Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Kabar Berita Terbaru Dunia Kesehatan, Seks, Diet, Herbal Terbaik
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Kabar Berita Terbaru Dunia Kesehatan, Seks, Diet, Herbal Terbaik
Author : -
Overview : Berita Kesehatan Liputan6, ragam isu penting kesehatan mencakup info seksual, cara hidup sehat, diet cepat alami, obat herbal tradisional terbaik hingga parenting
Language : English
Last Updated : 10/21/2014 6:46:02 AM
Website : http://health.liputan6.com


View Channel View Channel

1. Ribuan Warga Solo Peringati Hari Osteoporosis Nasional
Date/Time : 10/21/2014 12:47:54 AM
Direct link : http://video.liputan6.com/main/read/9/2121879/0/ribuan-warga-solo-peringati-hari-osteoporosis-nasional
 

Masyarakat antusias mengikuti kegiatan edukasi agar masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat dan terhindar dari osteoporosis (Awn)



Back To Top Go To Bottom

2. Jokowi pun Minum Kunyit, Tengok 5 Manfaatnya
Date/Time : 10/20/2014 9:30:58 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121953/jokowi-pun-minum-kunyit-tengok-5-manfaatnya
 

Sebelum pelantikan dirinya menjadi presiden pada Senin (20/10/2014), Joko Widodo menyempatkan minum jamu racikan sendiri. Jika biasanya mengandung temulawak dan jahe, untuk pagi tadi ditambah kunir.

Jokowi memang dikenal menyukai minum jamu sebagai kunci rahasia tubuh bugarnya. Namun untuk kali ini ia tak menyebutkan alasan menambahkan kunir sebagai sebagai salah satu bahan racikan jamunya.

Kunir yang dalam bahasa Indonesia disebut kunyit ini memang sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan jamu yang memiliki banyak manfaat. Paling tidak, ini lima manfaat yang bisa dipetik dengan mengonsumsi kunyit seperti dilansir Huffington Post pada Senin (20/10/2014).

Sakit perut

1. Atasi sakit perut
Dalam sebuah penelitian kecil di tahun 1989, suplemen yang terbuat dari kunyit efektif atasi mulas dan gangguan pencernaan dibandingkan plasebo. Hal ini disebabkan karena kekuatan tanaman ini lawan peradangan.

2. Cegah serangan jantung
Kurkumin, senyawa dibalik warna oranye kunyit yang punya peranan manfaat baik kunyit. Antioksidan dan antiinflamais kurkumin berkontribusi 65 persen lebih rendah terkena serangan jantung.

3. Tunda diabetes
Dalam studi 2012, kapsul kurkumin dapat menunda hadirnya diabetes tipe 2.

Lawan kanker

4. Lawan kanker
Meski masih dalam tahap awal pada manusia, studi laboratorium menunjukkan kunyit dapat memerangi kanker pada hewan. Kurkumin mengganggu kinerja molekul yang terlibat dalam pertumbuhan dan penyebaran kanker menurut American Cancer Society.

5. Jaga otak
Kandungan turmeron aromatik ternyata mampu mempromosikan sel-sel batang otak. Meski baru dilakukan pengujian pada tikus, namun temuan ini menunjukkan potensi pengobatan penyakit di masa depan.



Back To Top Go To Bottom

3. Fahmi Idris Tergolek di Rumah Sakit Derita Kanker Darah
Date/Time : 10/20/2014 9:18:23 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121992/fahmi-idris-tergolek-di-rumah-sakit-derita-kanker-darah
 

Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris saat ini tergolek di rumah sakit karena menderita kanker Myeloma sehingga harus menjalani operasi.

"Pak Fahmi Idris sudah dinyatakan positif terkena kanker Myeloma. Kanker darah yang memang menjadi penyebab tulang belakangnya remuk," kata menantunya Poempida Hidayatullah di Jakarta, seperti dikutip Antara, Senin (20/10/2014).

Menurut Poempida, hari ini mantan menteri perindustrian tersebut menjalani operasi penguatan tulang belakang lumbar lima yang remuk dan menyebabkan sarafnya sakit karena terjepit tulang remuk ini selama satu bulan terakhir.

Menurut Poempida, setelah pemulihan dari operasi ini, beliau akan menjalani pengobatan lebih lanjut untuk menangani Myeloma ini.

"Saya atas nama keluarga mohon doa dari semua teman-teman untuk kesembuhan," kata Poempida Hidayatulloh.



Back To Top Go To Bottom

4. 6 Trik Nigeria Bebas dari Wabah Ebola
Date/Time : 10/20/2014 9:00:24 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121592/6-trik-nigeria-bebas-dari-wabah-ebola
 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, jika dalam 42 hari sejak kasus Ebola terakhir tidak ada kasus baru sebuah negara dinyatakan terbebas dari wabah Ebola. Hari ini, Senin (20/10/2014) jika tak ada kasus baru Ebola di Nigeria, WHO bersiap nyatakan Nigeria bebas dari Ebola.

Total, ada 20 kasus Ebola di Nigeria setelah seorang pria Liberia-Amerika bernama Patrick Sawyer terbang ke Lagos, Nigeria. Hal ini membuat perawat terinfeksi virus mematikan ini dan menyebar ke masyarakat lain. Untungnya Nigeria cepat tanggap menghadapi hal ini dan berhasil hingga berita ini diturunkan tak ada kasus baru untuk kasus Ebola di salah satu negera di Afrika ini.

Menurut dokter dokter dari Ebola Emergency Operation Center, Faisal Shuaib menerangkan langkah cepat dan tepat Nigeria terbebas dari wabah virus mematikan Ebola seperti dikutip dari Time (20/10/2014) yaitu.

Persiapan lebih awal

1. Persiapan lebih awal
Tahu negara ini berpotensi besar untuk terkena wabah Ebola yang berasal dari negara tetangga Afrika Barat lainnya yang telah terwabah virus ini. Sehingga para pejabat kesehatan telah mengantisipasi sebelum virus ini datang. Mulai dari melatih petugas kesehtan tentang pengelolaan penyakit dan menyebarkan informasi.

2. Segara nyatakan kaadaan darurat
Ketika Nigeria memiliki kasus Ebola pertama, pemerintah menyatakan keadaan darurat kesehatan masyarakat nasional segera.  Hal ini memungkinkan Departemen Kesehatan setempat untuk membentuk Ebola Emergency Operations Center (EOC).

3. Mengatasi kecemasan
Pada awalnya, ada beberapa informasi yang telah beredar bahwa terkena Ebola menyebabkan kematian. "Namun, tindakan pelaporan awal ke rumah sakit memberikan tingkat kontrol akan harapan hidup orang tersebut," terangh Shuaib. Oleh karena itu pemerintah Nigeria menggunakan media sosial untuk meningkatkan upaya kesadaran dan mempublikasikan pasien-pasien yang berhasil diobati.

Menjaga perbatasan bukan menutup

4. Menjaga perbatasan bukan menutup
Nigeria belum menutup perbatasan dari negara-negara tetangga. "Penutupan perbatasan cenderung memperkuat panik dan rasa tak berdaya," kata Shuaib. Selain itu, dengan menutup perbatasan malah melumpuhkan kegiatan komersial di negara-negara yang tengah berjuang lawan Ebola.

5. Terus siaga
Nigeria tetap mempersiapkan diri hadapi pasien yang terinfeksi Ebola, sehingga pelatihan perawat ini tetap dilakukan untuk berjaga-jaga.

6. Meningkatkan dukungan global
"Komunitas global harus konsisten untuk bersama-sama mendukung sebuah kesehatan publik darurat," terang Shuaib.



Back To Top Go To Bottom

5. Kiat agar Anak Tak Terjerumus pada Perilaku Meresahkan
Date/Time : 10/20/2014 8:30:51 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121872/kiat-agar-anak-tak-terjerumus-pada-perilaku-meresahkan
 

Saat sekelompok remaja bersama-sama menjalankan motor sambil mengacung-acungkan senjata tajam, orang akan merasa prihatin. Belum lagi jika kemudian timbul korban jiwa dari orang-orang di sekitar mereka. Korbannya acak dan sangat mungkin tidak kenal sebelumnya dengan para pelaku yang melukai mereka. Inilah fenomena geng motor yang marak di berbagai daerah. Beberapa kasus terakhir diberitakan terjadi di Yogyakarta.

Ada banyak hal yang dapat menjadi faktor penyebab munculnya geng motor remaja. Meskipun demikian, jika ingin melihat yang paling awal, faktor keluarga menjadi faktor yang cukup penting dilihat. Dari keluargalah, anak mendapatkan berbagai warna dalam perilaku di masa-masa perkembangan hidup selanjutnya. Baik perilaku yang dapat dikaterigorikan adaptif maupun yang tidak.

Anak-anak yang memutuskan untuk mengikuti geng motor yang melakukan perilaku meresahkan acapkali dibesarkan dalam keluarga yang cenderung abai terhadap perkembangan anak. Orangtua dalam keluarga semacam ini pada umumnya tidak memiliki cukup waktu untuk menciptakan ruang-ruang kebersamaan dengan anak. Pengabaian terhadap anak tersebut antara lain dapat disebabkan oleh dua hal:

  1. Kesibukan orangtua

Mengumpulkan materi dan uang menjadi sebuah tujuan penting dalam banyak keluarga di zaman sekarang. Tujuan ini kemudian mendorong para orangtua menghabiskan banyak waktu untuk bekerja. Fenomena bekerja dari pagi-pagi buta hingga larut malam banyak ditemui di berbagai daerah khususnya di kota-kota besar. Belum lagi fenomena orangtua bekerja jauh dari keluarga bahkan hingga keluar negeri. Akibatnya, banyak anak yang tidak memiliki waktu bersama orangtuanya. Mereka kemudian relatif akan berjuang dan berkembang sendiri dalam kehidupannya. Tanpa kehadiran orangtua yang sebenarnya dapat menemaninya dalam kehidupan sehari-hari, anak akan berpotensi melakukan berbagai perilaku tidak adaptif.

Dari pihak orang tua sendiri, mereka seringkali sadar bahwa karena kesibukannya mereka kurang memberi perhatian pada anak. Akibatnya, dalam banyak kasus, mereka berusaha melakukan kompensasi demi mengurangi rasa bersalahnya dengan memenuhi berbagai keinginan anak akan materi. Hal ini sebenarnya hanya akan membuat perasaan orangtua menjadi lebih baik namun kurang memiliki pengaruh positif pada anak. Anak justru akan tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif dengan memandang pemenuhan keinginan akan materi sebagai hal yang paling penting dalam hidupnya.

 

  1. Adanya masalah relasi interpersonal dalam keluarga

Pengabaian pada anak dapat juga disebabkan oleh munculnya berbagai masalah relasi interpersonal dalam keluarga. Masalah yang dimaksud misalnya pertengkaran bahkan perceraian di antara kedua orangtuanya. Selain itu, masalah juga bisa muncul dalam relasi interpersonal antara orangtua dengan anak, anak dengan anak, atau bisa juga dalam konteks keluarga besar adalah konflik dengan anggota keluarga di luar keluarga inti (kakek, nenek, paman, bibi, dsb). Konflik yang dampaknya paling besar memang adalah konflik yang melibatkan orangtua sebagai orang yang umumnya berperan paling penting dalam perkembangan hidup anak. Konflik-konflik tersebut akan merampas waktu yang sebenarnya penting untuk perkembangan anak. Selain itu, konflik semacam ini akan menimbulkan tekanan psikologis pada anak. Kedua hal ini selanjutnya akan berpotensi mendorong anak melakukan berbagai perilaku tidak adaptif.

 

Antisipasi

Untuk mengantisipasi hal ini, yang dapat dilakukan oleh orangtua antara lain:

  1. Sesulit apapun, tetap memberikan waktu untuk anak

Waktu untuk anak adalah kunci pertama. Mungkin banyak orangtua yang berpikir bahwa segala kerja keras dengan menghabiskan waktu setiap harinya adalah untuk kepentingan anak. Akan tetapi, jika dilihat secara lebih mendalam lagi, bukan itu yang lebih dibutuhkan anak. Anak lebih membutuhkan waktu bersama dengan orangtua. Materi dan uang memang penting bagi anak, namun lebih penting adalah melewati banyak waktu bersama orangtua yang dia sayangi. Bersama dengan kedua orangtuanya anak akan merasa lebih aman dan lebih percaya diri menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Dia tidak perlu lagi mencari sandaran yang bisa saja menjerumuskannya karena sandaran yang paling aman dan tidak akan menjerumuskan dirinya sudah dia temukan, kedua orangtuanya sendiri

  1. Menjaga keterhubungan dengan anak hari demi hari

Selalu bersama dengan anak adalah hal yang paling ideal. Meskipun demikian, orangtua bisa saja menghadapi situasi sulit karena banyaknya waktu yang harus dialokasikan bagi pekerjaannya. Dalam kasus semacam ini, selain tetap harus menyediakan waktu untuk anak di sela-sela kesibukannya dan tentunya juga diikuti kelelahan fisik yang dialaminya, orangtua perlu tetap menjaga keterhubungan dengan anak. Hal ini dapat dilakukan lewat ngobrol dengan anak, mendengarkan apa yang dilakukan anak hari itu, atau dapat juga dengan orangtua yang juga bercerita mengenai kehidupannya hari itu. Secara praktis hal ini dapat dilakukan secara rutin misalnya saat makan malam bersama dan kemudian dapat lebih intensif lagi saat week end. Haruslah dihindari kesan mengawasi bahkan mencari-cari kesalahan anak saat melakukan obrolan bersama anak.

  1. Mewaspadai para “perampas waktu”

Selain kesibukan orangtua dan juga anak, orangtua perlu mewaspadai hal-hal yang dapat merampas waktu orangtua dan anak. Mereka di masa lalu adalah radio atau televisi. Saat ini, “perampas waktu” yang sangat sulit disaingi adalah penggunaan internet lewat berbagai medianya seperti komputer, gadget, smartphone, dsb. Alat-alat ini memang ada gunanya namun jika digunakan secara berlebihan menjadi berbahaya. Mereka saat ini bisa masuk begitu dekat bahkan dalam privasi kehidupan kita. Saat bekerja, di jalan, bahkan saat akan tidur dan bangun tidur merekalah benda-benda yang banyak dicari. Orangtua dan anak bisa saja ada dalam satu ruangan secara fisik namun perhatian masing-masing adalah pada gadget atau smartphone di tangan masing-masing. Jika diperlukan, orangtua bisa membuat aturan untuk tidak menggunakan peralatan tersebut di waktu-waktu tertentu untuk menjaga kualitas relasi anak dan orangtua

 

 Y Heri Widodo, M.Psi, Psikolog

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Pemilik Taman Bermain dan Belajar Kerang Mutiara Yogyakarta



Back To Top Go To Bottom

6. Yang Harus Diwaspadai dari Minuman Berenergi
Date/Time : 10/20/2014 8:00:15 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121664/yang-harus-diwaspadai-dari-minuman-berenergi
 

Saat lelah memang paling menyenangkan jika mengonsumsi minuman berenergi. Rasanya yang manis dan segar membuat tubuh jadi berenergi. Namun, ada fakta yang harus diketahui agar saat lelah jangan mengonsumsi minuman semacam ini. Mengapa?

Ternyata, minuman energi mengandung kafein lebih banyak atau lima kali dibandingkan kopi. Dorongan energi yang diberikan memang langsung terasa namun hanya sebentar diiringi efek samping yang tidak menyenangkan. Mulai dari perasaan gelisah, lekas marah dan detak jantung yang cepat menurut ahli nutrisi dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson, RD seperti dilansir Time pada Senin (20/10/2014).

Perlu diketahui juga bahwa rasa manis pada minuman berenergi berasal dari sekitar 50 gram gula atau sekitar 13 sendok teh per kaleng. Hal ini menimbulkan lonjakan gula darah untuk menyemangati namun tak lama kemudian membuat tubuh kembali lemah menurut Goodson.

Dengan mengetahui fakta ini, ada baiknya untuk membatasi konsumsi minum minuman berolahraga.
 



Back To Top Go To Bottom

7. Memiliki Pasangan Bisa Ubah Kebiasaan Buruk?
Date/Time : 10/20/2014 7:30:47 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121757/memiliki-pasangan-bisa-ubah-kebiasaan-buruk
 

Aktor George Clooney beberapa pekan lalu menikahi seorang pengacara sukses nan cantik Amal Alamuddin. Ternyata, hubungan ini bisa membuat Amal berhenti dari kebiasaan buruk merokok sejak berkencan dengan Clooney.

Perubahan yang dialami oleh Amal juga terjadi pada orang lain. Peneliti pun telah melakukan berbagai studi untuk membuktikan bagaimana cinta dan pernikahan bisa berdampak pada kesehatan seseorang. Namun, rupanya hal ini sulit diteliti karena setiap hubungan dan orang memiliki perbedaan yang tidak bisa disamakan.

Namun, ada juga penelitian yang membenarkan bahwa dukungan sosial pasangan yang penuh kasih akan lebih sukses mengubah kebiasaan buruk pasangan. Baik itu merokok, minum-minuman keras hingga makan berlebihan seperti dilansir Health, Senin (20/10/2014).

Penelitian yang diketuai oleh sosiolog medis dari Harvard Medical School, Nicholas Christakis dalam jurnal New England Journal of Medicine menyatakan bahwa pengaruh terbesar seseorang merokok disebabkan karena hubungan dekat. Jika pasangan berhenti merokok 67 persen melakukan hal yang sama seperti dilansir dari NBC News.

Selain itu, ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang-orang yang sedang jatuh cinta mendorong satu sama lain untuk melukan perilaku sehat seperti berolahraga. Kehadiran teman dalam melakukan kebiasaan baik membuat seseorang lebih semangat jalani hal-hal baik juga.



Back To Top Go To Bottom

8. 3 Kiat Bugar dari Pakar Kedokteran Olahraga untuk Jokowi
Date/Time : 10/20/2014 7:00:07 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121886/3-kiat-bugar-dari-pakar-kedokteran-olahraga-untuk-jokowi
 

Agar Joko Widodo atau Jokowi tak sakit karena kesibukannya yang semakin padat, dr. Michael Triangto, SpKO memberikan tips sederhana yang dapat dilakukan Presiden RI ke-7 ini.

Berikut tips sederhana yang diberikan Dokter Spesialis Olahraga ini kepada Jokowi, seperti yang disampaikannya kepada Health-Liputan6.com, Senin (20/10/2014)

1



1. Mencoba mencari hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik

Sebagai presiden yang baru saja dilantik di Gedung MPR/DPR RI pada Senin (20/10/2014) pagi, Jokowi dianjurkan untuk mencari hal-hal baru yang berkaitan dengan aktivitas fisik.

Michael yakin, biarpun Jokowi bukan individu yang terbiasa bermain golf, sewaktu-waktu Jokowi akan bermain golf untuk `menghormati` tamu yang ingin bertemu dengannya.

"Misalnya mantan Presiden AS, Jim Carry mau bertemu dengan Jokowi sambil bermain golf, Jokowi bisa memanfaatkan momen itu untuk beraktivitas fisik juga," kata Michael.

"Caranya, jangan menggunakan golf car. Selain dirinya sehat, Jokowi memiliki waktu yang cukup panjang berbicara dengan Jim Carry, dan dapat melobinya juga," kata Michael menambahkan.

2



2. Memanfaatkan momen car free day

Momen car free day dapat dijadikan oleh Jokowi sebagai `ajang` untuk melakukan aktivitas fisik. Bila di hari biasa Jokowi tidak dapat bersepeda, di hari Minggu kegiatan menyehatkan itu dapat dilakukannya. 

3



3. Punya waktu untuk jalan cepat

Jokowi diharapkan memiliki celah agar selalu dapat melakukan aktivitas fisik berupa jalan kaki cepat hanya 30 menit. Baik itu di Istana Negara, kediamannya, maupun saat sedang melakukan blusukan.

Michael mengatakan, jalan cepat selama 30 menit dalam sehari, dengan tempo seperti orang mau ke kamar mandi, akan mendatangkan manfaat yang besar bagi Mantan Walikota Surakarta, Jawa Tengah itu.

Michael juga mengungkapkan sejumlah manfaat jalan kaki yang akan didapatkan oleh Jokowi, bila itu dilakukan dengan benar;

- Kekuatan otot besar akan terlatih sehingga tidak mudah lelah dan lebih kuat
- Memaksa jantung memompa darah lebih lancar, dan akhirnya jantung lebih kuat
- Aliran darah harus menangkap oksigen di paru-paru untuk dibawa tubuh dengan darah, sehingga paru-paru lebih kuat, kapasitas udara lebih banyak sehingga oksigen diharapkan lebih banyak.
- Manusia berdiri tegak karena tulang lebih kuat, tidak mudah sakit sendi, dan tidak mudah terkena tulang keropos
- Karena aktif, metabolisme tubuh meningkat sehingga pembakaran lemak di tubuh juga meningkat
- Dapat terhindar dari penyakit jantung, penyakit pembuluh darah seperti hipertensi, diabetes, kolesterol, obesitas, bahkan kanker dan asma



Back To Top Go To Bottom

9. Lincahnya Jokowi Berlari ke Ujung-ujung Panggung Monas
Date/Time : 10/20/2014 6:59:14 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121932/lincahnya-jokowi-berlari-ke-ujung-ujung-panggung-monas
 

Sore menjelang malam, akhirnya bintang tamu utama yang ditunggu-tunggu datang juga di lapangan Monas, Jakarta. Presiden Joko Widodo dengan berpakaian putih tampak lincah berlari-lari di atas panggung super besar menyapa rakyat yang menonton Syukuran Rakyat.

Tak cuma di satu titik, dengan tubuh kecilnya ia kembali berlari-lari penuh semangat dari ujung panggung satunya ke ujung panggung lainnya sambil melambaikan tangan menyapa ratusan ribu rakyat yang telah menunggunya sedari siang. Mukanya sumringah, tak ada rasa lelah yang terlihat di wajah Presiden RI ketujuh ini.

Aksinya berlari dengan lincah ini tak akan mungkin bisa dilakukan jika ia tak memiliki stamina yang kuat. Sedari pagi-pagi ia sudah disibukkan dengan persiapan menjelang pelantikan presiden. Lalu, pelantikan presiden juga membutuhkan energi ekstra. Di siang hari, ia juga diarak bersama Jusuf Kalla menggunakan kereta kuda di bawah terik matahari. Tak berhenti di situ, ada banyak acara yang ia lakukan sebelum tiba di acara Syukuran Rakyat ini.

Bisa jadi, rahasia minum jamu racikan sendiri serta kesukaannya bersepedalah yang membuat stamina Presiden Jokowi tetap kuat dari pagi hingga malam hari. Termasuk, aksinya berlari lincah di panggung Syukuran Rakyat kali ini. Mungkin juga rasa bahagia yang menyeruak dan membuncah dari dalam lubuk hatinya hingga rasa lelah itu tak terasakan olehnya. "Rakyat adalah daya hidup saya...,"katanya di akun facebook Ir H Joko Widodo.

Selamat bekerja Pak Presiden. Mari kita berjuang bersama!

 



Back To Top Go To Bottom

10. Blusukan Seharusnya Tak Bikin Jokowi Buncit
Date/Time : 10/20/2014 6:30:26 PM
Direct link : http://health.liputan6.com/read/2121864/blusukan-seharusnya-tak-bikin-jokowi-buncit
 

Agar terhindar dari perut buncit, Joko Widodo atau Jokowi diharapkan tidak mengubah sedikit pun kebiasaan baik yang telah dilakukannya sebelum resmi menjabat sebagai Presiden RI ke-7. Ya, setelah resmi menggantikan posisi SBY sebagai orang nomor 1 di Indonesia pada Senin (20/10/2014) sudah dipastikan kesibukan Jokowi kian bertambah.

"Pola sehari-hari seperti kebiasaan blusukan, melakukan olahraga seperti bersepeda, dan kerap ikut dalam kegiatan olahraga seharusnya membuat Pak Jokowi terhindar dari perut buncit," kata dr. Michael Triangto, SpKO saat dihubungi Health-Liputan6.com, Senin (20/10/2014)

Meskipun sejumlah hal sudah tidak dapat lagi dilakukan oleh Jokowi karena alasan tertentu, bukan berarti hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh suami Iriana ini di Kompleks Istana Negara.

"Misalnya saja bersepeda. Demi keamanan, sudah tidak mungkin lagi Jokowi bersepeda sebebas tempo hari. Tapi, bersepeda ini kan bisa dilakukannya di Istana Negara. Iya, 'kan?," kata Michael menambahkan.

Pola blusukan yang telah lama menjadi andalan bagi Mantan Walikota Surakarta, Jawa Tengah, seharusnya dapat dijadikan aktivitas fisik untuk program jangka panjang. Apalagi, manfaat blusukan akan sama seperti jalan kaki selama 30 menit bila dilakukan dengan benar.

"Pasar tempat di mana Jokowi blusukan, seharusnya dapat dijadikan `jogging track` baginya. Pihak keamanan bisa mengatur Jokowi untuk mengelilingi pasar terlebih dulu selama 30 menit, baru setelah itu membiarkan Jokowi berinteraksi dengan para pedagang di pasar tersebut," kata Michael.

"Lagipula, berinteraksi kan tidak harus dari depan, bisa dari belakang atau tengah. Karena yang sudah-sudah, kalau depan duluan yang kena, yang belakang jarang kebagian," kata Michael menambahkan.

Dokter Spesialis Olahraga menyarankan, agar Jokowi mengenakan sepatu olahraga untuk menghindari kotor, dan supaya Jokowi lebih nyaman dalam melakukan aktivitasnya tersebut.

"Dua kali seminggu jalan kaki sambil blusukan, dua kali di Istana Negara, dan satu kali di rumah, manfaat yang luar biasa akan didapatkan Pak Jokowi," kata Michael.

Lagipula, bila jalan kaki yang dilakukan Jokowi tidak sekedar `lenggang kakung`, maka perut akan berputar, dan secara tidak langsung melatih perut agar senantiasa kencang.

"Jalan kakinya santai saja, seperti mau ke kamar kecil gitu. Nggak perlu cepat, tapi jangan juga lambat," kata Michael menjelaskan.



Back To Top Go To Bottom