/kenali-daun-pegagan-tanaman-obat-kuno-dari-asia-tropik
 

Pegagannbspatau yang memiliki bahasa latin centella asiatica merupakan tanaman liar yang berasal dari daerah tropik seperti Indonesia, India dan Tiongkok. Pada negara-negara tersebut, daun pegagan bahkan telah digunakan selama ribuan tahun sebagai tanaman obat.

Di beberapa daerah di Indonesia, daun pegagan memiliki beberapa nama yang berbeda. Di Aceh, tanaman obat ini dinamakan peugaga. Di daerah Sunda, ia dinamakan antanan atau dulang sontak. Sedangkan di Bali dan Makasar dinamakan piduh dan pagaga.

Selama ribuan tahun, daun ini telah terbukti membantu menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa informasi umum tentang tanaman obat daun pegagan yang perlu Anda tahu seperti yang dilansir yourhealth.com.au, Jumat (23/1/2015).

Beberapa khasiat daun pegagan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan kemampuan penyembuhan dari jaringan epidermis kulit.

2. Merangsang pertumbuhan pembuluh darah ke dalam jaringan ikat.

3. Meningkatkan konsentrasi antioksidan dan kolagen pada luka dan merangsang penyembuhan luka.

4. Meningkatkan aktivitas anti-kecemasan dan meningkatkan fungsi mental.

5. Anti-inflamasi.

Pegagan telah digunakan untuk mengobati kondisi kulit kronis (termasuk lepra), hepatitis, reumatik, diare, demam dan asma. Penelitian paling modern menunjukkan beberapa kondisi umum untuk menggunakan daun pegagan adalah:

1. Terjadi gangguan pada jaringan ikat, termasuk luka bakar.

2. Penyakit sendi.

3. Gangguan pembuluh darah.

4. Kesehatan mental, seperti saat cemas dan insomnia.

Dosis umum

Tentu, tidak bisa sembarangan menggunakan obat apapun, termasuk tanaman obat. Untuk daun pegagan, dosis yang dianjurkan adalah 2 lembar daun segar setiap hari untuk langsung dimakan atau setengah sendok teh daun pegagan kering campur air hangat yang diminum 3 kali per hari.

Efek samping

Pada dasarnya, efek samping yang timbul setelah mengonsumsi tanaman obat ini jarang terjadi. Apalagi jika dengan dosis yang telah ditetapkan.

Tetapi, beberapa efek samping yang mungkin muncul saat seseorang mengonsumsi daun pegagan ini adalah:

1. Sakit kepala, gangguan lambung dan mual.

2. Konsumsi dengan dosis sangat tinggi dapat menyebabkan vertigo hingga pingsan.

Daun pegagan juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui.



Back To Top Go To Bottom

50. Atasi Anak Autis yang Sedang Puber
Date/Time : 1/23/2015 4:03:35 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164647/atasi-anak-autis-yang-sedang-puber
 

Kendala yang dihadapi oleh orangtua atau guru dari anak autis saat mereka memasuki masa-masa puber adalah sulit untuk mengetahui dengan pasti apakah mereka mengalami masa-masa itu atau tidak.

Seperti diketahui kalau anak autis banyak yang mengalami kesulitan dalam berkomunikasi atau autis non-verbal.

"Pubertas itu kan terjadi di usia belasan tahun, taruhlah 12 tahun. Kalau ingin mengetahui anak-anak di sini sedang pubertas atau tidak adalah dengan melihat tingkah lakunya," kata Ibu Rahmah, salah seorang pengajar di `Rumah Autis` kepada Health-Liputan6.com di Jalan Al-Husna Nomor 39, Jatikramat, Jatiasih, Jawa Barat, ditulis Jumat (23/1/2015).

Biasanya, tingkah laku yang kerap diperlihatkan oleh anak didik Rahmah adalah dengan mencium-cium teman atau guru-gurunya. "Untungnya setelah kita kasih tahu, mereka bisa ngerem," kata Rahmah.

Menurut Rahmah, kendala lain yang dihadapinya bersama rekan-rekan dari Rumah Autis adalah saat melarang mereka melakukan masturbasi. Meski sebagian pendapat menyarankan agar diberikan tempat bagi mereka untuk orgasme, tapi menurut agama hal seperti itu dilarang.

"Jadi, kami dari Rumah Autis memberikan mereka kegiatan seperti berolahraga," kata Rahmah. Dengan cara seperti inilah mereka dapat melupakannya. "Karena memang yang ditakutkan selama ini adalah saat mereka kesulitan untuk mengontrolnya," kata Rahmah menambahkan.

Dulu, terang Rahmah, ada mantan murid di Rumah Autis yang tidak mampu menahannya. Akibatnya, si anak `mengeluarkannya` di pojokan kelas. Untunglah, ketika di rumah orangtuanya mengajarkan si anak untuk mandi setelah masturbasi.

"Berhubung sudah diajarkan, jadi habis begituan dia mandi langsung," kata Rahmah.



Back To Top Go To Bottom

51. Cukup Minum Bikin Anak Cerdas
Date/Time : 1/23/2015 3:30:04 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164660/cukup-minum-bikin-anak-cerdas
 

Berbagai penelitian membuktikan bahwa kurang air pada anak sekolah dapat menimbulkan rasa lelah (fatigue), menurunkan atensi atau konsentrasi belajar. Sebaliknya, anak yang minum cukup air, kemampuan otaknya lebih baik.

Seperti disampaikan ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah bahwa konsumsi air putih pada anak sangatlah penting untuk pertumbuhannya. Bonusnya, kemampuan berpikir anak juga lebih baik.

"Anak yang rajin minum, moodnya cenderung stabil dan lebih konsentrasi saat belajar," kata Hardinsyah di sela-sela talkshow kesehatan di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institute of Medicine dan European Food Safety Agency, anak yang mengalami kurang air tubuh 2 persen dari berat badan mengakibatkan penurunan fungsi otak dan kemampuan belajar. Bahkan review penelitian yang dilakukan Lieberman menunjukkan bahwa kurang air tubuh pada tingkat 1 persen dari berat badan sudah mulai menunjukkan penurunan atensi atau konsentrasi belajar.



Back To Top Go To Bottom

52. Sarapan 4 Macam Buah Jadi Menu Wajib Anak Jana Parengkuan
Date/Time : 1/23/2015 3:00:47 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164589/sarapan-4-macam-buah-jadi-menu-wajib-anak-jana-parengkuan
 

Bagi kebanyakan keluarga, menu wajib saat sarapan biasanya roti, oatmeal, sereal dan sebagainya. Tapi tidak bagi keluarga Parengkuan. Demi hidup sehat istri presenter Erwin Parengkuan, Jana Parengkuan mengaku selalu menyiapkan jus dengan 4 macam buah untuk anak-anaknya di pagi hari.

"Anak-anak itu sudah tahu kalau belum minum jus dengan 4 macam buah, belum boleh berangkat. Saya hanya ingin nutrisi mereka baik. Selain itu, saya juga lebih suka membuatkan bekal untuk anak sekolah," katanya pada wartawan saat talkshow kesehatan di Hotel Le Meridien, Jakarta, ditulis Jumat (23/1/2015).

Tak lupa, ibu dari empat anak ini juga mengatakan selalu mengingatkan anaknya agar mau minum air putih. Tak jarang dia mengawasi asupan air putih ke anaknya.

"Susah sih mengawasi mereka apalagi kalau di sekolah. Maka itu saya upayakan di rumah mereka mendapat nutrisi terbaik," katanya.



Back To Top Go To Bottom

53. Ini Sebabnya Anak Perlu Banyak Minum
Date/Time : 1/23/2015 2:30:53 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164627/ini-sebabnya-anak-perlu-banyak-minum
 

Anak merupakan individu yang unik. Enam puluh persen tubuh manusia dewasa terdiri atas air, namun pada anak-anak ternyata persentasenya lebih besar lagi. Selain itu, air pada anak mempengaruhi pertumbuhannya.

Seperti ditulis dalam buku 'Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja' yang disusun oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti Dr. dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Dr. dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) serta ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr, Ir Hardinsyah bahwa air putih diperlukan anak-anak untuk mencapai tumbuh kembangnya.

"Keseimbangan air perlu dipertahankan untuk anak tumbuh optimal. Untuk mempertahankan keseimbangan cairan, maka jumlah asupan air dan keluaran harus dijaga," tulis para ahli.

Yang menarik, para pakar kesehatan ini menyebutkan bahwa anak memerlukan lebih banyak air untuk setiap kilogram berat badannya dibandingkan dewasa. Hal ini disebabkan oleh luas permukaan tubuh anak yang lebih besar sehingga keluar air (keringatnbsp dan penguapan) pada kulit lebih banyak.

"Kehilangan air melalui kulit diperkirakan 20 mL/kgBB per hari pad anak usia 5-10 tahun. Sedangkan remaja 10 mL/kgBB per hari dan dewasa 6-6 mL/kgBB per hari. Selain itu pada anak, fungsi pemekatan air kemih oleh ginjal belum sempurna sampai usia 2 tahun dan frekuensi napas lebih cepat. Ini sebabnya, peningkatan suhu tubuh anak lebih cepat ketimbang dewasa," jelasnya seperti ditulis Jumat (23/1/2015).



Back To Top Go To Bottom

54. Mau Langsing? Coba Perbanyak Konsumsi Protein
Date/Time : 1/23/2015 2:00:03 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164701/mau-langsing-coba-perbanyak-konsumsi-protein
 

Daripada bingung mencari jenis diet yang pas, mungkin ada baiknya mencoba saran dari ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah. Sebab menurutnya, turunnya berat badan bisa dibantu dengan konsumsi protein.

"Kuncinya ada pada protein. Makanan yang mengandung protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna sampai ke sistem pencernaan. Artinya, tubuh kita akan merasakan kenyang lebih lama dan hasrat makan pun terkontrol," kata Hardinsyah saat diwawancarai wartawan usai talkshow kesehatan di Hotel Le-Meridien, Jakarta, ditulis Jumat (23/1/2015).

Untuk mencegah kelebihan protein, Hardinsyah menyarankan untuk minum air putih sesuai kebutuhan. "Asupan air seimbang dapat meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh. Jadi ketika minum, kita juga akan merasa lebih kenyang, dan akan terhindar dari makanan yang berlebihan."

Situs penelitian Livesciene melaporkan, diet tinggi protein membuat tubuh melepaskan zat kimia bernama ketone ke aliran darah. Ketone bisa mempermudah diet karena bisa menurunkan nafsu makan. Meski begitu, membatasi karbohidrat dan asupan lainnya dengan melakukan diet protein bisa membuat oran lebih berisiko mengalami konstipasi. Secara logis, diet yang tidak dilakukan degan seimbang, misalkan hanya dengan mengonsumsi protein saja juga bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan.



Back To Top Go To Bottom

55. Ini Manfaat Daun Kelor yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Date/Time : 1/23/2015 1:30:18 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164844/ini-manfaat-daun-kelor-yang-mungkin-belum-anda-ketahui
 

Manfaat daun kelor cukup banyak bagi kesehatan. Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahuinya.nbsp

Kelor atau yang disebut dalam bahasa latin sebagai moringa oleivera ininbspmemiliki batang yang mudah patah dan cabang yang jarang. Daunnya sendiri berbentuk bulat telur berukuran kecil yang tersusun dalam satu tangkai.

Kelor sendiri dapat berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki ketinggian antara 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut. Karena memiliki banyak manfaat dan tidak terlalu sulit dirawat, pohon kelor banyak dibudidayakan secara mandiri dengan cara stek.

Manfaat daun kelor bagi kesehatan cukup banyak. Dikutip dari Naturalnews pada Kamis (22/1/2015), hal ini dikarenakan zat yang terkandung di dalam daun kelor seperti antioksidan, asam amino, magnesium dan nutrisi.

Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan beserta cara menggunakannya:

1. Reumatik, nyeri dan pegal linu

Bahan: 2-3 gagang daun kelor dan 1/2 sdm kapur sirih.

Cara membuat dan menggunakan: Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus, lalu hasil tumbukkan dioleskan pada bagian tubuh yang terkena sakit.

2. Sakit mata

Bahan: 3 gagang daun kelor.

Cara membuat dan menggunakan: Tumbuk daun kelor hingga halus, lalu aduk dengan 1 gelas air sampai merata. Diamkan hingga ampasnya mengendap. Setelah itu, air ramuan dapat langsung digunakan seperti menggunakan obat mata pada umumnya.

3. Biduran/alergi

Bahan: siapkan 1 sampai 3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulosari.

Cara membuat dan menggunakan: Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Setelah itu, saring sampai bersih. Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Cacingan

Bahan: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai dan 1-2 batang meniran.

Cara membuat dan menggunakan: Semua bahan dicampur dengan 2 gelas air putih. Angkat setelah air yang tersisa hanya 1 gelas saja kemudian saring. Hasil saringan kemudian diminum sampai habis.nbsp

5. Luka nanah

Bahan: 3 sampai 7 gagang daun kelor

Cara membuat dan menggunakan: Remas-remas daun kelor hingga cairannya keluar. Setelah itu, tempelkan pada bagian yang luka.

6. Rabun ayam

Bahan: 3 gagang daun kelor

Cara membuat: Tumbuk halus daun kelor, lalu seduh dengan 1 gelas air masak kemudian disaring. Air saringan lalu dicampurkan dengan madu lalu aduk hingga merata. Minum ramuan ini sebelum tidur.



Back To Top Go To Bottom

56. 3 Tanda Orangtua Bikin Anak Jadi Manja
Date/Time : 1/23/2015 1:00:20 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164622/3-tanda-orangtua-bikin-anak-jadi-manja
 

Orangtua mungkin tidak berniat untuk membuat si buah hati menjadi anak yang manja. Tanpa disadari, apa yang dilakukan oleh mereka telah membuat buah hatinya menjadi anak yang manja.

Berikut tiga tanda bahwa orangtua telah membuat si buah hati menjadi anak yang manja, seperti dikutip Times of India, Jumat (23/1/2015).

1. Jarang memberikan penolakan

Tidak tega melihat sang anak bersedih atau murung, orangtua kerap kesulitan menolak apa yang diinginkan oleh anak-anaknya. Padahal, apa yang diinginkan oleh sang anak begitu berisiko.

Pada akhirnya, kondisi semacam ini menjadi satu kebiasaan hingga mereka tumbuh dewasa.

2. Membeli banyak mainan dan hadiah

Di saat orangtua tidak memiliki uang, tapi mereka rela merogoh kocek hanya untuk membelikan mainan atau hadiah kepada si buah hati, padahal sedang tidak berulang tahun.

3. Mereka terus merengek dan mengeluh

Bahkan ketika orangtua sudah melakukan segala hal untuk mereka, tetap saja mereka mengeluh dan merengek seakan-akan apa yang mereka inginkan belum dipenuhi oleh orangtua.



Back To Top Go To Bottom

57. Stiker-stiker Lucu yang Ternyata Jebakan Narkoba
Date/Time : 1/23/2015 12:30:08 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164703/stiker-stiker-lucu-yang-ternyata-jebakan-narkoba
 

Sepintas tak ada yang menyangka kerta-kertas bergambar lucu ini berbahaya. Ada kandungan narkoba yang bisa membuat pengonsumsinya berhalusinasi.

Dalam kertas seperti stiker lucu ini mengandung Lysergic Acid Diethylamide (LSD). Nama narkoba jenis ini menjadi terkenal setelah tersangka Mitsubishi Outlander maut Christopher positif mengonsumsi narkoba jenis ini.

LSD atau yang dikenal dengan Smile itu merupakan salah satu obat untuk menciptakan halusinasi.

LSD ditemukan pada 1938 dan merupakan salah satu bahan kimia yang mengubah suasana hati yang paling ampuh. LSD dibuat dari asam lysergic, yang ditemukan dalam ergot, jamur yang tumbuh pada gandum dan biji-bijian.

Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang dijual dalam bentuk tablet, kapsul, dan kadang-kadang cairan. LSD tak berbau, tak berwarna, dan memiliki rasa sedikit pahit. Biasanya LSD dikonsumsi melalui mulut.

Seringkali LSD ditambahkan ke dalam kertas yang menyerap, seperti kertas bertinta, dan dibagi menjadi kotak kecil yang dihiasi. Masing-masing persegi mewakili satu dosis.

Menurut The US Drug Enforcement Administration, kekuatan sampel LSD yang diperoleh dari sumber ilegal berkisar 20-80 mikrogram LSD per dosisnya. Ini jauh lebih sedikit dibandingkan kadar yang dilaporkan pada tahun 1960-an dan awal 1970-an, ketika dosisnya berkisar 100-200 mikrogram atau lebih tinggi per unitnya.

Bahaya dari LSD tidak bisa ditebak. Karena bergantung pada jumlah yang dikonsumsi, kepribadian pengguna, suasana hati, dan harapan; dan lingkungan di mana obat yang digunakan.

Berdasarkan situs Preventionhub.org, Jumat (23/1/2015), pengguna biasanya merasakan efek obat setelah 30 sampai 90 menit mengonsumsinya. Efek fisik meliputi pupil yang melebar, suhu tubuh tinggi, peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, keringat, kehilangan nafsu makan, sulit tidur, mulut kering, dan tremor.

Pengguna LSD bisa menyebabkan psikosis yang relatif bertahan lama, seperti skizofrenia atau depresi berat.

Sebagian besar pengguna LSD secara sukarela mengurangi atau menghentikan penggunaannya dari waktu ke waktu. LSD tak dianggap sebagai obat adiktif karena tak menghasilkan perilaku kompulsif seperti kokain, amfetamin, heroin, alkohol, dan nikotin. Namun, seperti banyak obat adiktif, LSD menghasilkan toleransi, sehingga beberapa pengguna yang mengonsumsi obat ini berulang kali harus mengonsumsi dosis semakin tinggi untuk mencapai keadaan mabuk. Ini merupakan praktik yang sangat berbahaya, mengingat ketidakpastian obat.

Berikut beberapa contoh LSD:



Back To Top Go To Bottom

58. Sexpedia: Apa Alasannya Oral Seks dan Anal Seks Berbahaya?
Date/Time : 1/23/2015 12:15:00 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2159908/sexpedia-apa-alasannya-oral-seks-dan-anal-seks-berbahaya
 

Benarkah oral seks dan anal seks sangat tidak direkomendasikan karena berbahaya bagi kesehatan? Adakah cara melakukan oral seks dan anal seks yang aman?

Tenang, karena psikolog Seksual Zoya Amirin M.Psi punya jawaban kegundahan Anda mengenai hal tersebut dalam Sexpedia episode Jumat, (23/1/2015).

Berikut Videonya:

nbsp



Back To Top Go To Bottom

59. Bahaya Ngopi Saat Hamil
Date/Time : 1/23/2015 11:30:11 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164826/bahaya-ngopi-saat-hamil
 

Setelah hamil, sangat penting untuk menjaga kesehatan untuk memastikan bahwa bayi Anda sehat. Biasanya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan kebiasaan buruk tertentu. Jika Anda seorang perokok, berhenti merokok. Jika Anda memiliki kebiasaan minum alkohol, ucapkan selamat tinggal. Dan apa lagi? Ya, mungkin lebih baik untuk menjauhi kopi juga.

Sepintas, secangkir kopi terlihat tidak berbahaya, tapi tahukah Anda kalau kelebihan kopi dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir berat rendah.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatri dan Perinatal Epidemiology ini menuliskan bahwa Dr Massimo Giannelli dan rekan dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine memeriksa hubungan konsumsi kafein dan risiko keguguran. Mereka menemukan bahwa konsumsi kafein hingga 300mg berisiko dua kali lipat mengalami keguguran.

"Sepertinya ada efek diuretik yang merangsang kandung kemih Anda bekerja lebih berat. Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan denyut jantung sehingga tidak aman untuk kesehatan bayi. Wanita hamil sebaiknya tidak mengonsumsi lebih dari satu cangkir kopi per hari. Bahkan setelah melahirkan, lebih baik untuk mengurangi asupan kafein sampai fase menyusui berakhir. Tubuh bayi tidak dapat memetabolisme kafein. Hindari juga konsumsi teh, cokelat dan soda," tulis peneliti.

Dailymail, Jumat (23/1/2015), melaporkan, studi lain juga pernah dilakukan oleh Dr Torstein Vik dinbspNorwegian University of Science and Technology di Trondheim. Mereka menemukan kafein dapat menyebabkan risiko dua kali lipat bayi lahir prematur.

Penelitian lain menunjukkan, bayi yang baru lahir dari ibu yang mengonsumsi lebih dari 500 mg kafein sehari, memiliki denyut jantung lebih cepat dan sulit tidur dalam beberapa hari pertama setelah lahir.



Back To Top Go To Bottom

60. Banyak Anak Indonesia Masih Kurang Minum Air Putih
Date/Time : 1/23/2015 11:00:45 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164671/banyak-anak-indonesia-masih-kurang-minum-air-putih
 

Manfaat minum air putih bagi anak bukan hanya berdampak pada pencegahan penyakit tapi juga dapat meningkatkan konsentrasi belajar, maupun mengatasi kelelahan karena aktivitas fisik. Sayangnya, anak-anak Indonesia ternyata belum cukup minum air putih.

Seperti ditulis dalam buku 'Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja' yang disusun oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti Dr. dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Dr. dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) serta ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah bahwa kesadaran penduduk Indonesia untuk minum air putih masih kurang.

"Kurangnya minum air putih ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengetahuan tentang air dan kesehatan masih kurang, ketersediaan sumber air yang belum memadai, keterbatasan ketersediaan air minum di beberapa dan alasan lainnya," tulis para ahli.

Penelitian The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) yang dilakukan terhadap 604 remaja dari 6 kota di Indonesia menunjukkan bahwa 49,5 persen remaja ternyata mengalami kurang cairan.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa kurang air tubuh lebih mudah terjadi pada individu dengan tingkat pengetahuan hidrasi yang rendah," ujarnya seperti ditulis Jumat (23/1/2015).

Dalam penelitian yang dilakukan Hardinsyah dan tim dengan menggunakan data Riskesdas, terdapat variasi dalam kecukupan asupan air.

Mirisnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia sekolah dan remaja di Indonesia memiliki risiko tinggi mengalami kurang air, sehingga diperlukan edukasi yang lebih menyeluruh untuk meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya hidrasi pada anak usia sekolah dan remaja.



Back To Top Go To Bottom

61. Kemiskinan dan Ras Tingkatan Risiko Asma pada Anak
Date/Time : 1/23/2015 10:30:04 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164886/kemiskinan-dan-ras-tingkatan-risiko-asma-pada-anak
 

Tingginya tingkat polusi udara yang ada di perkotaan membuat banyak orang awam mengira dapat meningkatkan tingginya seorang anak terkena asma. Namun, hasil penelitian terbaru menyatakan hal yang berbeda. Ada faktor lain yang menyebabkan anak lebih berisiko mengalami penyakit yang mendera sistem pernapasan ini.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology yang meneliti 23.000 anak-anak usia 6-17 tahun di Amerika Serikat menemukan fakta bahwa faktor ekonomi dan suku bangsa lebih berpengaruh terhadap seorang anak terkena asma."Kami terkejut menemukan fakta bahwa hidup di perkotaan bukan menjadi risiko terjadinya asma," terang asisten profesor pediatri di Johnrsquos Hopkins Childrenrsquos Center seperti dilansir laman Time, Jumat (23/1/2015).

Penelitian yang dilakukan selama 2009-2011 ini menunjukkan bahwa prevalensi asma pada ank kota mencapai 12,9 persen sedangkan di luar itu 10,6 persen. Namun ketika peneliti memperhitungkan ras, etnis, geografis, jenis kelamin dan usia, hal tersebut tidak lagi signifikan.

Selain itu, kelahiran prematur, kemiskinan yang berujung pada stres membuat banyak anak berisiko untuk terkena asma.
Lalu, ras dapat meningkatkan risiko terkena asma karena beberapa penelitian telah menemukan fakto genetik terutama orang Afrika yang berisiko besar terkena asma.

nbsp



Back To Top Go To Bottom

62. 5 Tokoh Hebat yang Alami Penyakit Pneumonia
Date/Time : 1/23/2015 10:03:44 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165181/5-tokoh-hebat-yang-alami-penyakit-pneumonia
 

Meski data dari Global Burden of Disease Study 2013 menunjukkan kalau kasus Pneumonia atau radang paru-paru di Indonesia menurun, namun penyakit ini masih menjadi ancaman semua orang. Selain tidak mengenal usia, penyakit ini banyak menimbulkan kematian.

Seperti diberitakan Dailymail, Jumat (23/1/2015) Pneumonia bisa membuat seseorang meninggal karena penyakit ini menyebabkan pembengkakan jaringan paru-paru, biasanya disebabkan oleh infeksi. Jika tidak diobati, kadar oksigen di jantung dan otak bisa menurun sehingga menyebabkan pasien kebingungan, koma dan rusaknya fungsi berbagai organ hingga berakibat fatal dan berujung pada kematian.

Dikutip dari berbagai sumber, Liputan6.com mengumpulkan lima tokoh yang mengalami dan meninggal karena Pneumonia seperti berikut:

1.nbsp Freddy Mercury

Musisi, penyanyi, dan penulis lagu asal Inggris yang juga vokalis band Queen ini meninggal pada 24 November 1991. Di usianya yang menginjak 45 tahun, pria yang menulis 10nbsp dari 17 lagu di album "Queen Greatest Hits" ini meninggal karena pneumonia akibat AIDS.

2. Nelson Mandela

Meninggal di usia 95 tahun, Presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan ini memang kondisinya terus memburuk setelah mengalami Pneumonia. Dikabarkan media lokal setempat, Mandela sempat mengalami Tuberkulosis pada 1980. Ia meninggal pada 5 Desember 2013.

3. Muhammad Ali

Petinju legendaris dunia, Muhammad Ali pada Desember lalu dikabarkan harus menjalani perawatan medis di rumah sakit setelah didiagnosis pneumonia.

4. Michael Schumacher

Sejak mengalami kecelakaan pada Desember 2013, Juara tujuh kali F1 Michael Schumacher terbaring koma di rumah sakit di Prancis. Kondisi itulah yang membuatnya mengalami pneumonia. Namun, Schumacher telah pulih dari pneumonianya.

5. Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdul Aziz meninggal tepat pada pukul 01:00 pagi ini. Dia diperkirakan meninggal karena pneumonia.



Back To Top Go To Bottom

63. Gangguan Otak Bikin Wanita Muda Ini Tak Takut Apapun
Date/Time : 1/23/2015 10:00:00 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164854/gangguan-otak-bikin-wanita-muda-ini-tak-takut-apapun
 

Wanita berusia 44 tahun di Amerika Serikat tidak memiliki takut sama sekali. Ini semua terjadi karena ia mengalami gangguan otak langka.

Ibu tiga anak yang diidentifikasi dengan SM ini mengalami penyakit Urbach-Wiethe yang memengaruhi bagian otak yang berhubungan dengan takut. Akibatnya, SM tak pernah mengalami peristiwa yang traumatis.

Kondisi genetik langka itu membuat SM tak pernah takut, bahkan dalam situasi yang paling menakutkan di dalam hidupnya.

"Jika dia terancam, ia tak akan ketakutan," kata Antonio Damasio, Ilmuan Saraf dinbsp University of Southern California seperti dilansir Dailynews, Jumat (23/1/2015).

Meskipun ia ditodong senjata dan ancaman pisau, dipukuli suami, atau dekat ular berbisa sepertinya tak mengganggu wanita dari Iowa itu.

Penyakit Urbach-Wiethe yang dialaminya itu menyebabkan endapan kalsium di amigdala otaknya. Dokter telah mempelajari SM selama lebih dari 30 tahun.

Amigdala adalah komponen kunci bagaimana kita menanggapi rasa takut. Biasanya mengirimkan sinyal ke bagian lain di tubuh ketika merasa berbahaya. Ini menyebabkan reaksi seperti telapak tangan berkeringat dan detak jantung kencang. Tapi, Amigdala SM tak bekerja, jadi dia tak takut seperti manusia lainnya.

"Peristiwa buruk muncul di depan kita karena kita tahu bahwa dia terancam, tapi dia sendiri tidak melihat dirinya terancam. Jadi sebagai hasilnya, dia jarang mengalami hal-hal buruk di dalam hidupnya," kata Damasio NPR.

SM itu sebenarnya normal dan merasakan semua emosi seperti lainnya. Ia merasakan sukacita, sedih, dan marah. Namun, penyakit yang membuatnya tak mengalami rasa takut.

Orang yang memiliki penyakit langka Urbach-Wiethe hanya sekitar 400 di seluruh dunia. Kasus SM suatu hari nanti bisa membantu orang dengan gangguan stres pascatrauma (PTSD). Jika dokter bisa menemukan cara meredakan amigdala, orang dengan PTSD bisa mendapatkan bantuan.





Back To Top Go To Bottom

64. Bulan yang Tepat untuk Jadikan Tulang Lebih Sehat
Date/Time : 1/23/2015 9:30:27 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164581/bulan-yang-tepat-untuk-jadikan-tulang-lebih-sehat
 

Jadikan bulan Maret hingga Oktober sebagai kesempatan kita untuk memiliki tulang yang kuat. Pada bulan ini bumi lebih didominasi oleh paparan sinaran matahari daripada tetesan air hujan.

Pejabat Kesehatan Masyarakat di London mendesak agar masyarakat tidak sungkan untuk melakukan aktivitas di bawah sinar matahari pagi supaya tubuh mendapatkan asupan vitamin D yang berguna bagi tulang. Sayang, dari data yang ada 1 dari 6 orang berusia dewasa kekurangan asupan vitamin D.

Wakil Kepala Eksekutif dan Direktur Perawatan Kesehatan dan Sosial di NICE, London, Profesor Gillian Leng, mengatakan, meski paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit bila terlalu lama, tapi berada di bawahnya selama 13 menit per hari baik bagi kesehatan tulang.

"Sinar matahari menyediakan sumber terbaik dari vitamin D, dan ini menjadi kesempatan Anda untuk lebih aktif secara fisik," kata Gillian dikutip dari Daily Mail, Jumat (23/1/2015).

Lagipula, jelas Gillian, biasanya yang berisiko terkena kanker kulit adalah individu yang terbiasa melakukan pekerjaan di bawah sinar matahari, serta bayi yang belum genap berusia satu tahun. Selanjutnya, tergantung dari kulit dan domisili masing-masing individu.

Bila takut akan bahayanya, bisa juga menggunakan tabir surya selama berada di bawah sinar matahari.



Back To Top Go To Bottom

65. Mengenal Penyakit Penyebab Raja Abdullah Meninggal
Date/Time : 1/23/2015 9:17:14 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165166/mengenal-penyakit-penyebab-raja-abdullah-meninggal
 

Setelah kematian Pengusaha Bob Sadino beberapa hari lalu, Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz kembali menambah sederet daftar orang yang meninggal karena mengalami Pneumonia.

Pneumonia atau sering disebut radang paru-paru adalah peradangan pada satu atau dua jaringan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pada kondisi ini, kantung udara pada paru-paru terisi dengan cairan atau nanah yang menyebabkan batuk berdahak, demam, menggigil dan kesulitan bernapas.

"Umumnya, Pneumonia berasal dari bakteri dan virus di udara yang terhirup. Dalam kondisi normal, tubuh biasanya akan mencegah kuman yang menginfeksi paru-paru. Tapi terkadang kuman-kuman tersebut bisa mengalahkan sistem kekebalan tubuh Anda," tulis para ahli, mengutip Mayoclinic, Jumat (23/1/2015).

Di Indonesia sendiri, yang menjadi korban penyakit ini bukan hanya orangtua diatas usia 65 tahun melainkan bayi dan anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya lemah. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan pada 2007 menunjukkan, angka kesakitan (morbiditas) pneumonia pada bayi adalah 2,2 persen dan balita tiga persen. Sementara angka kematian (mortalitas) pada bayi 23,8 persen dan balita 15,5 persen.

Sedangkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2013 mencatat, Pneumonia menjadi penyebab kematian sekitar 1,2 juta anak setiap tahun. Dapat dikatakan, setiap jam ada 230 anak di dunia yang meninggal karena pneumonia. Angka itu bahkan melebihi angka kematian yang disebabkan oleh AIDS, malaria dan tuberkulosis.

Untuk pencegahan, Pneumonia bisa dicegah dengan vaksin Haemophilus influenza type b (Hib), Penumococcus (PCV), pertussis, dan vaksin campak.



Back To Top Go To Bottom

66. Wanita Berpayudara Kecil Juga Seksi
Date/Time : 1/23/2015 9:00:59 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164578/wanita-berpayudara-kecil-juga-seksi
 

Tak semua wanita memiliki ukuran payudara yang sama. Beberapa ada yang ukurannya di bawah rata-rata tapi ada yang besar. Wanita berpayudara kecil tak perlu khawatir, Anda pun bisa terlihat seksi.

Seperti dilansir Healthaim, Jumat (23/1/2015), setiap wanita bermimpi memiliki ukuran payudara yang sempurna agar lebih percaya diri. Namun, sebelum berpikir memperbesar ukuran payudara, wanita perlu mengetahui sejumlah rahasia di balik `si kembar` ini:

1. Payudara membungkus lemak

Selain lemak juga ada struktur kelenjar internal yang didukung jaringan fibrosa dan lemak. Susu (ASI) berasal dari kelenjar yang mensekresi susu dan mengarah ke puting. Setiap payudara didukung oleh otot dada dan tulang rusuk pada satu sisi thorax dengan ligamen suspensori.

2. Jumlah jaringan lemak ini menentukan ukuran payudara

Tapi, mengapa ada seorang wanita yang ukuran payudaranya di bawah rata-rata. Banyak wanita meyakini bahwa mereka harus mampu mengendalikan seperti apa tubuh mereka terlihat.



3. Payudara wanita diukur dari lingkar dada dan besarnya cup (size AA-DD)

Rata-rata wanita memiliki ukuran cup 34C dan wanita yang ukurannya lebih kecil dari rata-rata sering merasa kurang percaya diri tentang diri mereka.

Faktanya, ukuran payudara tak bisa ditingkatkan dengan krim atau suntik hormon. Satu-satunya cara untuk memperbesar payudara adalah operasi payudara kosmetik.

Dalam operasi itu kulit dan otot diperluas dan diregangkan secara bertahap dalam beberapa minggu untuk mengakomodasi implan. Sayatan dibuat di ketiak dan sekitar areola atau di bawah payudara. Implan kemudian di masukkan di bawah otot dada atau di belakangan jaringan payudara.

4. Wanita yang payudaranya kecil tak perlu khawatir

Seorang wanita berpayudara besar memang memiliki keunggulan seksual. Namun, wanita berdada datar juga bisa merespons seksual dan menarik secara seks alias seksi seperti wanita yang berpayudara besar.

Banyak wanita yang mengalami sensasi seksual yang sangat sedikit ketika payudaranya dibelai dan ini dialami sebagian besar oleh wanita berpayudara besar. Mungkin satu-satunya waktu wanita harus mempertimbangkan implan adalah setelah mastektomi atau payudaranya cedera.



Back To Top Go To Bottom

67. Top 5 Health: Tipe Wanita Pejuang Cinta Sejati Banyak Dilirik
Date/Time : 1/23/2015 8:46:39 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2165164/top-5-health-tipe-wanita-pejuang-cinta-sejati-banyak-dilirik
 

Hubungan asmara yang buruk bisa membuat wanita takut. Alhasil, wanita tersebut harus berusaha keras menemukan cinta sejatinya. Seperti apa tipe-tipe wanita yang berjuang demi cinta sejatinya? Inilah salah satu artikel yang paling dilirik di kanal Health Liputan6.com.

Berikut lima berita teratas periode Kamis 22 Januari 2015:

1. Sexpedia: Sehatkah melakukan oral dan anal seks?


Apakah oral seks dan anal seks bisa bikin hamil? Dari segi kesehatan, apakah sehat melakukan oral seks dan anal seks?

2. 10 Tipe Wanita Ini Berjuang Keras Bertemu Cinta Sejati

Hubungan masa lalu bisa membuat wanita takut menjalin hubungan. Wanita tersebut akhirnya berjuang keras untuk menemukan cinta sejatinya. Inilah tipe-tipe wanita yang berjuang keras untuk menemukan cintanya.

3. Konsumsi Makanan Ini Jika Rambut Menipis

Wanita yang mengalami kerontokan rambut memiliki kadar zat besi dan vitamin D2 yang lebih rendah dibanding normalnya. Karena itu konsumsilah beberapa makanan ini.

4. Kaki Gemuk Jadi Langsing, Bisakah?

Pergelangan kaki termasuk yang ikut membengkak ketika Anda gemuk. Lantas apakah pergelangan kaki bisa langsing lagi saat berat badan sudah turun

5. 4 Penyebab Kenapa Anda Terlambat Haid

Setiap bulan, hampir semua perempuan mengalami menstruasi. Siklus menstruasi normalnya 21-35 hari. Namun jika melebihi dari siklus normal tersebut banyak perempuan yang panik dan mengira-ngira apa penyebabnya.



Back To Top Go To Bottom

68. Tips Unik Panjang Umur dari Perempuan Berusia 109 tahun
Date/Time : 1/23/2015 8:32:34 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164930/tips-unik-panjang-umur-dari-perempuan-berusia-109-tahun
 

Perempuan tertua di Skotlandia yang saat ini menginjak usia 109 tahun memberikan tips yang cukup unik agar panjang umur. Menurutnya, tips panjang umur adalah makan bubur dan menghindari laki-laki.

"Rahasia umur panjang saya adalah makan semangkuk bubur hangat setiap pagi dan tidak pernah menikah," demikian perempuan yang bernama Jessie Gallan katakan seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, Jumat (23/1/2015).

Memang, sepanjang hidupnya, perempuan yang lahir dan besar di perkebunan orangtuanya serta memiliki 5 orang saudara ini tidak pernah menikah.

Entah kebetulan atau tidak, orang tertua di dunia yang berusia 116 tahun bernama Misao Okawa asal Jepang pun memiliki cerita yang agak mirip dengan Jessica.

Meskipun tidak secara eksplisit mengatakan bahwa untuk berumur panjang seseorang harus menghindari laki-laki, tetapi ternyata orang tertua di dunia ini telah menjadi janda sejak tahun 1931. Artinya, dirinya tidak lagi dekat dengan lelaki manapun sekitar 83 tahun lamanya.

Belum ada penelitian ilmiah yang memverifikasi pernyataan Jessica tersebut. Tetapi, beberapa survey seperti yang dilakukan oleh Centenarians di AS menemukan bahwa salah satunbsprahasia umur panjang adalah menghabiskan banyak waktu dengan teman dan keluarga serta memiliki komitmen untuk menjaga tubuh tetap sehat.



Back To Top Go To Bottom

69. Wanita Ini Asuh 40 Anak Terlantar dalam 40 Tahun
Date/Time : 1/23/2015 8:00:39 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164817/wanita-ini-asuh-40-anak-terlantar-dalam-40-tahun
 

Kong Zhenlan, seorang wanita berusia 67 tahun di Jinzhong, Shanxi, mengadopsi 40 anak-anak terlantar dalam 40 tahun terakhir. Tanggal setiap anak diadopsi menandai hari ulang tahunnya. Usia anak termuda adalah 1 bulan dan tertua 27 tahun.

Kong menceritakan putri bungsunya yang memiliki masalah di telinga kanannya. Orangtuanya meninggalkannya di depan Home of Love sebulan yang lalu. "Dia tak banyak menangis dan bayi yang sangat lucu dan tenang," kata Kong seperti dilansir Shanghaiist, Jumat (23/1/2015).

Kebanyakan anak yang diadopsinya adalah anak-anak yang ditinggal karena penyakit fisik atau mental. Ia begitu peduli dengan anak-anak meski dengan kondisi punggungnya.

Setiap anak-anak memanggilnya dengan mama. Beberapa anak lahir dengan cerebral palsy, sehingga kata mama mungkin menjadi satu-satunya yang bisa mereka ucapkan.

Menurut hukum, seorang penyandang cacat tak bisa mengadopsi lebih dari tiga anak. Pejabat lokal telah berusaha mengirim anak-anak asuh Kong ke pusat kesejahteraan, tapi ia mengatakan sudah sangat dekat dengan anak adopsinya.

Karena adopsi ilegal itulah Kong tak bisa menerima subsidi adopsi dari pemerintah.

Beberapa orang yang peduli dengan situasi Kong, menyumbangkan uang, pakaian, dan makanan untuk memberi bantuan. Banyak anak-anak yang diadopsi tumbuh sehat dan bisa menghidupi diri sendiri. Enam dari 40 anak adopsi itu bahkan masuk perguruan tinggi dan dua anak dari mereka di sekolah teknik.



Back To Top Go To Bottom

70. Wanita Ini Pilih Tak Pakai Legging karena Takut Pria Bernafsu
Date/Time : 1/23/2015 7:30:11 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164867/wanita-ini-pilih-tak-pakai-legging-karena-takut-pria-bernafsu
 

Seorang wanita berusia 25 tahun dari Oregon, Amerika Serikat, berpikir untuk stop mengenakan legging. Dalam posting blognya, Veronica Partridge menuliskan ia berhenti karena legging bisa menyebabkan pria bernafsu.

Setelah berunding selama berminggu-minggu apakah perlu memosting blog berjudul Why I chose to no longer wear leggings, Patridge akhirnya menulisnya.

"Apakah mungkin legging yang saya pakai bisa menyebabkan seorang pria, orang selain suami saya, berpikir dengan penuh nafsu tentang tubuh saya? Saya menanyakan suami saya pendapatnya ketika dia pulang ke rumah," tulis Patridge seperti dilansir News.au, Jumat (23/1/2015).

"Dan pada saat itu, saya bersumpah untuk diri saya dan suami saya, sata tak akan lagi memakai yang tipis, celana yoga yang pas atau legging di depan umum."

Suaminya Dale Patridge, CEO dan pembicara motivasi dengan 140 ribu pengikut di twitter akhirnya berbagi pikiran di jejaring sosial.

Ternyata, ratusan komentar masuk. "Apakah Anda juga menyalahkan perempuan ketika mereka diperkosa (karena) pakaian mereka?," tulis salah satu komentar.

"Saya pikir itu konyol membuat wanita yang bertanggung jawab karena pelototan penuh nafsu dari laki-laki. Berlegging atau tidak, pria akan melihat. Terserah mereka ... Pria mengendalikan diri. Saya pikir pemikiran seperti ini adalah sedikit mundur. Hal ini seperti menyalahkan pakaian wanita untuk yang dilanggar langgarnya. Pria bertanggung jawab atas perilaku mereka sendiri, " tulis wanita lain yang mengomentari halaman Facebook Partridge.

Komentar-komentar yang berdatangan itu akhirnya membuat Patridge mengatakan tak akan berhenti mengenakan legging.

"Ini hanya keputusan pribadi yang saya buat. Saya sama sekali tidak mencoba memberitahu siapa pun apa yang mereka bisa atau tidak bisa pakai,"katanya.

"Saya masih memakainya, tapi saya akan memakai baju panjang atau tuning untuk atasannya," ujarnya.

Seperti diketahui, pria memang lebih mudah terangsang karena sulit menolak gambar yang mempertontonkan lawan jenis yang menarik.

Meski pria memiliki kontrol diri yang sama dengan wanita, rangsangan yang diterima dari lawan jenis yang menarik hampir empat kali lebih kuat dibandingkan wanita.

Itu semua terungkap dalam penelitian yang dilakukan para ahli di University of Texas.



Back To Top Go To Bottom

71. Cara Pintar Minum Kopi
Date/Time : 1/23/2015 7:00:35 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164798/cara-pintar-minum-kopi
 

Banyak anggapan keliru di kalngan masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi kopi. Kopi dianggap bermanfaat saat dikonsumsi dengan banyak gula, padahal yang bermanfaat bagi kesehatan itu sebenarnya adalah kopi yang diseduh tanpa gula atau penambah rasa lain.

Seperti disampaikan ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dr. Ir Hardinsyah bahwa mengonsumsi kopi memang terbukti bisa mencegah berbagai penyakit seperti jantung dan diabetes. Tapi asupannya harus diatur maksimal dua kali sehari tanpa gula.

"Konsumsi kafein itu ambang batasnya 2 gelas sehari. Kalau berlebih, dikhawatirkan bereaksi pada asam lambung. Yang penting, jangan menggunakan gula karena gula memiliki kalori," kata Hardinsyah saat ditemui di sela-sela acara Talkshow Kesehatan di bilangan Sudirman, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Senada dengan kopi, teh juga baiknya dikonsumsi tanpa gula. Hardinsyah menambahkan, teh memiliki senyawa katekin yang membantu proses pembakaran lemak sehingga baik diminum setelah makan.



Back To Top Go To Bottom

72. 10 Tipe Wanita Ini Berjuang Keras Bertemu Cinta Sejati
Date/Time : 1/22/2015 9:00:38 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164753/10-tipe-wanita-ini-berjuang-keras-bertemu-cinta-sejati
 

Wanita bisa saja mudah menyukai seorang pria. Tapi, hubungan masa lalu bisa membuat wanita takut menjalin hubungan. Wanita tersebut akhirnya berjuang keras untuk menemukan cinta sejatinya.

nbspDr. Michelle Callahan dalam bukunya yang berjudul, Ms. Typed: Discover Your True Dating Personality and Rewrite Your Romantic Future,mengatakan, ia memiliki obat untuk wanita yang gaya berkencannya tak lagi mencerminkan dirinya sesungguhnya.

Psikolog ini merumuskan 10 tipe wanita yang sudah terlalu banyak berhubungan yang salah seperti dilansir Yourtango, Kamis (22/1/2015).

1. Second place

Tipe wanita ini biasanya kehilangan pandangan tentang dirinya setelah terlalu banyak memiliki hubungan yang salah. Akibatnya, ia menderita kurang percaya diri dan memiliki harapan yang rendah.

Bagaimana wanita bisa menjadi seperti tipe ini?

"Pria yang berkencan dengan wanita ini mencoba meyakinkan bahwa wanita itu harus bersama dengannya seperti yang diinginkannya meskipun pria tak ingin berkencan dengan si wanita," kata Callahan.

2. Mesin Seks

Wanita ini seperti Samantha Jones di Sex and The City. Ia menggunakan seks untuk bersenang-senang, mengontrol, dan segala sesuatu kecuali hubungan yang sehat. Ia lebih ke fisik sebelum siap dengan emosional dan akhirnya menarik tipe pria yang hanya memperlakukannya seperti wanita panggilan.

Bagaimana wanita bisa seperti ini?

"Pengalaman pertama wanita berkencan dengan pria adalah seks. Dan wanita tumbuh dengan mengharapkan seksnbsp dan menginginkan di setiap hubungan," katanya.



3. Soul mate

Tipe ini idealis. Wanita tipe soul mate akan berkencan seakan-akan setiap pria adalah satu-satunya, dia bersikeras untuk berkomitmen dalam waktu cepat. Setelah hubungan yang gagal, ia jadi sering ketakutan bahwa mantannya itu adalah satu-satunya pria.

Bagaimana wanita bisa seperti tipe ini?

Wanita berfantasi suatu hari bisa memulai keluarga sendiri sehingga wanita bisa mendapatkan cinta dan kasih sayang yang dilewatkan semasa kecil atau wanita itu bisa menjadi orang terpenting di dalam kehidupan seseorang pria.

4. Drama Queen

Wanita ini senang tantangan, kompetisi dan begitu dramatis. Ia berkencan dengan tipe pria yang salah di masa yang sulit.

Wanita Drama Queen adalah salah satu yang tak masalah pergi dengan teman si pria hanya untuk melihat ia bisa melakukannya. Namun, setelah itu ia merasa malu telah menjadi wanita seperti itu.

Bagaimana wanita bisa seperti itu:

Beberapa pria muda yang wanita ini kencani begitu cepat bertengkar atau berhubungan fisik dan bukannya membuat wanita itu membencinya malah menyukainya.



5. Bag Lady

Tipe ini emosinya naik turun. Nona Bag Lady belum menyelesaikan masalah pribadinya sebelum lari ke dalam hubungan yang baru. Hubungan yang buruk di masa lalu membuat dirinya menjadi berlebihan dalam menanggapi masalah baru. Dia sering merasa tertekan, tak mudah percaya, dan tak bisa move on.

Bagaimana bisa seperti ini

"Pria muda yang wanita itu kencani kasar dan lalai," ujarnya.

6. Ibu

Ia mengambil alih cita-cita prianya seperti si pria miliknya, menjadi life coach si pria, psikolog dan ibu, pokoknya semuanya menjadi satu. Ia berusaha memperbaiki diri si pria tapi mengabaikan kebutuhan dirinya. Tipe ibu emosinya habis setelah gagal.

Bagaimana terjadi:

"Wanita itu tumbuh di linkungan rumah yang diberitahu untuk melakukan segala hal untuk pria di rumah Anda (ayah atau saudara pria)."



7. Anaconda

Wanita tipe yang ketakutan si pria akan meninggalkannya. Nona Anaconda akan memegang kencang dengan sering mengecek si pria, memanipulasinya, dan membuat si pria jauh dari teman-temannya. Ketika si pria meninggalkanya, itu hanya menegaskan kecurigaannya benar dan takut dengan hubungan selanjutnya.

Bagaimana terjadi: Wanita mempercayai pria yang dikencaninya dengan menghabiskan waktunya hanya untuk menemukan si pria menyelingkuhimu."

8. Independen

Setelah putus cinta memang sangat menyakinkan, tapi nona independen membangun benteng emosional untuk mencegah sakit lagi. Wanita ini jadi terlihat sinis sehingga menyebabkan ia kehilangan sifat baik terhadap pria yang dikencaninya. Meskipun wanita ini ingin cepat memulai lagi setelah bubar, ia lebih percaya pada dirinya sendiri."

Bagaimana bisa terjadi:

Pria yang dikencani wanita ini takut menjadi dekat dan mereka menjauh sehingga membuat wanita merasa ia harus menjauh.



9.nbsp Rose-Colored Glasses

Meski wanita ini optimis, ia menolak untuk melihat pria di sampingnya itu monster. Ia mengabaikan tanda-tanda bahaya, saran teman, bahkan inderanya sendiri ketika mendeteksi ada masalah. Akibatnya, ia rentan dimanfaatkan dan diselingkuhi.

Bagaimana terjadi:

Wanita ini berkencan dengan pria yang bisa sangat marah dan kecewa ketika wanita menanyakan pertanyaan dan reaksi pria berpikir wanita takut bertanya untuk mendapatkan informasi.

10.Perfect

Seorang wanita yang berusaha sempurna dalam setiap aspek hidupnya, sampai ke prianya. Standanya terlalu tinggi dan laki-laki bisa tak senang karena sikap menghakimi dan ketilitiannya.

Wanita ini tak tahu bagaimana caranya bersantai, bahkan pada saat kencan ia terlihat dingin.

Bagaimana terjadi: Orangtua wanita itu memiliki standar yang sangat tinggi dan wanita merasa tertekan untuk menjadi sukses dan berprestasi, jika tidak, wanita itu akan dihukum.



Back To Top Go To Bottom

73. Fakta Pengobatan dengan Batu-batuan
Date/Time : 1/22/2015 8:30:59 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164609/fakta-pengobatan-dengan-batu-batuan
 

Teknik pengobatan dengan kristal atau batuan lainnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Apakah teknik pengobatan ini bisa menyembuhkan?

Pengguna teknik ini mempercayai pengobatan alternatif ini bisa memfasilitasi penyembuhan karena mengalirkan energi positif ke tubuh, menggantikan yang negatif sebagai energi yang menyebabkan sakit.

Penyembuhan dengan kristal memangnbsp populer di klinik kesehatan dan spa. Terkadang juga ada dalam praktik terkait dengan pijat dan reiki. Penggunaan kristal bisa membantu mendorong relaksasi meskipun efeknya belum didukung bukti ilmiah.

Karena itulah di dunia kedoktertan dan ilmuwan tak populer. Kebanyakan dari mereka menyebutkan pengobatan kristal sebagai pseudosains.

Secara ilmiah belum ada bukti bahwa pengobatan kristal bisa menyembuhkan penyakit karena penyakit tak pernah ditemukan sebagai hasil dari aliran energi di dalam tubuh. Selain itu, tak ada penelitian yang menunjukkan kristal dan permata bisa dibedakan dalam komposisi kimia atau warna untuk mengobati penyakit tertentu.

Bagaimana Kerja Batu dan Kristal?


Dalam pengobatan ini, menggunakan berbagai jenis batu-batuan dan memiliki sifat yang berbeda. Misalnyanbsp Amethyst, diyakini beberapa orang bagus untuk usus,nbsp Aventurine hijau membantu jantung, topaz kuning memberikan kejernihan mental. Warna merah hingga violet berhubungan dengan tujuh poin chakra pada tubuh.

Selama sesi pengobatan, kristal atau batu-batuan ditempatkan di tubuh Anda sejajar dengan titik-titik chakra, kira-kira di daerah atas kepala, dahi, tenggorokan, dada, perut, usus, dan pada daerah genital.

Batu-batu yang digunakan serta posisi mereka bisa dipilih sesuai gejala yang dilaporkan pasien. Ini semua dipengaruhi oleh pengetahuan si praktisi dan kepercayaan, filosofi chakra penyakit dan energi ketidakseimbangan. Ini filosofi yang sebagian besar diabaikan oleh praktisi kedokteran Barat.

Menurut Crystal Vaults, sebuah perusahaan yang menjual kristal tersebut, yang disebut sebagai jimat, kristal penyembuhan juga melibatkan penggunaan kristal dan batu yang mengenai tubuh atau ditempatkan di bawah bantal untuk menangkal penyakit, mengeluarkan energi negatif atau menyerap energi positif, "

nbsp

Hanya Efek Plasebo

Menurut Christopher French, Kepala Unit Penelitian Psikologi Anomalistik di University of London, meski belum ada penelitian ilmiah tentang penyembuhan dengan kristal, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa penyembuhan kristal bisa menyebabkan efek plasebo pada pasein.

Efek plasebo adalah efek yang mengikuti pengobatan itu secara tak langsung karena pengobatan ini bekerja terhadap penyakit pasien. Dengan kata lain, seseorang mungkin merasa lebih baik setelah menjalani teknik pengobatan kristal, tetapi tidak ada bukti ilmiah bahwa hasil ini ada hubungannya dengan kristal yang digunakan selama pengobatan.

Pada 2001, French dan rekan-rekannya di Goldsmiths College di University of London mempresentasikan sebuah makalah pada Konferensi Tahunan British Psychological Society Centenary di Glasgow, dengan menguraikan studi mereka tentang khasiat pengobatan kristal.

"Tidak ada bukti bahwa pengobatan kristal bekerja dan melebihi efek plasebo," kata French Live Science, Kamis .

"Itu adalah standar yang tepat untuk menilai segala bentuk pengobatan. Tapi apakah Anda menilai penyembuhan kristal, atau bentuk lain dari [pengobatan komplementer dan alternatif], benar-benar tak berharga tergantung pada sikap Anda terhadap efek plasebo."

French menunjukkan, ada banyak pengobatan yang tak memiliki efek terapi selain efek plasebo. Namun, pengobatan ini mungkin bisa membuat Anda merasa lebih baik sementara waktu.

"Tidak ada bukti bahwa mereka benar-benar dapat menyembuhkan penyakit atau mengobati kondisi kesehatan. Jika Anda menderita masalah medis yang serius, Anda harus mencari pengobatan dari dokter berlisensi, bukan penyembuh alternatif," kata French menegaskan.

Di beberapa negara, jenis pengobatan alternatif ini termasuk kategori pijat atau terapi bodywork.

Beberapa dokter mentolerir pengobatan kristal sampai tingkat yang terbatas, melihatnya sebagai terapi yang dapat menyebabkan relaksasi, yang pada akhirnya adalah terapi untuk manajemen stres.

"Mereka yang mencari penyembuh kristal, bagaimanapun, harus berhati-hati untuk tidak melupakan pengobatan yang sah untuk penyakit yang mengancam jiwa."


Back To Top Go To Bottom

74. Agar Perut Tak Buncit, Hindari Porsi Makan 'Kuli' di Malam Hari
Date/Time : 1/22/2015 8:00:13 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164708/agar-perut-tak-buncit-hindari-porsi-makan-kuli-di-malam-hari
 

Kebutuhan makan tiga hari sekali memang tidak boleh terlewatkan. Sayangnya jenis dan porsi ketika makan malam cenderung keliru.

Seperti disampaikan ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ir Hardinsyah bahwa pada malam hari, upayakan konsumsi makanan yang agak ringan seperti sayur, ikan dan tempe.

"Di Indonesia itu kebiasaan makannya seringnya dibalik, makan karbohidrat malam hari. Terus makan malam seperti pekerja kuli bangunan (banyak) sedangkan makan pagi sedikit. Harusnya, makan banyak itu pagi," kata Hardinsyah di sela-sela talkshow kesehatan di kawasan Sudirman, Jakarta, ditulis Kamis (22/1/2015).

Kebiasaan inilah, kata Hardinsyah, yang membuat orang-orangnya mudah obesitas. Padahal, obesitas dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit seperti jantung, diabetes dan stroke.



Back To Top Go To Bottom

75. 3 Kasus yang Mengarah ke Penyakit Ginjal Misterius
Date/Time : 1/22/2015 7:30:03 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164863/3-kasus-yang-mengarah-ke-penyakit-ginjal-misterius
 

Ribuan penduduk desa di Sri Lanka tewas akibat penyakit ginjal misterius. Dampak fenomena yang penuh tanda tanya membuat mereka yang masih hidup dilanda rasa takut berlebihan.

Harap-harap cemas pun dirasakan oleh pasien yang mengalami kondisi mirip dengan penduduk yang sudah tewas. Seperti yang dialami seorang petani padi bernama Wimal Rajaratna. Dalam keadaan lemah dan lesu, ayah dua orang anak yang kini berusia 46 tahun hanya bisa duduk bersila di atas tempat tidur kayu yang ada di rumahnya di salah satu desa kecil yang ada di Sri Lanka.

Sehari-hari kerjaan Wimal hanya memandangi pohon-pohon palem yang tumbuh rimbun mengelilingi kediamannya. Rasa cemas bergelayut di benaknya, dan pertanyaan yang sama selalu menghantuinya, apakah tubuhnya bisa menerima sumbangan ginjal yang hanya menawarkan kesempatannya untuk bertahan hidup?

Tidak hanya Wimal, kondisi serupa juga dialami seorang petani buluh bernama Laxmi Narayna asal Uddanam, India. Diketahui mengalami gangguan ginjal, Laxmi rela melakukan perjalanan dua hari yang melelahkan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Bila biasanya Laxmi menumpahkan seluruh hidup hanya untuk mengabdi sebagai pekerja lepas dengannbsp memanen buah kelapa, kini waktunya dia habiskan untuk melakukan perjalanan sejauh 100 mil untuk menerima perawatan dialisis (cuci darah) yang membuatnya tetap hidup.

Jauh dari India, seorang pria bernama Maudiel Martinez asal Nikaragua harus rela meninggalkan pekerjaannya sebagai tukang kebun di ladang gula selama beberapa tahun akibat mengalami kerusakan ginjal. Kini Martinez hanya bisa pasrah, dan menyerahkan seluruh hidupnya untuk keluarga.

Melansir Publicintegrity, Kamis (22/1/2015), Pakar Epidemiologi di Boston University, Daniel Brooks, mengatakan, bila benang merah dari ketiga kasus di atas ditarik, maka dapat disimpulkan sementara bahwa penyebab penyakit ginjal misterius ini ada dehidrasi akut yang banyak dialami oleh pekerja kebun.

Apalagi bila dilihat dari letak geografisnya, meski termasuk wilayah subur, ketiga wilayah di atas sangatlah panas. Ditambah pula para pekerja harus banting tulang, dan berhubungan langsung dengan pestisida. Mereka pun diketahui jarang sekali minum. Sekalinya minum, air yang diteguknya berasal dari air tanah.

Wajar bila kasus ini mengalami lonjakan sejak 1990.



Back To Top Go To Bottom

76. Apakah Diet Dash Paling Sehat dan Tepat bagi Anda?
Date/Time : 1/22/2015 7:00:57 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164617/apakah-diet-dash-paling-sehat-dan-tepat-bagi-anda
 

Mencari diet yang tepat bukanlah hal mudah. Selain harus tahu tujuannya, sebuah diet juga harus berdasarkan bukti yang kuat. Lantas, adakah diet yang paling sehat?

Menurut pakar gizi dari Intstitut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, diet yang sejauh ini paling berhasil adalah Diet Dash (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Ini karena diet ini telah diteliti dan terbukti memiliki 4 manfaat kesehatan yaitu:

1. Pengaturan aliran darah
2. Pengaturna berat badan
3. Penurunan kolesterol
4. Gula darah

"Manfaat diet yang multi purpose seperti ini belum ada. Namun berdasarkan kajian yang dilakukan tiap tahun olehnbspAmerican Heart Association, diet ini terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Kalau diet yang lain saya belum bisa merekomendasikan karena lagi-lagi evidence dan penelitiannya terbatas," kata Hardin saat ditemui usai talkshow kesehatan di kawasan Sudirman, Jakarta, ditulis Kamis (22/1/2015).

Dalam diet dash, kata Hardin, Anda perlu menurunkan sodium (termasuk garam meja) sekitar 2.300 hingga 1500 miligram sehari tergantung pada kondisi kesehatan, usia, ras dan stamina. Namun yang perlu diingat, bebagai makanan termasuk buah juga mengandung natrium, bahkan beras juga memiliki natrium.

"Intinya, bila telah memiliki tujuan tertentu seperti misalnya ingin menurunkan berat badan, atur makanan dan minuman dalam jumlah tertentu. Kalau mau langsing, kurangi porsi makan tergantung kebutuhan. Kalau mau kulitnya mulus, beda lagi. Cari vitamin E, zinc dan antioskidan. Jadi kembali lagi ingat diet tujuannya untuk apa," jelasnya.



Back To Top Go To Bottom

77. Rahasia Bugar Dokter 'Ganteng' Andy Wirahadikusumah
Date/Time : 1/22/2015 6:37:49 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164984/rahasia-bugar-dokter-ganteng-andy-wirahadikusumah
 

Dokter ganteng yang menekuni spesialis gigi palsu, drg. Andy Wirahadikusumah, Sp. Pros menyadari betul bahwa melakukan aktivitas fisik secara rutin merupakan kunci agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Sesibuk apa pun bintang iklan salah satu pasta gigi ini selalu menyempatkan diri untuk mencari bulir-bulir keringat melalui olahraga basket atau di pusat kebugaran.

"Saya fitnes tiga kali dalam seminggu," kata Andy saat berbincang dengan Health-Liputan6.com di SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (22/1/2015)

Selama melakukan aktivitas fisik di pusat kebugaran, suami Devy Rohmania sekaligus ayah dari Keenan (6) dan Keanu (1,5) memilih memperbanyak latihan beban. "Lebih angkat beban, kardionya sedikit saja," kata Andy yang baru saja berulangtahun pada 21 Januari 2015.

Alasannya, selain kebugaran tentu saja bila mengenakan pakaian enak dilihat, karena bajunya pas di badan.nbsp"Menjaga kesehatan perlu, menjaga penampilan juga perlu. Kalau pakai baju yang enak dilihat, `kan dapat mendukung profesi saya juga (dokter gigi dan seorang model)," ujar penyukanbspbuku motivasi kehidupan seperti Notes From Qatar dan Life is Beautiful.

Penggemar Michael Jordan dan Kobe Bryan ini mengaku pernah bergabung di tim basket saat kuliah dulu.nbsp



Back To Top Go To Bottom

78. Cebok yang Salah Bisa Sebabkan Infeksi Saluran Kemih
Date/Time : 1/22/2015 6:30:43 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164640/cebok-yang-salah-bisa-sebabkan-infeksi-saluran-kemih
 

Berbagai faktor dinilai dapat mempermudah terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Salah satu hal perlu diperhatikan ternyata adalah cara cebok yang cenderung keliru.

Dalam buku 'Pentingnya Hidrasi Bagi Anak Usia Sekolah dan Remaja' yang disusun oleh para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia seperti Dr. dr. Budi Iman Santoso, Sp.OG (K), Dr. dr Parlindungan Siregar, Sp.PD-KGH, dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) serta ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr, Ir Hardinsyah menuliskan bahwa ISK bukan hanya rentan dialami dewasa tapi juga sering pada anak-anak khususnya perempuan karena cara membersihkan kemaluan yang salah.

"Saluran kemih merupakan tempat infeksi yang sering terjadi pada anak dan remaja dengan angka kejadian 1 persen pada anak laki-laki dan 3 persen pada anak perempuan. Kemungkinan terjadinya infeksi tergantung pada virulensi dan jumlah mikroba serta mekanisme pertahanan host. Escherichia coli, diketahui paing sering menyebabkan ISK," tulis para ahli.

Hasil penelitian yang dilakukan di RS Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta menunjukkan kalau penyebab ISK selain kuman tersebut adalah kuman Klebsiela, Proteus, Staphylococus saprophyticus, Enterokokus dan Enterobakter.

Berbagai faktor juga disebut mempermudah terjadinya ISK seperti kelainan yang meyebabkan statis urin serta pemasangan kateter kandung kemih, cara cebok dari belakang ke depan (khusus perempuan), mandi berendam, penggunaan antibiotika yang tidak tepat dan anak yang belum di khitan.

"Berbagai upaya untuk mencegah ISK antara lain dengan mengatasi kelainan ginjal dan saluran kemih dan mengatasi faktor predisposisi seperti menghindari pemasangan kateter, sirkumsisi, mengatasi konstipasi, cebok yang benar, dan tidak menahan pipis. Dan yang penting, menjaga tubuh tetap terhidrasi," jelasnya.

Hidrasi, ujar para ahli, merupakan bagian penting dalam pencegahan ISK. Minum air putih dipercaya dapat menurunkan jumlah koloni bateri dalam urin. Sebaliknya, kurang air di tubuh dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan bakteri di urin.



Back To Top Go To Bottom

79. LSD, Dahulu Diciptakan sebagai Obat untuk Gangguan Jiwa
Date/Time : 1/22/2015 6:30:17 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164985/lsd-dahulu-diciptakan-sebagai-obat-untuk-gangguan-jiwa
 

Christopher Daniel Sjarief (22), pengemudi mobil Outlander yang sebabkan kecelakaan maut di arteri Pondok Indah ternyata mengonsumsi lisergat dietilamida yang biasa disingkat LSD. Jika kini LSD dikenal sebagai salah satu narkoba, dulu di awal pembuatannya merupakan obat untuk masalah kejiwaan.

"LSD ini sudah lama ada, sejak tahun 1940-an. Dahulu digunakan oleh farmasi sebagai obat untuk masalah kejiwaan. Namun lama-kelamaan berubah fungsi sehingga yang digunakan adalah efek sampingnya, yakni psikedelik," tutur Deputi Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional (BNN), dr. Diah Setia Utami SpKJ, MARS dalam sambungan telepon dengan Health-Liputan6.com pada Kamis (22/1/2015).

Bahaya LSD muncul dalam dosis tinggi yang memunculkan halusinasi baik secara penglihatan maupun pendengaran. Halusinasi membuat seseorang yang sebenarnya tidak ada menjadi nampak nyata.

Tak cuma itu, dampak mengonsumsi LSD pun bisa memunculkan serangan panik atau panic attack selama berhari-hari sesudah penggunaan. Ia bisa sangat panik dan ketakutan terhadap sesuatu bisa saja orang tersebut mendadak bersembunyi karena panik. "Hal ini membuat pengguna LSD tak mampu mengontrol dirinya sendir," papar Diah.

"Efek LSD baru muncul setelah 30-90 menit setelah penggunaan, sangat individual, tergantung pencernaan masing-masing," tambah dokter Diah.

Dampak LSD yang tidak menyenangkan, membuat narkoba jenis ini memang tidak terlalu populer seperti heroin. Sehingga penggunanya sangat terbatas.



Back To Top Go To Bottom

80. Meski Dokter Gigi, Drg Andy Doyan Wisata Kuliner
Date/Time : 1/22/2015 6:05:22 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164964/meski-dokter-gigi-drg-andy-doyan-wisata-kuliner
 

Berprofesi sebagai seorang dokter tidak membuat drg. Andy Wirahadikusumah, Sp.Prosnbsp menjadi sosok pemilih dalam hal makanan. Terbukti, sesibuk apa pun dia menjalani tugasnya, dokter ganteng ini menyempatkan diri menyalurkan hobinya, yakni wisata kuliner.

"Saya orangnya suka sekali makan. Hobi saya saja wisata kuliner, cari tempat-tempat yang baru," kata Andy saat berbincang dengan Health-Liputan6.com di SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (22/1/2015)

Pria yang juga bintang iklan Pepsodentnbsp menceritakan kalau dia bukanlah sosok pemilih soal makanan. "Western, iya. Japaness, iya. Makanan Indonesia juga enggak masalah," kata Andy menambahkan.

Pun soal tempat, Andy tidak pernah mempersoalkannya, baik di restoran maupun di warung tenda tepi jalan.

"Favorit saya itu di seluruh kawasan Jakarta. Di Sabang iya, tapi paling sering di kawasan Jakarta Selatan. Soalnya berdekatan dengan tempat praktik saya," kata Andy kelahiran Jakarta, 21 Januari 1980.

Ketika ditanya apakah Andy tidak takut giginya bermasalah, dengan cepat pria yang gemar membaca buku motivasi tentang hidup seperti Notes From Qatar dan Life is Beautiful, mengatakan,"Tidak, dong! 'Kan habis makan tidak lupa menyikat gigi."

Bahkan, makanan yang berkolesterol tinggi pun disantap oleh ayah dari Keenan (6) dan Keanu (4)



Back To Top Go To Bottom

81. Pasutri Ini Habiskan Rp 900 Juta per Tahun untuk Kebugaran Tubuh
Date/Time : 1/22/2015 6:00:42 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164606/pasutri-ini-habiskan-rp-900-juta-per-tahun-untuk-kebugaran-tubuh
 

Buck dan Michelle Miller merupakan pasangan suami-istri yang tidak tanggung-tanggung mengeluarkan dana demi kesehatan. uang sebesar 50 ribu Poundsterling (Rp 900 juta) per tahun dihabiskannya hanya untuk penampilan. Bukan sekadar perawatan kecantikan, mereka juga fokus terhadap kesehatan tubuhnya.

Dalam satu bulan, Buck dan Michelle merogoh kocek sebesar Rp 75,9 juta untuk melakukan menikur, pedikur, perawatan kulit, rambut, dan membayar keanggotan di pusat kebugaran. Wajar bila kini pasangan suami-istri ini memiliki wajah yang rupawan dengan tubuh yang atletis.

Buck tampaknya sadar betul bahwa tubuh yang `sempurna` tidak boleh disia-siakan begitu saja. Layaknya kebanyakan orang, sebisa mungkin Buck selalu mengabadikan tubuhnya ke dalam kamera ponsel.

"Jika ada kompetisi yang sedang mencari pasangan terbaik, saya akan mendaftarnya sekarang," kata Buck.

Pasangan yang bertemu pertama kali dalam ajang binaraga di California pada Februari 2012 memiliki berat yang cukup ideal. Michelle yang genap berusia 33 tahun memiliki berat hanya 45 kilogram yang didominasi oleh otot, dan Buck hanya 60 kilogram dengan kondisi yang sama seperti sang istri.



"Hal pertama yang menarik hati saya terhadap Michelle adalah fisiknya. Saya selalu tertarik pada wanita berotot dan pahanya yang seksi," kata Buck.

Karena alasan itulah yang membuat keduanya rela merogoh kocek sebanyak itu untuk mempertahankan apa yang sudah mereka dapatkan. "Segala yang kita makan adalah organik dan bebas gluten. Semua saus yang digunakan juga rendah gula," kata Buck.

Tidak hanya itu, ketika akan menyantap makanan tersaji, Buck dan Michelle harus mengecek jumlah karbohidrat, lemak, dan protein yang ada di dalamnya.

"Kami begitu teliti terhadap hal-hal semacam ini. Semua kami lakukan dalam seminggu, dan tidak pernah membiarkan diri kami tergelincir melakukan `kecurangan`, termasuk saat kami sedang berulangtahun," kata Buck dikutip dari Daily Mail, Kamis (22/1/2015)

Ada pun daftar yang mereka lakukan terhadap uang sebanyak itu untuk satu bulan dengan cara seperti di bawah ini ;

1. Rp 6 juta untuk membeli pakaian kompetisi binaraga Michelle
2. Rp 42,7 juta membeli kosmetik, perawatan rambut, dan kuku
3. Rp 560 ribu untuk menghitamkan kulit
4. Rp 1,8 juta membayar keanggotaan di pusat kebugaran
5. Rp 18,9 juta makanan organik
6. Rp 9,4 juta hanya untuk suplemen
7. Rp 12,1 juta untuk pelatih Buck
8. Rp 100 juta lebih hanya untuk penginapan saat berlibur.

Sedangkan menu diet yang dilakukan Buck adalah sebagai berikut;

Sarapan: enam putih telur dan secangkir oatmeal.

Lalu makan setiap dua jam

Makan kedua: Delapan ons dada ayam, secangkir beras putih atau empat ons ubi jalar.

Makan ketiga dan keempat: Delapan ons kalkun, cankir beras putih atau empat ons ubi jalar

Makan kelima dan keenam: Sirloin terbaik, tidak ada karbohidrat. Ditambah empat batang asparagus jika masih lapar.

Plus protein, glutamine, dan minyak ikan, serta suplemen harian seperti asam amino dan multivitamin.



Back To Top Go To Bottom

82. 5 Manfaat Jalan-jalan di Atas Pasir
Date/Time : 1/22/2015 5:30:00 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164634/5-manfaat-jalan-jalan-di-atas-pasir
 

Ketika sedang liburan di pantai, cobalah untuk lebih banyak menggerakan kaki dengan berjalan sejauh mungkin daripada hanya bersantai sambil menghitamkan badan.

Berjalan di pantai memberikan beragam manfaat bagi tubuh melebihi saat sedang melakukan hal yang sama di jalan atau di taman.

Selain menyehatkan jantung, masih banyak manfaat lainnya yang akan didapatkan ketika berjalan di pantai seperti dikutip Health me Up, Kamis (22/1/2015)

1. Bakar lebih banyak kalori

Biasanya kaki akan tenggelam sedikit ke dalam pasir ketika kita berjalan di atas pasir yang cukup halus. Kondisi ini memaksa kita untuk menggerakan lebih banyak energi agar kaki dapat terangkat kembali. Ternyata, melakukan gerakan seperti ini akan membakar lebih banyak kalori.

2. Kurangi risiko cedera

Berjalan di atas pasir membutuhkan keseimbangan, yang mengharuskan kita menstabilkan otot dan sendi. Pasir juga dapat mencegah luka akibat tersandung atau jatuh, karena tubuh akan mendarat di permukaan yang lembut.



3. Perkuat kaki

Ketika berjalan di atas pasir, tubuh akan melawan angin, sekaligus membuat kita lebih lincah yang berefek pada kuatnya kedua kaki kita.

4. Sehatkan betis

Berjalan menggunakan alas kaki mengharuskan jari-jari berpegangan dengan pasir, yang secara tidak langsung menyehatkan bagi betis.

5. Suasana hati

Alam bebas dapat meningkatkan suasana hati kita. Menghirup udara laut tidak hanya menenangkan pikiran, tapi juga meningkatkan kinerja kita.



Back To Top Go To Bottom

83. Kurang Minum Bisa Bikin Anak Derita Kegemukan
Date/Time : 1/22/2015 5:00:07 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164483/kurang-minum-bisa-bikin-anak-derita-kegemukan
 

Obesitas (kegemukan) pada masa kanak-kanak dapat menyebabkan dampak yang signifikan bagi kesehatan fisik, jiwa dan sosial anak. Maka itu, faktor asupan energi termasuk cairan atau minum sangat dibutuhkan anak-anak.

Seperti disampaikan spesialis anak daru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) RS Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Sudung O. Pardede, Sp.A (K) bahwa anak-anak dan remaja saat ini gemar sekali mengonsumsi minuman berkalori. Padahal, minuman tersebut dapat menyebabkan obesitas yang membahayakan jantung dan penyakit kronis lainnya.

"Pada anak, jumlah kalori yang masuk harus lebih besar ketimbang yang keluar. Ini karena anak masih tumbuh dan aktivitasnya banyak. Masalahnya, dalam minuman yang disukai anak sudah banyak kandungan kalori, katakanlah susu, jus, dan minuman manis lainnya. Sehingga ketika dia mengonsumsi makanan berkalori, kebutuhan kalorinya jadi berlebih dan akhirnya gemuk," kata Sudung saat talkshow kesehatan di Hotel Le Meridien, Rabu (21/1/2015).

Di kesempatan yang sama, ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Hardinsyah, MS mengatakan bahwa asupan air seimbang dapat meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh. Jadi ketika minum, kita juga akan merasa lebih kenyang, dan akan terhindar dari makanan yang berlebihan.

"Seorang anak sangat membutuhkan asupan gizi seimbang selama masa pertumbuhannya. Karena tidak sedikit, kasus obesitas pada anak berlanjut hingga anak dewasa. Oleh karena itu, perlu membiasakan anak minum air putih sebelum makan utama untuk mencegah obesitas," jelasnya.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 menunjukkan, prevalensi nasional anak usia 5-12 tahun yang obesitas adalah 8,8 persen. Sedangkan remaja usia 13-15 tahun sebesar 2,5 persen. Dan pada usia 16-18 tahun sebanyak 16 persen. Angka ini juga dikaitkan dengan tingginya risiko penyakit seperti jantung, hipertensi, resistensi insulin, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, perlemakan hati, hingga kanker.



Back To Top Go To Bottom

84. Ketiak Anak Kegemukan Cenderung Berbau Tak Enak
Date/Time : 1/22/2015 4:32:36 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164478/ketiak-anak-kegemukan-cenderung-berbau-tak-enak
 

Bahaya obesitas atau kegemukan bukan hanya mengancam orang dewasa tapi juga anak-anak. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri anak yang mengalami obesitas seperti bau ketiak.

Seperti disampaikan spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) RS Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) bahwa untuk mengetahui apakah anak mengalami obesitas tentu harus menggunakan parameter yang dihitung dari indeks massa tubuh, ukuran lipatan kulit hingga persentil dalam kurva pertumbuhan.

"Untuk mengetahui anak obesitas dari kurva pertumbuhan, bisa dilihat dengan klasifikasinya seperti persentil. lebih dari 95 berarti obesitas, tapi kalau baru persentik 75-95 itu masih overweight," di sela-sela talkshow kesehatan di Hotel Le-Meridien, Jakarta, ditulis Kamis (22/1/2015).

Yang menarik, kata dia, ada ciri-ciri fisik yang mudah dikenali dari anak obesitas. "Selain leher dan bokongnya berlipat-lipat, ketiak mereka cenderung bau. Selebihnya, wajah mereka lebih tembam dan hidungnya pesek," tukasnya.



Back To Top Go To Bottom

85. Kaki Gemuk Jadi Langsing, Bisakah?
Date/Time : 1/22/2015 4:00:50 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164056/kaki-gemuk-jadi-langsing-bisakah
 

Pergelangan kaki termasuk yang ikut membengkak ketika Anda gemuk. Lantas apakah pergelangan kaki bisa langsing lagi saat berat badan sudah turun?

Kondisi pergelangan kaki gemuk ini disebut cankles. Anda bisa mencari tahu penyebab pergelangan kaki Anda menjadi gemuk dan mencoba mengatasinya terutama ketika berat badan telah turun.

Penulis The MD Factor Diet, Caroline Cederquist, MD., mengatakan, ada beberapa penyebab cankles dan bagaimana mengatasinya agar tubuh Anda tetap terlihat seksi dan sehat seperti dilansir Womenshealthmag, Rabu (21/1/2015):


1. Berat badan

"Ketika berat badan naik, begitu juga dengan jumlah simpanan lemak di kaki," kata Cederquist.

Menurutnya, keseringan cankles disebabkan gravitasi yang menarik lemak ke arah pergelangan kaki dan daerah betis. Cederquist menjelaskan, Anda bisa memperbaikinya dengan memperoleh berat badan yang sehat dengan diet dan olahraga.

Perbaikan: Lakukan latihan yang memfokuskan pada otot betis Anda. Cobalah lompat tali, berlari, dan jumping jack.

2. Genetika

Jika salah satu orangtua Anda memiliki pergelangan kaki yang besar, genetika setidaknya bisa disalahkan. Cederquist mencatat beberapa wanita dilahirkan dengan pergelangan kaki yang besar, sedikit mengembangkan otot betis, atau keduanya.

Perbaikan: Anda tak bisa mengubah genetika Anda, tapi Anda bisa mengalihkan latihan yang memperhatikan betis Anda, sekelompok otot yang kebanyakan wanita melupakannya. Cobalah latihan tumit.


3. Retensi cairan

Cederquist menjelaskan, kehilangan mata kaki tiba-tiba sering disebabkan retensi cairan karena kandungan sodium atau kehamilan.

Ketika sodium didorong tubuh untuk keluar melalui air dan penguapan, kehamilan seringnya datang dengan buruknya sirkulasi yang menyebabkan darah berkumpul di pergelangan kaki.

Perbaikan: Kaus kaki yang ketat bisa membantu meredakan pembengkakan. Anda juga perlu berdiet. Fokus pada menghindari makanan yang kaya sodium seperti makanan olahan dan fast food. Cegahlah dehidrasi dengan cukup cairan (Kencing harus berwarna kuning atau bening) juga membantu mencegah retensi cairan.

Apabila Anda hamil, cobalah ke dokter karena pergelangan kaki bengkak bisa menjadi tanda komplikasi kesehatan.

4. Obat-obatan

Menurut National Institutes of Health (NIH), obat antidepresan, obat tekanan darah, dan hormon (seperti estrogen yang terkandung dalam pil KB) bisa menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki dan kaki wanita.

Perbaikan: Jika mata kaki Anda menghilang usai mulai minum obat, bicarakan dengan dokter tentang efek sampingnya. Dia mungkin bisa meresepkan merek yang lain yang lebih baik untuk tubuh Anda.

5. Penyakit

Cankles terkadang disebabkan kondisi yang serius seperti sakit ginjal, gagal hati, gagal jantung, pembekuan darah, dan masalah medis lainnya. Semua bisa meningkatkan retensi cairan, terutama di sekitar pergelangan kaki.

Perbaikan: Jika Anda mengalami gejala-gejala lain yang mengkhawatirkan, seperti kelelahan, perubahan saat buang air kecil, mual, atau sesak napas, segera kunjungi dokter Anda.
nbsp



Back To Top Go To Bottom

86. Sukses Jalani Gaya Hidup Sehat dengan Ajak Pasangan
Date/Time : 1/22/2015 3:30:26 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164063/sukses-jalani-gaya-hidup-sehat-dengan-ajak-pasangan
 

Jika ingin berhasil jalani gaya hidup sehat, coba ajak pasangan untuk lakukan hal yang sama. Berdasarkan penelitian, mengajak pasangan untuk melakukan hal yang sama membuat lebih sukses tercapai.

Para peneliti di Inggris menemukan bahwa pria dan wanita yang ingin berhenti merokok, rajin berolahraga dan turunkan berat badan akan lebih sukses menjalankannya jika mengajak pasangan untuk lakukah hal yang sama. Misalnya, jika ingin berhenti merokok ajak pula pasangan untuk tidak merokok.
nbsp
Studi ini menunjukkan bahwa perubahan bersama-sama terkait dengan hasil yang lebih baik seperti diungkapkan profesor psikologi dari University College London, Jane Wardle seperti dilansir laman Fox News, Rabu (21/1/2015).
nbsp
Tidak disebutkan dalam penelitian ini mengapa lebih mudah mengubah perilaku bersama-sama jika ingin sehat.Diperkirakan karena pasangan bisa memengaruhi perilaku pasangannya baik untuk berperilaku positif maupun negatif.


Back To Top Go To Bottom

87. Mungkinkah Narkoba LSD `Stiker Lucu` Beredar di Sekolah?
Date/Time : 1/22/2015 3:28:53 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164766/mungkinkah-narkoba-lsd-stiker-lucu-beredar-di-sekolah
 

Narkoba jenis Lysergic Acid Diethylamide (LSD) penampakannya seperti stiker lucu namun bersifat halusinogen. Mungkinkan stiker lucu ini bisa beredar di anak-anak sekolah?

Mantan Direktur Pengawasan Obat NAFZA BPOM dr Danardi Sosrosumihardjo SpKJ menjelaskan, selama ini LSD peredarannya sangat jarang dan harganya tergolong mahal. Untuk beredar di sekolah kemungkinannya kecil sekali.

"Saya sudah mencoba mengamatinya sejak tahun 1995-1996 LSD tidak masuk Indonesia. Bisa jadi karena kurang disukai dan harganya mahal," kata dr Danardi.

Ia menjelaskan, ia pernah mendengar LSD dari salah seorang pasiennya yang mengaku mengenal LSD di Amerika Serikat.

"Di kalangan pecandu itu masih sangat jarang. Ini lebih banyak beredar di luar negeri. Kalau ada di Indonesia, pasti itu bawaan dari luar," ujarnya.

Menurut Danardi, LSD sebenarnya sudah dikenal di Indian dan dipakai saat pesta. Efeknya memang tak sehebat heroin. Dan penggunanya tak mengonsumsiny setiap hari. Namun, penggunaan yang terus menerus bisa menyebabkan kerudsakan sel otak yang memicu skizofrenia atau pranoid.

"Ketika orang menggunakannya, besoknya tak ada gejala putus zat yang mengganggu," katanya lagi.

LSD ini merupakan narkotika golongan I. Maksudnya, LSD termasuk golongan yang tidak dipergunakan untuk pengobatan tapi untuk dunia penelitian.

"Biasanya sering disalah gunakan. Kenapa tidak digunakan sebagai obat? Karena obat manfaatnya harus jauh lebih tinggi," ujarnya.

Seperti diketahui, LSD atau yang sering disebut Smile adalah narkotika jenis baru. Smile memberikan efek serupa dengan narkoba lainnya yaitu halusinogen, depresan, euphoria, dan tentunya kecanduan yang mematikan akan mendera penggunanya.

Narkotika ini pernah booming di kalangan pengguna Indonesia tahun 90an. Namun saat itu, zat LSD tersedia dalam bentuk cairan. Kini LSD jenis baru bentuknya sebesar kertas perangko yang tinggal disobek bungkusnya dan meleleh di lidah.

Smile yang menjadi favorit para pengguna di Eropa, Jepang, dan Amerika Serikat ini memberikan dampak yang amat merugikan bagi penggunanya.

Selain tentu saja kesehatan terganggu hingga dapat menyebabkan kematian, perekonomian penggunanya juga dalam ancaman. Harga Smile tergolong mahal sehingga bisa membobol keuangan penggunanya yang terlanjur ketagihan.



Back To Top Go To Bottom

88. Albert Hofmann, Peneliti yang Menemukan LSD
Date/Time : 1/22/2015 3:27:17 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164730/albert-hofmann-peneliti-yang-menemukan-lsd
 

Pengemudi Outlander, Christopher Daniel Sjarif (22)nbsp yang menabrak sejumlah kendaraan hingga menewaskan empat orang disebutkan oleh Polda Metro mengonsumsi narkoba jenis Lysergic acid diethylamide (LSD). Tapi tahukah Anda bahwa LSD ternyata sudah ditemukan lebih dari lebih dari 70 tahun lalu oleh seorang peneliti asal Swis, Albert Hofmann.

Hofmann merupakan lulusan Zurich University yang bekerja sebagai peneliti kimia di laboratorium Sandoz di Basel, Swis. Ia pertama kali meracik LSD pada tahun 1938. Awalnya ia berharap sintesa molekul yang bernama LSD-25 ini dapat berguna untuk stimulus pernapasan. Namun baru lima tahun kemudian ia mengetahui adanya efek psikofarmakogikal dari LSD ketika ia menelannya.

Pria yang lahir 11 Januari 1906 ini menemukan sensasi yang tidak biasa saat menelannya. Dalam catatan yang dimiliki direktur laboratorium, Hofmann melaporkan merasakan kegelisahan luar biasa dengan rasa sedikit pusing. "Saat di rumah aku berbaring dalam kondisi mabuk yang tidak menyenangkan menstimulus untuk berimajinasi. Sesudah dua jam, kondisi ini menghilang," ungkap Hofmann dalam catatan tersebut seperti dikutip laman Telegraph, Kamis (22/1/2015).

Hofmann pun kembali menguji dampak LSD, pada Senin 19 April 1943 dengan menelan 0,25 mg LSD. "Empat puluh menit kemudian, Hofmann mengalami pusing, perasaan cemas, distorsi visual, gejala kelumpuhan serta keinginan untuk tertawa," seperti dikutip dalam jurnal laboratorium.

Sandoz, perusahan tempat Hofmann bekerja tertarik untuk mengkomersialkan penemuan ini dengan nama Delysid dan mulai mengirimkan sampel ke ahli kejiwaan karena memiliki potensi untuk melawan masalah psikologis. Muncul lebih dari 2000 makalah diterbitkan yang menawarkan harapan bagi kecanduan narkoba dan mental dengan LSD. Namun pada akhir 1950-an obat ini disalahgunakan menjadi 'obat rekreasi' kaum muda.

Lalu muncul sejumlah kecelakaan yang melibatkan banyak orang, lalu kematian dari gedung-gedung tinggi yang merasa orang tersebut bisa terbang terkait LSD membuat pemerintah seluruh dunia melarang LSD. nbsp

Meskipun dilarang peredaran narkoba yang akrab disebut dengan Smile ini masih beredar hingga kini. Di kalangan pengguna di Indonesia sendiri, narkotika ini pernah booming di tahun 90an. Namun saat itu, zat LSD tersedia dalam bentuk cairan. Kini LSD jenis baru bentuknya sebesar kertas perangko yang tinggal disobek bungkusnya dan meleleh di lidah.

nbsp



Back To Top Go To Bottom

89. Selain Curhat, Ini Hal Lain yang Bisa Dilakukan dengan Sahabat
Date/Time : 1/22/2015 3:00:03 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164309/selain-curhat-ini-hal-lain-yang-bisa-dilakukan-dengan-sahabat
 

Jangan hanya makan, nonton, atau belanja dengan sahabat. Bersama sahabat Anda pun bisa jadi jauh lebih sehat dengan yang menghindarkan dari tekanan darah tinggi serta berat badan ideal. Caranya dengan ajak mereka berjalan kaki, destinasinya terserah Anda dan sahabat.

Menurut para ilmuwan dengan berjalan kaki secara berkelompok bisa menurunkan tekanan darah. Tak cuma itu, berjalan kaki secara rutin dengan sahabat memangkas risiko untuk terkena penayakit seperti stroke, jantung koroner, depresi.

"Penelitian kami menunjukkan dengan berjalan kaki secara berkelompok, seseorang berjalan lebih cepat dan lebih jauh dari biasanya. Ini adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan," terang salah satu peneliti dari University of East Anglia (UEA) Sarah Hanson, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (21/1/2015).

Selain itu, orang-orang yang banyak berjalan kaki bersama kelompok cenderung memiliki sikap positif terhadap sesuatu. Juga merasa tidak kesepian dan selalu dikelilingi teman.

Taman, bukit dan lokasi menarik di sekitar Anda bisa jadi opsi untuk berjalan kaki bersama sabahat di akhir pekan ini.



Back To Top Go To Bottom

90. Sulit Tidur? Terapi Listrik Liharno Bisa Mengatasinya
Date/Time : 1/22/2015 2:30:20 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164471/sulit-tidur-terapi-listrik-liharno-bisa-mengatasinya
 

Pengidap isomnia atau sulit tidur biasanya memilih menelan obat supaya mudah terlelap di malam hari. Biasanya, langkah ini menjadi pilihan akhir setelah beragam cara ditempuh seperti meminum segelas susu hangat atau cokelat serta mencium aroma terapi tak bisa membantunya.

Cara lain yang bisa membantunya tanpa harus menelan obat adalah terapi bioresonansi atau terapi aliran listrik.

"Segala kondisi tidak mengenakkan dalam tubuh akibat aliran darah yang tidak lancar dapat diperbaiki dengan terapi aliran listrik ini," kata Terapis Bioresonansi yang berasal dari Lampung, Liharno mengklaim saat berkunjung ke redaksi Health-Liputan6.com, SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (20/1/2015).

Terapi aliran listrik yang dipelajari Liharno selama delapan bulan bersama seorang pakar ini merupakan teknik pengobatan sederhana. Alat yang digunakan cukup sederhana, hanya kabel, aliran listrik, dan logam berupa kabel.

"Listrik yang saya hantarkan ke tubuh pasien, akan membantu pasien mengetahui apa saja kondisi yang ada di tubuhnya. Asam uratkah, gangguan kolesterol atau bahkan migrain? Nanti bagian yang sakit itu akan saya aliri listrik," kata Liharno.

Setelah terapi dilakukan tubuh pasien biasanya akan terasa nyaman dan rileks. Pasien akan mengantuk. "Tidur di malam harinya jadi enak. Apalagi kalau ini dilakukan secara rutin oleh yang insomnia, pasti hasilnya bagus," kata Liharno.



Back To Top Go To Bottom

91. Ditemukan Nama Lain Dari Penyakit Ginjal Misterius di Sri Lanka
Date/Time : 1/22/2015 2:21:11 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164720/ditemukan-nama-lain-dari-penyakit-ginjal-misterius-di-sri-lanka
 

Peneliti tengah berjibaku mencari tahu penyebab utama dari penyakit ginjal misterius yang menyerang ribuan penduduk di Sri Lanka selama dua puluh tahun. Bak Sherlock Holmes, peneliti terus mencari jawaban atas teka-teki penyakit aneh yang turut menyerang penduduk di India dan Amerika Tengah.

Menurut mereka ketiga wabah penyakit ini memiliki benang merah yang sama, para korban adalah pria muda yang berprofesi sebagai tukang kebun, serta pengidap diabetes dan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko dari penyakit ginjal.

Untuk sementara waktu peneliti menyebut para penduduk di tiga negara mengalami bentuk yang sangat jarang dari kerusakan ginjal yang dikenal dengan penyakit tubulo-interstitial, yang terjadi akibat dehidrasi berat dan keracunan.

Dilihat dari kondisi yang ada di `lapangan`, wajar bila sementara waktu peneliti menyebut penyakit ginjal misterius ini dengan tubulo-interstitial. Sebab para korban yang berjatuhan berasal dari wilayah geografis yang cukup subur dan panas. Selain itu, sebagian besar korban kerap berhubungan langsung dengan pestisida cukup berat, serta kurang minum dan hanya minum air tanah setempat.

Meski penemuan sementara ini berpotensi besar untuk mengungkapkan apa yang terjadi di Sri Lanka, para peneliti belum membuktikan secara langsung bahwa kondisi itu benar-benar bersalah.

Sebagai seorang Pakar Epidemiologi di Boston University, Daniel Brooks yakin bila pelaku utamanya dapat diidentifikasi, wabah dari penyakit ginjal misterius yang terjadi sejak 1990 dapat dihentikan, dan korban tewas dapat berkurang. "Saya benar-benar yakin kalau penyakit ginjal misterius ini dapat dicegah," kata Daniel dikutip dari Publicintegrity, Kamis (22/1/2015)

Sayang, ketika ini dibicarakan kepada pemerintah Amerika Tengah, mereka tidak setuju begitu saja. Padahal, catatan Center for Public Integrity telah menemukan fakta bahwa jumlah penduduk di El Savador dan Nikaragua yang tewas akibat penyakit ginjal misterius lebih banyak dari diabetes, HIV AIDS, dan leukimia dalam lima tahun terakhir.

Situs Publicintegrity menyebut lebih dari 16.000 orang di Amerika Tengah tewas akibat penyakit ginjal misterius sejak 2005 hingga 2009. Menurut analisis data yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jumlah ini tiga kali lipat sejak 1990.

Di Sri Lanka sendiri, WHO menyebut ada 8.000 orang menderita penyakit ginjal misterius yang masih belum diketahui penyebab utamanya. Meski banyak sumber yang menyebutkan kalau angka ini dua kali lipat lebih besar.

Sedangkan di negara bagian India, Andhra Prades, lebih dari 1.500 orang telah dirawat karena penyakit ginjal misterius sejak 2007.

"Ada kebutuhan untuk menghubungkan semua titik di antara wabah-wabah yang berbeda ini," kata Nephrologist di Harvard Medical School, Dr Ajay Singh. "Namun terlebih dahulu kami harus mencari penyebab umumnya," kata dia menambahkan.

Berhubung pemerintah Amerika Tengah ngotot bahwa penyakit ginjal misterius yang terjadi di sana adalah penyakit ginjal yang tidak diketahui asal-muasalnyanbsp atau chronic kidney disease of unknown origin (CKDu), tanggapan yang diberikan kepada mereka pun telah terbagi-bagi. Karena menurut mereka CKDu disebabkan oleh diabetes, obesitas atau hipertensi, sejumlah masalah yang dihadapi oleh individu yang tinggal di negara berkembang.

"Nephrologist dan profesional kesehatan masyarakat dari negara-negara kaya yang sebagian tidak asing lagi dengan masalah seperti ini skeptis kalau ini benar-benar ada," kata Direktur Regional Program Kerja dan Kesehatan di Amerika Tengah, Dr Catharina Wesseling.

Maka itu, Catharina berharap respons dari badan-badan internasional negara bagian Utara harus lebih kuat.



Back To Top Go To Bottom

92. Menunggu Satu Vaksin Flu untuk Segala Jenis Virus Flu
Date/Time : 1/22/2015 2:19:43 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164772/menunggu-satu-vaksin-flu-untuk-segala-jenis-virus-flu
 

Vaksin flu terbaru ternyata tidak cocok untuk dengan serangan virus flu yang sedang banyak terjadi di belahan bumi utara. Mungkinkan ada satu vaksin flu universal yang mampu menanggulangi aneka serangan jenis flu yang ada?

Setiap tahunnya, Organisasi Kesehatan Dunia mengajak para pejabat kesehatan berkumpul dalam pertemuan puncak vaksin flu untuk memperbincangkan virus flu apa yang sedang banyak beredar hal ini penting untuk menentukan kandungan vaksin flu yang digunakan . Pada Februari 2014 lalu, tidak ada yang menyangka bahwa strain virus flu Swiss menjadi ancaman di belahan bumi utara. Sehingga tidak memasukkan vaksin untuk melawan virus ini.

Siapa sangka, virus flu jenis Swiss banyak mendera di Amerika Serikat. Bahkan Center for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa vaksin flu hanya efektif 23 persen mencegah flu dan persentasenya pun akan makin menurun bagi mereka yang telah berumur 50 tahun.

Namun sayangnya virus flu merupakan virus yang cerdik, sehingga sulit diprediksi virus mana yang akan banyak beredar. "Influenza hadir setiap tahunnya sehingga muncul juga hal yang tidak pasti setiap tahunnya," terang direkturnbsp University of Minnesotarsquos Center for Infectious Disease Research and Policy, Michael Osterholm seperti dilansir Fortune, Kamis (22/1/2015).

Angan-angan kehadiran virus universal pun muncul. Karena virus influeza mampu menimbulkan kematian dalam jumlah besar yakni sekitar 250.000-500.000 orang per tahunnya di seluruh dunia. "Berdasarkan hal ini, kita butuh solusi vaksin yang lebih luas perlindungannya," terang Osterholm.

Tak dipungkiri, investasi dengan nilai yang besar jawabannya. Beberapa perusahaan seperti Sanofi pun telah mencoba melakukan penelitian vaksin flu universal.

"Apa yang kita butuhkan adalah vaksin baru yang membuat lebih baik dalam mencegah serangan virus flu," terang Osterholm.



Back To Top Go To Bottom

93. Terapi Listrik Liharno Juga Bantu Atasi Gangguan Pendengaran
Date/Time : 1/22/2015 2:09:05 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164468/terapi-listrik-liharno-juga-bantu-atasi-gangguan-pendengaran
 

Terapi bioresonansi atau terapi aliran listrik yang dilakukan oleh Liharno berguna juga untuk membantu mengatasi gangguan pendengaran. Seperti yang dirasakan anak teman dekat Liharno, Asep.

Menurut Liharno, Asep pernah cerita saat buah hatinya, Adit (2) berusia 1,5 tahun. Ia diberitahu dokter bahwa si anak sulit mendengar. Akibatnya, Adit harus menggunakan alat bantu pendengaran.

"Saya coba saja dengan terapi bioresonansi ini. Semoga bisa mendengar dengan normal," kata Asep kepada Health-Liputan6.com di SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (20/1/2015)

Sama halnya ketika orang dewasa diterapi, Adit pun akan dialiri listrik ke tubuhnya yang diantar langsung oleh sang terapis, Liharno. "Tentunya dengan tegangan yang relatif rendah," kata Liharno.

Namun, yang difokuskan oleh Liharno adalah mengalirkan listrik ke bagian belakang kepala yang posisinya dekat dengan saraf pendengarannya.

"Sejauh ini baru empat kali, tapi progresnya cukup bagus. Perlahan-lahan dipanggil namanya, sudah mulai bisa merespons," kata Asep.



Back To Top Go To Bottom

94. Terapi Listrik ala Liharno Mirip Alat EMS
Date/Time : 1/22/2015 1:30:53 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164464/terapi-listrik-ala-liharno-mirip-alat-ems
 

Terapi Bioresonansi atau terapi aliran listrik yang ditekuni oleh Liharno memiliki manfaat yang sama seperti alat kebugaran bernama electro muscle stimulation (EMS) yang kini banyak digunakan oleh sejumlah artis.

Buktinya, karena terlalu sering menginjak logam untuk mengantarkan listrik ke tubuh pasiennya, Liharno memiliki betis seperti pelari, kencang dan berotot.

"Padahal saya sendiri tidak hobi lari. Perut saya pun buncit," kata Liharno kepada Health-Liputan6.com di SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (20/1/2015)

Pada dasarnya, aliran listrik itu akan menarik otot-otot yang kendur. "Saat disetrum, yang dirangsang adalah otot yang kendur. Dengan setrum otot ketarik, lemak pun akan kebakar," kata dia.

Sama halnya dengan penggunaan EMS, cukup 20 menit melakukan terapi ini hasilnya akan seperti yang didapat oleh betis Liharno.

"Setrum seperti ini juga dapat membentuk otot. Ketika dialirkan, pasien akan berasa seperti angkat beban cukup berat," kata Liharno.

Hanya, sejauh ini, belum ada pasien Liharno yang datang secara khusus hanya untuk membentuk otot.



Back To Top Go To Bottom

95. Kehadiran Suami Malah Bikin Istri Kesakitan Saat Melahirkan
Date/Time : 1/22/2015 1:00:58 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164364/kehadiran-suami-malah-bikin-istri-kesakitan-saat-melahirkan
 

Bagi banyak ibu yang melahirkan, rasa takut akan persalinan akan sedikit berkurang dengan kehadiran suami di samping mereka. Namun, ilmuwan di Inggris menyatakan bahwa kehadiran suami di dalam ruangan menemani istri melahirkan malah meningkatkan rasa sakit pada istri.

Studi ini dilakukan oleh rekan peneliti dari University College London bekerjasama dengan King College London dan University of Hertfordshire terhadap 39 ibu hamil yang akan melahirkan normal. Penelitian terbagi menjadi dua, persalinan dengan istri yang ditemani suami dan persalinan tanpa ditemani suami.

Ditemukan fakta bahwa, sakit yang dirasakan pada perempuan saat melahirkan tidak berkurang dengan adanya pasangan di sisi mereka. Malah di beberapa kasus ditemukan rasa sakit yang dirasakan meningkat seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (21/1/2015).

Hasil temuan ini berbeda dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya. Pada penelitian terdahulu, wanita lebih memilih agar pasangan hadir saat persalinan dan menggunakan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit sesudah persalinan.

Menurut pemimpin penelitian dokter Charlotte Krahe , hubungan pada pasanganlah yang memengaruhi tinggi rendahnya rasa sakit pada perempuan saat melahirkan. Mereka yang berjuang agar memiliki hubungan intim pada pasangan, cenderung memiliki rasa lebih sakit saat melahirkan dengan ditemani suami.

Jika Anda bagaimana? Lebih memilih untuk ditemani pasangan atau tidak?



Back To Top Go To Bottom

96. Stacey Turunkan Bobot Hingga 54 Kg agar Bisa Peluk Anaknya
Date/Time : 1/22/2015 12:30:47 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164382/stacey-turunkan-bobot-hingga-54-kg-agar-bisa-peluk-anaknya
 

Seorang ibu pasti ingin memeluk anaknya sebagai salah satu bentuk ungkapan kasih sayang. Namun, saking gemuknya tubuh Stacey Walton membuat ia tidak bisa memeluk anaknya. Hal inilah alasan utama perempuan dari County Durham, Inggris untuk menurunkan berat badannya yang berada di angka 108 kg.

Tak disangka, dengan rutin berolahraga selama tujuh bulan berat badannya berhasil turun hingga 54 kg. Ia pun bisa memeluk tiga anaknya bahkan kini ia sedang ingin menjadi seorang trainer olahraga.

Kenaikan berat badan Stacey terjadi karena bekerja sebagai manajer penjualan di sebuah produk olahraga. Kesibukan membuatnya banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak, cemilan, cokelat di sela bekerja. Selain itu, kesibukkan membuat ia tak memiliki waktu untuk memasak serta menyiapakan makanan sehat bagi dirinya dan keluarga.

Nafsu makannya makin lama makin tak terbendung, sampai-sampai gaunnya tak ada lagi yang cukup. Namun kenyataan yang paling menyedihkan ketika ia tidak bisa memeluk anaknya karena tubuhnya dan lengan terlalu besar pada Natal tahun 2011.

"Natal 2011 adalah titik bali dalam hidup saya. Seharusnya ini adalah waktu bisa untuk saling memeluk dengan keluarga, tapi badan besar saya memaksa tidak bisa melakukan hal tersebut," terang Stacey seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (21/1/2015).

Sejak itu, Stacey bersumpah bahwa ia akan mengubah hidup untuk menurunkan berat badan. Akhirnya, tujuh bulan menjalani penurunan berat dengan makan sehat dan berolahraga sehingga membuahkan hasil.

Bahkan, ia berpindah kerja menjadi seorang trainer atau pelatih olahraga. "Saya ingin meyakinkan kepada orang lain bahwa bisa untuk menurunkan berat badan. Saya bisa melakukannya, Anda juga bisa," tandasnya.



Back To Top Go To Bottom

97. Bau Ketiak Pada Anak Bisa Jadi Tanda Kegemukan
Date/Time : 1/22/2015 12:29:48 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164584/bau-ketiak-pada-anak-bisa-jadi-tanda-kegemukan
 

Bahaya obesitas atau kegemukan bukan hanya mengancam orang dewasa tapi juga anak-anak. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri anak yang mengalami obesitas seperti bau ketiak.

Seperti disampaikan spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) RS Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. dr. Sudung O. Pardede, SpA (K) bahwa untuk mengetahui apakah anak mengalami obesitas tentu harus menggunakan parameter yang dihitung dari indeks massa tubuh, ukuran lipatan kulit hingga persentil dalam kurva pertumbuhan.

"Untuk mengetahui anak obesitas dari kurva pertumbuhan, bisa dilihat dengan klasifikasinya seperti persentil. lebih dari 95 berarti obesitas, tapi kalau baru persentik 75-95 itu masih overweight," di sela-sela talkshow kesehatan di Hotel Le-Meridien, Jakarta, Rabu sore (21/1).

Yang menarik, kata dia, ada ciri-ciri fisik yang mudah dikenali dari anak obesitas. "Selain leher dan bokongnya berlipat-lipat, ketiak mereka cenderung bau. Selebihnya, wajah mereka lebih tembam dan hidungnya pesek," tukasnya.



Back To Top Go To Bottom

98. Sexpedia: Sehatkah melakukan oral dan anal seks?
Date/Time : 1/22/2015 12:15:00 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2159903/sexpedia-sehatkah-melakukan-oral-dan-anal-seks
 

Apakah oral seks dan anal seks bisa bikin hamil? Dari segi kesehatan, apakah sehat melakukan oral seks dan anal seks? Jawaban mengenai hal tersebut akan dijelaskan oleh psikolog seksual Zoya Amirin M.Psi dalam Sexpedia episode Kamis (22/1/2015).

nbsp

Berikut Videonya:

nbsp



Back To Top Go To Bottom

99. Ibu Sibuk Tetap Bisa Berolahraga, Ini 3 Triknya
Date/Time : 1/22/2015 11:30:26 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164411/ibu-sibuk-tetap-bisa-berolahraga-ini-3-triknya
 

Bekerja, mengurus pekerjaan rumah tangga, anak, hingga bersosialisasi membuat waktu 24 jam terasa kurang bagi ibu yang sibuk. Jangankan untuk berolahraga, mengurus diri sendiri saja itu pun disempat-sempatkan.

Namun, satu hal yang perlu diingat, olahraga merupakan hal penting bagi semua orang termasuk bagi ibu yang sibuk. Meski memiliki banyak aktivitas, masih bisa disempatkan waktu bagi Anda ibu sibuk untuk berolahraga. Dilansir dari laman Times of India, Rabu (21/1/2015) berikut triknya.

1. Sisihkan waktu untuk berolahraga
Jadikan olahraga memiliki waktu tetap seperti waktu melakukan pekerjaan rumah tangga, bekerja dan mengurus anak. Tak perlu butuh waktu lama, 30-45 menit sudah cukup untuk berolahraga.

2. Libatkan anak-anak
Jika sulit menemukan waktu olahraga, ajak anak-anak untuk turut serta berolahraga. Misalnya yoga bersama anak, menari zumba bersama anak. Pilih aktivitas olahraga seru yang bisa dilakukan bersama anak selain lebih sehat ini juga memberi contoh baik pada anak.

3. Jadikan rumah sebagai gym
Tak perlu jadi anggota klub kebugaran, lakukan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Seperti dengan berlatih aerobik dan yoga dengan menonton DVD hingga lari di kompleks rumah.nbsp



Back To Top Go To Bottom

100. Aktris Ini Klaim Bisa Hamil karena Minum 'Fertility Smoothie'
Date/Time : 1/22/2015 11:03:48 AM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2164427/aktris-ini-klaim-bisa-hamil-karena-minum-fertility-smoothie
 

Tak kunjung hamil anak kedua membuat model dan aktris asal Amerika Serikat, Molly Sims sempat kebingungan. Namun minuman 'fertility smoothie' menurut Molly bisa membantunya berhasil mendapatkan kehamilan kedua ini.

"Minuman ini kaya nutrisi yang terdiri dari banyak sekali vitamin sehingga membuat rahim makin sehat," terang Molly dalam acara Access Hollywood Live seperti dilansir Toronto Sun, Rabu (21/1/2015).

'Fertility smoothie' berisi campuran, beri organik, almond, madu, protein bubuk, wheatgrass ini diklaim oleh Molly rahasia kehamilan kedua. Ia pun mengklaim bahwa minuman sehat ini bisa meningkatkan gairah sang suami.

Beberapa manfaat kandungan yang terkandung dalam minuman tersebut adalah:
- wheatgrass : memelihara sel, membantu mengembalikan keseimbangan hormon
- akar Maca: memelihara sistem endokrin dan meningkatkan kesuburan wanita
- bubuk protein: memperbaiki jaringan dan membangun jaringan sehat

Molly kini sedang mengandung anak keduannya ini, diperkirakan lahir pada bulan Maret ini. Resep tentang 'fertility smoothie' ini akan ada dalam buku terbarunya 'The Everyday Supermodel'.



Back To Top Go To Bottom