Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Author : -
Overview : Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia
Language : English
Last Updated : 1/29/2015 10:16:52 PM
Website : http://bisnis.liputan6.com


View Channel View Channel

1. Pemkot Bogor Sidak Supermarket Cari Apel Berbakteri
Date/Time : 1/29/2015 8:38:34 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168318/pemkot-bogor-sidak-supermarket-cari-apel-berbakteri
 

Pemerintah Kota Bogor melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pusat perbelanjaan yang diduga menjual apel impor jenis Granny Smith dan Galla yang disinyalir terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.

Sidak dilakukan paska dikeluarkannya surat edaran dari Kementerian Perdagangan tentang pelarangan perdagangan apel impor asal California, Amerika Serikat (AS) tersebut. Kadisperindag Kota Bogor, Bambang Budianto mengatakan, ia menemukan salah satu supermarket yang menjual apel jenis Granny Smith dari hasil sidak tersebut.

"Sejak kemarin Rabu kami sudah melakukan sidak dan menemukan apel jenis Granny Smith di salah satu supermarket ternama di Kota Bogor. Indikatornya ketika saya pegang apel tersebut memang tangan saya langsung terasa gatal," jelas Bambang usai sidak di supermarket Giant Yasmin, Kamis (29/1/2015).

Namun, pihaknya belum menarik apel tersebut secara keseluruhan. Selain itu, pihaknyanbsp sudah mengambil beberapa buah untuk dilakukan uji lab. "Minggu besok hasil sudah diketahui. Jika terbukti maka akan langsung kami sita," tegasnya.

Ia juga mengimbau kepada pengelola supermarket agar tidak menjual apel jenis tersebut sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Perdagangan. Dalam melakukan sidak sejak kemarin pihaknya melibatkan petugas dari Dinas Pertanian Kota Bogor, Dinas Kesehatan Kota Bogor serta Satpol PP Kota Bogor.

"Total ada 15 petugas yang dibagi menjadi 2 tim untuk melakukan sidak di supermarket dan toko buah yang menjual apel berbakteri," ujar Bambang.

Namun, sidak yang dilakukan hari ini di tiga supermarket, pihaknya tidak menemukan adanya apel berbakteri. "Kalau memang ada akan kami lakukan penyitaan lalu akan kami cek apakah ada bakteri berbahaya. Lalu pengelola supermarket akan kita berikan peringatan," tambahnya.

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, bila supermarket atau pedagang yang telah diberi peringatan namun masih menjual barang, dalam hal ini apel berbakteri akan dikenakan denda sebesar maksimal 2 miliar rupiah dan hukuman penjara 5 tahun.

"Kami imbau kepada warga agar waspada dan teliti kami membeli buah-buahan dengan cara menanyakan asal buah tersebut. Jangan sampai warga membeli buah yang sudah terkontaminasi bakteri," kata Bambang.

Sementara itu, Manajer Fresh Giant Yasmin, Rakimin mengungkapkan pihaknya khawatir soal dampak dari adanya peredaran apel berbakteri ini. "Karena masyarakat jadi merasa ketakutan untuk membeli apel. Padahal tidak semua apel terkontaminasi bakteri tersebut," tutur Rakimin.

Ia menyebutkan selama ini pihaknya tidak pernah menjajakan jenis apel yang sekarang dilarang oleh pemerintah. "Untuk mengatasinya, kami akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahwa masih banyak jenis apel lainnya yang aman untuk dikonsumsi," pungkasnya. (Bima Firmansyah/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

2. BPJS Ketenagakerjaan Bakal Lebih Rajin Investasi Properti
Date/Time : 1/29/2015 8:24:24 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168302/bpjs-ketenagakerjaan-bakal-lebih-rajin-investasi-properti
 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan merencanakan memperbesar porsi investasi di sektor properti di 2015.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G Massasyalrm menjelaskan peningkatan porsi investasi tersebut masih menunggu revisi peraturan pemerintah (PP).

"lrmTerkait alokasi dan investasi ke sektor properti, yang saat ini alokasinya 5 persen, akan direvisi antara 10-30 persen, saat ini masih dalam tahap finalisasi (PP-nya)," kata Elvyn di Hotel Hilton, Bandung, Kamis (29/1/2015).

Dijelaskan Elvyn, BPJS Ketenagakerjaan sudah menganggarkan dana Rp 25 triliun untuk membangun beberapa properti seperti rumah tanad dan rusunami.

Tidak hanya itu, revisi PP tersebut dilakukan dikarenakan BPJS Ketenagakerjaan akan memiliki program baru dimana turut serta menyediakan rumah bagi para pekerja.

"Nanti lrmprogramnya kita akan bangun dalam dua jenis, pertama rumah susun sewa, kedua rusunami atau landed house yang bisa dimiliki langsung," katanya.

Adapun rencana pembangunan rumah susun sewa tersebut akan dilakukan di enam kota besar di Indonesia diantaranya yaitu Medan, Bandung, Surabaya, Semarang, Batam dan Jawa Barat dengan masing-masing memiliki 400 kamar.

Sementara untuk pembangunan rusunami atau landed house, BPJS lebih memanfaatkan aset-aset tanahnya yang ada di beberapa tempat seperti salah satunya di daerah Jonggol dan Cileungsi, Jawa Barat. (Yas/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

3. Banggar DPR & Pemerintah Sepakati Asumsi Makro RAPBN-P 2015
Date/Time : 1/29/2015 8:09:52 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168299/banggar-dpr-amp-pemerintah-sepakati-asumsi-makro-rapbn-p-2015
 

Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dan pemerintah telah menyepakati asumsi dasar makro Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera Perubahan (RAPBN-P) 2015.

Untuk asumsi pertumbuhan ekonomi disetujui sebesar 5,7 persen, inflasi 5 persen, nilai tukar rupiah sebesar Rp 12.500 per dolar Amerika Serikat, suku bunga SPN Tiga Bulan sebesar 6,2 persen, Indonesia Crude Price (ICP) ditetapkan US$ 60 per barel hari dari sebelumnya US$ 70 barel per hari, lifting minyak 825 ribu barel per hari dan lifting gas 1,221 juta barel setara minyak per hari.

"Dengan ini Asumsi dasar makro 2015 sudah selesai," ujar pimpinan rapat kerja Banggar Djoko Udjianto di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Sementara itu, Anggota Banggar DPR, Iskan Qolba Lubis mengatakan, untuk dapat mengontrol besaran asumsi nilai tukar rupiah di RAPBN-P 2015 pemerintah diminta untuk membatasi impor barang-barang konsumsi, terutama yang didatangkan dengan menggunakan mata uang dollar AS. "Kegiatan ekspor dan impor kita juga harus diatur lebih ketat lagi," kata dia.

Meski demikian, menurut Iskan,nbsp keputusan Komisi XI DPR dan pemerintah yang menetapkan asumsi rupiah sebesar 12.500 di RAPBN-P 2015 masih sesuai dengan kondisi fundamental ekonomi pada saat ini.

"Asumsi nilai tukar rupiah Rp 12.500 per dolar AS masih rasional. Dahulu, pemerintah selalu optimistis dengan asumsi rupiah, tetapi realisasinya selalu meleset," ujar Iskan. (Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

4. Surya Semesta Raup Dana Rp 62 Miliar dari Jual Saham Nusa Raya
Date/Time : 1/29/2015 7:55:45 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168289/surya-semesta-raup-dana-rp-62-miliar-dari-jual-saham-nusa-raya
 

PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) meraup dana sekitar Rp 62,40 miliar dari penjualan sekitar 48 jutanbsp saham PT Nusa Raya Cipta Tbk (NRC).

Hal itu disampaikan Wakil Presiden Direktur PT Surya Semesta Internusa Tbk, Eddy Purwana Wikanta dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (29/1/2015).

Harga saham PT Nusa Raya Cipta Tbk yang dijual Rp 1.300 per saham. Total jual saham yang dijual itu 1,9 persen saham dari seluruh saham yang ditelah ditempatkan dan disetor dalam perseroan. Penjualan saham itu dilakukan pada 23 Januari 2015.

Dengan penjualan saham itu, kepemilikan saham PT Surya Internusa Semesta Tbk dalam perseroan menjadi 60,6 persen. "Tujuan penjualan saham ini untuk meningkatkan likuiditas perseroan," kata Eddy.

Pemegang saham PT Nusa Raya Cipta Tbk antara lain PT Saratoha Investama Sedaya Tbk sebesar 173,91 juta saham atau 7,01 persen, lalu PT Surya Semesta Internusa Tbk sebesar 1,54 miliar saham atau sekitar 62,49 persen.

Pada penutupan perdagangan saham hari ini, saham PT Nusa Raya Cipta Tbk turun tipis 0,38 persen ke level Rp 1.300 per saham. Total frekuensi saham sekitar 183 kali dengan nilai transaksi harian saham sekitar Rp 2,6 miliar. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

5. BPJS Ketenagakerjaan Targetkan Kelola Dana Rp 220 Triliun
Date/Time : 1/29/2015 7:41:15 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168283/bpjs-ketenagakerjaan-targetkan-kelola-dana-rp-220-triliun
 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)lrm Ketenagakerjaan akan mulai beroperasi secara penuh mulai Juli 2015.

Dengan mulainya hal itu, Direktur BPJS Ketenagakerjaan, Elvyn G Massasya mengaku akan menargetkan peningkatanlrm pengelolaan dana yang cukup signifikan.

"Untuk pengelolaan danalrm per 31 Desember 2014 mencapai Rp 187,3 triliun, dan untuk tahun 2015 kita berani pasang target untuk kelola dana menjadi Rp 220,2 triliun," kata Elvyn di Hotel Hilton, Bandung, Kamis (29/1/2015).

Meningkatnya dana kelolaan tersebut dikatakan Elvyn sesuai dengan target peningkatan penambahan jumlah kepesertaan yang juga akan menngkat di tahun ini.

Adapun jumlah kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan pada 2014 mencapai 16,9 juta tanaga kerja, baik sektor formal maupun non formal. Untuk tahun ini sendiri target jumlah kepesertaan ditargetkan menjadi 20,2 juta pekerja.

"Dengan beroperasinya penuh BPJS maka nanti PNS, TNI dan Polri itu akan otomatis menjadi perserta BPJS Ketenagakerjaan," tegas dia.

Hingga saat ini, BPJS Ketenagakerjaan masih menunggu beberapa peraturan pemerintah (PP) yang saat ini masih di Kementerian Hukum dan Ham untuk mendukung beroperasinya penuh BPJS per 1 Juli 2015.

"Harapannya pada kuartal I 2015 peraturan peemrintah itu sudah selesai," tutupnya. (Yas/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

6. Penerimaan Pajak Disepakati Rp 1.439 Triliun
Date/Time : 1/29/2015 7:27:45 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168278/penerimaan-pajak-disepakati-rp-1439-triliun
 

Panitia Kerja (Panja) Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dan Pemerintah telah menyepakati target pendapatan perpajakan non migas untuk 2015 yaitu sebesar Rp 1.439 triliun.

Kesepakatan ini dicapai dalam Rapat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2015 di Ruang Rapat Banggar, DPR RI.
Angka ini mengalami peningkatan dari usulan awal pemerintah yang diajukan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2015 sebesar Rp 1.433 triliun.

Untuk pajak non migas tak ada perubahan yakni masih sama dengan yang diusulkan pemerintah yakni sebesar Rp 1.244 triliun yang terdiri dari PPh Non Migas Rp 629,8 triliun, PPN dan PPnBM sebesar Rp 576 triliun, PBB Rp 26,6 triliun.

"Yang kamu lakukan ini sifatnya mengikat untuk pemerintah melakukan exercise," ujar Ketua Banggar Ahmadi Noor Supit, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Sementara untuk bea dan cukai mengalami kenaikan dari menjadi Rp 194,9 triliun dari usulan awal sebesar Rp 188,9 triliun. Ini terdiri dari kenaikan cukai dari Rp 141,7 triliun menjadi Rp 145,7 triliun, bea masuk dari Rp 35,1 triliun menjadi Rp 37,2 triliun dan bea keluar tetap Rp 12 triliun.

Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan, Agung Kuswandono mengatakan, peningkatan penerimaan cukai ini diprediksi sebesar Rp 4 triliun karena adanya kenaikan tarif cukai rokok pada awal tahun ini.

"Cukai kami genjot sampai Rp 141 triliun dengan pertimbangan yang digunakan kenaikan tarif cukai per 1 Januari, volume produksi tembakau serta adanya pergeseran kretek tangan ke mesin sehingga penerimaan cukai bisa tinggi," tandasnya. (Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

7. Disperindag Jateng Menarik Apel Impor dari Pasar
Date/Time : 1/29/2015 7:07:39 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168261/disperindag-jateng-menarik-apel-impor-dari-pasar
 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah akhirnya menarik apel impor asal Amerika Serikat (AS) jenis Granny Smith dan Gala yang dikemas di Bidart Bros, Bakersfield, California di beberapa pasar, toko buah dan supermarket di Semarang.

Penarikan produk impor itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jateng Petrus Edison Ambarura dan Kepala Disperindag Semarang Nurjanah.

Untuk memastikan penarikan itu, Disperindag menggelar sidak. Menurut Kepala Disperindag kota Semarang, Nurjanah, petugas menemukan apel impor jenis itu di Carrefour Srondol.

Buah yang memiliki ciri berwarna hijau, berukuran sedang, ada bintik-bintik putih di kulitnya itu masih dipajang di etalase dan dijual ke konsumen. Namun, apel yang diduga diproduksi di Bidart Brost California ternyata diproduksi di Washington dan dinyatakan oleh pengelola tidak terkontaminasi bakteri Listeria Monocytogenes.

"Sepengetahuan kami, yang bermasalah adalah apel yang berasal dari Bidart Bros California. Sementara, apel jenis Granny Smith dan Gala yang ada di sini berasal dari negara bagian Colombo. Sehingga aman untuk dikonsumsi," kata Ustadzul Habib, Perwakilan Carrefour, Kamis (29/1/2015).

Ustadzul kemudian diminta petugas menunjukkan surat keterangan dari distributor. Dari surat tersebut diketahui apel Granny Smith dan Gala tidak dikemas di Bakersfield, California melainkan di Washington.

"Sebaiknya ada pengumuman yang ditempel di dekat buah ini bahwa buah apel ini aman dikonsumsi,"kata Nurjanah.

Sidak kemudian dilanjutkan menuju Superindo Kagok, Toko Buah Istana Jalan Gajahmada dan Toko Buah Kembar Jaya Jalan Brigjend Sudiarto. Dari beberapa toko tersebut, tidak ditemukan apel Granny Smith dan Gala yang dikemas di Bakersfield, California. Sebagian besar menjajakan apel dari Washington dan apel Fuji.

Dalam sidak tersebut diketahui sebagian besar pengelola toko buah dan supermarket sudah mengetahui dan mengambil inisiatif sendiri untuk menariknya dari etalase.

Namun juga masih ditemukan pengelola toko buah dan supermarket yang belum mengetahui tentang larangan peredaran dua jenis apel impor tersebut. (Edhie P/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

8. Banggar Nilai Target Pertumbuhan Ekonomi RI Terlalu Rendah
Date/Time : 1/29/2015 6:50:37 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168260/banggar-nilai-target-pertumbuhan-ekonomi-ri-terlalu-rendah
 

Ketua Badan Anggara (Banggar) DPR RI Ahmadi Noor Supit mengaku belum puas dengan target asumsi makro ekonomi 2015 yang disampaikan pemerintah. Salah satunya yaitu soal penetapan pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai tahun ini.

Dia menjelaskan, target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pada tahun ini sebesar 5,7 persen dinilai terlalu rendah.

Target tersebut mengalami penurunan 0,1 persen dibanding APBN 2015 yang diajukan pemerintahan sebelumnya yang mematok 5,8 persen. Namun, setelah pembahasan pemerintah dengan DPR di Komisi XI pertumbuham ekonomi menurun menjadi 5,7 persen.

"Mereka memutuskan angka 5,7 persen. Saya tidak melihat misinya apa. Biasanya DPR ambil posisi support pemerintah yang ingin optimis, pasar anggap yang realistis itu 5,4 persen. Kalau mau optimisnya,nbsp mestinya kita tetap 5,8 persen. Pilihannya hanya dua, kita akan realistis atau optimis?," ujarnya di Gedung DPR RI, Kamis (29/1/2015).

Selain pertumbuhan ekonomi, Supit juga mempertanyakan target produksi minyak mentah atau lifting sebesar 825 ribu barel per hari (bph). Angka ini dinilai juga terlalu rendah karena sebelumnya pemerintah mengajukan lifting sebesar 900 ribu bph.

"Ini (penurunan lifting) yang lebih gila lagi. Dianggap tidak realistis, kita tidak tahu ini pesimis atau optimis? Lifting harus balance dan pertumbuhan ekonomi harus balance," lanjutnya.

Menurut Supit, pemerintah harusnya optimis dan harus menunjukan kinerja yang optimal pada tahun ini sehingga mampu mendorong perekonomian nasional.

"Kalau pada saatnya ada tudingan bahwa itu tidakk berhasil, pemerintah gagal atau segala macam, ya harus diterima konsekuensi itu," tandasnya. (Dny/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

9. Pertamina dan PGN Akhirnya Mau Berbagi Pipa Gas
Date/Time : 1/29/2015 6:38:07 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168256/pertamina-dan-pgn-akhirnya-mau-berbagi-pipa-gas
 

PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) bekerja sama dalam penyaluran gas untuk keperluan Stasiun Baka Bakar Gas (SPBG).

Direktur Energi Baru & Terbarukan Pertamina Yenni Andayani mengungkapkan, melalui kerja sama ini Pertamina dan PGN dapat saling memanfaatkan jaringan pipa gas bumi yang dimiliki untuk pendistribusian bahan bakar gas (BBG) untuk transportasi di Indonesia.

"Kerjasama ini merupakan bentuk sinergi BUMN sebagai upaya dalam percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur gas bumi untuk sektor transportasi, mendukung program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke BBG," kata Yeni, di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Menurutnya, kerjasama di antara kedua perusahaan akan menjadi tonggak penting bagi upaya mempercepat pelaksanaan program konversi BBM ke BBG, khususnya dari aspek pasokan.

"Sinergi antara Pertamina yang memiliki kekuatan jaringan pada bisnis ritel migas dan PGN dengan jaringan pipa gasnya memungkinkan percepatan penyediaan infrastruktur pengisian BBG di Indonesia dapat terlaksana,rdquo tutur Yeni.

Direktur Pengusahaan PGN Jobi Triananda Hasjim menambahkan melalui kerjasama ini Pertamina dimungkinkan memanfaatkan pipa milik PGN untuk membangun SPBG yang terintegrasi dengan SPBU Pertamina, sehingga masyarakat pemilik mobil pengguna BBG bisa mengisi BBG di SPBU yang telah terintegrasi dengan SPBG.

nbsp"Kaminbsp gembira dapat bersinergi dengan Pertamina dalam penyediaan infrastruktur bagi pemenuhan gas bumi ke sektor transportasi. Pembangunan SPBG yang terintegrasi dengan SPBU, kami harapkan dapat memenuhi kebutuhan BBG bagi sektor transportasi di Indonesia," ungkap Jobi.

Kerjasama tersebut dilakukan hari ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman. Penandatangan dilakukan oleh Direktur Energi Baru & Terbarukan Pertamina Yenni Andayani dan Direktur Pengusahaan PGN Jobi Triananda Hasjim dengan disaksikan sejumlah direksi dan manajemen kedua perusahaan di kantor pusat Pertamina, Jakarta. (Pew/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

10. Bank Danamon Cetak Laba Bersih Rp 3,4 Triliun
Date/Time : 1/29/2015 6:21:33 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168254/bank-danamon-cetak-laba-bersih-rp-34-triliun
 

Kinerja PT Bank Danamon Tbk (BDMN) kurang menggembirakan pada 2014. Hal ini ditunjukkan dari laba bersih setelah pajak normalisasi turun 15 persen menjadi Rp 3,45 triliun hingga akhir 2014. Perseroan mencatatkan laba bersih setelah pajak mencapai Rp 4,04 triliun pada 2013.

Selain itu, laba bersih setelah pajak turun 36 persen menjadi Rp 2,6 triliun pada 2014 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 4,04 triliun. Meski demikian, pendapatan bunga bersih naik 1 persen menjadi Rp 13,68 triliun pada 2014.

Kinerja itu didukung dari total kredit tumbuh sebesar 3 persen menjadi Rp 139 triliun pada 2014. Rasio kredit terhadap dana pihak ketiga membaik menjadi 92,6 persen dibandingkan 95,1 persen pada akhir Desember 2013.

Rasio kecukupan modal/capital adequacy ratio (CAR) konsolidasi mencapai 17,9 persen pada 2014, sementara CAR standalone berada pada posisi 18,2 persen di akhir Desember 2014. Sedangkan rasio kredit terhadap total pendanaan Bank Danamon secara konsolidasi berada pada posisi 85,9 persen pada akhir Desember 2014 dibandingkan 87,4 persen pada periode sama tahun lalu.

Direktur Utama PT Bank Danamon Tbk, Henry Ho menuturkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih lamban pada 2014 dengan harga minyak dan komoditas lainnya menurun serta kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan suku acuan menjadi 7,75 persen.

Kondisi-kondisi ini berdampak pada industri perbankan yang mengalami perlambatan pertumbuhan kredit dan juga kenaikan suku bunga sehingga memberikan tantangan bagi industri perbankan dalam meneruskan tingkat keuntungan pada level memuaskan.

"Dengan latar belakang ini menjaga landasan kuat untuk pertumbuhan ke depannya dengan rasio kredit terhadap dana pihak ketiga yang sehat dan permodalan cukup," ujar Henry, dalam siaran pers yang diterbitkan, Kamis (29/1/2015).

Kredit usaha mikro PT Bank Danamon Tbk melalui Danamon Simpan Pinjam berada pada Rp 19 triliun pada akhir 2014. Lalu jumlah kredit untuk segmen usaha kecil dan menengah (UKM) mencapai Rp 20 triliun pada akhir 2014.

Secara total, kredit PT Bank Danamon Tbk untuk segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) berkontribusi sebesar 28 persen dari seluruh kredit Danamon.

Pembiayaan perdagangan Danamon membukukan pertumbuhan sebesar 26 persen pada Desember 2014 dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 24,8 triliun.

Pada akhir Desember 2014, kredit otomotif melalui Adira Finance mencapai Rp 49,6 triliun, atau tumbuh sebesar 3 persen dibandingkan pada akhir Desember 2013. Ini sejalan dengan perlambatan pertumbuhan dan kompetisi yang lebih ketat pada industri pembiayaan kendaraan.

Adapun rasio kredit bermasalah berada di posisi terjaga pada 2,3 persen pada akhir 2014 dari periode 2013 sebesar 1,9 persen. Sementara itu, rasio biaya kredit berada di posisi 2,8 persen. (Yas/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

11. Indonesia Diramalkan Jadi Raja Kopi Dunia
Date/Time : 1/29/2015 6:01:33 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168246/indonesia-diramalkan-jadi-raja-kopi-dunia
 

Gaya hidup masyarakat dunia terhadap kopi, seperti menantang para pemain kopi Indonesia. Karenanya, Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Jawa Tengah memproyeksikan bahwa Indonesia akan menjadi raja kopi dunia, sebab kebutuhan kopi dunia terus meningkat.

Menurut Ketua AEKI Jawa Tengah Mulyono Susilo,nbsp kebutuhan kopi dunia saat ini masih lebih banyak dipenuhi oleh Brazil dan Vietnam, padahal luas lahan pertanian komoditas kopi di dua negara tersebut mulai terbatas dan sulit untuk dikembangkan.

Diperkirakan, jika Indonesia bisa lebih fokus dalam mengembangkan tanaman tersebut maka tidak menutup kemungkinan kebutuhan kopi di sejumlah negara besar akan dipenuhi oleh Indonesia.

"Indonesia sendiri sudah memiliki pangsa pasar yang cukup luas di sejumlah negara besar di antaranya Amerika Serikat, Jerman, Malaysia, dan Jepang. Ditambah lagi Indonesia memiliki keunggulan yaitu dari 10 kopi terbaik di dunia beberapa di antaranya dari Indonesia salah satunya kopi Toraja," kata Mulyono, Kamis (29/1/2015).

Ditambahkan oleh Mulyono, jika diukur dari hasil panen saat ini Indonesia masih kalah jika dibandingkan dengan Vietnam. Sebagai gambaran, jumlah produksi kopi di Indonesia pada 1 hektare (ha) lahan rata-rata antara 1-1,2 ton, sedangkan di Vietnam bisa mencapai 2-3 ton.

"Lahan kopi di Indonesia mencapai 1,1 juta ha, sedangkan di Vietnam hanya 630 ribu ha. Logikanya Indonesia mampu menghasilkan jauh lebih banyak kopi dibandingkan Vietnam," kata Mulyono.

Tingginya volume produksi di Vietnam sangat dipengaruhi pemilihan bibit dan kemampuan petani dalam merawat tanaman kopi. Meski demikian, sejumlah Pemerintah daerah sudah mulai memperluas lahan kopi di antaranya di Pangalengan Jawa Barat, Bali, dan Papua.

"Perluasan lahan itu jika diimbangi dengan pemilihan bibit dan kemampuan petani dalam merawat tanaman akan berdampak baik pada volume panen. Dalam hal ini kita tidak hanya harus berkonsentrasi pada ekspor tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan kopi pasar dalam negeri yang terus meningkat," kata Mulyono. (Edhie/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

12. Pejabat Eselon III-V Wajib Lapor Harta Kekayaan
Date/Time : 1/29/2015 5:49:29 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168238/pejabat-eselon-iii-v-wajib-lapor-harta-kekayaan
 

Pemerintah mewajibkan aparatur sipil negara (ASN) untuk melaporkan harta kekayaannya dalam rangka membangun integritas dan upaya pencegahan serta pemberantasan korupsi melalui penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Hal itu tertuang dalam surat edaran Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di lingkungan instansi pemerintah. Surat edaran ini ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi pada 29 Januari 2015.

Surat edaran itu ditujukan kepada para menteri kabinet kerja, panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, para kepala lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), para pimpinan kesekretariatan lembaga negara, para pimpinan kesekretariatan lembaga non struktural, para gubernur dan para bupati/wali kota.

Menteri PAN-RB Yuddy Chrisnandi meminta para pimpinan instansi pemerintah untuk menerapkan kebijakan sebagai berikut:

1. Menetapkan wajib lapor kekayaan bagi pejabat yang memangku jabatan strategis dan rawan KKN, para pengelola anggaran dan panitia pengadaan barang dan jasa untuk menyampaikan LHKPN kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

2. Menetapkan wajib lapor kepada seluruh pegawai ASN selain butir 1 di atas secara bertahap. Wajib lapor ini dimulai dari pejabat setingkat eselon III, IV, dan V untuk menyampaikan LHKASN kepada pimpinan instansi masing-masing.

Laporan itu paling lambat diserahkan antara lain tiga bulan setelah kebijakan ini ditetapkan, satu bulan setelah pejabat itu diangkat dalam jabatan, mutasi, promosi, dan satu bulan setelah berhenti dari jabatan.

3. Menugaskan aparat pengawas internal pemerintah (APIP) untuk memonitor kepatuhan penyampaian LHKASN, melakukan verifikasi kewajaran LHKASN, melakukan klarifikasi kepada wajib lapor, melakukan pemeriksaan jika LHKASN mengindikasikan adanya ketidakwajaran dan menyampaikan laporan pada setiap akhir tahun kepada pimpinan instansi dengan tembusan Menteri PAN-RB.

4. Peninjauan kembali (penundaan/pembatalan) pengangkatan wajib lapor LHKASN dalam jabatan struktural/fungsional, apabila yang bersangkutan tidak memenuhi kewajiban penyampaian LHKASN;

5. Pemberian sanksi sesuai peraturan perundang-undangan kepada: a. Wajib lapor LHKASN yang tidak mematuhi kewajibannya; b. Pejabat di lingkungan APIP yang membocorkan informasi tentang harta kekayaan aparatur sipil negara.

"Kami mengharapkan salinan kebijakan ini disampaikan kepada kami selambat-lambatnya 30 Juni 2015," tutur Yuddy Chrisnandi.

Ia menambahkan, kebijakan ini akan menjadi kriteria dalam penilaian Zona Integritas dan Indeks RB. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

13. 50 Ribu Nelayan Pakai Elpiji, ESDM Ajukan Dana Rp 718 Miliar
Date/Time : 1/29/2015 5:29:02 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168221/50-ribu-nelayan-pakai-elpiji-esdm-ajukan-dana-rp-718-miliar
 

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengusulkan anggaran Rp 718 miliar untuk menjalankan program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas pada nelayan.

Seperti yang dikutip dari data asumsi makro Rancangan Anggran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2015, Kementerian ESDM memprogramkan pencontohan konversi BBM ke BBG sebanyak 50 ribu paket.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, program tersebut akan diterapkan tahun ini. 50 ribu paket tersebut berupak alat pengubah konsunsi bahan bakar (konverterkit) dan tabung gas elpiji ukuran 3 Kilo gram (Kg).

" Program konversi untuk nelayan Tahun ini 50 ribu unit," kata Wira, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Wira menambahkan, saat ini instansinya bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang mendataan wilayah, untuk menerapkan program yang bertujuan mengurangi konsumsi BBM tersebut.

" Sedang kita susun roadmap dengan KKP titiknya dimana dengan KKP, kita tentukan teknologinya, elpijinya," ungkap Wira.

Menurut Wira, saat ini sedang disusun peraturan untuk memayungi program tersebut. Pasalnya, saat ini elpiji bersubsidi 3 Kg hanya diperbolehkan untuk rumah tangga saja. (Pew/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

14. Ubah Arah Bisnis, Pertamina Genjot Hilir Migas
Date/Time : 1/29/2015 5:14:55 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168212/ubah-arah-bisnis-pertamina-genjot-hilir-migas
 

PT Pertamina (Persero) mengaku tengah melakukan evaluasi terkait belanja modal perusahaan. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, hasil evaluasi akan keluar pada bulan depan.

"Kita harapkan di awal Februari bisa disiapkan revisi dari rencana belanja tahun 2015," kata dia di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dia menerangkan, dalam revisi tersebut rencananya Pertamina akan mengubah porsi investasi. Dari semula menggenjot sektor hulu, kini akan beralih ke sektor hilir.

Dengan rencana investasi yang baru, diperkirakan porsi sektor hulu dan hilir menjadi 50:50.

"Downstream-nya kita akan naikan paling tidak 50:50 lah. Karena memang di-downstream kita butuh untuk membangun infrastruktur untuk migas kita," paparnya.

Dia mengatakan, langkah tersebut juga imbas dari pelemahan harga minyak dunia. "Tahun ini kita akan melakukan konsolidasi dari rencana investasi dari US$ 5nbsp miliar- US$ 7 miliar, mungkin akan ditekan US$ 3 miliar- US$ 5 miliar," tandas dia. (Amd/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

15. Sumber Energi Gas Masih Menarik Meski Harga BBM Turun
Date/Time : 1/29/2015 5:04:15 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168192/sumber-energi-gas-masih-menarik-meski-harga-bbm-turun
 

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan penggunaan Bahan Bakar Gas (BBG) masih menarik meski harga Bahan Bakar Minya (BBM) mengalami penurunan.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, saat ini harga premium yang sebesar Rp 6.700 per liter masih lebih tinggi ketimbang harga BBG Rp 3.100 per liter setara premium.

"Harganbsp Rp 6.500nbsp dengan sekarang Rp 3.100 masih setengahnya,"nbsp kata Wira, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Wira mengungkapkan, meski harga BBM turun merefleksikan harga minyak dunia. Program Konversi BBM ke BBG masih berjalan. Karena dengan perbedaan harga yang cukup jauh tersebut penggunaan BBG masih menarik.

"Meski harga BBM turun, program Konversi BBM ke BBG masih menarik," ungkapnya.

Penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diperkirakan akan mengganggu pengembangan program Konversi BBM Ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Analis Energi dari Bower Group Asia Rangga R Fadillah mengungkapkan, semakin murahnya harga BBM akan menyulitkan pengembangan bahan bakar alternatif seperti gas.

"Harga minyak makin terjangkau membuat pengembangan energi alternatif tambah sulit," pungkasnya. (Pew/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

16. Wamenkeu Optimistis Sigit Mampu Penuhi Target Penerimaan Pajak
Date/Time : 1/29/2015 4:51:59 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168189/wamenkeu-optimistis-sigit-mampu-penuhi-target-penerimaan-pajak
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Sigit Priadi Pramuditto sebagai sebagai Direktur Jenderal Pajak menggantikan Fuad Rahmany. Dengan jabatan yang baru ini, Sigit punya tanggungjawab yang besar untuk memenuhi target penerimaan pajak tahun ini.

Namun Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan, target penerimaan pajak yang ingin dicapai pemerintah sudah diketahui oleh Sigit dan tidak keberatan dengan target tersebut.

"Dia ikut rapat juga dan sudah tahu, dia ikut rapat. Dia Kepala Kanwil di LTO (Large Tax Office), sudah tahu. Dalam presentasi itu ada kesamaan target. Dia ikut tanda tangan komitmen. Seluruh kanwil diundang saat rapat," ujar Mardiasmo di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Menurut Mardiasmo, dengan pengalaman tersebut, apalagi telah terbiasa menangani para wajib pajak skala besar, maka Sigit diyakini mampu mengemban tugas baru tersebut.

"Dia juga punya pengalaman. Dia sudah menguasai sebagian besar wajib pajak. Dia sudah punya keberhasilan," tandasnya.

Sebelumnya Komisi XI DPR RI menyetujui besaran usulan pemerintah tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) Tahun Anggaran 2015.

Dalam rapat tersebut, Komisi XI DPR RI menyetujui usulan pemerintah tentang besaran penerimaan perpajakan dalam RAPBN-P 2015 sebesar Rp 1.484,6 triliun. Setoran pajak itu berasal dari Rp 1.244,7 triliun pajak non migas pajak, bea cukai Rp 188 triliun, serta PPh migas Rp 55,5 triliun.(Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

17. Utang Pemerintah ke Pertamina Bikin Perseroan Tak Bisa Move On
Date/Time : 1/29/2015 4:37:17 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168183/utang-pemerintah-ke-pertamina-bikin-perseroan-tak-bisa-move-on
 

PT Pertamina (Persero) mengungkapkan kinerja perseroan masih berat. Lantaran, dana investasi perseroan masih dipegang pemerintah dalam bentuk utang.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, Pertamina saat ini sedang menunggu komitmen pemerintah untuk melunasi hutang tersebut pada tahun 2016.

"Kami sudah diskusi dengan Kementerian Keuangan dan diharapkan tahun 2016 bisa diselesaikan," kata dia, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Tak hanya dari utang pemerintah, Dwi mengatakan kinerja Pertamina tersendat oleh surat utang global (global bonds).

"Cash-nya agak seret, napasnya juga ngos-ngosan. Dengan posisi global bond yang kami punyai, memang kami hadapi tekanan di sana," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan telah mencicil pembayaran carry over sebanyak Rp 10 triliun pada tahun lalu. Jadi total utang ke Pertamina menyisakan Rp 33,02 triliun.

Dia bilang, sisa carry over tersebut rencananya akan dibayarkan total pada tahun ini. Namun begitu, jika sesuai rencanya pelunasan akan dilakukan pada tahun depan.

"Mudah-mudahan carry over Rp 33,02 triliun bisa dilunasi tahun depan. Kalau tidak bisa kami akan bayarkan Rp 25 triliun tahun 2015. Dan sisanya Rp 8 triliun pada 2016," paparnya (5/1/2015).



Back To Top Go To Bottom

18. Harga Minyak US$ 60, Penerimaan Negara Berkurang Rp 30 Triliun
Date/Time : 1/29/2015 4:23:40 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168180/harga-minyak-us-60-penerimaan-negara-berkurang-rp-30-triliun
 

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, penerimaan negara dari sektor minyak turun Rp 30 triliun seiring harga minyak Indonesia yang diajukan turun di dalam APBN-P 2015.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja mengatakan, pendapatan negara turun tersebut disebabkan menurunnya harga minyak Indonesia ( Indonesian Crude Price/ICP) dari pengajuan sebesar US$ 70 per barel menjadi US$ 60 per barel dalam Anggaran Pendapatan Negara dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015.

"Dengan turun jadi US$ 60 per barel maka turun Rp 30 triliun," kata Wira, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Wira mengungkapkan, perubahan ICP setiap US$ 1 maka berpengaruh ke pendapatan negara sebesar Rp 3 triliun. Dengan usulan awal ICP US$ 70 per barel pendapatan negara diperkirakan mencapainbsp Rp 156 triliun.

"Sangat berpengaruh. Kalau turun 1 dolar saja berpengaruh ke penerimaan negara 3 koma sekian triliun rupiah," paparnya.

Menurut Wira, besaran ICP sangat dipengaruhi harga minyak dunia, sementara pemerintah tidak bisa mengontrol harga minyak dunia.

"Itu suatu konsekuensi dari harga minyak turun, tapi kami tidak bisa kontrol ICP. Ini harga dunia," ujar Wira. (Pew/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

19. Minim Sentimen, IHSG Turun Tipis
Date/Time : 1/29/2015 4:10:59 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168205/minim-sentimen-ihsg-turun-tipis
 

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) cenderung tertekan pada perdagangan saham Kamis pekan ini seirama dengan bursa saham Asia melemah.

Pada penutupan perdagangan saham Kamis (29/1/2015), IHSG melemah tipis 6,1 poin (0,12 persen) ke level 5.262,71. Indeks saham LQ45 tergelincir 0,29 persen ke level 909,05. Seluruh indeks saham acuan tertekan pada hari ini.

Ada sebanyak 143 saham yang berada di zona merah sehingga menekan IHSG. Sedangkan 134 saham menguat. Sementara itu, 101 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 192.204 kali dengan volume perdagangan saham 9,91 miliar saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 5,18 triliun.

Secara sektoral, sebagian besar sektor saham melemah kecuali sektor saham konstruksi naik 0,68 persen, sektor saham infrastruktur mendaki 0,04 persen, dan sektor saham perdagangan menguat 0,14 persen.

Adapun sektor saham melemah yaitu sektor saham perkebunan turun 0,88 persen, sektor saham aneka industri tergelincir 0,81 persen, dan sektor saham manufaktur melemah 0,46 persen.

Berdasarkan data RTI, investor asing masih melanjutkan aksi jual bersih sekitar Rp 100 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi beli bersih sekitar Rp 100 miliar.

Saham-saham yang menguat dan jadi penggerak indeks saham antara lain saham SOCI naik 7,14 persen ke level Rp 675 per saham, saham LPKR mendaki 4,59 persen ke level Rp 1.140 per saham, dan saham SIAP naik 2,51 persen ke level Rp 409 per saham.

Lalu saham-saham berkapitalisasi besar cenderung melemah. Saham PGAS turun 2,87 persen ke level Rp 5.075 per saham, saham BDMN melemah 3,85 persen ke level Rp 4.500 per saham, dan saham ADRO tergelincir 1,01 persen ke level Rp 985 per saham.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo menuturkan, pelaku pasar sedang menanti sentimen baru sehingga membuat IHSG tertekan. Pelaku pasar sedang menunggu rilis data makro ekonomi Indonesia terbaru mengingat neraca perdagangan masih defisit pada November 2014. Selain itu, di bursa saham regional tidak ada sentimen.

"Memang regional tidak ada sentimen. Investor juga sedang wait and see. Mereka menanti sentimen yang baru," ujar Satrio saat dihubungi Liputan6.com.

Bursa saham Asia cenderung tertekan pada hari ini. Indeks saham Jepang Nikkei turun 1,1 persen. Penurunan indeks saham diikuti indeks saham Hong Kong Hang Seng melemah 1,2 persen, lalu diikuti indeks saham Shanghai melemah 1,4 persen, indeks saham Mumbai tergelincir 0,6 persen, dan indeks saham Taipei melemah 0,9 persen. Sedangkan indeks saham Sydney menguat 0,3 persen. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

20. Penyederhanaan Izin Pembangkit Listrik Mulai Disosialisasikan
Date/Time : 1/29/2015 4:10:52 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168172/penyederhanaan-izin-pembangkit-listrik-mulai-disosialisasikan
 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memulai proses untuk mempercepat proses perizinan sektor listrik, seperti yang diamanatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala BKPM Franky Sibarani menyatakan ada dua langkah yang telah dan akan dilakukan instansinya untuk mengupayakan perizinan lsitrik yang lebih cepat.

Yaitu sosialisasi proses perizinan listrik di PTSP Pusat kepada kalangan investor dan memfasilitasi percepatan perizinan investasi sektor listrik yang selama ini terhambat. nbsp

ldquoProses percepatan perizinan sektor listrik kita lakukan dengan menguji secara langsung SOP yang saat ini berlaku di PTSP Pusat melalui proses yang dilakukan investor," kata Franky dalam keterangannya, Kamis (29/1/2015).

Dia mengharapkan dengan sistem yang baru ini dapat mengetahui percepatan yang dapat dilakukan pada setiap tahap perizinan. Tentu hal itu akan dilakukannya dengan koordinasi petugas penghubung Kementerian/Lembaga terkait di PTSP Pusat. nbsp

"Setelah sosialisasi dengan investor, kami akan memfasilitasi investor listrik yang saat ini mengalami hambatan,rdquo tegas dia. nbsp

Dalam pertemuan sosialisasi tersebut, Franky mengaku kalangan investor yang hadir menyambut baik inisiatif PTSP Pusat. Namun menantikan terobosan pemerintah untuk menyederhanakan perizinan di tingkat daerah.

Binsar Jon Vic, Legal Manajer PT Tambang Batubara Bukit Asam menyatakan permasalahan yang dihadapi investor lebih banyak seputar perizinan di daerah dan pengadaan tanah. nbsp

ldquoPerizinan di tingkat Bupati/Walikota selama ini dipandang sebagai grey area karena tidak jelas tenggat waktu penyelesain izin yang diberikan.nbsp Ini menjadi critical point,rdquoujar Binsar.

Dia menambahkan, pihaknya juga kesulitan dalam proses pengadaan tanah yang saat ini banyak tumpang tindih dengan kawasan hutan dan kepemilikan tanah masyarakat. (Yas/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

21. lrmlrmChina Jadi Negara Paling Minati Proyek Listrik di RI
Date/Time : 1/29/2015 3:55:58 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168171/china-jadi-negara-paling-minati-proyek-listrik-di-ri
 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat setidaknya tiga perusahaan asal China yang berminat untuk membangun pembangkit listrik di Indonesia. Dari tiga perusahaan tersebut, dua di antaranya telah menyatakan komitmen nilai investasi US$ 19,9 miliar.

"BKPM akan terus melakukan pendampingan agar investor yang sudah menyatakan minat ini dapat segera merealisasikan investasinya,rdquo jelas Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani di Jakarta, Kamis (29/1/2015)

Tak hanya China, negara lain yang menyatakan minatnya untuk membangun sektor kelistrikan di Indonesia antara lain berasal dari Korea Selatan, India, Jepang dan Portugallrm.
nbsp
Sepanjang periode Oktober 2014 hingga 23 Januari 2015, BKPM menyebut terdapat tujuh perusahaan asing yang berminat menanamkan investasi, di mana tiga dinbsp antaranya berkomitmen menanamkan uang US$ 20,45 miliar.
nbsp
Minat investasi dari para investor asing ini bakal mendukung rencana pemerintah membangun pembangkit listrik hingga 35 ribu megawatt (MW). Dari total proyek tersebut, sekitar 25 ribu MW akan dibangun swasta.
nbsp
Untuk itu, pemerintah meresmikan beroperasinya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) demi mempercepat proses perizinan sehingga mempermudah investor yang ingin menanamkan uang di Tanah Air. (Yas/Ndw)
nbsp


Back To Top Go To Bottom

22. Harga Minyak Indonesia Dipatok US$ 60 per Barel
Date/Time : 1/29/2015 3:40:09 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168177/harga-minyak-indonesia-dipatok-us-60-per-barel
 

Kementerian dan Komisi VII DPR menyepakati besaran harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ ICP) dalam Anggaran Pendatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015) sebesar US$ 60 per barel.

Anggka tersebut disepakati dalam rapat lanjutan asumsi makro Kementerian ESDM dengan Komisi VII DPR, di ruang rapat Komisi VII DPR, Gedung Nusantara I DPR Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Ketua rapat yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika memberikan kesempatan Kelompok Fraksi (Poksi) untuk mengajukan besaran ICP untuk APBN-P 2015.

"Kita putar posisi dari fraksi. Jangan range, fix saja dari bawah silakan," kata Kardaya di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Fraksi yang mengajukan patokan ICP Hanura US$ 57 per barel, Nasdem US$ 60 per barel, PKS US$ 60 per barel, PKB US$ 60 per barel, PAN US$ 60 per barel, Demokrat US$ 60 per barel, Gerindra US$ 55 per barel, Golkar US$ 60 per barel dan PDI-P US$ 60 per barel.

"Dari sembilan poksi sudah memasukkan, dari sembilan itu tujuh pada posisi US$ 60 per barel. Hanya dua di luar US$ 60 yaitu US$ 55 dan US$nbsp 57 per barel," ungkapnya.

Menteri ESDM Sudirman Said juga menyetujui besaran ICP dari perolehan pengajuan sembilan fraksi tersebut. Menurutnya, angka US$ 60 per barel sudah didiskusikan dengan berbagai pihak.

nbsp" Sebelum berangkat saya konsultasi dengan berbagai pihak dengan Kementereian keuangan, kami mungkin ambil 60 sebagai asumsi yang moderat," pungkasnya. (Pew/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

23. Kontribusi Migas Kecil, Pertamina Masih Jauh Dari Petronas
Date/Time : 1/29/2015 3:28:05 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168166/kontribusi-migas-kecil-pertamina-masih-jauh-dari-petronas
 

PT Pertamina (Persero) mengungkapkan, kontribusi sektor minyak dan gas (migas) bagi Tanah Air masih kecil. Hal itu disampaikan Direktur Utamanbsp Dwi Soetjipto dalam acara Value Creation-Refining Day 2015.

"Kontribusi Pertamina ke produksi migas untuk negara masih sangat kecil," katanya, di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dia menjelaskan sebagai perusahaan minyak yang dikuasai negara atau National Oil Company (NOC), Pertamina hanya mengisi sebanyak 20 persen migas nasional. Tentu saja, angka tersebut masih tertinggal dari NOC lain seperti Malaysia dengan Petronasnya.

"Kami dibandingkan NOC-NOC lain masih jauh kontribusinya ke negara, dibandingkan Petronas sampai 70 persen, kalau kami cuma 20 persen," ujarnya.

Padahal, Dwi bilang perusahaan negara paling tidak berkontribusi separuh dari kebutuhan nasional. "NOC lain minimal bisa sampai 50 persen," imbuhnya.

Maka dari itu, pihaknya berharap pemerintah memberikan pengelolaan Blok Mahakam diberikan Pertamina. Dengan begitu, kontribusi Pertamina kepada negara akan terus meningkat.

"Harapan paling besar kami tentunya pemerintah memberikan hak penuh pengelolaan Blok Mahakam. Pertamina siap mengelola Blok Mahakam," tandasnya. (Amd/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

24. 3 Proyek Pariwisata Siap Dibangun di RI
Date/Time : 1/29/2015 3:27:45 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168163/3-proyek-pariwisata-siap-dibangun-di-ri
 

Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyebut tiga proyek investasi dalam sektor pariwisata akan dibangun di Indonesia pada tahun ini. Nilai investasi dari ketiga proyek tersebut tidak kurang dari Rp 5 triliun.

"Tahun ini ada tiga proyek dengan nilai Rp 5 triliun, salah satunya ada di Lombok," ujarnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Namun demikian, proyek investasi ini masih memiliki banyak kendala, salah satunya persoalan lahan dan ketersediaan infrastruktur penunjang lain.

"Tapi masalah dengan pemerintah daerah (pemda), yang terkait problem infrastruktur seperti listrik, kebutuhan jalan," lanjut dia.

Tetapi menurut Franky, pihaknya telah bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. BKPM juga telah memetakan wilayah-wilayah yang potensial untuk penyerapan investasi sektor pariwisata.

"BKPM sudah kerja sama dengan Kementerian Pariwisata, ada sembilan base daerah wisata. Destinasinya sebenarnya ada 19 daerah, tapi sembilan itu sudah ada embrionya tinggal dikembangkan. Untuk pariwisata memang jadi unggulan pemerintah saat ini yang cepat bisa meningkatkan pendapatan daerah," tandasnya. (Dny/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

25. Penjual Apel Impor di Semarang Tak Tahu Ada Pelarangan
Date/Time : 1/29/2015 3:15:37 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168162/penjual-apel-impor-di-semarang-tak-tahu-ada-pelarangan
 

Hingga Kamis (29/1/2015), penjualan apel impor di Semarang stabil. Penjualan apel di Semarang tak terpengaruh isu bahwa Kementerian perdagangan RI telah menghentikan izin kegiatan impor apel jenis Granny Smith dan Gala asal Amerika Serikat (AS), terkait dugaan produk apel mengandung bakteri berbahaya, yakni Listeria Monocytogenes.

Menurut Wayan, salah satu distributor buah di Pasar Johar, bukan hanya stabil volume penjualannya, namun harga apel berlabel Washington saat ini masih sama yakni 520 ribu satu karton.

"Stabil kok. Mudah-mudahan tetap stabil. Apalagi saya juga tak tahu peredaran apel impor ini dilarang atau tidak," kata Wayan.

Di tingkat pengecer, para pengecer juga tidak tahu apakah apel impor dilarang atau tidak. Khumaidi, pemilik kios buah di Jalan Gajah Semarang mengaku tidak mengetahui informasi produk apel impor yang berbahaya.

"Saya tiap hari masih mampu menghabiskan 5 kg - 10 kg. Nyatanya juga nggak ada apa-apa kok. Malah banyak PNS yang ikut beli," kata Khumaidi.

Demikian pula dengan pembeli, Voniyanti seorang pembeli malah mempertanyakan bahaya apel tersebut.

"Mungkin yang bahaya dan mengandung bakteri itu apel impor yang mahal-mahal. Nggak semua apel bahaya kan?" tanya Voni. (Edhie Prayitno Ige/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

26. Lele akan Dijadikan Primadona Perikanan Budidaya RI
Date/Time : 1/29/2015 3:05:51 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168168/lele-akan-dijadikan-primadona-perikanan-budidaya-ri
 

Pemerintah menjadikan ikan lele sebagai salah satu komoditas yang bakal digenjot untuk swasembada pangan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyo Soesilo menuturkan, alasan pemilihan ikan berkumis itu lantaran murah dan bergizi.

"Paling murah, protein hewani ada," kata dia usai menggelar rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Tak sekadar itu, Indroyono sendiri bilang ikan lele telah melalang buana sampai ke benua Eropa. "Di Eropa laku kok," terangnya.

Selain lele, dia mengaku akan menggenjot komoditas ikan lain seperti udang, kerapu, kakap merah, nila dan patin.

Dia mengatakan, pemerintah menarget produksi perikanan budidaya mencapai 31,3 juta ton. Dimana, 22 juta ton terdiri dari rumput laut dan sisanya perikanan.

Untuk mencapai hal tersebut, pemerintah mesti mencukup beberapa persyratan penunjang perikanan budidaya. "Budidaya syaratnya ada 7, lokasi, kedua benih, pakan, obat anti virus, teknologinya, pemasarannya," pungkasnya. (Amd/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

27. DPR Khawatir Konflik Palestina-Israel Bikin Harga Minyak Naik
Date/Time : 1/29/2015 3:01:55 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168159/dpr-khawatir-konflik-palestina-israel-bikin-harga-minyak-naik
 

Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika mengkhawatirkan konflik Timur Tengah antar Israel dengan Palestina kembali pecah, sehingga akan memicu kenaikan harga minyak dunia.

Hal tersebut diungkapkan Kardaya saat menentukan besaran harga minyak Indonesia (Indonesian Crude Price/ICP) dalam asumsi makro Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015.

Dalam menentukan ICP, sebaiknya pemerintah memperhitungkan faktor eksternal yang memiliki pengaruh kuat pada fluktuasi harga minyak dunia.

"Tadi malam ada kejadian tentara Israel ditembak, pasnya kalau Israel ngamuk harga minyak rebound. Kalau saya si tentara Israel ditembak tiga itu akan ngamuk," kata Kardaya dalam rapat asumsi makro di ruang rapat Komisi VII, gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dengan melihat kondisi harga minyak dunia saat ini, Kardaya mengajukan besaran ICP dalam APBN-P 2015 pada kisaran US$ 55-US$ 60 per barel.

"Kalau kita ini mungkin US$ 55 batas bawah," tuturnya.

Di rapat tersebut, pemerintah mengajukan besaran ICP US$ 70 per barel pada RAPBN-P 2015. Pelaksana tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) I Gusti Nyoman Wiratmadja mengungkapkan, besaran ICP tersebut berpatokan pada harga rata-rata harga minyak Brent dan WTI yang masing-masing sebesar US$ 68 per barel dan US$ 62 per barel.

"Dari data itu proyeksi ICP berkisar US$ 65-US$ 75 per barel. Kami usulkan ICP US$ 70 per barel," pungkasnya. (Pew/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

28. Mendag Optimistis Pangsa Pasar Ikan RI Besar
Date/Time : 1/29/2015 2:47:20 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168097/mendag-optimistis-pangsa-pasar-ikan-ri-besar
 

Pemerintah menargetkan produksi ikan budidaya mencapai 31,1 juta ton pada 2019. Hal itu mendukung program Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung swasembada pangan.

Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengatakan dengan target itu tak khawatir terhadap jangkauan pasar. Menurut Rachmat, selama ini pasar untuk budidaya ikan besar namun diserobot negara lain yang mencuri ikan.

"Saya sudah bilang, akses pasar pasti. Nah pasarnya itu besar. Selama ini pasar dunia banyak diisi oleh negara-negara lain, karena mengambil ikan kita secara ilegal. Oleh karena itu kita harus mengelola potensi laut kita supaya bagaimana bisa mengisi untuk dalam dan luar negeri," kata dia, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Rachmat menuturkan, saat ini sedang menyiapkan sebuah grand design untuk mendorong produksi ikan tersebut. Grand design tersebut meliputi pemetaan wilayah produksi serta aspek permodalan.

"Tentu kita harus mengelola semua kekayaan alam kita, untuk jadi satu nilai tambah sehingga bisa memenuhi pasar domestik dan dunia. Inilah salah satu upaya untuk membangun kedaulatan pangan," ujar Rachmat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo mengungkapkan, dari target produksi tersebut sebanyaknbsp 22 juta ton untuk rumput laut dan sisanya untuk sektor perikanan.

"Rencananya perikanan budidaya akan ditingkatkan produksinya mencapai 31,3 juta ton tahun 2019," ungkapnya.

Untuk pencapaian itu akan mendorong industri rumput lautnbsp di sektor hulu dan hilir. Kemudian, akan menyiapkan sebuah tim khusus untuk mengatasi ketersediaan pangan budidaya perikanan dan pembasmian virus.

"Untuk semua ini segera kita bentuk satgas di lintas Kementerian karena ini berkaitan juga dengan Kemendagri. Berkaitan dengan mendukung masyarakat untuk mampu mengadakan ketahanan pangan, sesuai instruksi Presiden," tutup dia. (Amd/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

29. Jadi Dirjen Pajak, Ini Tantangan Sigit di Era Presiden Jokowi
Date/Time : 1/29/2015 2:34:12 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168093/jadi-dirjen-pajak-ini-tantangan-sigit-di-era-presiden-jokowi
 

Sigit Priadi Pramuditto ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Direktur Jenderal Pajak. Hingga saat ini pengangkatan resmi Sigit masih menunggu surat Keputusan Presiden (Kepres).

Dalam kepemimpinannya nanti, banyak tantangan yang harus segera diselesaikan Sigit dalam waktu satu hingga lima tahun mendatang.

Pengamatlrm perpajakan dari Centre of Indonesia Taxation Analyst (CITA), Yustinus Prastowo,lrm menilai setidaknya ada tiga hal yang harus menjadi fokus kerja Sigit.

Pertama, hal yang harus dipecahkan dalam waktu dekat adalah menarik aset-aset orang Indonesia yang kini berada di beberapa negara lain, salah satunya di Singapura.

"Jadi bagaimana skema untuk bisa memulangkan itu, supaya negara dapat bagian dari kekayaan mereka yang seharusnya di sini," kata Yustinus saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (29/1/2015).

Adapun hal yang perlu dilakukan adalah berkoordinasi dengan lembaga pemerintahan lain seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, Jaksa Agung, Bank Indonesia dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Hal kedua, Sigit juga ditantang untuk melakukan optimalisasi pungutan pajak dengan melalui sektor kunsumsi, seperti halnya pajak pembelian rumah, mobil dan lainnya.

"lrmSekarang kalau mengandalkan pajak dari suka rela itu sulit, rata-rata kelompok masyarakat yang kaya-kaya ini yang justru kurang patuh, hal itu dibuktikan dengan pajak karyawan lebih banyak," paaprnya.

Sedangkan hal ketiga yang harus diselesaikan oleh Sigit yaiut mengenai penciptaan sistem informasi yang terkoneksi ke berbagai instansi sebagai bentuk pengawasan pajak. (Yas/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

30. Pasar Ikan Indonesia Diserobot Negara Pencuri
Date/Time : 1/29/2015 2:33:11 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168094/pasar-ikan-indonesia-diserobot-negara-pencuri
 

Pemerintah menargetkan produksi ikan budidaya mencapai 31,1 juta ton pada tahun 2019. Hal itu mendukung program Presiden Joko Widodo mendukung swasembada pangan.

Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel mengatakan, dengan target itu tak khawatir terhadap jangkauan pasar. Menurutnya, selama ini pasar untuk budidaya ikan besar namun diserobot negara lain yang mencuri ikan.

"Saya sudah bilang, akses pasar pasti. Nah pasarnya itu besar. Selama ini pasar dunia banyak diisi oleh negara-negara lain, karena mengambil ikan kita secara ilegal. Oleh karena itu kita harus mengelola potensi laut kita supaya bagaimananbsp kita bisa mengisi untuk dalam dan luar negeri," kata dia, Jakarta, Kamis (29/1/2014).

Rachmat menuturkan, saat ini sedang menyiapkan sebuah grand design untuk mendorong produksi ikan tersebut. Grand design tersebut meliputi pemetaan wilayah produksi serta aspek permodalan.

"Tentu kan kami harus mengelola semua kekayaan alam, untuk jadi satu nilai tambah sehingga bisa memenuhi pasar domestik dan dunia. Inilah salah satu upaya untuk membangun kedaulatan pangan," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo mengungkapkan, dari target produksi tersebut sebanyaknbsp 22 juta ton untuk rumput laut dan sisanya untuk sektor perikanan.

"Rencanya perikanan budidaya akan ditingkatkan produksinya mencapai 31,3 juta ton tahun 2019," ungkapnya.

Maka, untuk capaian itu akan mendorong industri rumput lautnbsp di sektor hulu dan hilir. Kemudian, akan menyiapkan sebuah tim khusus untuk mengatasinbsp ketersediaan pangan budidaya perikanan dan pembasmian virus.

"Untuk semua ini segera kita bentuk satgas di lintas Kementerian karena ini berkaitan juga dengan Kemendagri. Berkaitan dengan mendukung masyarakat untuk mampu mengadakan ketahanan pangan, sesuai instruksi Presiden," tutup dia. (Amd/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

31. Puluhan Kilogram Apel Berbakteri Diamankan Disperindag Tangsel
Date/Time : 1/29/2015 2:20:03 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168089/puluhan-kilogram-apel-berbakteri-diamankan-disperindag-tangsel
 

Sejumlah ritel modern yang menjual buah segar, disidak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten pada Kamis (29/1/2015) ini. Hasilnya, puluhan kilogram apel berbahaya jenis Granny dan Gala Smith ditemukan masih diperjual belikan.

Seperti yang terpantau di Total Buah Bintaro Sektor 9 Kecamatan Pondok Aren, terlihat apel berwarna hijau jenis Granny Smith masih terpajang di etalase toko.

Saat disosialisasi petugas gabungan Disperindag dan Dinas Kesehatan setempat, pengelola toko berkilah kalau apel tersebut bukan yang dimaksud berbahaya.

"Bukan apel jenis ini, yang berbahaya sudah kami amankan," ujar salah seorang penjaga toko yang enggan menyebutkan namanya. Meski begitu, petugas langsung mengangkutnya. Sebab dalam apel berwarna hijau itu tampak jelas label Granny Smith.

Sementara di Rumah Buah Alam Sutera Kecamatan Serpong Utara, apel jenis tersebut sudah tak lagi diperjualbelikan. Diungkapkan pengelola swalayan buah, Angel (33), sudah sejak beberapa hari lalu buah tersebut tak lagi dipajang di etalase.

"Sejak ada pemberitahuan dari pemerintah saja, dibarengi ada beberapa costumer kami menelepon, katanya buah ini bahaya. Makanya dikembalikan, ya sudah kami terima," tutur dia.

Sejak mendapat pemberitahuan tersebut, pengelola swalayan langsung menarik semua apel jenis Granny Smith dari etalase. "Langsung kami masukan gudang, untuk dihubungi ke suplayernya," kata Angel.

Namun oleh petugas Disperindag, jenis apel tersebut langsung ditarik. Dikhawatirkan masih ada saja pengelola toko yang nakal. "Kami tarik semua, kami khawatir masyarakat akan terkena dampaknya," ujar Kabid Pengawasan Disperindag Kota Tangerang Selatan, Yusuf Ismail.

Setidaknya ada lebih dari 30 kg apel Granny Smith yang diamankan petugas. Berdasarkan edaran BPOM, apel ini positif mengandung bakterinbsp Listeria Monocytogenes. Dimana bila orang sehat terkena bakteri ini dalam jangka pendek akan mengalami demam tinggi, mual, pusing. (Naomi/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

32. Bos McDonald Corp Lepas Jabatan, Sahamnya Naik 3%
Date/Time : 1/29/2015 2:06:41 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168083/bos-mcdonald-corp-lepas-jabatan-sahamnya-naik-3
 

Chief Executive McDonald's Corp Don Thompson akan mengundurkan diri mulai akhir Februari 2015, dan efektif mulai 1 Maret 2015. Don Thompson akan digantikan oleh Steve Easterbrook yang sekarang menjabat sebagai Senior Executive Vice President.

Don Thompson harus keluar di tengah tekanan yang dihadapi jaringan restoran terbesar di dunia ini. Ia bergabung di McDonald pada 1990 sebagai insinyur elektrok, dan kemudian menjadi presiden McDonald USA dan CEO Global pada Juli 2012.

"Dengan penjualan stagnan untuk jangka panjang memicu banyak dorong untuk berubah," ujar Will Slabaugh, Analis Stephens Inc seperti dikutip dari laman Bloomberg, Kamis (29/1/2015).

Ia menambahkan, perseroan harus menunjukkan kepada investor untuk serius mengubah dan meningkatkan penjualan. Dengan pengumuman pergantian pimpinan McDonald Corp itu mendorong sahamnya melonjak 3,5 persen menjadi US$ 91,90 pada akhir perdagangan saham. Saham McDonald telah merosot sekitar 3,4 persen pada 2014.

McDonald memiliki 36 ribu lokasi di seluruh dunia. Kinerja perseroan belum mencatat pertumbuhan signifikan sejak Oktober 2013 seiring persaingan ketat dari rantai makanan cepat saji.

Manajemen juga telah mengingatkan kalau bisnisnya akan melemah selama semester I 2015. Manajemen juga akan memotong anggaran pembangunan tahunan ke level terendah lebih dari lima tahun.

Pengganti Thompson yaitu, Easterbrook berusia 48 tahun yang mulai bekerja di McDonald pada 1993 sebagai manajer di London. Dia meninggalkan perusahaan pada 2011 menjadi CEO PizzaExpress Ltd, dan kemudian Wagamama Ltd, dan akhirnya kembali ke McDonald pada 2013. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

33. Produksi Perikanan Budidaya Ditargetkan Capai 31,1 Juta Ton
Date/Time : 1/29/2015 1:54:54 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168074/produksi-perikanan-budidaya-ditargetkan-capai-311-juta-ton
 

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menargetkan produksi perikanan budidaya bisa mencapai 31,3 juta ton pada penghujung pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo merinci target tersebut terdiri dari 22 juta ton untuk rumput laut dan sisanya untuk sektor perikanan.

"Rencananya perikanan budidaya akan ditingkatkan produksinya mencapai 31,3 juta ton tahun 2019," kata dia di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dia mengatakan, untuk mendukung program tersebut telah menyiapkan strategi antara lain zonasi budidaya perikanan. Lantaran, zonasi budidaya saat ini terbilang minim.

"Yang sekarang sudah selesai adalah 4 provinsi di Jawa. Termasuk beberapa kabupaten," imbuhnya.

Dia bilang, untuk mendorong produksi rumput laut dari industri hulu sampai hilir. Pengembangan industri hilir penting, mengingat rumput laut bisa digunakan untuk berbagai macam produk seperti shampo, pasta gigi dan kosmetik lainnya.

Untuk sektor perikanan akan menjadikan udang, kerapu, kakap merah, nila, patin dan lele sebagai komoditas unggulan. Maka dari itu, produksi ikan harus terjamin pakannya dan terbebas dari virus.

Indroyono menuturkan sedang menyiapkan tim khusus untuk menanggulangi masalah tersebut.

"Untuk semua ini segera kita bentuk satgas di lintas Kementerian karena ini berkaitan juga dengan Kemendagri. Berkaitan dengan mendukung masyarakat untuk mampu mengadakan ketahanan pangan, sesuai instruksi Presiden," tandas dia. (Amd/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

34. RI Bidik Target Produksi Gas 1,2 Juta Boepd
Date/Time : 1/29/2015 1:42:57 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168072/ri-bidik-target-produksi-gas-12-juta-boepd
 

Komisi VII DPR dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyepakati target lifting gas untuk Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) 2015 mencapai 1,2 juta barel setara minyak per hari (boepd).

Anggka tersebut disepakati dalam rapat lanjutan asumsi makro Kementerian ESDM dengan Komisi VII DPR, di Gedung Nusantara I DPR Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Ketua rapat yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi VII DPR Kardaya Warnika memberikan kesempatan Kelompok Fraksi (Poksi) untuk mengajukan anggka terget liftingnbspgas yang akan ditetapkan dalam RAPBN-P 2015.

Fraksi yang mengajukan target lifting gas diantaranya PDI-P 1,165 juta boepd, Golkar 1,221 juta boepd, Gerindra 1,221 juta boepd, Demokrat 1,221 juta boepd, PAN 1,221 juta boepd, PKB 1,2 juta boepd, PKS 1,777 juta boepd, PPP 1,2 juta boepd, Nasdem 1,165 juta boepd dan nbspHanura 1,221 juta boepd.nbsp

Menurut Kardaya, mayoritas angka yang diajukan sama seperti realisasi produksi gas 2014 yaitu sebesar 1,221 juta boepd.nbsp"Kalau dilihat ini, mayoritas menginginkan sama seperti tahun lalu," ungkap Kardaya.

Menteri ESDM Sudirman Said menambahkan, berdasarkan koordinasi dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) target tersebut akan diusahakan tercapai.

"Barusan bertanya SKK Migas, jawabanya kalau level 1,2 juta masih diusahakan. Barangkali jadi target, kita akan usahakan," pungkasnya. (Pew/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

35. Dorong Perikanan Budidaya, Pemerintah Bakal Swasembada Pakan Ikan
Date/Time : 1/29/2015 1:29:42 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168060/dorong-perikanan-budidaya-pemerintah-bakal-swasembada-pakan-ikan
 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Indroyono Soesilo menargetkan Indonesia akan swasembada pakan ikan. Lantaran pakan ikan untuk budidaya perikanan masih di dominasi oleh impor sehingga pakan menjadi mahal.

Indroyono menjelaskan, pakan ikan sendiri merupakan campuran dari dedak, kedelai dan minyak ikan. Minyak ikan itu yang sekarang masih sulit diproduksi dalam negeri.

"Kami targetkan swasembada pakan ikan secepat mungkin dengan teknologi yang ada," kata dia usai menggelar rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dia mengatakan, impor pakan ikan Indonesia masih tinggi. Untuk nominalnya, besarannya mencapai Rp 1,3 triliun. "Kalau pakan, dilaporkan angka Rp 1,3 triliun kita impor," ujar Indroyono.

Untuk mencapai swasembada pakan ikan mesti mengurangi impor. Tak hanya itu, supaya tidak terjadi kenaikan harga perlunya dicari sebuah subtitusi.

"Kami usaha kurangi impor, caranya jangan sampai harga naik. Dikembangkan sama-sama BPPT. Yang susahnbsp pakan ikan, kan campuran dedak, kedelai, jagung harus ada minyaknya. Dicari apakah bisa dari magot, serangga kelapa sawit," papar Indroyono.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan biaya pakan membebani 80 persen total produksi perikanan budidaya. Padahal, sewajarnya pakan hanya mengambil porsi 50 persen biaya produksi.

Karena itu, Susi menginstruksikan kepada Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Budidaya untuk membuat program yang bisa menekan harga pakan. Ketentuannya, harga pakan ikan tak boleh lebih 60 persen.

"Saya wajibkan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran mengatur program swasembada pakan hanya mencapai 60 persen paling mahal," ujar Susi.
Sebagai informasi, rapat koordinasi ini dihadiri Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Susi yang dijadwalkan hadir, tidak nampak karena ada agenda yang lain. (Amd/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

36. JK Sebut Banyak Investor Ingin Bangun Listrik Hingga 50 Ribu MW
Date/Time : 1/29/2015 1:15:33 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168053/jk-sebut-banyak-investor-ingin-bangun-listrik-hingga-50-ribu-mw
 

Target pemerintah untuk membangun pembangkit listrik sebesar 35 ribu megawatt (MW) dalam 5 tahun mendatang tampaknya tidak akan sulit terealisasikan. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa saat ini saja sudah banyak investor yang berniat untuk membangun infrastruktur listrik ini.

"Saya surprise, dari yang kita mau bangun 35 ribu MW, sudah ada 50 ribu MW yang mau untuk bangun," ujarnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Menurut JK, pemerintah malah saat ini kerepotan memilih investor mana yang cocok untuk membangun pembangkit listrik guna merealisasikan target ini. Tapi pemerintah akan memberikan kesempatan bagi investor yang dinilai paling menguntungkan.

"Malah sekarang kita repot ini kemana, yang ini kemana. Tapi akan kita jalankan, sehingga akan berikan kesempatan kepada yang lebih mudah dan menguntungkan," lanjut dia.

Menanggapi hal tersebut, Pengusaha Sandiaga Uno mengatakan bahwa keseriusan pemerintah dalam membangun infrastruktur akan mendorong investasi di dalam negeri. Dengan kondisi saat ini, Indonesia memang sangat membutuhkan tambahan daya listrik untuk membantu menggerakan ekonomi.

"Waktu jaman Pak SBY, targetkan 10 ribu MW masih sulit. Tapi tadi kata Pak JK sudah 50 ribu MW yang pipe line, itu bagus. Kita memang kekurangan listrik," tandasnya. (Dny/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

37. Wawancara Ekonom ANZ: Di Tangan Jokowi, Ekonomi RI Terus Tumbuh
Date/Time : 1/29/2015 1:01:56 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2166583/wawancara-ekonom-anz-di-tangan-jokowi-ekonomi-ri-terus-tumbuh
 

Berbagai kebijakan digulirkan Presiden Joko Widodo untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jokowi bahkan yakin ekonomi Indonesia dapat tumbuh hingga 7 persen dengan ruang fiskal yang luas akibat kebijakan memangkas subsidi harga bahan bakar minyak (BBM).nbsp

Chief Economist ANZ for Asia Pacific Glenn Maguire juga memberikan proyeksi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini. Bahkan ke depan, dengan sejumlah kebijakan yang tengah dijalankan pemerintah Indonesia, ekonomi domestik dapat tumbuh hingga enam persen tahun depan.

Bagaimana kondisi perekonomian Indonesia dan Asia saat ini? Berikut wawancara khusus Liputan6.com dengan Maguire seperti ditulis Senin (26/1/2015):

Bagaimana prediksi Anda mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini?

Kami rasa Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Tahun ini, kami prediksi ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,5 persen dan 6 persen tahun depan.

Ada beberapa prediksi di sini. Kita mulai dari pelemahan ekonomi global, 2015 juga akan penuh ketidakpastian.China juga nbspmelambat, kami proyeksikan pertumbuhannya ada di kisaran 6,8 persen tahun ini. Tapi itu masih bisa ditingkatkan kembali.

Sementara ekonomi AS akan tumbuh sangat kuat sekitar 3,5 persen bahkan mungkin 4 persen tahun ini. Kekuatan terbesar dari pertumbuhan ekonomi AS adalah daya beli masyarakatnya yang tinggi sehingga konsumsi mencapai 70 persen dari PDB.

2015 juga akan menjadi tahun yang konstruktif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Prediksi tersebut mengacu pada kebijakan pemerintah yang sangat kuat untuk membangun infrastruktur dan berbagai projek domestik.

Tahun ini juga akan menjadi waktu di mana pemerintah akan menghapus berbagai hambatan untuk ekspansi ekonomi Indonesia yang berkelanjutan di masa depan.

Presiden Joko Widodo juga telah menerangkan akan mengalihkan dana subsidi bahan bakar minyak (BBM) untuk pembangunan infrastruktur. Tapi tentu saja akan butuh waktu hingga belanja pemerintah yang berasal dari pengalihan dana subsidi itu bisa berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

Sebenarnya harga minyak yang rendah memang berdampak positif untuk ekonomi global, untuk Asia dan Indonesia. Tapi masyarakat tak tahu seberapa jauh harga minyak dunia akan jatuh. Sejauh ini, harga minyak dunia melemah karena tingkat permintaan yang negatif dan pasokan yang terus meningkat.

Penurunan harga minyak dunia saat ini dapat mencetak lebih banyak uang bagi para importir minyak seperti China dan Indonesia lantaran harga impor yang jauh lebih murah dibandingkan ekspor.

Bagaimana Anda melihat kebijakan ekonomi di Indonesia saat ini?

Di Indonesia, kami melihat kebijakan yang sangat baik, terlebih mengenai kebijakan pemangkasan subsidi BBM yang terjadi di Indonesia dan juga dilakukan di Malaysia.

Sekarang jika Anda menghabiskan 2 hingga 2,5 persen dari PDB untuk mensubsidi BBM, langkah itu sebenarnya tak membantu rakyat miskin.

Subsidi itu justru dinikmati kalangan menengah ke atas. Itu juga tidak memberikan keuntungan apapun bagi ekonomi negara. Jadi jika Anda bisa mengalihkan subsidi tersebut, dan memfokuskan dananya untuk belanja investasi publik dan infrastruktur, daripada hanya nbspmenggunakannya untuk mensubsidi kalangan menengah ke atas, maka Anda bisa menciptakan permintaan komoditas dan barang yang lebih tinggi, menciptakan lowongan kerja melalui berbagai projek baru.

Yang pasti, Anda juga memberikan kontribusi pada perekonomian negara. Itu mengapa saya yakin akan ada pengeluaran yang berkontribusi pada ekspansi ekonomi di Indonesia dalam jangka panjang.

Di sisi lain, dengan kenaikkan suku bunga The Fed yang menuai banyak spekulasi seperti apa yang terjadi dua tahun lalu. Seperti misalnya ekonomi Indonesia yang cukup goyah tahun lalu (menghadapi rencana QE The Fed).

Tapi saat ini, dampak dari penurunan harga minyak sangat membantu karena anggaran meningkat dan defisit neraca berjalan juga tak terlalu membengkak.

Saya rasa kenaikkan suku bunga AS tidak akan berpengaruh terlalu negatif pada ekonomi Indonesia. Mengenai aliran modal, sejauh ini kami tidak melihat adanya risiko dari The Fed.

Bagaimana Anda melihat kebijakan pencabutan subsidi BBM di Indonesia?

Jokowi sudah sangat terang-terangan menjelaskan bahwa uang penghematan subsidi BBM akan digunakan untuk investasi publik dan pembangunan infrastuktur. Saat sebuah negara menghapus subsidi, tentu akan terjadi penambahan anggaran belanja.

Kombinasi antara penurunan harga minyak dunia dan pemangkasan harga BBM yang terjadi dalam waktu bersamaan di Indonesia tentu saja secara praktis menambah anggaran pemerintah.

Tapi tentu saja ada jarak antara menambah ruang fiskal dan menghabiskan tambahan anggaran. Ini mungkin salah satu area di mana konsesus seringkali keliru membaca perekonomian Indonesia.

Butuh waktu untuk menciptakan berbagai proyek infrastruktur yang direncanakan seperti mendesain infrastruktur, membuka lowongan kerja, merekrut pekerja baru, pembebasan lahan hingga proyek rampung dibangun.

Butuh waktu sekitar empat tahun, berbagai proyek yang direncanakan mungkin baru selesai dibangun pada 2017,2018 atau 2019.nbspJadi kami rasa, karena itu, defisit nbspanggaran bisa turun ke bawah dua nbsppersen dari PDB.

Indonesia akan lebih kokoh menghadapi aliran dana keluar, para investor juga akan lebih tertarik untuk datang ke indonesia. itu akan menciptakan volatilitas yang rendah terhadap pertumbuhan ekonomi juga volatilitas yang rendah di pasar-pasar keuangan.

Ya, saya rasa ini kabar baik. Indonesia merupakan salah satu negara yang mendapatkan keuntungan dari turunnya harga minyak dunia dengan segera memangkas subsidi BBM, itulah yang dilakukan Jokowi. Dan untuk membuat satu langkah besar, dengan agenda kebijakan luar biasa yang dikenal secara internasional, saya rasa ini mengejutkan banyak pihak.

Akhir tahun lalu banyak orang yang mengatakan Jokowi tak akan bisa bekerja dengan, itu akan sulit, dan tiba-tiba dia mengambil langkah nbspcepat di luar prediksi banyak orang. Jadi tentu saja ini sangat positif.

Menurut pandangan Anda, seberapa jauh Jokowi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia?

Saya rasa situasinya sedang berjalan dengan sangat baik saat ini. Bukan hanya pertumbuhan ekonomi saja yang sedang dikejar Jokowi saat ini baik secara internasional maupun domestik. Tapi secara internasional dia juga sering muncul di berbagai headline terutama soal kasus pencurian ikan di sektor maritim dan hubungan internasional.

Secara kontras, dia menunjukkan perhatian yang luar biasa secara domestik seperti mengunjungi rakyat miskin, melakukan aksi blusukan, yang dilakukan dengan sangat tulus. Dia memiliki wajah yang sangat domestik tapi dikenal secara internasional.

Dengan kartu emas ini, dia akan mampu menyelesaikan banyak persoalan di Indonesia satu per satu. Juga dia akan mampu membangun berbagai proyek yang menjadi cita-citanya.

Anggaran yang cukup besar dari pengalihan dana BBM saya rasa juga dapat memudahkan berbagai agenda reformasi Jokowi terlebih saat harga minyak di pasar internasional terus menurun.

Yang akan terjadi adalah dengan pengalihan dana subsidi BBM, pemerintah Indonesia dapat mendanai beberapa proyek infrastruktur ke depan. Beberapa diantaranya seperti tol laut yang akan sangat efisien, distribusi barang juga menjadi lebih efisien, serta untuk memperbaiki berbagai infrastruktur yang sudah ada.

Jadi saya rasa, kami menggambarkan, perekomian Indonesia dan Asia di 2015 akan penuh dengan berbagai pilihan kebijakan yang kuat.

Dengan pemangkasan subsidi BBM bagaimana pengaruhnya terhadap tingkat inflasi di Indonesia?

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai pengetatan moneter, seperti subsidi BBM sudah dihapuskan, tapi defisit anggaran masih meningkat. Dengan penurunan harga minyak, seharusnya terjadi disinflasi, ini yang membuat Indonesia berbeda dibandingkan negara Asia lain.

Di India, kita sudah melihat disinflasi yang sangat-sangat tajam, itu reaksi dari kebijakan India setelah melakukan beberapa langkah cepat pengetatan kebijakan moneter 2015.

Di indonesia kita belum lihat itu, tapi kami prediksi tingkat inflasi Indonesia akan melambat dari 8,6 persen akhir tahun lalu menjadi di bawah 1,5 persen pada kuartal III tahun ini.

Jadi Bank Indonesia akan terdorong untuk memangkas suku bunga guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Itu akan menurunkan biaya pinjaman modal sehingga kemungkinan investasi swasta akan lebih besar daripadai investasi publik.

Kepercayaan diri konsumen juga akan meningkat. Sehingga seperti tadi disampaikan Indonesia mampu mencapai pertumbuhan ekonomi 5,5 persen. Kami prediksi akan lebih positif tahun depan sebesar 6 persen, lalu pertumbuhan ekonomi Indonesia akan meningkat di sekitar level tersebut. 2015 merupakan waktu di mana banyak pilihan kebijakan yang baik untuk ekspansi ekonomi berkelanjutan yang bertahan lama hingga beberapa tahun ke depan.


Sekarang ini pernyataan The Fed mengenai kenaikkan suku bunga terus menuai spekulasi. Menurut Anda sejauh mana dampaknya terhadap Asia, khususnya Indonesia dan rupiah?


Kita sudah lihat gejala dari dampaknya, sudah dua tahun mata uang Asia terus melemah sementara dolar terus menguat. Jadi hal tersebut membuat aset finansial negara-negara di Asia menjadi murah di pasar keuangan AS.
Dan bagi negara-negara yang masih mengalami defisit anggaran dan defisit transaksi berjalan, mereka perlu menanam modal di pasar internasional.

Seperti apa yang kita lihat terjadi pada India dan Indonesia pada 2013, saat mata uangnya melemah parah ketika The Fed mengumumkan akan mencabut dana stimlusnya. Pelemahan mata uang membuat harga aset finansialnya menjadi murah. Selama dua tahun kita telah melihat mata uang Asia relatif murah terhadap AS.

Yang pasti adalah, dolar akan terus menguat, dengan ECB yang juga akan mulai menggulirkan dana stimulusnya (quantitative easing/QE), kita lihat juga bank sentral Jepang akan melakukan QE lanjutan, sementara China juga akan mengambil berbagai kebijakan baru. Jadi 2015 akan menjadi situasi yang sangat luar biasa bagi dolar AS. Di saat bersamaan tentu saja mata uang Asia melemah.

Yang paling penting adalah, dengan harga minyak dan komoditas yang kini tengah jatuh, kegiatan ekspor tidak akan memberikan return yang positif.

Namun pada saat yang sama, negara-negara seperti Indonesia, India, dan Malaysia memperoleh pendapatan yang lebih tinggi.

Dinamika lain adalah saat terjadi pelemahan mata uang di Asia, para investor lebih memilih dolar, dan itu membuat nilai dolar semakin menguat dan menjadi risiko tersendiri bagi penguatan mata uang Asia.

Risiko lain saat ini adalah kebijakan ECB akan mengalirkan lebih banyak likuiditas pada ekonomi global. Ini akan memicu The Fed untuk segera menaikkan suku bunga.

Namun Gubernur The Fed Janet yellen sangat berbeda dengan Ben Bernanke dalam mengambil kebijakan. Yellen sanggup menunggu cukup lama, demi menstabilisikan inflasi yang lebih tinggi dan menunggu angka pengangguran berkurang untuk memastikan ekonomi AS telah pulih dengan baik.

Dia juga memiliki komunikasi yang baik. Dia tidak serta merta memberikan sinyal ke pasar seperti saat Ben Bernanke mengumumkan penarikan dana stimulusnya dua tahun lalu.

Yellen terkesan penuh kejutan, berbeda dengan Bernanke yang bergerak tanpa kejutan. Sejauh ini, Yellen ingin membentuk The Fed yang lebih transparan dan menunjukkan strategi komunikasi yang lebih mudah dipahami.

Mata uang Asia saat ini melemah secara bersamaan. Tahun ini, mata uang mana di Asia yang volatilitasnya paling tinggi, khususnya saat The Fed menaikkan suku bunga?

Ringgit Malaysia akan menjadi yang mata uang yang volatilitasnya paling tinggi tahun ini. Itu karena defisit anggaran dan defisit transaksi berjalannya masih terlalu tinggi bahkan hingga kuartal II-2015.

Defisit kembar itu yang kemudian membuat Malaysia rentan terhadap aliran dana keluar. Sementara kemampuan pemerintah untuk intervensi masih terbilang lemah.

Bagaimana dengan mata uang Asia lainnya?

Saya kira indonesia dan india tak akan mengalami itu (pelemahan parah) karena sentimen di dalam negeri yang sudah sangat positif. Sementara yen Jepang sudah memperlihatkan pelemahan yang cukup parah sejak awal tahun, Bank Sentral Jepang juga akan melakukan quantitative easing lanjutan guna menyelamatkan mata uangnya.

Sementara yuan China juga kemungkinan akan ikut melemah. Jadi itu mata uang yang akan melemah.

Sementara dolar Singapura masih mengalami apresiasi. Sejauh ini, dolar Singapura masih terbilang tumbuh cukup baik di antara mata uang Asia lain.

Tapi saya rasa kita tidak akan melihat pelemahan rupiah dan rupee seperti yang terjadi pada 2013. Tapi bukan berarti mata uang negara berkembang lain akan menguat. Misalnya seperti Rusia, Vezuela, Brasil, dan Amerika latin. Pada 2013-2014, negara berkembang memang menunjukkan dinamika perekonomian yang terbilang cukup sama.

Apakah jatuhnya harga minyak dunia benar-benar berdampak positif pada ekonomi Asia, banyak analis yang meragukannya?

Lihat, meskipun harga komoditas jatuh pada saat yang bersamaan dengan harga minyak dunia, tapi jatuhnya harga minyak di pasar internasional tetap akan berpegaruh positif dan menguntungkan bagi ekonomi Asia.

Apa yang terjadi saat ini beberapa komoditas yang menggantikan minyak, jadi karet salah satunya. Bati bara. Beberapa harga komoditas juga ikut jatuh. Tapi tetap saja jatuhnya harga minyak berdampak positif.

Malaysia sepertinya akan menjadi satu-satunya negara di Asia yang ekonominya goyah karena mengalami penurunan pendapatan ekspor menysusul penurunan harga minyak. Jadi maksud saya, minyak dan jatuhnya harga minyak pada dasarnya memiliki tiga konektivitas yang kemudian berpengaruh pada inflasi.

1. Berkurangnya biaya produksi

Jadi bagi perusahaan, biaya produksi minyak akan berkurang secara signifikan, biaya distribusi barang juga akan lebih rendah. Itu jelas positif untuk margin, keuntungan perusahaan akan meningkat dan menarik lebih banyak investastor pada perusahaan.

2. Berkurangnya biaya kebutuhan sehari-hari

Mengurangi biaya keperluan rumah tangga seperti untuk membeli minyak sayur. nbspDi negara berpendapatan tinggi di mana penggunaan minyak dalam porsdi sangat tinggi untuk transportasi, untuk keperluan rumah tangga, ini juga akan mendatangkan pendapat yang besar, seperti yang saat ini terjadi di Amerika Serikat.

Selain itu aktivitas perdagangan juga akan meningkat di mana permintaan ekspor dari negara Asia juga dapat terus meningkat.

3. Kebijakan moneter

Pada 1984-1985 saat harga minyak turun sekitar 50 persen dan negara-negara maju di Eropa serta Amerika Serikat mengendurkan kebijakan moneternya. Dan saya lihat akan ada dinamika harga yang sama tahun ini.

Negara mana yang paling diuntungkan dari jatuhnya harga minyak dunia saat ini?

Semua akan tergantung pada pengguna minyak di Asia. China akan menjadi salah satu yang mendapat keuntungan. Indonesia juga akan menjadi salah satu yang untung karena memangas subsidi BBM di tengah penurunan harga minyak dunia. Jadi penambahan anggarannya menjadi sangat besar.

Vietnam mengekspor minyak mentah dan batu bara ke China dan mengimpor produk minyak olahan, jadi saya rasa negara ini juga akan menerima keuntungan serupa.

Thailand sudah beralih pada LNG, jadi sudah menggunakan gas untuk kendaraan. Jadi tidak bisa bicara kaitannya dengan belanja minyak di Thailand.

Jadi bisa dilihat, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling diuntungkan dari jatuhnya harga minyak.

Filipina cukup menarik karena negara itu sudah menghapus subsidi sejak 1996, mereka mengikuti pegerakan harga internasional.

Secara umum, terdapat keuntungan pendapatan yang beragam untuk Indonesia, Vietnam, tergantung penggunaannya. Sejauh ini tetap akan positif bagi ekonomi Asia.

Tapi di pertengahan 2015, atau 2016 Anda akan melihat bagaimana perekonomian mulai bergerak stabil di tengah jatuhnya harga minyak dunia. Penurunan harga minyak saat ini seperti karunia mendadak. Ini tentu saja hal yang sangat tidak biasa terjadi, masyarakat juga membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pengeluaran.

Sejauh ini data ekonomi beberapa negara tercatat terus meningkat. Satu hal yang dinanti kini seberapa jauh harga minyak akan tersungkur. (Sis/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

38. Demi Target Pajak, Sigit Diminta Jadikan Pesaingnya Masuk Tim
Date/Time : 1/29/2015 12:46:42 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168042/demi-target-pajak-sigit-diminta-jadikan-pesaingnya-masuk-tim
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Sigit Priadi Pramudittolrm sebagai Dirjen Pajak menggantikan Fuad Rahmany.

Pengamat perpajakan dari Centre of Indonesia Taxation Analyst (CITA), Yustinus Prastowo mengusulkan agar dirjen pajak baru dapat memasukkan pesaingnya dalam seleksi calon DJP ke dalam pejabat tinggi Dirjen Pajak. Langkah ini untuk mengejar target pajak yang ditetapkan Presiden Jokowi.

"Saya kira harus ada rekonsiliasi, merangkul semua yang kalah untuk segera membangun tim yang solid, karena ini tidak bisa santai-santai," kata Yustinus saat berbincang dengan Liputan6.com, Kamis (29/1/2015).

Ia menambahkan, seluruh peserta seleksi DJP yang sudah diajukan ke Tim Penilai Akhir (TPA)lrm sebanyak 4 orang termasuk orang-orang yang berkompeten dan bukan sembarangan.

Sebagai Dirjen Pajak, Sigit bisa memasukkan tiga orang pesaingnya ke dalam jabatan sekelas Deputi di Direktorat Jendral Pajak atau sebagai staf ahli. Dengan begitu, nantinya dapat menciptakan situasi kerja yang lebih kompak dan solid dari kepemimpinan sebelumnya.

"Saya kira Pak Sigit tidak boleh mengulangi kesalahan sebelumnya, di mana waktu dipimpin Pak Fuad, tidak mau membangun kekompakan pegawai, harusnya itu dibangun dan digerakkan, itu dulu tidak terjadi, jadi di dalam itu rapuhlrm," papar Yustinus.

Sebelumnya Komisi XI DPR RI menyetujui besaran usulan pemerintah tentang Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (RAPBN-P) Tahun Anggaran 2015.

Dalam rapat tersebut, Komisi XI DPR RI menyetujui usulan pemerintah tentang besaran penerimaan perpajakan dalam RAPBN-P 2015 sebesar Rp 1.484,6 triliun.

Setoran pajak itu berasal dari Rp 1.244,7 triliun pajak non migas pajak, bea cukai Rp 188 triliun, serta PPh migas Rp 55,5 triliun. (Yas/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

39. JK: Dalam 2 Tahun, Ekonomi RI Bisa Tumbuh 7%
Date/Time : 1/29/2015 12:33:03 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168036/jk-dalam-2-tahun-ekonomi-ri-bisa-tumbuh-7
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi)menargetkan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 7 persen selama masa pemerintahannya.

Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) untuk dapat mencapai pertumbuhan ekonomi tersebut sebenarnya tidak sulit. Pasalnya, dengan kondisi saat ini saja ekonomi Indonesia bisa tumbuh di atas 5 persen.

"Secara mudah, kalau tahun lalu kita tumbuh 5,2 persen. Itu pada saat itu semua orang kecewa karena APBN defisit,nbsp current account defisit, primary balance defisit, tapi kita masih bisa tumbuh 5 persen," ujarnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Maka dengan segala perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah, lanjut JK, seperti mengurangi subsidi BBM, mempermudah layanan investasi melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan pembangunan infrastruktur seperti pembangkit listrik, pelabuhan dan lain-lain, maka pertumbuhan ekonomi yang ditergetkan bisa tercapai dalam 2 tahun mendatang.

"Kalau ini diperbaiki semua, masa tidak bisa tumbuh 6 persen-7 persen dalam 2 tahun mendatang?" tandasnya. (Dny/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

40. Ini Cara Bayar Parkir Pakai Uang Elektronik
Date/Time : 1/29/2015 12:20:51 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168028/ini-cara-bayar-parkir-pakai-uang-elektronik
 

Pemerintah DKI Jakarta kembali meluncurkan inovasi baru guna mendukung program Lesh Cash Society yang tengah digalakkan Bank Indonesia. Kali ini pemerintah DKI Jakarta melalui Unit Pelaksana Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakartanbsp meluncurkan sistem pembayaran parkir dengan menggunakan uang elektronik (e-money).

"Implementasi ini dapat mempermudah masyarakat melakukan transaksi pembayaran parkir, meningkatkan transparansi pendapatan parkir, serta mengatasi kebocoran pendapatan parkir," ungkap Kepala UPP Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sunardi M. Sinaga di acara peluncuran sistem e-parking di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Pemerintah DKI menggandeng enam bank besar yaitu BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Mega, BCA, dan Bank DKI, untuk bekerjasama dalam sistem pembayaran parkir elektronik tersebut. Masyarakat Jakarta nantinya dapat menggunakan kartu Tapcash BNI, Mandiri e-money, BRI Brizzi, Mega Cash Bank Mega, Flazz BCA dan Bank DKI JakCard untuk membayar parkir.

Untuk sistem pembayaran parkir, seluruh varian kartu elektronik dari keenam bank tersebut dapat digunakkan di mesib parkir yang dikelola PT Mata Biru.

Selain di Jalan Sabang, lokasi parkir lain yang digunakan untuk implementasi penggunaan uang elektronik antara lain di Kelapa Gading sebanyak 90 titik dan 13 titik di Jalan Falatehan.

"Setiap jam nya, bus dan truk akan dikenakkan biaya Rp 8.000 per jam. Sementara mobil pribadi berukuran kecil dan sedang harus membayar Rp 5.000 per jam dan motor Rp 2.000 per jam," terang Sinaga.

Ke depan, pemerintah DKI Jakarta juga tengah berusaha mengukur sanksi yang perlu diberikan jika pengguna kendaraan melampaui estimasi lama parkir di suatu tempat. Berikut cara parkir dengan menggunakan uang elektronik:

1. Menempelkan uang elektronik pada reader di Terminal Parkir Elektronik (TPE)

2. Memilih tipe atau jenis kendaraan

3. Memasukkan plat nomor polisi kendaraan serta perkiraan lama parkir.

4. Setelah muncul konfirmasi harga, pilih tanda checklist dan struk akan keluar sebagai bukti pembayaran.



Back To Top Go To Bottom

41. Goldman Sachs Pangkas Prospek Sektor Komoditas
Date/Time : 1/29/2015 12:05:43 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168027/goldman-sachs-pangkas-prospek-sektor-komoditas
 

Usai menurunkan harga minyak, kini lembaga keuangan internasional Goldman Sachs memangkas prospek untuk seluruh sektor komoditas.
Goldman menurunkan sektor komoditas termasuk energi, logam, perkebunan dan peternakan dari netral menjadi underweight dalam tiga bulan.

"Meskipun penurunan besar terjadi untuk harga komoditas. Kami melihat risiko untuk harga kembali turun dalam jangka pendek. Harga minyak lebih rendah dapat mendorong deflasi sehingga memberikan dampak harga komoditas lebih luas," ujar Analis Goldman Sachs, Christian Mueller Glissmann seperti dikutip dari laman CNBC, Kamis (29/1/2015).

Analis memperkirakan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) akan tetap berada di kisaran US$ 40 per barel hingga semester I 2015. Hal itu seiring pertumbuhan pasokan melambat, dan investasi modal berlanjut di shale gas Amerika Serikat (AS) tetap berlanjut.

Mueller-Glissmann memperkirakan, keseimbangan akan kembali untuk pasar minyak dunia pada 2016. Analis akan meningkatkan prospek sektor komoditas dari netral menjadi overweight dalam 12 bulan mendatang.

"Pada akhir 2015, kami melihat persediaan akan membuat peringkat menjadi netral. Kenaikan harga diikuti biaya marjin produksi yang diperkirakan menjadi US$ 65 untuk WTI dan US$ 70 untuk Brent. Namun waktu normalisasi persediaan dan harga tetap sangat tidak pasti, sebagian karena biaya sedang berlangsung untuk shale," tulis mereka.

Selain Goldmand, Barclays juga merevisi penurunan harga minyak. Harga minyak dunia Brent dan WTI masing-masing akan berada di kisaran US$ 44 dan US$ 42. (aHM/)



Back To Top Go To Bottom

42. Pedagang Kaki Lima Juga Harus Pakai Sistem e-Money
Date/Time : 1/29/2015 11:52:23 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168019/pedagang-kaki-lima-juga-harus-pakai-sistem-e-money
 

Sejalan dengan program Lesh Cash Society yang diusung Bank Indonesia, pemerintah DKI Jakarta terus mendorong penggunaan uang elektronik di kalangan masyarakat Ibu Kota. Ke depan, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang lebih dikenal dengan sapaan Ahok mengatakan, para pedagang kaki lima (PKL) juga harus menerapkan sistem pembayaran dengan uang elektronik.

"Ke depan, bapak ibu kalau mau belanja atau makan dari PKL di tempat yang sudah kami atur, tidak bisa lagi bayar pakai uang kontan," tegasnya saat menghadiri peluncuran pembayaran parkir menggunakan uang elektronik di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Rencananya, pada Maret, para pedagang kaki lima di kawasan Monas akan mulai didorong untuk menerapkan penggunaan uang elektronik. Ahok mengatakan, terdapat sekitar 399 pedagang kuliner di kawasan tersebut.

"Jadi kami akan memaksakan para PKL untuk menggunakan kartu seperti naik bus dan bayar parkir, pakai uang elektronik," katanya.

Dengan begitu, pemerintah DKI Jakarta bisa mengantongi data lengkap para pedagang kecil di Ibu Kota. Hal ini juga penting agar pemerintah daerah setempat dapat melacak pedagang kaki lima mana yang menjual makanan dengan bahan baku berbahaya.

"Nanti bisa tahu PKL yang jual ketoprak siapa, nasi goreng siapa, kadar gula garamnya berlebihan atau tidak, karena sekarang Jakarta sudah overweight," ungkapnya.

Dia mencatat sekitar 85 persen BPJS Kesehatan Jakarta habis digunakan untuk cuci darah, diabetes, jantung dan sebagainya.nbsp Ahok menegaskan, tak akan segan-segan menghentikan usaha para PKL yg tertangkap basah melanggar aturan.

"Yang dagang di pasar kami lalu ketahuan ada bahan kimia tiga kali, kami usir dari pasar Jakarta, yang kena kanker banyak lantaran itu," tandasnya. (Sis/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

43. RI Harus Tetap Waspada Terhadap Kejutan Ekonomi Dunia
Date/Time : 1/29/2015 11:37:40 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168012/ri-harus-tetap-waspada-terhadap-kejutan-ekonomi-dunia
 

Meski kondisi ekonomi Indonesia dalam keadaan yang baik, namun pemerintah juga harus tetap waspada pada perkembangan ekonomi di dunia.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan, hal ini karena Indonesia masih mengalami defisit pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan defisit necara transaksi berjalan.

"Ekonomi kita sedang baik sebenarnya. Tapi kondisi dunia harus kita waspadai. Secara objektif ada isu struktural. Masalah yang kita patut perhatikan juga mengalami twin defisit," ujar Agus di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Selain itu, yang perlu diwaspadai oleh perekonomian Indonesia yaitu kenaikan harga minyak dunia sebagai titik balik dari anjloknya harga BBM yang terjadi pada saat ini. Hal tersebut akan berdampak pada negara-negara di Asia, serta penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

"Shock yang besar dampaknya ke Asia akibat minyak dunia, ekonomi Amerika dengan penguatan dolar yang terus meningkat dan saluran keuangan pada transaksi berjalan ini, banyak transaksi defisit," lanjutnya.

Meski demikian, menurut Agus, penurunan harga minyak dunia saat ini masih memberikan pengaruh positif, seperti pemerintah bisa mengurangi anggaran subdisi untuk BBM.

"Pemerintah memutuskan untuk tidak lagi memberikan subsidi premium, solar disubsidi Rp 1.000. Itu keputusan yang tepat, karena harga minyak dunia turun. Bisa menangani defisit APBN," ujar Agus. (Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

44. Sektor Pertanian Jadi Jalan Keluar Bagi Masalah TKI
Date/Time : 1/29/2015 11:24:54 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167999/sektor-pertanian-jadi-jalan-keluar-bagi-masalah-tki
 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan banyaknya tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mencari pekerjaan di negara lain disebab oleh minimnya pertumbuhan sektor industri dan juga sektor pertanian di dalam negeri.

Padahal menurutnya, jika kedua sektor tersebut dikembangkan dengan baik, lanjut JK, dapat menyerap tenaga kerja yang banyak di dalam negeri.

"Kenapa banyak TKW (Tenaga Kerja Wanita), karena pertanian dan industrinya kurang. Dalam 1 hektar (ha) pertanian bisa berikan pekerjaan maksimal 5 orang, 1 hektar industri serap 100 orang," ujarnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Oleh sebab itu, sektor pertanian dan industri menjadi sangat penting. Selain untuk memberikan lapangan pekerjaan, kedua sektor ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

"Makanya pertanian penting bagi ketahanan pangan, sedangkan industri untuk lapangan kerja dan produktifitas," lanjutnya.

Meski demikian, untuk menggairahkan kedua sektor ini dibutuhkan ketersediaan infrastruktur dan modal yang cukup. Hal tersebut yang tengah dibangun oleh pemerintah saat ini.

"Tapi keduanya butuh infrastruktur dan modal yang mendukung. Kita butuh sistem yang akan menjamin itu," tandasnya. (Dny/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

45. Ini Jalur Kereta Api dan Tol Laut di Papua
Date/Time : 1/29/2015 11:16:41 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167997/ini-jalur-kereta-api-dan-tol-laut-di-papua
 

Balai Jalan Nasional wilayah X Papua memetakan sejumlah daerah yang memungkinkan untuk pembangunan jalur rel kereta api. Walaupun instansi ini belum diikut sertakan dalam studi kelayakan pembangunan jalur kereta api, namun beberapa daerah dimungkin bisa dibangun jalur tersebut.

Daerah itu di antaranya bagian selatan Papua yang terdiri dari Kabupaten Merauke tembus ke Tanah Merah, Boven Digul, lalu juga ada bagian utara yakni Jayapura-Sarmi atau Jayapura-Mamaeramo Raya.

Kepala Balai Jalan Nasional wilayah X Papua, Thomas Setiabudi Aden mengatakan hampir seluruh kabupaten di wilayah pegunungan tengah sulit untuk dibuka jalur kereta api, sebab tingkat ketinggiannya maksimum.

Untuk membuka akses jalan misalnya syarat ketinggian maksimum 12 persen, namun di wilayah pegunungan tengah mencapai 70 persen, tetapi mau tidak mau, jalur tersebut harus dibuka, untuk membuka keterisolasian masyarakat setempat.

ldquoDaerah Nabire-Paniai yang sudah dibuka dapat dilalui dengan jalur darat untuk bisa tembus ke kabupaten Deiyai dan Dogiyai sekaligus saja, masih sulit untuk dibangunkan rel kereta api. Kalaupun dipaksakan, cost-nya akan tinggi sekali, seperti kereta api Beijing-Tibet, menanjak luar biasa,rdquo ucapnya, (29/1/2015)

Sementara itu untuk wilayah Papua Barat justru dimungkinkan untuk pembangunan rel kereta api, sebab hampir sejumlah ruas jalannya datar, misalnya Fakfak-Bomberay sangat layak untuk dibangun rel ketera api. Dari 13 kabupaten yang ada di Provinsi Papua Barat, hanya ada beberapa daerah di Kabupaten Maybrat yang tak layak untuk pembangunan kereta api.

ldquoDi daerah Maybrat itu hampir sama dengan wilayah pegunungan tengah Papua. Di sana ada sebutan gunung tertinggi yakni Puncak memetik bintang, lalu ada gunung botak, kemudian ada gunung pasir dan beberapa gunung lagi,rdquo paparnya.


Tol laut

Untuk pembangunan jalur tol, Balai jalan nasaional setempat mengklaim tanah Papua justru lebih siap dalam pengembangan dan pembangunan tol laut. Bahkan pihaknya berharap pembangunan tol laut bisa mencapai Pelabuhan Depapre yang terletak di Kabupaten Jayapura yang nantinya status pelabuhan itu akan meningkat menjadi pelabuhan internasional.

ldquoTanah Papua justru lebih siap dengan pembangunan tol laut. Kami telah membangun swator-swator dan jalan menuju kearah pelabuhan. Selain tol laut akan dibangun di Sorong, daerah Nabire-Waropen juga layak untuk dilewati tol laut tersebut hingga kearah Pelabuhan Depapre. Semoga ini dapat terwujud,rdquo harapnya.

Balai jalan nasional berharap pembangunan jalur kereta api dan tol laut di tanah Papua dapat segera terwujud. Salah satunya untuk menekan kemahalan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat setempat.

Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla menargetkan pembangunan tol laut dan jalur kereta api dapat diwujudkan di Bumi Cenderwasih. Bahkan pembangunan tol laut akan difokuskan dari wilayah Indonesia Timur, diantaranya Makassar, Maluku dan Biak Numfor.

Salah satu pembangunan tol laut adalah melayani dan mempermudah akses niaga dari negara pasifik bagian selatan ke negara Asia Timur. Rencana pembangunan tol laut akan dimulai 2016 atau 2017.

Sedangkan jalur kereta api di tanah Papua dilakukan untuk membuka keterisolasian dan pemerataan pembangunan di tanah Papua. Pembangunan kereta api di Papua, bukan dilakukan dari tahapan awal, sebab studi kelayakannya telah dilakukan dua tahun lalu, misalnya untuk jalur Sorong-Manokwari.

Bahkan rute jalur ketera api di Papua dan Papua Barat mencapai 400 kilometer (km). Pembangunan jalur kereta api di Papua, juga untuk membangun konektivitas di seluruh Indonesia. (Katharina/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

46. Pengusaha Berlaku Curang di Jakarta, Apa Kata Ahok?
Date/Time : 1/29/2015 11:03:16 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167996/pengusaha-berlaku-curang-di-jakarta-apa-kata-ahok
 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus bekerja keras memberantas para pengusaha nakal yang berbisinis demi keuntungan pribadi semata.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama yang biasa disapa Ahok bahkan memberikan peringatan keras pada para pengusaha yang masih berlaku curang.

"Kalau pengusaha tidak fair dalam berbisnis di Jakarta, kami bisa makan bisnis Anda, karena kami kaya dan berkuasa. Itu saya peringkatkan ke para pengusaha," tegas Ahok saat memberikan sambutan dalam acara peluncuran sistem pembayaran parkir dengan menggunakan uang elektronik di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Ia menerangkan, pemerintah DKI Jakarta memiliki BUMD dan Bank DKI yang nanti akan diberikan suntikan dana agar bisa sejajar dengan BCA. Bahkan dia menyebutkan, gaji PNS di Jakarta juga sudah jauh lebih baik dari counter bank.

"Jadi deal bisnis dengan DKI sebenarnya sudah sangat jelas, tidak ada suap atau komisi dalam bisnis di DKI. Kami konglomerat dan berkuasa," ujar Ahok.

Dia menjelaskan, seluruh bisnis di Jakarta harus menganut sistem bagi hasil dan saling menguntungkan. Artinya, pengusaha tidak bisa mendapatkan keuntungan besar sementara pemerintah DKI Jakarta dirugikan.

"Selama bisnisnya tidak pantas, pengusaha makan untung lebih banyak, kami cuma dapat sedikit, ya kami sikat bisnisnya," pungkas Ahok. (Sis/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

47. Enam Bank Ikut Layani Pembayaran Parkir Elektronik di DKI
Date/Time : 1/29/2015 10:58:15 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168009/enam-bank-ikut-layani-pembayaran-parkir-elektronik-di-dki
 

Penggunaan uang elektronik (e-money) semakin digencarkan pemerintah DKI Jakarta. Kali ini enam bank besar yaitu BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Mega, BCA, dan Bank DKI bekerjasama dengan Unit Pelaksana Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta meluncurkan penggunaan uang elektronik untuk pembayaran parkir.

Masyarakat Jakarta nantinya dapat menggunakan kartu Tapcash BNI, mandiri e-money, BRI Brizzi, Mega Cash Bank Mega, Flazz BCA dan Bank DKI JakCard untuk membayar parkir.

"Kerjasama enam bank ini akan semakin mendekatkan cita-cita lesh cash society yang digalakkan Bank Indonesia," ujat Direktur Utama Bank DKI Eka Budiwiyono di acara peluncuran pembayaran parkir dengan uang elektronik di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dia menjelaskan, e-money untuk pembayaran parkir juga dapat meningkatkan penetrasi pemasaran smartcard dan mendatangkan free based income baik bagi Bank DKI maupun bank lainnya.

Untuk sistem pembayaran parkir, seluruh varian kartu elektronik dari keenam bank tersebut dapat digunakkan di mesin parkir yang dikelola PT Mata Biru.

Selain di Jalan Sabang, lokasi parkir lain yang digunakan untuk implementasi penggunaan uang elektronik antara lain di Kelapa Gading sebanyak 90 titik dan 13 titik di Jalan Faletehan.

Penggunaannya cukup mudah, masyarakat hanya perlu menempelkan uang elektronik pada reader di Terminal Parkir Elektronik (TPE), lalu memilih tipe kendaraan dan memasukkan plat nomor polisi kendaraan serta perkiraan lama parkir. Setelah muncul konfirmasi harga, pilih tanda checklist dan struk akan keluar sebagai bukti pembayaran.

"Implementasi ini dapat mempermudah masyarakat melakukan transaksi pembayaran parkir, meningkatkan transparansi pendapatan parkir, serta mengatasi kebocoran pendapatan parkir," ungkap Kepala UP Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sunardi M. Sinaga.

Sementara Direktur Konsumer dan Ritel BNI Darmadi Sutanto mengatakan, penggunaan TapCash sebagai alat pembayaran parkir di TPE merupakan salah satu upayanya untuk mendorong geralan nasional non tunai yang dicanangkan Bank Indonesia.

Bagi CEO Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin, sinergi enam bank dalam penerapan e-money untuk pembayaran parkir ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan pengguna jalan.

"Langkah ini juga untuk menciptakan kawasan non-tunai terintegrasi, khususnya untuk perpakiran DKI Jakarta," kata Budi.

Corporate Secretary BRI Budi Satria juga menegaskan dukungannya pada program Lesh Cash Society yang digalakkan BI dan Pemda DKI Jakarta.

Senada dengan pernyataan tersebut, Consumer Banking Director Bank Mega Suparman Kusuma mengatakan, program e-payment untuk parkir sangat strategis dalam mensukseskan gerakan nasional non tunai BI.

Direktur BCA Suwignyo Budiman mengaku senang dengan bertambahnya fungsi kartu Flazz. Dia berharap pembayaran e-parking dengan Flazz dapat mendukung upaya efisiensi dan pengoptimalam pendapatan yang diterima Unit Pengelolaan Parkir DKI Jakarta.

"Sistem ini akan mengintegrasikan semua data mengenai penerimaan retribusi parkir sehingga seluruh data penerimaan dapat tercatat dengan tertib," tandasnya. (Sis/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

48. Wapres JK: KPK vs Polri Tak Ganggu Sektor Lain
Date/Time : 1/29/2015 10:50:12 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167990/wapres-jk-kpk-vs-polri-tak-ganggu-sektor-lain
 

Kisruh yang terjadi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Polri diyakini tidak akan menganggu perekonomian Indonesia.

Wakil Presiden, Jusuf Kallanbsp (JK) mengatakan, masalah antara KPK dan Polri merupakan masalah yang berada pada lingkungan terbatas, dan tidak melibatkan sektor lain.

"Itu masalah di lingkungan terbatas, jadi tidak menyangkut masyarakat, bangsa, petani, nelayan dan lain-lain," ujar Jusuf di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Dia menjelaskan, apa yang terjadi pada KPK dan Kepolisian merupakan contoh berjalannya sistem demokrasi yang di Indonesia.

"Apa yang terjadi hari ini adalah contoh dari sisi lain dalam penegak hukum di alam demokrasi. Jaman Soeharto, masalah seperti ini setengah jam selesai. Kalau sekarang harus ditata dulu agar masuk dalam sistem yang benar," lanjutnya.

JK juga tidak menampik adanya persinggungan kepentingan antara KPK dan Kepolisian, namun hal tersebut diharapkan bisa segera diselesaikan jika semuanya mengikuti sistem yang ada.

"Memang ada singgungan, makanya harus ditata agar sesuai dengan sistemnya yang ada," tandasnya. (Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

49. Dimonopoli Porter, Troli di Bandara Sentani Ditarik
Date/Time : 1/29/2015 10:38:43 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167989/dimonopoli-porter-troli-di-bandara-sentani-ditarik
 

Bandara Udara Kelas I Khusus Sentani, Papua, tak memiliki fasilitas troli atau kereta roda dorong yang berfungsi untuk mengangkut barang bawaan penumpang. Fasilitas ini sengaja ditarik oleh pihak bandara dalam rangkanbsp sosialisasi kepada petugas porter di bandara setempat.

Kepala Bandara Sentani, Herson mengatakan, troli sengaja ditarik di bandara sejak satu bulan lalu. Pihaknya mengaku banyak troli yang sudah rusak. Apalagi saat ini sedang dalam tahapan sosialisi kepada para porter, bahwa fungsi troli adalah untuk barang bawaan penumpang, bukan dimonopoli oleh porter.

ldquoSelama ini banyak penumpang yang mengeluh bahwa troli di bandara dikuasai oleh porter. Ini kan yang tidak benar. Kami berharap setelah sosialisasi tersebut ada pemahaman dari para porter tentang fungsi troli yang sebenarnya,rdquo ucapnya, Kamis (29/1/2015).

Pihaknya juga meminta maaf kepada penumpang, atas ketidaknyamanan ini dan diusahakan secepatnya troli tersebut dapat difungsikan kembali. ldquoSaat ini kami baru memiliki 40 troli dan ke depan akan ada penambahan lagi,rdquo jelasnya.

Salah satu penumpang yang ditemui di Bandara Sentani, Chrsitina Tjoe mengatakan, dirinya sangat menyesalkan jika bandara terbesar di Papua ini, tak menyediakan troli bagi penumpang. Hal tersebut akan merepotkan penumpang jika membawa sejumlah barang bawaan.

ldquoJika ada troli kan, kami bisa membawa barang bawaan itu di atas troli. Tapi jika tidak ada seperti sekarang ini. Kami kan harus panggil porter untuk angkut barang. Porter yang dibutuhkan juga bukan hanya satu tapi bisa 2-3 orang. Nah berarti kan kami dibebani dengan biaya angkut porter lagi, sekitar Rp 30 ribu hingga 50 ribu per orangnya. Saya berharap semoga pihak bandara segera memperbaiki fasilitas ini,rdquo ucapnya. (Katharina Janur/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

50. Wapres JK: RI Jadi Tempat Ideal Buat Investasi
Date/Time : 1/29/2015 10:24:00 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167982/wapres-jk-ri-jadi-tempat-ideal-buat-investasi
 

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan penurunan harga komoditas dan minyak dunia yang tengah terjadi belakangan ini merupakan periode yang tepat bagi pengusaha di dunia untuk melakukan investasi.

"Investasi ini bisa dilakuakn saat situasi tengah menurun, karena semuanya murah, sekarang harga baja murah, semen murah, harga minyak US$ 50," ujarnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Dengan situasi seperti ini, negara-negara yang menggantungkan ekonominya pada sektor industri seperti Jepang, China dan Korea berpikir untuk memperbesar industrinya dengan menanamkan investasi di negara lain.

"Artinya ekonomi di Jepang, China dan Korea akan lebih efisien dan berkembang. Akan terjadi ekulibrium baru pada akhir tahun ini dimana ke depan ekonomi lebih stabil dan efisien. Disitu industri akan mencari tempat yang lebih efisien lagi," lanjutnya.

Menurut JK, negara-negara industri tersebut akan mencari tempat yang ideal bagi pengembangan investasinya. Dan Indonesia akan menjadi salah satu tujuan investasi yang paling menguntungkan dibanding dengan negara ASEAN lainnya.

"Pilihan pasti di Indonesia, tidak di Malaysia yang buruhnya mahal dan pasar kecil. Thailand politik buruk meski infrastrukturnya lebih baik dari kita, Vietnam dan Filipina masih di bawah kita. Kita akan lebih baik karena punya konsumen, dasar resourse, makanya butuh infrastruktur dan stabilitas, kita tahu ini yang terbaik ke depan," tandasnya. (Dny/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

51. Harga Turun, Konsumsi Elpiji 12 Kg Kembali Normal
Date/Time : 1/29/2015 10:11:35 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167971/harga-turun-konsumsi-elpiji-12-kg-kembali-normal
 

Konsumsi Elpiji non subsidi 12 Kilogram (kg) kembali normal setelah PT Pertamina (Persero) menurunkan harga dari Rp 134.700 per tabung menjadi Rp 129 ribu per tabung.

Vice President LPG dan Gas Product Pertamina, Gigih Wahyu Hari Irianto mengatakan, saat harga elpiji 12 Kg naik Rp 1.500 per kg menjadi Rp 134.700 per tabung, konsumsi elpiji tersebut mengalami penurunan sebesar 5 persen.

"Turunnya kurang lebih 5 persen pada waktu harga naik kemarin," kata Gigih, di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Ia melanjutkan, penurunan konsumsi tersebut terjadi karena konsumen menunda pembelian Elpiji yang dibungkus dengan tabung berkelir biru tersebut.

"Mereka menunda pembelian Elpiji 12 kg satu bulan. Setelah itu dilihat namanya barang normal distrosi pasar tidak bisa dilawan," ungkapnya.

Namun setelah harga Elpiji kembali turun, konsumsinya kembali normal ke angka 5 persen. "Konsumsi normal, walau ada tekanan agak turun tapi reborn lagi. Jadi fluktuasi normal saja," pungkasnya. (Pew/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

52. Ini Kata Nelayan soal Kinerja 100 Hari Jokowi di Sektor Perikanan
Date/Time : 1/29/2015 9:56:53 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167969/ini-kata-nelayan-soal-kinerja-100-hari-jokowi-di-sektor-perikanan
 

Dalam 100 hari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Jk), masih banyak hal yang perlu dievaluasi, khususnya dalam pembangunan sektor perikanan.

Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Riza Damanik mengatakan pemerintahan Jokowi-JK perlu segera memperkuat strateginya dalam mensejahterakan nelayan.

Dia menjelaskan, KNTI memberi apresiasi kepada pemerintah yang telah meletakkan agenda kemaritiman sebagai fokus lima tahun ke depan. Namun menyayangkan bilamana nelayan dan petambak ikan skala kecil belum dilibatkan dalam inisiasasi, implementasi, dan hingga pengawasan pembangunan kelautan. Hal ini akan kontraproduktif.

"Partisipasi nelayan adalah kunci keberhasilan pengelolaan perikanan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Selain itu, KNTI juga mendukung pemerintah memberantas pencurian ikan, mencabut izin bongkar-muat ikan di tengah laut (transhipment), melarang penggunaan alat tangkap merusak, dan menjaga keberlanjutan sumberdaya ikan dengan memilah dan memilih komoditas ikan yang boleh diperdagangkan.

Namun, kebijakan ini harus diikuti dengan strategi komprehensif untuk memastikan nelayan dan pembudidaya ikan kecil tidak justru dirugikan.

"Pemerintah dapat intervensi pasar untuk memberikan disinsentif terhadap produk-produk perikanan yang ditangkap ataupun diperdagangkan dengan cara yang tidak adil dan merusak," lanjutnya.

Oleh sebab itu, Riza meminta kepada pemerintah untuk memperkuat aktivitas perikanan budidaya dengan memastikan tidak terjadinya monopoli swasta dan asing dalam penyediaan faktor-faktor produksi, baik itu benur, pakan ikan dan udang.

"KNTI menyerukan kepada seluruh organisasi nelayan, pembudidaya ikan, dan petambak garam, untuk fokus memperkuat koperasi dan inovasi hilirisasi produk-produk perikanan guna mewujudkan kemandirian ekonomi dan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN," tandas dia. (Dny/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

53. Wapres JK Sebut RI Rugi Akibat Penurunan Harga Minyak Dunia
Date/Time : 1/29/2015 9:47:03 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167964/wapres-jk-sebut-ri-rugi-akibat-penurunan-harga-minyak-dunia
 

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, anjloknya harga minyak dunia akan membawa untung bagi negara-negara yang memiliki sektor industri yang maju.

Dia menjelaskan, dengan harga minyak yang saat ini jatuh hingga di bawah US$ 50 per barel membuat negara-negara penghasil minyak bumi kehilangan pendapatan sebesar US$ 1,6 triliun per tahun.

"Dengan harga minyak sebesar US$ 50, artinya kalau konsumsi minyak 90 juta barel per hari, artinya kalau 1 tahun 360 hari dikali 90 juta dikali US$ 50, ada kehilangan pendapatan US$ 1,6 triliun per tahun," ujarnya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (29/1/2015).

Menurut JK, angka US$ 1,6 triliun tersebut beralih dari produsen ke konsumen. Negara-negara penghasil minyak seperti negara di kawasan Timur Tengah, Rusia dan lain-lain yang bergantung pada ekspor minyak bumi mengalami kerugian.

"Ini termasuk Indonesia, karena kita setengah penghasil minyak, setengah pengimpor minyak," lanjutnya.

Namun, negara-negara yang selama ini mengandalkan industri sebagai penggerak ekonominya akan mendapatkan keuntungan yang besar dari menurunnya harga minyak dunia ini.

"Negara yang dapat untung seperti China, India, Jepang, Korea, dan sebagian kita juga," tandasnya. (Dny/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

54. Gelar Rakor, Apa Yang Dibahas Menko Maritim?
Date/Time : 1/29/2015 9:45:40 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167974/gelar-rakor-apa-yang-dibahas-menko-maritim
 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menggelar rapat koordinasi pada pagi ini. Rapat ini bakal dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti dan Menteri Perdagangan Rachmat Gobel.

Tim Media Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Adhi Ferdya mengatakan, rapat tersebut akan membahas perikanan pesisir dan strategi pedagangnya.

"Perikanan pesisir sama strategi perdagangannya, ini dikoordinasikan. semua TNInbsp juga hadir, seluruh kumpul semua," kata dia di Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Namun demikian, dia mengatakan rapat ini lebih pada sinkronisasi dua kementerian yang terkait.

"Paling berkepentingan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Perdagangan," paparnya.

Berdasarkan agenda yang diterima Liputan6.com, rapat akan dimulai pukul 09.00 WIB di Gedung BPPT I. Namun, sampai pukul 09.15 kedua menteri belum sampai di tempat acara. (Amd/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

55. Divestasi Freeport Tergantung Suntikan Modal Pemerintah ke Antam
Date/Time : 1/29/2015 9:35:42 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167953/divestasi-freeport-tergantung-suntikan-modal-pemerintah-ke-antam
 

PT Freeport Indonesia berencana untuk melakukan divestasi saham ke pemerintah Indonesia sebesar 10,64 persen pada bulan Oktober tahun ini. Namun, rencana tersebut tergantung dari Penyertaan Modal Negara (PMN) ke PT Aneka Tambang (Antam).

Pemerintah memang berencana menjadikan Antam sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan mengambil sebagian saham perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut. "Insya Allah kami mendapatkan kesempatan itu, tapi tergantung bagaimana PMN-nya," kata Menteri BUMN, Rini Suwandi, di Gedung DPR semalam, Rabu (28/1/2015).

Rini menjelaskan, dengan adanya suntikan modal tersebut, Antam akan melakukan right issue untuk memperkuat permodalan. "lrmKami berharap agar permodalannya kuat supaya bisa mengambil (divestasi saham) freeport," tegas dia.

lrmDivestasi saham Freeport sebesar 10,64 persen tersebut merupakan bagian dari total kewajiban divestasi saham sebesar 30 persen. Hal ini merupakan salah satu dari enam poin renegosiasi yang telah disepakati.

Saat ini pemerintah telah memiliki 9,36 persen saham Freeport yang didapat sejak Kontrak Karya (KK) generasi pertama ditandatangani pada 1967. Dengan demikian, Freeport akan melepas 20,64 persen lagi sisa saham divestasi Freeport.

Pihak Freeport sebelumnya pernah menyampaikan, nilai divestasi 20,64 persen sahamnya mencapai US$ 4 miliar atau sekitar Rp 48 triliun dengan kurs Rp 12.000 per dolar AS.lrm (Yas/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

56. Mengenal Sosok Sigit Priadi sang Dirjen Pajak Baru
Date/Time : 1/29/2015 9:23:22 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167965/mengenal-sosok-sigit-priadi-sang-dirjen-pajak-baru
 

Presiden RI Joko Widodo telah menunjuk Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak pengganti Fuad Rahmany yaitu Sigit Priadi Pramuditto. Sigit berhasil menyingkirkan tiga calon lainnya yang diajukan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.

nbsp"Pak Sigit ya. Sudah ditetapkan dirjen pajak, seingat saya Pak Sigit, karena itu yang pertama kali disidanngkanlrm," kata Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto di Istana Negara pada Rabu, 28 Januari 2015.

lrmAndi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah memproses dasar hukum penetapan pejabat eselon I di Kementerian Keuangan itu berupa Keputusan Presiden (Kepres).

"Normalnya sih dalam waktu satu atau dua hari Kepresnya sudah di teken," tegasnya.

Lalu siapakah Sigit Priadi?

Sigit Priadi Pramudito berkarier di Ditjen Pajak sejak 1987. nbspSaat ini, Pria kelahiran 17 September 1959 tersebut mendapat jabatan sebagai Kakanwil Wajib Pajak Besar di Dirjen Pajak. PNS golongan IV/C tersebut mengantongi gelar pendidikan terakhir Master of Arts in Economics.

Dia berhasil mengalahkan para nbsppesaingnya yang berasal dari internal ditjen pajak yaitu Catur Rini Widosari, Direktur Keberatan dan Banding Ditjen Pajak. Kepala Kanwil Jawa Timur I Ken Dwijugiasteadi, sertanbspSuryo Utomo, Pelaksana pada Direktorat Ekstensifikasi dan Penilaian Ditjen Pajak.

nbsp

Dalam proses pencalonan, Sigit sempat diberitakan memiliki harta yang tidak biasa dibanding calon lain. lrmDalam dua tahun, 2009-2011, kekayaannya melonjak Rp 8 miliar dari Rp 13,8 miliar menjadi Rp 21,8 miliar.lrm

Sebagai orang nomor satu di Ditjen Pajak, Sigit memiliki tugas berat yaitu menggenjot penerimaan pajak pada tahun ini hingga Rp 1.300 triliun, atau naik dari target sebelumnya Rp 900 triliun.

nbsp

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro sebelumnya menuturkan, peningkatan penerimaan pajak tersebut menjadi tantangan tersendiri yang harus ditepati pemerintahan Jokowi untuk meningkatkan pembiayaan negara dalam setiap tahunnya. (Yas/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

57. Sentimen Hasil Pertemuan The Fed Merembet ke IHSG
Date/Time : 1/29/2015 9:13:21 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167960/sentimen-hasil-pertemuan-the-fed-merembet-ke-ihsg
 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Salah satu sentimen yang mempengaruhi adalah sentimen dari Bursa Amerika (Wall Street).

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Kamis (29/1/2015), IHSG turun tipis 5,31 poin (0,10 persen) ke level 5.263,53. Indeks saham LQ45 melemah 0,15 persen ke level 910,34.

IHSG masih bergerak di zona merah pada pembukaan perdagangan saham pukul 09.00 WIB. IHSG melemah 8,12 poin (0,14 persen) ke level 5.260,80. Indeks saham LQ45 melemah 0,27 persen ke level 909,99.

Ada sebanyak 53 saham melemah. Meski demikian, 50 saham berada di zona hijau sehingga membuat pelemahan IHSG terbatas. Sementara itu, 63 saham lainnya diam di tempat.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 5.008 kali dengan volume perdagangan saham 178,95 juta saham. Nilai transaksi harian saham sekitar Rp 194,10 miliar.

Berdasarkan data RTI, investor asing melakukan aksi beli sekitar Rp 6 miliar. Sedangkan pemodal lokal melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 7 miliar.

Pagi ini, saham-saham yang menguat dan sebagai penggerak indeks saham antara lain saham JKSW naik 5,56 persen ke level Rp 76 per saham, saham DSFI mendaki 3,24 persen ke level Rp 191 per saham, dan saham PNIN menguat 2,72 persen ke level Rp 750 per saham.

Sedangkan saham yang cukup besar pelemahannya antara lain saham LAMI turun 4,19 persen ke level Rp 297 per saham, saham PGAS melemah 3,35 persen ke level Rp 5.050 per saham, dan saham RBMS tergelincir 3,12 persen ke level Rp 93 per saham.

Analis PT Samuel Sekuritas Indonesia, Tiesha Narandha Putri menjelaskan, sentimen regional yang mempengaruhi gerak IHSG adalah Wall Street yang melemah dengan Dow Jones mencatatkan penurunan terbesar dalam dua hari terakhir akibat turunnya saham-saham energi sejalan dengan harga minyak dan earnings sejumlah emiten multinasional yang berada di bawah ekspektasi pasar.

Sementara itu, komentar hawkish dari The Fed memperkuat ekspektasi pelaku pasar bahwa suku bunga akan dinaikkan tahun ini.

Mayoritas bursa Asia melemah kecuali Singapura yang mengumumkan pelonggaran kebijakan moneter.

Dari dalam negeri, nilai tukar rupiah melanjutkan pelemahan 0,2 persen hari ini ke level Rp 12.512 per dolar AS.

"Kami memperkirakan IHSG akan dibuka menguat didukung oleh rilis data foreign direct investment yang tumbuh 10 persen di kuartal 4 2014," pungkasnya. (Gdn)



Back To Top Go To Bottom

58. Top 5 Bisnis: Mekanisme Penentuan Harga BBM Tipu Rakyat
Date/Time : 1/29/2015 9:03:04 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167956/top-5-bisnis-mekanisme-penentuan-harga-bbm-tipu-rakyat
 

Pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis premium menjadi Rp 6.600 dan solar menjadi Rp 6.400 per liter. Harga BBM kini mengikuti mekanisme pasar dengan evaluasi harga dua minggu sekali.

Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ferdinand Hutahea mengatakan, kebijakan tersebut sangat reaktif sehingga akan menimbulkan gejolak yang besar. Informasi tentang mekanisme penentuan harga BBM menjadi artikel paling dicari pembaca.

Tak hanya itu, berita lainnya soal penjelasan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) soal keterlambatan pengumuman calon pegawai negeri sipil (CPNS) juga masih dinanti pembaca.

Lengkapnya, berikut lima berita paling populer di kanal bisnis Liputan6.com, edisi Kamis, 29 Januari 2015:

1. Harga BBM Ikut Mekanisme Pasar, Rakyat Ditipu

Relawan Jokowi menilai kebijakan penetapan harga BBM yang fluktuatif tiap dua minggu sekali sangat reaktif sehingga akan menimbulkan gejolak yang besar.

Dia menuturkan, jika kebijakan penurunannbspBBMnbspmasih dinilai positif oleh masyarakat maka dia bilang masyarakat sedang dininabobokan untuk kemudian bangun karena fluktuasi harga.

2.nbspJawaban yang Tepat Saat Bos Tahu Anda Cari Pekerjaan Baru

Mencari pekerjaannbspadalah hak semua orang, termasuk bagi mereka yang telah memiliki pekerjaan. Dalam posisi ini, biasanya seseorang tidak ingin memberitahu bahwa dirinya sedang mencari pekerjaan di tempat lain, termasuk kepada bosnya.

Tidak memberitahu orang lain saat sedang mencari pekerjaan baru biasanya dilakukan karena takut merusak pekerjaan saat ini. Tetapi, bagaimana jika akhirnya si bos tahu apa yang Anda kerjakan?nbspAnda harus mempersiapkan kemungkinan terburuk, bukan?

3.nbspPeluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Membuka usaha yang dapat dikerjakan di rumah adalah cara yang baik bagi ibu rumah tangga untuk menambah pemasukan keluarga. Peluang usahanbspbagi ibu rumah tangga cukup banyak, bahkan beberapa usaha yang dilakukan di rumah pendapatannya melebihi apa yang diperoleh suami di pekerjaan formal.

Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga ini tidak terlalu memerlukan modal yang besar. Apa yang lebih dibutuhkan adalah motivasi dan kemauan untuk bekerja keras.

4.nbspTagihan Fantastis Rp 1,11 Miliar Buat Satu Gigitan Ular

nbsp

Eric Ferguson itu mengaku tengah membuang sampah saat seekor ular menggigitnya. Dengan tergesa, Ferguson berangkat ke rumah sakit untuk mengeluarkan racun bekas gigitan ular tersebut.

nbsp

Setibanya di rumah sakit, dia diberi obat penangkal racun dan dirawat selama 18 jam. Betapa terkejutnya Ferguson saat hendak membayar biaya perawatannya yang kurang dari sehari itu, dia menerima tagihan dengan angka cukup fantastis senilai Rp 1,11 miliar.

5.nbspPengumuman CPNS Terlambat, Ini Penjelasan KemenPAN-RB

Meski direncanakan rampung pada akhir Desember 2014, namun hingga kini masih ada sejumlah instansi pemerintah pusat dan pemda yang belum mengumumkan kelulusannbspcalon pegawai negeri sipil (CPNS). Keterlambatan itu terjadi karena ada beberapa instansi yang minta afirmasi ambang batas kelulusan, selain adanya beberapa instansi belum selesai verifikasi dan validasi. (Ndw)

nbsp

nbsp

nbsp



Back To Top Go To Bottom

59. Usai Naik, Harga Emas Antam Kini Turun Rp 2.000/Gram
Date/Time : 1/29/2015 8:45:46 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167947/usai-naik-harga-emas-antam-kini-turun-rp-2000gram
 

Harga emas yang dijual PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun 2.000 menjadi Rp 558 ribu per gram pada perdagangan Kamis (29/1/2015). Sebelumnya, harga logam mulia Antam tercatat naiknbspRp 5.000 per gram.

Begitu pula harga pembelian kembali (buyback) logam mulia Antam juga ikut melemah Rp 2.000 menjadi Rp 495.000 per gram. Antam menjual emas dari ukuran 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.11 WIB, semua ukuran masih tersedia.

Mengingat tingginya animo masyarakat, transaksi pembelian emas batangan yang datang langsung ke Antam dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean per hari.

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 558.000
* Pecahan 5 gram Rp 2.645.000
* Pecahan 10 gram Rp 5.240.000
* Pecahan 25 gram Rp 13.025.000
* Pecahan 50 gram Rp 26.000.0000
* Pecahan 100 gram Rp 51.950.000
* Pecahan 250 gram Rp 129.750.000
* Pecahan 500 gram Rp 259.300.000

(Ndw)



Back To Top Go To Bottom

60. Bursa Asia tergelincir Sentimen Harga Minyak
Date/Time : 1/29/2015 8:30:16 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167948/bursa-asia-tergelincir-sentimen-harga-minyak
 

Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (Bursa Asia) tertekan dipengaruhi oleh sentimen penurunan harga minyak yang kembali berada di bawah level US$ 45 per barel.

Mengutip Bloomberg, Kamis (29/1/2015) Indeks MSCI Asia Pasifik turun 0,5 persen pada pukul 10.12 waktu Tokyo, Jepang. Indeksnbsp Topix Jepang Merotos 0,6 persen. Beberapa emiten energi di Asia kehilangan 0,9 persen karena sentimen minyak mentah yang terus berada di level rendah dalam enam bulan terakhir.

Selain karena tertekan harga minyak, penurunan Bursa Asia disebabkan karena pernyataan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) yang tetap berencana untuk menaikkan suku bunga di tahun ini. Namun kapan waktu yang tepat belum ditentukan.

"Banyak pelaku pasar yang melihat apa yang dilakukan The Fed cukup mengejutkan karena bertentangan dengan keadaan global," jelasnbsp AMP Capital Investors di Sydney, Australia., Nader Naeimi.

The Fed mengakui bahwa memang ada risiko global dalam pernyataannya. Oleh karena itu di bulan-bulan ini mereka belum mau menaikkan suku bunga acuan.

Namun yang membuat banyak pelaku pasar terkejut adalah beberapa data yang dikeluarkan oleh mereka cukup baik. Klaim pengangguran, pekerjaan baru dan juga beberapa lainnya menunjukkan hal yang positif dan terus membaik. (Gdn)



Back To Top Go To Bottom

61. Dubes Blake: Apel Makanan yang Lezat dan Aman
Date/Time : 1/29/2015 8:18:03 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167887/dubes-blake-apel-makanan-yang-lezat-dan-aman
 

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Robert Blake angkat bicara mengenai pelarangan perdagangan dua jenis apel yang berasal dari negaranya yaitu Granny Smith dan Gala produksi Bidart Bros. Buah yang diproduksi di Bakersfield, California, Amerika Serikat ini diduga mengandung bakteri berbahaya.

Blake menyatakan, ia menghormati keputusan Indonesia. Meski demikian, Blake bersikeras menyebut apel asal negaranya tersebut aman untuk dikomsumsi "Yang ingin saya tekankan, sebagian besar apel dari Amerika Serikat itu aman dan tidak berpengaruh (bakteri)," sebut Blake di pusat kebudayaan AS @america, seperti ditulis Kamis (29/1/2015).

Lebih lanjut, Blake mengatakan walau memastikan aman, masalah ini tetap ditangani dengan serius. Hal ini karena masalah tersebut sangat terkait kesehatan publik.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerima Info alert pada 17 Januari 2014 yang berbunyi 'Recall of internationally distributed apples and commercially produced, prepackeged caramel apples from the USA due to contamination with Listeria Monocytogenes'.

Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan, Widodo menjelaskan, bila dikonsumsi, bakteri yang terkandung dalam apel tersebut dapat menyebabkan infeksi serius dan fatal pada bayi, anak-anak, orang sakit dan lanjut usia, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

"Sedangkan pada orang sehat yang terinfeksi bakteri ini bisa menderita gejala jangka pendek seperti demam tinggi, sakit kepala parah, pegal, mual, sakit perut, dan diare. Infeksi Listeria juga dapat menyebabkan keguguran pada perempuan hamil," ujarnya di Kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Senin 26 Januari 2015. (Andreas Gerry/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

62. Menteri Marwan Bakal Tertibkan Aturan BUMD
Date/Time : 1/29/2015 8:00:56 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167885/menteri-marwan-bakal-tertibkan-aturan-bumd
 

Salah satu Nawa Kerja prioritas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) adalah pendirian dan pengembangan 5.000 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Jika idealnya setiap desa memiliki Bumdes, berarti masih ada sekitar 69.000 Bumdes lagi yang perlu diwujudkan.

Secara teknis, Bumdes yang ada saat ini masih mengacu kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor (Permendagri) Nomor 39 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa. Permendagri tersebut sudah tidak memadai lagi dengan perkembangan desa dan Bumdes saat ini, terutama pasca hadirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 serta Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Untuk itu, Kementerian Desa PDTT akan segera menerbitkan Peraturan Menteri Desa tentang Badan Usaha Milik Desa. "Melalui Permendesa ini desa melalui Bumdes mendapat peluang yang lebih besar untuk meningkatkan perannya dalam pengembangan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakatnya" ungkap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, di Jakarta, Seperti ditulis pada Kamis (29/1/2015).

Marwan menjelaskan, Permendesa tersebut akan mengatur ketentuan tentang Bumdes. Diantaranya, desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang disebut Bumdes yang dikelola dengan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan. Usaha yang dapat dijalankan Bumdes yaitu usaha di bidang ekonomi atau pelayanan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pendirian Bumdes disepakati melalui Musyawarah Desa dan ditetapkan dengan Peraturan Desa.

Bumdes diharapkan mampu menjadi motor penggerak kegiatan ekonomi di desa yang juga berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. Bumdes sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial Bumdes bertujuan mencari keuntungan untuk meningkatkan pendapatan desa.

"Dengan peran Bumdes sebagai akselerator perekonomian desa ini, saya optimis di desa-desa akan segera tercipta berbagai peluang usaha dan lapangan kerja baru, akan makin banyak warga desa punya kegiatan usaha, punya pendapatan jelas, pengangguran berkurang drastis, dan kesejahteraan desa akan meningkat pesat," pungkas Marwan Jafar penuh optimis.

Selain untuk mengakselerasi laju perekonomian desa, keberadaan Bumdes juga untuk menjawab tantangan Indonesia menghadapi pasar bebas Asia Tenggara atau ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada akhir tahun 2015 ini.

"Ini juga dalam rangka mengahadapi pasar bebas, kita tidak ingin desa-desa hanya menjadi konsumen saja, kita ingin produk-produk buatan pengusaha desa dan industri berbasis desa mampu bersaing di pasar domestik maupun regional bahkan global," tandas Menteri Marwan Jafar. (Taufiqurrohman/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

63. Jelang Pertemuan The Fed, harga Emas konsolidasi
Date/Time : 1/29/2015 7:40:29 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167895/jelang-pertemuan-the-fed-harga-emas-konsolidasi
 

Harga emas sedikit turun pada perdagangan Rabu (Kamis pagi Waktu Jakarta) dipengaruhi penguatan dolar Amerika Serikat (AS). Penguatan dolar tersebut terjadi karena sentimen akan hasil rapat Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed).

Mengutip Reuters, Kamis (29/1/2015), harga emas turun 0,2 persen sehingga menetap di level US$ 1.290, 10 per ounce. Level tersebut hampir mendekati rekor tertinggi harga emas yang berada di US$ 1.306,20. Rekor tersebut dicetak pada minggu lalu.

Sedangkan untuk harga emas berjangka mengalami penurunan sebesar US$ 2,10 sehingga menetap di level US$ 1.289,90 per ounce.

The Fed dijadwalkan akan mengeluarkan laporan dua hari setelah rapat. The Federal Open Market Committee (FOMC) tersebut diadakan pada Senin (Selasa pagi waktu Jakarta).

Sebagian besar analis memperkirakan hasil rapat tersebut tidak akan berbeda jauh dengan rapat sebelumnya yaitu The Fed belum akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat ini.

"Kami memperkirakan tidak akan ada perubahan besar dari kebijakan yang akan diambil oleh The Fed," jelas Analis Citi, David Wilson.

Ia melanjutkan, jika memang The Fed memberikan kepastian untuk menaikkan suku bunga, maka akan berakibat buruk pada dolar. Namun belum tentu juga harga emas akan bernasib sebaliknya. (Gdn)



Back To Top Go To Bottom

64. IHSG Berpeluang Menghijau, Awasi Tujuh Saham Pilihan
Date/Time : 1/29/2015 7:20:35 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167850/ihsg-berpeluang-menghijau-awasi-tujuh-saham-pilihan
 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan melanjutkan penguatan pada perdagangan saham Kamis pekan ini. Hal itu didorong dari antisipasi pelaku pasar untuk rilis data ekonomi pada pekan depan.

Analis PT Asjaya Indosurya Securities, William Suryawijaya menuturkan, IHSG masih berkutat di fase konsolidasi sehat sehingga kekuatan naik masih cukup besar. Namun konsolidasi tetap diperlukan usai pergerakan menembus level tertinggi.

"Hari ini IHSG berpotensi melakukan technical rebound. Target resistance berada di level 5.348 dengan support 5.252 yang terjaga cukup kuat pasca teruji sejak awal pekan," ujar William, dalam ulasannya, Kamis (29/1/2015).

Analis PT HD Capital Tbk, Yuganur Widjanarko menuturkan, meski IHSG sempat didera aksi ambil untung namun akhirnya pelaku pasar masih melakukan aksi beli. Hal itu menahan penurunan indeks saham tidak melebihi level 5.205.

"Kami optimistis IHSG masih akan melakukan misi menguat untuk kembali ke resistance all time high baru di 5.330," ujar Yuganur.

Ia memperkirakan, IHSG akan berada di level support 5.250-5.205-5.120-5.040. Sementara itu, level resistance IHSG di kisaran 5.330-5.385-5.451 pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Dalam riset PT Sinarmas Sekuritas menyebutkan, IHSG akan bergerak variatif di kisaran 5.254-5.280.

Rekomendasi Saham

William memilih sejumlah saham untuk diperhatikan pelaku pasar. Saham-saham itu antara lain saham PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT PP Tbk (PTPP).

Sedangkan Yuganur memilih saham WTON, PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Astra Internasional Tbk (ASII), dan PT Bank Jabar Banten Tbk (BJBR).

Rekomendasi Teknikal

Yuganur memilih saham PT Wijaya Karya Beton Tbk untuk dicermati pelaku pasar. Ia melihat, secara teknikal saham WTON masih mempunyai potensi untuk melanjutkan perjalanan medium term uptren hingga Rp 1.385. Meski pun tersendat dalam konsolidasi jangka pendek.

Yuganur merekomendasikan masuk saham WTON di level pertama Rp 1.345, level kedua Rp 1.325, dan cut loss poin Rp 1.310.

"Rekomendasi beli dengan trading target Rp 1.385," kata Yuganur. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

65. Ini yang Diajarkan Anak Kecil dalam Pemasaran Bisnis
Date/Time : 1/29/2015 7:00:54 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167180/ini-yang-diajarkan-anak-kecil-dalam-pemasaran-bisnis
 

Pengetahuan bisa datang dari manapun, termasuk dari orang yang tidak terduga. Meskipun begitu, terkadang kita tidak sensitif terhadap hal-hal tersebut sehingga tidak sadar akan pengetahuan tersebut.

Hal yang sama terjadi dalam bisnis. Orang biasanya akan mencari pengetahuan tentang berbisnis dari buku dan orang-orang yang dianggap ahli. Padahal, jika jeli, maka anak kecil pun dapat menjadi guru kita dalam berbisnis.

Bagaimana mungkin? Anak kecil memiliki sifat yang terkadang lebih baik dari orang dewasa, misalnya dalam berteman. Seorang anak kecil tidak akan memilih-milih teman, kecuali orangtuanya yang mempengaruhi.

Sifat-sifat seperti ini sebenarnya dapat menjadi inspirasi bagi orang dewasa dalam membangun bisnis yang sukses.

Berikut adalah beberapa pelajaran dari anak kecil agar bisnis kita sukses, terutama dalam hal pemasarannya seperti yang dilansir Huffingtonpost, Kamis (29/1/2015).

Berbagi dengan siapapun

Seorang anak kecil akan berbagi apapun yang dimilikinya kepada orang lain, bahkan mereka yang tidak dikenali. Apa gunanya sikap ini untuk bisnis? Saat berbagi, maka produk milik Anda akan lebih cepat dikenali orang.

Memiliki teman dengan cepat

Anak kecil sangat mudah berteman. Hal ini juga perlu dicontoh orang dewasa. Dengan bersikap seperti ini, Anda akan memiliki 1000 lawan dan 0 musuh. Tentu saja ini baik bagi bisnis yang Anda jalankan.

Tidak memendam perasaan dan berbicara

Sikap ini berkaitan dengan apa yang ada di pikiran Anda. Dengan begitu, orang tahu apa yang Anda inginkan. Sikap ini juga memancing orang lain untuk mengungkapkan pikirannya. Akhirnya, saat semua berbicara, maka dua belah pihak akan saling memahami.

Bergairah dalam semua hal, bahkan hal terkecil

Anak kecil seakan tidak pernah kehilangan tenaga dalam melakukan apapun. Mereka juga bergairah sepanjang waktu. Anda pun harus dapat melakukan ini agar bisnis yang Anda jalankan lebih cepat berkembang.

Tahu cara mendapatkan sesuatu

Anak kecil selalu punya cara untuk meluluhkan hati orangtuanya dan akhirnya menuruti apa yang diinginkan mereka. Anda dapat menerapkan hal ini dengan cara tahu persis apa yang Anda inginkan dan tahap-tahap untuk mencapainya sedetail mungkin.

Konsisten pada jadwal

Meskipun Anda ingin bisnis cepat berkembang, Anda tetap harus memperhatikan kesehatan tubuh. Ini adalah hal yang bisa kita pelajari dari anak kecil. Misalnya, seberapapun anak kecil ingin bermain di malam hari, tetapi mereka harus tetap tidur.

Tidak malu dan takut

Anak kecil adalah manusia tanpa malu dan rasa takut. Dalam beberapa hal, cara ini dapat Anda terapkan saat menjalankan bisnis. Ingat, para pebisnis sukses adalah mereka yang tidak malu menjual barangnya dan tidak takut akan kegagalan.

Akhirnya, mereka percaya bahwa apapun dapat terjadi

Anak-anak tidak pernah ragu mengatakan apa yang menjadi cita-citanya. Entah menjadi astronot atau dokter, mereka percaya mereka bisa meraihnya. Nah, sebagai pebisnis tentu Anda ingin sukses. Langkah awalnya, Anda harus percaya dulu bahwa cita-cita Anda itu pasti tercapai. (Rio A/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

66. Harga Minyak Kembali Tertekan ke Level US$ 45,33 per Barel
Date/Time : 1/29/2015 6:40:46 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167890/harga-minyak-kembali-tertekan-ke-level-us-4533-per-barel
 

Harga minyak mentah terus mengalami tekanan karena data dari Departemen Energi Amerika Serikat (AS) mengungkapkan bahwa persediaan minyak di AS terus membludak.

Mengutip The Wall Street Journal, Kamis (29/1/2015), harga minyak mentah jenis Light Sweet untuk pengiriman Maret turun sebesar 60 sen menjadi US$ 45,33 per barel di New York Mercanthile Exchange.

Sedangkan harga minyak Brent yang merupakan patokan harga global juga mengalami hal yang serupa, turun 32 sen atau 0,7 persen ke level US$ 49,29 per barel di ICE Future Europe.

Penurunan tersebut dipicu oleh data yang dikeluarkan oleh Departemen energi Amerika Serikat yang mengungkapkan bahwa persediaan minyak mentah di AS naik 8,9 juta barel pada pekan yang berakhir pada 23 Januari 2015.

Sebenarnya, data yang dikeluarkan oleh Departemen Energi AS tersebut lebih kecil dibanding dengan perhitungan yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute (API). Sebelumnya, API menyatakan bahwa persediaan minyak di AS mengalami kenaikan 12,7 juta barel.

Namun meskipun angka Departemen Energi AS lebih rendah jika dibanding dengan data API, stok minyak mentah di AS pada Januari ini sudah mencapai titik tertinggi setidaknya selama 80 tahun terakhir.

Analis Citi Futures Perspective, New York, AS, Tim Evans mengungkapkan, harga minyak bisa lebih buruk lagi ke depannya mengingat level persediaan atau pasokan minyak mentah di AS terus mengalami kenaikan.

"Kenyataan tersebut membuat para pelaku pasar sulit memperkirakan harga minyak untuk beberapa bulan ke depan," jelasnya.

Evans dan juga beberapa analis lain memperkirakan ke depannya stok minyak di AS dan juga dunia akan terus mengalami kenaikan sehingga mendorong harga untuk lebih jatuh ke level yang lebih rendah lagi.

Sebelumnya, Barclays telah memangkas perkiraan harga minyak mentah lebih dari 40 persen. Pada perkiraan di tahun lalu, Barclays memperkirakan harga minyak Brent bakal di level US$ 72 per barel. Namun pada Rabu kemarin mereka memangkas perkiraan tersebut menjadi di kisaran US$ 44nbsp per barel.

Sedangkan untuk West texas Intermediate juga dipangkas menjadi US$ 42 per barel dari sebelumnya di US$ 66 per barel.
(Gdn)



Back To Top Go To Bottom

67. Gerak IHSG Diwarnai Antisipasi Laporan Keuangan Emiten
Date/Time : 1/29/2015 6:20:42 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167854/gerak-ihsg-diwarnai-antisipasi-laporan-keuangan-emiten
 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bergerak variatif pada perdagangan saham Kamis ini yang didorong dari sentimen dalam negeri.

Kepala Riset PT Universal Broker Securities, Satrio Utomo mengatakan, pergerakan indeks saham menunggu rilis laporan keuangan emiten yang bakal keluar dalam waktu dekat.

"Sentimennya wait and see di akhir minggu laporan ekonomi kuartal IV," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dari regional, dia bilang belum ada sentimen yang kuat menjadi penggerak IHSG. Hans menambahkan, rencana The Fed untuk menaikkan suku bunga acuan pun tidak mempengaruhi indeks saham. Lantaran, pelaku pasar telah mengantisipasinya jauh-jauh hari.

"The Fed sudah lewat, akan menaikkan suku bunga, sudah diantisipasi," imbuhnya.

Pada perdagangan saham hari ini, Satrio memprediksi IHSG bergerak pada level 5.225-5.200. Sedangkan level resistance ada di level 5.281-5.300.

Untuk akumulasi saham, Hans memilih PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP).

Analis PT HD Capital Tbk, Yuganur Widjanarko menuturkan, meski IHSG sempat didera aksi ambil untung namun akhirnya pelaku pasar masih melakukan aksi beli. Hal itu menahan penurunan indeks saham tidak melebihi level 5.205.

"Kami optimistis IHSG masih akan melakukan misi menguat untuk kembali ke resistance all time high baru di 5.330," ujar Yuganur.

Ia memperkirakan, IHSG akan berada di level support 5.250-5.205-5.120-5.040. Sementara itu, level resistance IHSG di kisaran 5.330-5.385-5.451 pada perdagangan saham Kamis pekan ini.

Pada penutupan perdagangan saham kemarin, IHSG susut tipis 8,2 poin atau 0,16 persen ke level 5.268,85. (Amd/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

68. Gerak IHSG Diprediksi Lesu Jelang Akhir Pekan
Date/Time : 1/29/2015 6:20:39 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2168323/gerak-ihsg-diprediksi-lesu-jelang-akhir-pekan
 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan pelemahan pada perdagangan saham padanbsp akhir pekan ini seiring pelaku pasar masih menunggu laporan keuangan emiten.

Analis PT Investa Saran Mandiri, Kiswoyo Adi Joe mengatakan, saat ini pelaku pasar tengah menunggu laporan keuangan emiten. Beberapa data yang keluar belum meyakinkan para pemodal untuk akumulasi saham.

"Kayaknya melemah, resistance makin tipis karena memang data-data belum keluar,nbsp laporan keuangan belum keluar," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Dari regional, dia bilang IHSG mendapat sentimen dari rencana kebijakan The Fed untuk menaikkan suku bunga acuan.

"Dari luar negeri, soal kepastian The Fed kapan menaikan suku bunga. Sebetulnya banyak yang percaya pada Juni tapi belum ada kepastian masih mengambang, tapi tahun ini," paparnya.

Kiswoyo memperkirakan, IHSG bergerak pada level support 5.150 dan resistance di level 5.300.

Senada, Analis PT Woori Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, IHSG masih melanjutkan pelemahan. Lantaran, belum ada sentimen positif pondorong indeks saham.

"Meski masih ada aksi beli yang menahan pelemahan lebih dalam namun IHSG telah membentuk tren penurunan jangka pendek," tulis dia dalam risetnya.

Dia memprediksi IHSG berada pada level support 5.243-5.225. Sedangkan resistance pada 5.270-5.276.

Kiswoyo merekomendasikan saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) untuk diperhatikan pelaku pasar.

Pada perdagangan saham Kamis 29 Januari 2015 IHSG ditutup melemahnbsp 6,1 poin atau 0,12 persen ke 5262,71. (Amd/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

69. 5 Alasan yang Sering Dipakai Pegawai Buat Kabur dari Kerja
Date/Time : 1/29/2015 5:30:49 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2166998/5-alasan-yang-sering-dipakai-pegawai-buat-kabur-dari-kerja
 

Di tengah tumpukan pekerjaan di kantor, banyak pegawai yang akhirnya mencari-cari alasan untuk sekadar bisa terhindar dari kepenatan bekerja. Seringkali, alasan yang diberikan pada para atasan cenderung kreatif dan semakin beragam.

Bagi para pegawai yang bekerja lebih dari delapan jam, istirahat kecil tentu sangat diperlukan. Tak perlu waktu lama, tapi kadang istirahat sejenak dapat menyegarkan pikiran dan tentu saja berdampak baik pada produktivitasnya.

Tapi banyak juga karyawan yang berpura-pura mencari alasan demi bisa kabur sejenak dari rasa lelah karena telah bekerja terlalu lama. Berikut lima alasan aneh dan lucu yang sering diberikan karyawan pada atasan agar bisa kabur dari pekerjaan seperti dikutip dari Boldsky, Rabu (28/1/2015):

1. Pergi ke bank

Ini tampaknya menjadi alasan yang paling sering diberikan para pegawai pada bosnya agar bisa mendapat tambahan jam istirahat. Faktanya, Anda tak pernah tahu apakah pegawai tersebut benar pergi ke bank atau hanya sekadar agar bisa lepas dari pekerjaan saja.

2. Ada janji dengan dokter

Alasan lain yang juga sering diberikan para pegawai adalah janji dengan dokter. Dengan penuh kepercayaan diri, para pegawai mengatakan betapa pentingnya bertemu dokter dan keluar dari kantor sekitar satu hingga dua jam sebelum kembali bekerja.

3. Sakit kepala

Merasa sakit kepala juga menjadi alasan bagi para pekerja untuk mengambil lebih banyak waktu beristirahat di sela bekerja. Anda memang bisa mendapatkan banyak waktu istirahat dengan cara ini.

4. Ada keluarga datang

Keluarga datang ke kota tempat Anda bekerja? Para pegawai juga menggunakan alasan ini agar mendapatkan kesempatan jalan-jalan ke luar kantor. Faktanya, banyak pegawai yang meminta lebih banyak waktu keluar di sela pekerjaan untuk bertemu dengan saudara yang datang dari kota lain.

5. Izin ke kamar kecil

Banyak pegawai yang izin pergi ke kamar kecil tapi tidak kembali hingga 30 menit atau satu jam lamanya. Biasanya beberapa pegawai melakukan komunikasi telepon di kamar kecil hingga seringkali rekan kerjanya kesulitan menemukan dirinya. (Sis/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

70. Wall Street Tertekan Spekulasi Keputusan The Fed
Date/Time : 1/29/2015 4:02:57 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167920/wall-street-tertekan-spekulasi-keputusan-the-fed
 

Saham-saham di Wall Street berguguran tersenggol sentimen akan spekulasi keputusan suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed). Sebagian besar investor ber spekulasi bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga di tahun ini karena ekonomi di negara Paman Sam tersebut terus menguat.

Mengutip Bloomberg, Kamis (29/1/2015), Indeks Dow Jones Industrial Averange turun 182,64 poin atau 1,05 persen ke level 17.204,10. Indeks Standard & Poor 500 melemah 26,20 poin atau 1,29 persen ke level 2.003,35. Sedangkan Indeks Nasdaq juga turun 39,26 poin menuju 4.642,24.

Di awal perdagangan, Wall Street sempat menghijau didorong oleh saham-saham teknologi dan juga transportasi seperti Apple dan juga boeing Co. Saham kedua perusahaan tersebut naik di tengah pengumuman hasil kinerja.

Dalam publikasi hasil rapat yang berlangsung dua hari kemarin, The Fed meningkatkan penilaian terhadap ekonomi dan pasar tenaga kerja meskipun mereka juga memperkirakan bahwa inflasi akan mengalami penurunan.

Para pejabat The Fed saat ini sedang menghadapi situasi yang cukup sulit karena akan mengambil keputusan yang berbeda untuk pertama kalinya sejak 2006 yaitu untuk menaikkan suku bunga.

Analisnbsp LPL Financial Corp, San Diego, AS, Anthony Valeri menjelaskan, pelaku pasar melihat bahwa kemungkinan besar The Fed akan menaikkan suku bunga pada pada Juni mendatang. "Meskipun angka inflasi mencetak level rendah dan pertumbuhan ekonomi dunia juga sedang melemah," jelasnya.

Sebenarnya, The Fed mengakui adanya risiko global karena beberapa negara sedang mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi. Namun beberapa data ekonomi yang keluar menunjukkan bahwa Amerika sedang bergairah.

Pasar Tenaga Kerja menunjukkan kekuatan baru. Tingkat pengangguran terus menurun menuju level terendah dalam enam tahun terakhir yaitu sebesar 5,6 persen. Para pengusaha Amerika juga memperkerjakan 252 pekerja pada bulan lalu.(Gdn)



Back To Top Go To Bottom

71. JK: Saya Bilang ke Freeport, Take It or Leave It
Date/Time : 1/29/2015 12:01:39 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167883/jk-saya-bilang-ke-freeport-take-it-or-leave-it
 

Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia menawarkan tiga opsi kepada PT Freeport Indonesia yang tidak bisa dinegosiasikan.

"Saya sudah bertemu dengan CEO Freeport McMoRan, Jim Bob (James Robert Moffett). Saya tegaskan kepada dia, kita bisa negosiasi, tetapi ada tiga hal yang non negotiable," jelas Kalla ketika bertemu dengan Pimpinan Redaksi di kediamannya, Rabu (28/1/2015) malam.

Dia menjelaskan, ketiga hal yang tidak bisa dinegosiasikan tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, Freeport harus membangun smelter. Kedua, Freeport harus melipat gandakan pendapatan yang diterima oleh masyarakatnbsp Papua. Ketiga, Freeport harus membangun industri hilir.

"Mengapa Freeport enggan membangun smelter? Jawabannya sederhana, karena dengan membangun smelter maka apapun yang diproduksi oleh mereka menjadi transparan. Dia dapat emas berapa, dapat tembaga berapa, kita bisa tahu persis.nbsp Jadi dapat apapun jadi transparan. Tanpa smelter, kita tidak tahu mereka produksi apa saja," ungkap Kalla.

Pemerintah juga meminta kepada Freeport untuk meningkatkan pendapatan bagi masyarakat di Papua karena melihat ketimpangan pendapatan yang sangat tinggi antara masyarakat Papua dengan Papua Nugini.

Menurut Kalla, pendapatan yang diterima oleh masyarakat di Papua Nugini dari Freeport mencapai Rp 35 triliun. Sedangkan masyarakatnbsp Papua hanya mendapatkan Rp 10 triliun saja. "Saya minta ke Freeport, Papua harus mendapatkan revenue yang sama seperti Papua Nugini," tuturnya.

Ia melanjutkan, Freeport juga harus mendirikan atau mengembangkan industri hilir di Papua karena dengan cara tersebut bisa menyerap tenaga kerja yang sangat signifikan. (Muhamad Teguh)



Back To Top Go To Bottom

72. Tagihan Fantastis Rp 1,11 Miliar Buat Satu Gigitan Ular
Date/Time : 1/28/2015 11:38:58 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167671/tagihan-fantastis-rp-111-miliar-buat-satu-gigitan-ular
 

Selama ini, biaya berobat di sejumlah rumah sakit Amerika Serikat dikenal sangat mahal. Bahkan sebuah tagihan mengejutkan senilai US$ 89.227 atau Rp 1,11 miliar pernah diterima warga North Carolina setelah dirinya digigit seekor ular. (kurs: Rp 12.485/US$)

Pria bernama Eric Ferguson itu mengaku tengah membuang sampah saat seekor ular menggigitnya. Dengan tergesa, Ferguson berangkat ke rumah sakit untuk mengeluarkan racun bekas gigitan ular tersebut.

Setibanya di rumah sakit, dia diberi obat penangkal racun dan dirawat selama 18 jam. Betapa terkejutnya Ferguson saat hendak membayar biaya perawatannya yang kurang dari sehari itu, dia menerima tagihan dengan angka cukup fantastis senilai Rp 1,11 miliar.

Sembuh dari bisa ular, Ferguson justru dihadapkan dengan kenyataan lain yang tak kalah mengejutkan. Apakah Ferguson tetap membayar seluruh tagihan tersebut atau menempuh alternatif pembayaran lain?

Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari oddee.com, charlotteobserver.com, dan sejumlah sumber lain, Rabu (28/1/2015):

Harga obat terlalu mahal

Di era sekarang, sangat sulit menebak biaya perawatan saat jatuh sakit karena rendahnya transparansi terkait penentuan harga dan tagihan rumah sakit. Begitulah, perasaan Eric Ferguson dan sang istri, Laura, saat menerima tagihan senilai Rp 1,11 miliar dari rumah sakit dan merasa tarif itu terlalu mahal dari biaya normal.

Pada Agustus 2013, Eric Ferguson tengah membuang sampah saat kakinya digigit seekor ular. Demi segera mendapatkan penanganan, dia lantas meluncur ke Lake Norman Regional Medical Center yang berjarak sekitar 15 mil dari rumahnya.

Setelah dirawat selama 18 jam, dia menerima tagihan mengejutkan tersebut. Sekitar Rp 1 miliar dari seluruh total biaya ternyata merupakan harga yang harus dibayar untuk empat obat penangkal racun yang disuntikkan ke tubuh Ferguson. Artinya, satu obat penangkal itu dibanderol seharga Rp 250 juta.

Mengecek harga di internet

Merasa sangat terkejut dengan tagihan rumah sakit yang diterimanya, Ferguson lantas mengecek harga obat tersebut di internet. Betapa terkejut Ferguson saat menemukan harga tersebut bahkan dijual hanya seharga Rp 9,3 juta.

Medicare, program kesehatan untuk para senior, lantas membantu penebusan harga obat tersebut dengan membayar harga penjualan rata-rata obat di pasaran di tambah enam persen. Untuk empat botol kecil penangkal racun ular, Medicare akan membayar seharga Rp 118 juta.

Ferguson mengatakan dirinya sangat terkejut sementara istrinya sangat marah pada tarif yang dipatok pihak rumah sakit. Bahkan bantuan dari Medicare tak banyak mengurangi beban rumah sakit yang harus ditanggungnya.

Mendapat bantuan pembayaran

Selain dari Medicare, Ferguson juga mendapatkan bantuan dari Blue Cross dan Blue Shield of North Carolina. Dengan kontrak potongan harga dari Blue Cross, Lake Norman Regional mengurangi total tagihannya menjadi US$ 20.227 atau Rp 252 juta.

Namun meski sudah mendapatkan pengurangan tagihan rumah sakit, jumlah biaya pengobatan yang harus dibayar masih sangat tinggi. Ferguson bahkan harus membayar sekitar Rp 67 juta untuk biaya administrasi pengurangan biaya rumah sakit tersebut.

Laura, sang istri, mengaku sangat marah dan membayangkan betapa mengerikannya jika hal itu menimpa seseorang yang sama sekali tidak memiliki asuransi. Sejak 2010, rumah sakit yang didatangi Ferguson memang tengah berada dalam pengawasan karena seringkali mengundang laporan negatif dari masyarakat. (Sis/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

73. Nikahi Model Playboy, Miliarder Ini Takut Hartanya Dirampas
Date/Time : 1/28/2015 10:17:09 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167705/nikahi-model-playboy-miliarder-ini-takut-hartanya-dirampas
 

Harta dan wanita selama ini selalu disebut-sebut sebagai godaan besar bagi para pria. Hal itu juga yang dirasakan Richard Lugner, miliarder asal Austria berusia 82 tahun yang akhirnya menikahi model Playboy berusia 25 tahun, Cathy Schmitz.

Sayangnya, meski telah menikah selama beberapa bulan, Lugner masih khawatir bahwa Cathy menikahinya hanya demi uang semata.

"Saya selalu khawatir kalau dia menikahi saya hanya demi harta. Para wanita sangat berbahaya, menikahinya juga berbahaya," ujar Lugner seperti dikutip dari Australian News, Rabu (28/1/2015).

Lugner mengatakan, setelah menikah dengan wanita yang berusia 57 tahun lebih muda darinya itu, dia tak ingin menikah lagi. Pegusaha sukses di bidang konstruksi itu memang telah menikah selama empat kali sebelum akhirnya menikahi wanita muda belia tersebut.

"Saat saya bertemu dengan Cathy, saya telah menjadi duda selama tujuh tahun. Saya senang bertengkar dengan wanita muda, itu lebih baik," tuturnya.

Sementara Cathy yang menikah dengan Lugner mengaku dia memang sangat senang menikmati gaya hidup mewah bersama sang suami. Tapi dengan tegas dia menyangkal bahwa harta merupakan alasannya menerima lamaran Lugner.

Keduanya menegaskan harus saling percaya bahwa ada cinta dalam pernihakannya. Cathy bahkan menegaskan harta Lugner bukan hal yang sangat penting dalam hidupnya. (Sis/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

74. Menteri ESDM Harap Konflik KPK dengan Polri Selesai
Date/Time : 1/28/2015 9:57:37 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167847/menteri-esdm-harap-konflik-kpk-dengan-polri-selesai
 

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyatakan, konflik Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) harus segera diselesaikan karena berpengaruh pada iklim investasi.

Sudirman mengatakan, iklim investasi sangat berpengaruh pada kepastian hukum, karena itu perlu peran penegak hukum untuk bekerja keras.

"Contoh mengemuka soal bioremediasi sampai sekarang belum selesai," kata Sudirman di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dengan contoh kasus bioremediasi tersebut, Sudirman menilai, penegak hukum negara ini belum cermat. Akan tetapi penegak hukum tidak bisa diintervensi.

"Tentu kita tidak bisa intervensi proses pengadilan tapi sangat dibayangkan penegak hukum kita masih belum cermat," ungkapnya.

Ia melanjutkan, perseteruan antar dua lembaga penegak hukum yaitu KPK dan Polri juga harus cepat diselesaikan. Penyelesaian konflik dua lembaga hukum itu dapat mendukung investasi.

"Jadi kami juga mengharapkan. Jadi suasana sekarang urusan KPK dengan polisi selesai sehingga menciptakan iklim investasi yang besar," pungkasnya. (Pew/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

75. Ekonom Standard Chartered Jadi Anggota Dewan Komisioner LPS
Date/Time : 1/28/2015 9:47:23 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167827/ekonom-standard-chartered-jadi-anggota-dewan-komisioner-lps
 

Usai berkarier selama 13 tahun di Standard Chartered, Ekonom Senior PT Standard Chartered Indonesia Fauzi Ichsan kini menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Saya sudah di LPS. Keppres keluar sejak akhir bulan lalu. Akan tetapi karena ada masalah admistrasi jadi tercatat mulai tanggal," ujar Fauzi, saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (28/1/2015).

Industri keuangan memang tak asing bagi Fauzi. Pria kelahiran 27 Januari 1970 mengatakan, sebagai ekonom selama 13 tahun berkarir di Standard Chartered telah memberikan masukan mengenai makro ekonomi. Hal ini memang berbeda dengan karirnya di LPS, yang akan lebih banyak membuat perencanaan kebijakan. Ini juga menjadi pertimbangan pria lulusan London School of Economics ini ingin terjun ke LPS.

"Sebagai analis tidak berinteraksi dengan kebijakan. Selama ini berinteraksi dengan investor di dalam negeri dan luar negeri yang sifatnya memberikan penjelasan mengenai hal yang terjadi di Indonesia," ujar Fauzi.

Fauzi pun mengharapkan dapat memberikan kontribusi di LPS. Salah satunya rancangan Undang-undang Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). Menurut dia, kehadiran UU itu dapat membantu memperkuat kepastian hukum bila kembali terjadi krisis keuangan.

"Jadi ada dasar hukum untuk menyelamatkan bank. Sehingga kasus bank Century tak kembali terulang," ujar Fauzi.

Selain itu, Fauzi menilai, saat ini industri perbankan di Indonesia masih belum efisien. Net Interest Margin (NIM) sekitar 5 persen-6 persen sedangkan di Singapura sekitar 1 persen-2 persen.nbsp Menurut Fauzi, hal itu berdampak ke sektor riil karena pelaku usaha harus meminjam dana sangat tinggi.

Adapun susunan dewan komisioner LPS antara lain:

1. Ketua Dewan Komisionernbspnbsp nbspnbspnbsp nbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbsp : C. Heru Budiargo
2. Anggota/Kepala Eksekutifnbspnbsp nbspnbspnbsp nbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbsp : Kartika Wirjoatmodjo
3. Anggota ex officio Bank Indonesia nbspnbspnbsp : Ronald Waas
4. Anggota Dewan Komisionernbspnbsp nbspnbspnbsp nbspnbspnbspnbspnbspnbsp : Fauzi Ichsan
5. Anggota ex officionbspnbsp nbspnbspnbsp nbspnbspnbsp nbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbspnbsp : Nelson Tampubolon
6. Anggota ex-officio Kemenkeunbspnbsp nbspnbspnbsp nbspnbspnbspnbsp : Robert Pakpahan



Back To Top Go To Bottom

76. Apexindo Terbitkan Surat Utang Rp 4,8 Triliun
Date/Time : 1/28/2015 9:37:44 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167714/apexindo-terbitkan-surat-utang-rp-48-triliun
 

PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) melalui anak usahanya akan menerbitkan surat utang/obligasinbsp sekitar S$ 500 juta atau sekitar Rp 4,81 triliun (asumsi kurs Rp 9.633,99 per dolar Singapura). Penerbitan surat utang ini akan diterbitkan secara bertahap.

Mengutip keterangan yang diterbitkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (28/1/2015), dana hasil penerbitan surat utang digunakan untuk keperluan pembiayaan kembali utang Perseroan. Selain itu, sisa dana hasil penerbitan obligasi digunakan untuk modal kerja.

Obligasi yang diterbitkan berjangka waktu lima tahun. Bunga obligasi yang ditawarkan maksimal 10 persen per tahun. Namun, manajemen memiliki kewenangan untuk menjalankan rencana transaksi dengan tingkat suku bunga maksimal hingga 12 persen.

Untuk menerbitkan surat utang ini, perseroan menjaminkan perusahaan, dan seluruh atau sebagian besar aset perseroan. Apabila terjadi gagal bayar maka Perseroan akan mengambil alih kewajiban keuangan anak usaha untuk seluruh jumlah obligasi.

Perseroan pun akan meminta persetujuan pemegang saham untuk menerbitkan obligasi dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 6 Maret 2015. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

77. Pemerintah Ancam Tutup Mini Market yang Jual Minuman Keras
Date/Time : 1/28/2015 9:27:07 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167809/pemerintah-ancam-tutup-mini-market-yang-jual-minuman-keras
 

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan tak main-main untuk membatasi peredaran minuman beralkohol. Hal itu ditandai dengan terbitnya Peraturan Menteri yang melarang penjualan minuman alkohol 5 persen di minimarket.

Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel bahkan menyatakan akan mencabut izin usaha jika mini marketnbsp tertangkap tangan masih membandel.

"Paling jelek saya minta pemerintah daerah mencabut izin mini market yang jual. Terlebih banyak ritel yang belum berizin," kata dia di kantornya,nbsp di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Lebih lanjut, ketentuan tersebut benar-benar dalam tiga bulan ke depan. Rachmat mengatakan supaya ketentuan tersebut berjalan dengan baik, akan melakukan koordinasi Pemerintah Daerah (Pemda).

"Izin mini market itu ada di Pemda. Saya akan koordinasi dengan Pemda untuk melihat izin dari minimarket," ujar Rachmat.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Anies Baswedan mengapresiasi langkah Rachmat. Dengan peraturan tersebut, berarti pemerintah mendorong generasi Indonesia yang lebih baik.

"Fokusnya sama pada pencegahan, bila dilakukan sama-sama menginginkan sehat fisik, moral sama-sama kita kerjakan demi kemajuan bangsa kita," tandas Anies. (Amd/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

78. Pengumuman CPNS Terlambat, Ini Penjelasan KemenPAN-RB
Date/Time : 1/28/2015 9:17:21 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167807/pengumuman-cpns-terlambat-ini-penjelasan-kemenpan-rb
 

Meski direncanakan rampung pada akhir Desember 2014, namun hingga kini masih ada sejumlah instansi pemerintah pusat dan pemda yang belum mengumumkan kelulusan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Keterlambatan itu terjadi karena ada beberapa instansi yang minta afirmasi ambang batas kelulusan, selain adanya beberapa instansi belum selesai verifikasi dan validasi.

Atas keterlambatan tersebut, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS Tahun 2014 mengharapkannbsp agar masyarakat, terutama peserta tes yang belum diumumkan untuk bersabar dan memahami kondisi ini.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman menjelaskan, pihaknya tidak bermaksud mengulur waktu. Menurutnya, keterlambatan ini semata-mata karena persoalan teknis, antara lain adanya permintaan afirmasi dari instansi yang harus kami check and recheck relevansinya serta proses verifikasi berlapis atas hasil tes CPNS.

"Kami mengedepankan kehati-hatian, untuk menghindarkan terjadinya kesalahan. Atas keterlambatan tersebut, kami menyampaikan permohonan maaf,rdquo ujar Herman di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dikatakan, afimasi itu memang dimungkinkan untuk beberapa jabatan tertentu. Seperti dijelaskan dalam Lampiran Peraturan Menteri PANRB No. 17/2014 tentang Tambahan Alokasi Formasi dan Pengadaan CPNS Tahun 2014, prinsip penentuan kelulusan didasarkan pada nilai ambang batas kelulusan (passing grade).

Passing grade untuk wilayah tertentu dan jabatan spesifik/langka dan tidak diminati dapat diberikan afirmasi, antara lain untuk jabatannbsp Instruktur Penerbang, Rescuer, Anak Buah Kapal, Pengamat Gunung Api, dan Penjaga, Menara Suar.

Lebih lanjut Herman menjelaskan, Permen PANRB itu ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri PANRB No. 2/2015 tentang, Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Bagi Jabatan Tertentu dalam Seleksi CPNS 2014. Jabatan dimaksud meliputinbsp Jenang/Kelasi Kapal, Anak Buah Kapal, Anak Buah Kapal Pengawas, Juru Mudi, Mualim, Juru Mudinbsp Kapal Pengawas, Pengamat Gunung Api Pelaksana,nbsp Rescuer, Pelatih Olah Raga.

Untuk jabatan dimaksud, nilai ambang batas ditetapkan 105 untuk tes karakteristik pribadi (TKP), 60 untuk tes intelegensia umum (TIU) dan 53 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK). Menurut Permen PAN No. 2/2015 tersebut, afirmasi juga diberikan untuk jabatan juru minyak/oiler, perawat mesin kapal, teknisi kapal, juru motor tingkat 1, perawat kapal. Untuk jabatan ini nilai TKP 105, TIU 45 dan TWK 35.

Herman mengaku, banyak pihak yang menyampaikan pertanyaan kenapa di instansi atau daerah tertentu belum ada pengumuman kelulusan CPNS.

ldquoPertanyaan itu ada yang melalui media sosial, telepon, bahkan ada yang datang ke Kementerian PANRB,rdquo imbuhnya.

Dia berusaha untuk sedapat mungkin memberikan penjelasan secara cepat dan transparan sebagai wujud dari akuntabilitas pengelolaan informasi. Terhadap beberapa pihak yang mencurigai bahwa terjadi kecurangan, Herman menegaskan bahwa hal itu dijamin tidak terjadi.

ldquoSaya jamin tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh Panselnas,rdquo sergahnya.

Sesuai data dari Panselnas, sampai hari Rabu (28/1/2015),nbsp 265 dari 424 instansi telah mengumumkan hasil seleksi CPNS, sisanya masih dalam proses penyelesaian. ldquoUntuk instansi pusat yang sudah mengumumkan ada 46, dari 69 kementerian/lembaga. Untuk instansi provinsi yang sudah mengumumkan ada 16 dari 26 provinsi. Sedangkan untuk kabupaten/kota yang sudah 203 dari 329 kabupaten/kotardquo tambah Herman.


Namun demikian Herman memastikan bahwa hasil tes dari semua instansi, kecuali Kemendikbud, saat ini sudah selesai diolah dan telah dicetak, ldquoSesuai penjelasan dari Panselnas, pengolahan hasil tes sudah tuntas, tinggal diambil, dan dicrosscheck oleh instansi untuk kemudian diumumkan. Kecuali Kemendikbud masih menunggu verifikasirdquo pungkas Herman. (Ndw)



Back To Top Go To Bottom

79. 5 Provinsi yang Jadi Lokasi Favorit Buat Investasi di RI
Date/Time : 1/28/2015 9:06:49 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167797/5-provinsi-yang-jadi-lokasi-favorit-buat-investasi-di-ri
 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengumumkan 5 lokasi yang menjadi daerah tujuan favorit investasi Indonesia selama kurun waktu Januari-Desember 2014. Masuk Provinsi Kalimantan Timur sebagai tujuan penanaman modal asing (PMA)nbsp dari sektor industri hilirisasi.


Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis mengatakan, tren investasi baik Penanaman Modal Dalam Negeri maupun PMA sejak 2010-2014 berdasarkan lokasi didominasi Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Tapi di tahun lalu, muncul Kalimantan Timur yang masuk dalam 5 besar tujuan investasi di Indonesia. Daerah ini juga pernah masuk di peringkat tersebut pada 2012 lalu," ungkap dia di kantornya, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Menurut Azhar, perusahaan asing tertarik membenamkan modal di Kalimantan Timur untuk proyek pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter). Provinsi tersebut dinilai sangat cocok untuk proyek ini karena dekat dengan ketersediaan bahan baku.

"Kita harapkan provinsi lain menyusul jika muncul industri smelter. Pembangunan smelter kan harus dekat dengan bahan baku, jika tidak, nggak akan efisien," tegasnya.

Berikut 5 besar lokasi tujuan investasi di Indonesia sepanjang Januari-Desember 2014 :


Untuk PMDN

1. Jawa Timur dengan nilai investasi Rp 38,13 triliun untuk 303 proyek
2. Jawa Barat senilai Rp 18,73 triliun sebanyak 258 proyek
3. DKI Jakarta sebesar Rp 17,81 triliun sebanyak 118 proyek
4. Jawa Tengah senilai Rp 13,60 triliun sebanyak 121 proyek
5. Kalimantan Timur senilai Rp 12,86 triliun sebanyak 40 proyek

Untuk PMA

1. Jawa Barat dengan nilai investasi US$ 6,56 miliar dengan 1.671 proyek
2. DKI Jakarta senilai US$ 4,51 miliar sebanyak 3.053 proyek
3. Kalimantan Timur sebesar US$ 2,15 miliar dengan 191 proyek
4. Banten senilai US$ 2,03 miliar sebanyak 709 proyek
5. Jawa Timur sebesar US$ 1,80 miliar sebanyak 497 proyek.

(Fik/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

80. Wapres JK Harap Suku Bunga Acuan Turun Agar Topang Ekonomi
Date/Time : 1/28/2015 9:00:10 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167779/wapres-jk-harap-suku-bunga-acuan-turun-agar-topang-ekonomi
 

Bank Sentral Eropa (The European Central Bank/EBC) mengubah kebijakan moneternya untuk merangsang pertumbuhan ekonomi yang tengah bermasalah di wilayah tersebut. Dalam kebijakan yang baru, Bank Sentral Eropa mengeluarkan program pembelian obligasi besar-besaran dengan nilai kurang lebih US$ 1,3 triliun.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla menegaskan, kebijakan moneter Indonesia tidak akan terpengaruh dan tidak akan berubah. Ia menjelaskan, perubahan kebijakan di Eropa diperlukan karena terjadi krisis di sana, sementara di Indonesia menunjukkan tren positif.

"Negara-negara itu, seperti Eropa, akibat ekonomi Eropa banyak kesulitan-kesulitan yang terjadi. Euro zone itu Anda tahu semua banyak kesulitannya, banyak masalahnya. Di Yunani, Jerman, di mana pun akibat embargo ke Rusia dan sebagainya sehingga ekonomi Eropa lebih stagnan dewasa ini dari pada dulu. Karena itu dia, mengubah kebijakannya, kalau Indonesia kan tidak (ada masalah ekonomi)," kata JK, dalam acara Nikkei Forum Jakarta, di hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Tren positif yang sedang ditunjukkan ekonomi Indonesia, karena itu perubahan fundamental tak diperlukan. Bahkan, JK memberi sinyal agar suku bunga diturunkan.

"Mungkin malah harus diturunkan bunga kita agar lebih cepat pertumbuhannya untuk mencapai sekitar 6 persen itu," ujar JK.

Menteri Keuangan (Menkeu), Bambang Brodjonegoro mengatakan, pengguliran stimulus dari Bank Sentral Eropa (ECB) dapat menjadi penyeimbang rencana penyesuaian tingkat suku bunga acuan The Federal Reserve. Kenaikan Fed Fund Rate diperkirakan berlangsung pada September 2015.

"Kebijakan ECB akan membantu menstabilkan kurs rupiah, bukan langsung memperkuat rupiah. Kestabilan itu penting karena ECB bisa agak menetralkan dampak dari kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS," ujar dia.

Sebelumnya, pada Kamis 22 Januari 2015, mengutip CNN Money, Gubernur Bank Sentral Eropa, Mario Draghi menjelaskan, dalam program baru ini, untuk pertama kalinya Bank Sentral Eropa bakal membeli surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah yang bernaung di zona Euro.

Pembelian surat utang tersebut akan dilakukan pada Maret 2015 hingga September 2016. Namun, jika memang diperlukan, periode pembelian tersebut bisa diperpanjang. Rencananya, setiap bulan Bank Sentral Eropa bakal menggelontorkan dana 60 miliar Euro atau senilai US$ 70 miliar.

"Kami mengeluarkan kebijakan untuk mendorong laju inflasi yang konsisten dengan tujuan kami yaitu kurang lebih berada di bawah 2 persen," jelas Draghi. (Silvanus A/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

81. Investasi Meroket, Penyerapan Tenaga Kerja Malah Merosot
Date/Time : 1/28/2015 8:49:59 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167739/investasi-meroket-penyerapan-tenaga-kerja-malah-merosot
 

Nilai investasi Indonesia di periode tahun lalu sebesar Rp 463,1 triliun telah menyerap tenaga kerja sampai 1,33 juta orang. Dilihat dari realisasi nilai, penanaman modal sepanjang 2014 jauh meningkat dari capaian 2013 yang sebesar Rp 398,6 triliun. Namun dari penyerapannya tenaga kerja justru menurun.

Dari data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Rabu (28/1/2015), penyerapan tenaga kerja pada 2013 mencapai 1,83 juta orang dengan realisasi investasi Rp 398,6 triliun. Tapi merosot menjadi 1,33 juta tenaga kerja untuk penanaman modal senilai Rp 463,1 triliun.

Rinciannya, sebanyak 260.156 tenaga kerja di kuartal I 2014, sedangkan kuartal II sebanyak 350.803 tenaga kerja terserap, naik lagi di kuartal III menjadi 349.377 tenaga kerja dan 470.510 di kuartal IV tahun lalu. Secara keseluruhan 1.330.846 tenaga kerja.

Sedangkan kondisi di 2013, total penyerapan tenaga kerja menembus 1.829.950 orang. Mencakup 361.924 di kuartal I, meningkat di kuartal II menjadi 626.376, kemudian turun di kuartal III menjadi 411.543 dan 430.107 pada kuartal IV 2013.

Kepala BKPM, Franky Sibarani mengatakan, tren investasi sepanjang tahun lalu ada aksi wait and see dari investor sehingga pencapaian investasi dari kuartal per kuartal tidak melonjak signifikan. Hal ini berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja.

"Tapi kalau dilihat kuartal per kuartal ada peningkatan penyerapan tenaga kerja cukup tinggi. Sebab sektor yang berinvestasi di Indonesia cukup besar menyerap tenaga kerja, seperti konstruksi, industri makanan dan minuman, industri logam, elektronik, pertanian dan perkebunan," terang dia. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

82. Indonesia Timur Jadi Tumpuan BFI Finance Tingkatkan Pembiayaan
Date/Time : 1/28/2015 8:39:07 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167740/indonesia-timur-jadi-tumpuan-bfi-finance-tingkatkan-pembiayaan
 

Perusahaan pembiayaan BFI Finance pada tahun 2015 menjadikan kawasan Indonesia Timur menjadi wilayah yang akan menjadi konsen pengembangan pasar untuk mendukung peningkatan pembiayaan.

Retail Business Marketing Director BFI Finance, Sutadi menjelaskan, untuk mendukung hal itu, perusahaan akan menambah kantor cabang di tahun ini sebanyak 20 kantor cabang dengan mayoritas akan dialokasikan di Indoensia Timur. Saat ini, BFI Finance sudah memiliki 40 kantor cabang di Sulawesi.

lrm"Kawasan Indonesia Timur akan menjadi andalan pertumbuhan karena pangsa pasar yang tumbuh signifikan," kata Sutadi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/1/2015).

Sutadi menambahkan, BFI Finance menargetkan pembiayaan tahun ini mencapai Rp 10 triliun, kontribusi pembiayaan berasal dari kredit mobil, motor serta perumahan.

"Itu ditopang dari pembiayaan motor, mobil mesin dan alat berat serta pembiayaan perumahan. Dari pembiayaan tersebut, kredit mobil dan motor menyumbang 40 persen," tegasnya.

Menurut Sutadi, dua tahun terakhir pembiayaan mengalami pertumbuhan signifikan, untuk perumahan BFI Finance sengaja tidak menyasar pembiayaan untuk perumahan baru karena akan bersaing dengan ketat sehingga BFI lebih memilih untuk kredit atau pembiayaan perumahan second.

ldquoPembiayaan alat berat di pertambangan dan perkebunan, relatif stagnan karena kondisi harga komoditas yang menurun, kita alihkan ke pembiayaan mesin. Dan kita juga tertarik dengan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan," pungkasnya. (Yas/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

83. Pemerintah Pastikan Kuota BBM Cukup Sampai Akhir Tahun
Date/Time : 1/28/2015 8:28:31 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167754/pemerintah-pastikan-kuota-bbm-cukup-sampai-akhir-tahun
 

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meyakini konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar tidak melampaui usulan kuota sebesar 17,06 juta kiloliter (kl) sampai akhir tahun.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas( Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmadja mengatakan, angka kuota BBM bersubsidi yang diajukan tersebut sudah berdasarkan pertumbuhan ekonomi 5,5 persen sampai 6 persen serta pertambahan kendaraan sekitar 8 persen-10 persen.

"Kami sudah kalkulasi termasuk mengenai harga minyak yang turun,nbsp Semoga kuota ini tidak jebol," kata Wira saat rapat asumsi makro dengan Komisi VII DPR, di gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Wira menambahkan, keyakinannya kuota BBM yang diusulkan cukup sampai bertambah dengan mengacu konsumsi solar tahun lalu yang hanya 16 juta kl.

"Dari realisasi konsumsi solar tahun lalu sekitar 16 juta kl. Jadi kalau kuota solar tahun ini 17,05 juta kl, kami yakin cukup sampai akhir tahun," ungkapnya.

Kepala Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Andy Noorsaman Sommeng melanjutkan, kuota BBM tersebut akan cukup sampai akhir tahun karena perbedaan harga antar solar bersubsidi dan non subsidi cukup dekat yaitu Rp 1.000 per liter, dengan begitu aksi penyalahgunaan solra bersubsidi dapat diredam. (Pew/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

84. Pertamina Ingin Keuntungan Jual Premium Ditambah Rp 50 per Liter
Date/Time : 1/28/2015 8:16:50 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167837/pertamina-ingin-keuntungan-jual-premium-ditambah-rp-50-per-liter
 

PT Pertamina (Persero) akan mengajukan penambahan keuntungan penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium sebesar Rp 50 per liter di Jawa.

Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Ahmad Bambang mengatakan, pemerintah melaluinbsp Peraturan Pemerintah No 191 Tahun 2014 telah menetapkan keuntungan badan usaha minimal 5 persen dan maksimal 10 persen. Sementara saat ini keuntungan penjualan premium masih di bawah 5 persen.

"Jamali saya pribadi sudah tidak masuk BBM penugasan, harusnya naikin sedikit supaya naik 5 persen," kata Ahmad, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Ahmad mengungkapkan, jika keuntungan premium dinaikkan 5 persen atau Rp 50 per liter, akan dibebankan ke harga jual, sehingga harga premium untuk wilayah Jawa menjadi Rp 6750 per liter.

Namun, ia belum bisa menyebutkan waktu kenaikan harga premium tersebut. "Tapi tetap minta izin konsultasi, belum (diajukan) kalau 5 persen persis 6750," tutur Ahmad.

Menurut Ahmad, peningkatan keuntungan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Saat ini, keuntungan penjualan premium masih terbilang rendah Rp 270 per liter.

"Supaya kami bisa kasih SPBU, biar bagus, marginnya terlalu rendah dibanding Pertamax. Pertamax Rp 475 per liter, premium cuma Rp 270 sebelumnya Rp 230 per liter," pungkasnya. (Pew/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

85. Gonjang Ganjing Politik Tak Ganggu Investasi di RI
Date/Time : 1/28/2015 8:04:21 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167723/gonjang-ganjing-politik-tak-ganggu-investasi-di-ri
 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memandang kisruh politik yang menyeret dua lembaga tinggi negara, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian RI tidak akan menggoyangkan iklim investasi di Indonesia. Pihaknya optimistis, Negara ini sanggup mencetak nilai investasi yang ditargetkan yaitu Rp 519,5 triliun di 2015.

Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sudah memasuki 100 hari atau 3 bulan berjalan. Dalam "kolaborasi" dua pemimpin, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dan Jokowi, Indonesia sukses meraup investasi Rp 463,1 triliun sepanjang 2014 atau melampaui target Rp 456,6 triliun.

Saat ditanyakan mengenai keberhasilan investasi di pemerintahan Jokowi-JK selama kurun waktu 3 bulan, Kepala BKPM Franky Sibarani mengaku sangat optimistis dengan penanaman modal dari asing maupun dalam negeri untuk masuk atau ekspansi di Indonesia.

"Pemerintah tidak mengenal 100 hari, artinya kami ingin perkembangan setelah tiga bulan. Pada Januari ini, saya melihat optimisme dari investor. Hal ini diketahui setelah menggelar diskusi dan pertemuan dengan investor," ujar dia kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Penanam modal, lanjutnya, sangat tertarik untuk investasi di Indonesia meski kondisi politik, hukum maupun keamanan yang tengah "membara", seperti konflik KPK dan Kepolisian RI. Dia mengaku, investor justru wait and see ketika Indonesia menggelar Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

"Kondisi politik, keamanan seperti sekarang, mereka (investor) umumnya nggak melihat itu serius. Berbeda ketika Indonesia menyelenggarakan pilpres. Tapi setelah pilpres pun, investasi di kuartal IV 2014 masih bertumbuh positif meski stagnan. Diharapkan ada peningkatan investasi signifikan di kuartal I 2015," harap Franky.

Sekadar informasi, BKPM memasang target investasi sebesar Rp 519,5 triliun atau meningkat lebih dari 14 persen dibanding realisasi investasi tahun 2014 yang sebesar Rp 456,6 triliun. Pertumbuhan itu optimistis tercapai meski ada ketidakpastian ekonomi global yang akan berdampak terhadap negara berkembang, terutama Indonesia.

"Target investasi sebesar Rp 519,5 triliun terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 175,8 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 343,7 triliun," ujar Franky.

Sejak 20 Oktober 2014 sampai 23 Januari 2015 atau sejak pemerintahan baru memimpin, dia mencatat sudah ada 87 perusahaan yang melakukan komunikasi dengan BKPM. Dari 87 perusahaan itu, lanjutnya, sebanyak 46 perusahaan telah menyatakan komitmen untuk menanamkan modal di Indonesia. Hal ini berkat forum-forum investasi yang agresif diselenggarakan BKPM, termasuk pendalaman kepada penanam modal.

"Sebanyak 46 perusahaan yang sudah berkomitmen itu bergerak di sektor kelistrikan 3 perusahaan, industri padat karya 5 perusahaan, industri hilirisasi 8 perusahaan, industri maritim 3 perusahaan, substitusi impor 12 perusahaan, infrastruktur 4 perusahaan dan lainnya," rincinya.

Dia menyebut, nilai investasi yang datang dari 46 perusahaan tersebut mencapai US$ 74 miliar. "Jadi ada perusahaan yang sudah sedang dalam perizinan, mencari lahan sampai pada tahap ingin konstruksi," tegas Franky. (Fik/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

86. MK Tolak Uji Materi UU LPS Terkait Penjualan Saham Bank Gagal
Date/Time : 1/28/2015 8:00:03 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167834/mk-tolak-uji-materi-uu-lps-terkait-penjualan-saham-bank-gagal
 

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan uji materi Undang-undang (UU) Nomor 24 tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan (UU LPS).

"Menyatakan menolak permohonan untuk seluruhnya," kata Ketua Majelis Hakim Konstitusi (MK) Arief Hidayat saat membacakan amar putusan di Ruang Sidang Gedung MK, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dalam pokok permohonannya, Pemohon mempermasalahkan ketentuan Pasal 30 ayat 5 UU LPS yang menunjukkan adanya kewajiban LPS untuk menjual saham bank gagal yang tidak berdampak sistemik selambat-lambatnya pada tahun kelima, meskipun tidak mencapai tingkat pengembalian yang optimal bagi LPS ataupun terdapat potensi kerugian LPS.

Kerugian yang dimaksud, yaitu kerugian dalam arti nilai jual saham bank gagal tidak sepadan dengan nilai Penempatan Modal Sementara (PMS) yang dikeluarkan LPS dalam pengelolaan bank gagal tersebut.

Sementara ketentuan Pasal 38 ayat 5 UU LPS, memunculkan potensi bahwa Pemohon akan dianggap merugikan keuangan negara ketika nilai penjualan bank gagal dimaksud kurang dari tingkat pengembalian optimal yang dikehendaki oleh UU LPS.

Terhadap dalil Pemohon tersebut, Mahkamah berpendapat, pengaturan penjualan bank gagal yang berdampak sistemik, dalam kaitannya dengan tingkat pengembalian yang optimal dan jangka waktu penanganan bank gagal tersebut oleh LPS, memiliki kesamaan substansi dengan pengaturan penjualan bank gagal yang tidak berdampak sistemik yang diatur dalam Pasal 30 ayat 5 UU LPS.

Dengan demikian, menurut Mahkamah, substansi pertimbangan hukum Mahkamah tersebut berlaku mutatis mutandis bagi pertimbangan hukum pengujian konstitusionalitas Pasal 38 ayat 5 UU LPS.

Kemudian mengenai tindakan LPS pada tahun keenam menjual saham bank gagal, menurut Mahkamah, tindakan tersebut adalah perintah undang-undang, yaitu perintah Pasal 42 ayat 5 UU LPS.

Atas dasar perintah undang-undang tersebut, tindakan penjualan saham bank gagal oleh LPS tidak dapat dikategorikan sebagai tindakan pidana yang merugikan keuangan negara, selama penjualan saham bank gagal dimaksud telah dilakukan secara terbuka dan transparan sebagaimana diatur dalam Pasal 42 ayat 2 UU LPS.


Berdasarkan pertimbangan hukum tersebut, Mahkamah berpendapat, ketentuan Pasal 42 ayat 5 UU LPS tidak melanggar atau tidak bertentangan dengan Pasal 1 ayat 3, Pasal 28C ayat 2, dan Pasal 28D ayat 1 UUD 1945, sehingga permohonan Pemohon mengenai pasal a quo tidak beralasan menurut hukum.

Sebagaimana diketahui, Pemohon dalam hal ini Kartika Wirjoatmojo diwakili kuasa hukumnya Eri Hertiawan menjelaskan latar belakang permohonan. Bahwa berdasarkan Pasal 6 ayat 2 UU LPS, dalam menangani dan menyelamatkan bank gagal, Pemohon secara langsung telah diberikan kewenangan oleh UU untuk mengambilalih segala hak dan kewenangan pemegang saham (pemegang saham lama) pada bank gagal yang diselamatkan.

Secara lebih spesifik, berdasarkan Pasal 30 ayat 1, Pasal 38 ayat 1, dan Pasal 42 ayat 1 UU LPS, Pemohon telah diberikan wewenang serta kewajiban untuk menjual seluruh saham pada bank gagal yang diselamatkan.

Dengan adanya frasa 'wajib menjual seluruh saham Bank' dalam ketentuan-ketentuan di atas telah jelas Pemohon diberikan tugas dan kewenangan untuk menjual seluruh saham bank gagal yang diselamatkan. Baik saham milik Pemohon yang berasal dari penyertaan modal maupun saham milik pemegang saham lama pada bank gagal yang diselamatkan.

Namun demikian, menurut Pemohon, dalam Pasal 45 UU Pasar Modal terdapat frasa yang dapat menghambat Pemohon dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya untuk menjual seluruh saham pada bank gagal. Khususnya saham milik pemegang saham lama yang tercatat di bursa.

Artinya, dalam konteks penanganan bank gagal, apabilanbsp pemegang saham lama tidak memberikan perintah, tidak memberikan surat kuasa kepada Pemohon, maka kustodian tidak dapat mengeluarkan saham tersebut. sekalipun terdapat permintaan dari pihak lain yang telah diberikan kewenangan berdasarkan UU untuk menjual saham tersebut.

Supaya ada jaminan, perlindungan dan kepastian hukum terhadap Pemohon melaksanakan tugas dan kewenangannya, ketentuan Pasal 30 ayat 5, Pasal 38 ayat 5, dan Pasal 42 ayat 5 UU LPS harus ditafsirkan bahwa apabila pada tahun ke-5 (pada bank gagal yang tidak berdampak sistemik) atau tahun ke-6 (pada bank gagal berdampak sistemik) Pemohon menjual saham bank gagal di bawah tingkat pengembalian yang optimal, maka tindakan tersebut merupakan tindakan sah dalam rangka menjalankan kewajiban hukum Pemohon serta tidak dapat dituntut. (Oscar/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

87. Nambah Modal, Mandiri Bisa Jadi Bank Terbesar Ketujuh di ASEAN
Date/Time : 1/28/2015 7:52:24 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167720/nambah-modal-mandiri-bisa-jadi-bank-terbesar-ketujuh-di-asean
 

lrmPemerintah menganggarkan Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk 35 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebesar Rp 74,9 triliun dalam RAPBNP 2015.

Dari total PMN tersebut PT Bank Mandiri (Persero) Tbklrm menjadi BUMN terbesar yang memperoleh suntikan dana dari pemerintah dengan jumlah Rp 5,6 triliun.

Menteri BUMN, Rini Soemarno dalam Rapat Kerja dengan Komisi XI DPR RI mengungkapkan, PMN tersebut diberikan untuk mendukung right issue dalam memperoleh tambahan permodalan perseroan.

"lrmDengan Right Issue itu Bank Mandiri akan mendapatkan tambahan dana sebesar Rp 9,3 triliun, sehingga peringkatnya akan naik menjadi yang ketujuh di ASEAN," kata Rini di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Rini juga menambahkan, Bank Mandiri merupakan salah satu perusahaan keuangan milik peemrintah yang dinilai paling siap untuk menghadapi Masyarakat Ekonomo Asean di akhir 2015 ini.

Di sisi lain, negara-negara ASEAN telah sepakat bahwa masing-masing negara akan mengusulkan bank yang akan dicalonkan menjkadi Qualified ASEAN Bank (QAB).

"Baik dari jumlah modal, prospek usaha maupun fokus usaha, Bank Mandiri merupakan nasional yang paling siap untuk menjadi calon QAB," tegasnya.

Namun, dengan jumlah modal saat ini yaitu Rp 91,74 triliun, belum cukup untuk memenuhi standar kecukupan modal (CAR) pada 2019 yang ditetapkan untuk bank-bank yang beroperasi di ASEAN yaitu sekurang-kurangnya 17,5 persen.

"Bank Mandiri masih perlu diperkuat permodalannya, karena saat ini Bank Mandiri masih berada di peringkat sembilan diantara bank-bank di regional ASEAN," papar Rini.

Untuk itulah, Kementerian BUMN mengajukan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 5,6 triliun untuk Bank Mandiri. (Yas/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

88. Dari 200 Ribu, Hanya 200 Perusahaan yang Punya Jaminan Pensiun
Date/Time : 1/28/2015 7:42:45 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167718/dari-200-ribu-hanya-200-perusahaan-yang-punya-jaminan-pensiun
 

Perusahaan-perusahaan swasta yang beroperasi di Indonesia tampaknya belum memperhatikan kesejahteraan para pekerjanya setelah memasuki masa pensiun.

Pakar Jaminan Sosial, Bambang Purwoko mengatakan dari 200 ribu perusahaan yang ada di dalam negeri, hanya sekitar 200 perusahaan saja yang mempunyai program jaminan pensiun bagi para pekerjanya.

"Dari jumlah perusahaan yang sekitar 200 ribuan, atau kalau dari data Kementerian Ketenagakerjaan sebanyak 183 ribu perusahan, itu yang sudah punya pensiun sendiri dengan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) itu sekitar 200 perusahaan," ujar Bambang di Kantor DPP APINDO, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Sedangkan sisanya, masih belum mempunyai program pensiun bagi para pekerjanya, meskipun sudah pekerja tersebut telah bekerjanya puluhan tahun.

"Jadi masih banyak perusahaan-perusahaan yang belum menyelenggarakan pensiun," lanjutnya.

Menurut Bambang, hal ini telah menyalahi Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) menyatakan bahwa perusahaan harus memberikan penghidupan yang layak bagi para pekerja dan keluarga pekerja, termasuk jaminan pensiun.

"Padahal jaminan pensiun itu diamanatkan dalam UU SJSN, bahwa dalam pasal 2 menyatakan bahwa jaminan SJSN harus memberikan penghidupan yang layak bagi pekerja dan keluarganya," tandasnya. (Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

89. Perketat Minuman Keras, Masyarakat Masih Bisa Temukan di Sini
Date/Time : 1/28/2015 7:30:30 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167788/perketat-minuman-keras-masyarakat-masih-bisa-temukan-di-sini
 

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melarang peredaran minum beralkohol kadar 5 persen di minimarket.nbsp Hal itu tertuang Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

Namun demikian, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Srie Agustina mengatakan, konsumen minuman beralkohol masih bisa membelinya di tempat-tempat tertentu.

"Toh supermarket, hipermarket masih bisa, kafe dan restoran masih bisa," kata dia di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Lebih lanjut Srie mengatakan, terbitnya aturan tersebut memperbaiki Peraturan Menteri yang lama. Perubahan hanya di beberapa pasal dengan merevisi poin tempat peredaran alkohol 5 persen.

"Sebelumnya yang jual pengecer mini market, supermarket, hipermarket. Yang dihilangkan hanya mini market dan pengecer lainnya. Pengecer termasuk warung skalanyanbsp 12 meter persegi," lanjutnya.

Dia menerangkan, terbitnya Permendag tersebut menanggapi laporan masyarakat karena peredaran minuman beralkohol sangat mudah.

"Tapi lebih banyak laporan masyarakat yang langsung ke Pak Menteri, jadi Pak Menteri tahu betul. Jadi Pak Menteri berpikir ini sebaiknya mini market nggak ada," tandas dia.

Menteri Perdagangan, Rachmat Gobel menyatakan, ketentuan tersebut berlaku 3 bulan dari sekarang. Hal tersebut supaya pedagang memiliki kesempatan menghabiskan pasokan.

"Permendag dikeluarkan berlaku untuk tiga bulan, diharapkan mini market membereskan," ujar Rachmat. (Amd/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

90. Soal UMP, Buruh Harus Patuhi Ketentuan Perusahaan
Date/Time : 1/28/2015 7:20:44 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167698/soal-ump-buruh-harus-patuhi-ketentuan-perusahaan
 

Maraknya aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh buruh yang menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) banyak dikeluhkan oleh pengusaha.

Pengurus Bidang Ketenagakerjaan dan Pengupahan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Harijanto mengatakan, seharusnya ketika buruh memilih dan diterima dalam suatu perusahaan, maka buruh tersebut harus siap menyesuaikan ketentuan yang ditetapkan perusahaan yang bersangkutan.

"Karyawan yang baik adalah yang bisa bargain dengan perusahaan," ujarnya di DPP APINDO, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Menurut dia, penetapan UMP sebenarnya merupakan wewenang dari pemerintah pusat yang didelegasikan kepada pemerintah daerah (Pemda), sehingga tidak bisa diotak-atik seenaknya baik oleh buruh maupun pengusaha.

"UMP ini kan wewenangnya pemerintah dalam menjaga kesimbangan antara permintaan dan ketersediaan lapangan kerja," lanjutnya.

Meski demikian, Harijanto mengakui bahwa aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh buruh memang diperbolehkan dan telah diatur dalam Undang-Undang (UU), namun aksi ini hanya boleh dilakukan di dalam lingkungan perusahaan.

"Dalam UU, diperbolehkan demo, tapi di tempat dia bekerja. Sekarang demo UMP malah sudah menganggu masyarakat, malah ada aksi sweping, ini semakin menakutkan," tandasnya. (DNy/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

91. 95 Proyek Investasi Mangkrak di RI
Date/Time : 1/28/2015 7:10:33 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167695/95-proyek-investasi-mangkrak-di-ri
 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat sebanyak 95 proyek investasi di Indonesia terhenti akibat berbagai kendala. Nilai investasinya tak tanggung-tanggung mencapai Rp 400 triliun.

Hal ini disampaikan Kepala BKPM, Franky Sibarani. Ditemui saat Konferensi Pers Realisasi Investasi 2014, dia mengatakan, pihaknya ingin mempercepat penyelesaian 95 proyek investasi di tahun ini. Realisasi proyek-proyek tersebut diakuinyanbsp menemukan hambatan (debottlenecking).

"Sebanyak 95 proyek itu sektornya bervariasi, yakni perkebunan, listrik, perikanan, industri manufaktur, air, semen di dua lokasi, yaitu di Kalimantan dan Papua. Juga sektor petrokimia di Papua dan oliochemical di Dumai. Nilai investasi 95 proyek itu sampai lebih dari Rp 400 triliun," tegas dia di kantornya, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Lebih jauh Franky menjelaskan, terhentinya puluhan proyek investasi dari Penanaman Modal Asing dan Penanaman Modal Dalam Negeri itu karena hambatan yang menghadang. Diantaranya, sebut dia, permasalahan pembebasan lahan, perizinan dan lainnya di daerah.

"Kendalanya di daerah, bukan konteks regulasi secara nasional, misalnya perizinan dan masalah tanah. Utamanya konstruksi mengalami hambatan, maka kita akan cari solusinya supaya konstruksi proyek lancar sehingga menambah peningkatan realisasi investasi," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis mengatakan, sektor yang paling banyak tertimpa masalah adalah sektor strategis seperti listrik. Melihat kondisi ini, sambungnya, pemerintah bertekad akan membantu para investor yang mengalami hambatan dalam kemajuan proyek investasinya.

"Pemerintah harus bantu meskipun ini lintas sektor, nggak bisa sendiri-sendiri, harus dicari permasalahannya dan dibahas satu per satu. Sebab kalau nggak dibantu, mereka (investor) akan susah, jadi jangan biarkan sendirian. Ini fokus kita," cetus dia. (Fik/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

92. 3 Bulan Lagi, Mini Market Dilarang Jual Minuman Beralkohol
Date/Time : 1/28/2015 7:09:17 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167729/3-bulan-lagi-mini-market-dilarang-jual-minuman-beralkohol
 

Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel resmi melarang peredaran minuman keras berkadar alkohol 5 persen di mini market.

Hal tersebut tertuang pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 06/M-DAG/PER/1/2015 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

Rachmat mengatakan, ketentuan tersebut mulai berlaku 3 bulan dari sekarang. Itu ditujukan supaya mini market bisa menghabiskan stok gudang.

"Permendag dikeluarkan berlaku untuk tiga bulan, diharapkan mini market membereskan," kata dia, di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dia mengatakan, peredaran minuman beralkohol perlu ditekan lantaran mengancam konsumennya, apalagi marak dijual lingkungan perumahan.

"Ini akan memberikan dampak tidak baik masa depan, oleh karena itu Menteri Perdagangan keluarkan peraturan untuk generasi muda," ujar Rachmat.

Dia menegaskan, larangan tersebut karena di negara maju minuman beralkohol tidak terjual bebas. "Di negara maju, kalau alkohol tidak boleh dibeli di bawah 20 tahun, terlalu bebas ini. Meski pengawasan diingkatkan tetap saja berjualan," tandas dia. (Amd/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

93. Investor Asing Minati Industri Padat Karya di Semarang
Date/Time : 1/28/2015 7:00:43 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167682/investor-asing-minati-industri-padat-karya-di-semarang
 

Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah melihat bahwa para investor asing tertarik untuk berinvestasi di Jawa Tengah dengan konsep usaha yang bersifat padat karya.

Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah, Yuni Astuti menjelaskan, BPMD melihat ada ketertarikan investor asing untuk menanamkan modalnya di Jawa Tengah.

"Indikasi ini harus segera ditangkap oleh Pemerintah Indonesia khususnya Jawa Tengah mengingat proses investasi tidak bisa langsung. Tapi makan waktu," kata Yuni, Rabu (28/1/2015).

Menurutnya, investor asing tertarik untuk membangun perusahaan yang bersifat padat karya. Kondisi itu karena menurut mereka sumber daya manusia (SDM) yang tersedia di Jawa tengah sangat kompetitif dibandingkan daerah yang lain di antaranya dari segi upah dan kemampuan.

"SDM di Jateng terkenal lebih kondusif dan mau belajar, jadi kemampuan mereka terus tumbuh. Kondisi ini yang membuat pengusaha asing tertarik untuk berinvestasi di Jateng," kata Yuni.

Separoh populasi masyarakat Jawa Tengah atau hampir 17 juta masyarakat merupakan usia produktif untuk angkatan kerja. Sementara itu, melihat kondisi geografis Jawa Tengah, masih banyak daerah yang bisa dijadikan sebagai kawasan industri. Salah satu daerah yang dalam waktu dekat ini tersedia kawasan industri yaitu Kabupaten Kendal.

"Dengan luas lahan 3.000 hektar maka kawasan industri di Kendal bisa menjadi pilihan yang menjanjikan bagi para investor. Apalagi ke depan, kawasan tersebut juga akan dilengkapi dengan komplek perumahan pekerja dengan sejumlah fasilitas umum," kata Yuni. (Edhie Prayitno Ige/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

94. RI Bidik Produksi Minyak 825 Ribu Barel per Hari di 2015
Date/Time : 1/28/2015 6:58:18 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167787/ri-bidik-produksi-minyak-825-ribu-barel-per-hari-di-2015
 

Komisi VII DPR dan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) sepakat target produksi minyak tahun ini ditargetkan 810 ribu sampai 825 ribu barel per hari (bph).

Dalam rapat kerja Komisi VII DPR dengan Kementerian ESDM yang membahas asumsi makro 2015, Rabu (27/1/2015)nbsp di ruang rapat Komisi VII DPR, Gedung DPR, Jakarta. Awalnya, Kementerian ESDM mengajukan target produksi minyak turun dari 900 ribu bph dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015 menjadi 849 ribu bph dalam RAPBN-P 2015.

Namun dalam pengambilan keputusan tersebut, muncul spekulasi dengan realitas kondisi produksi minyak saat ini u.ntuk mencari jalan keluar Ketua Rapat yang juga menjadi Ketua Komisi VII DPR, Kardaya Warnika membuka kesempatan setiap fraksi mengusulkan besaran target produksi minyak.

Fraksi PDI-P mengusulkan angka lifting minyak sebesar 830 ribu bph, Partai Golkar 815 ribu bph, Partai Gerindra 815 ribu bph, Partai Demokrat 820 ribu bph, PKS 815 ribu bph, PKB 825 ribu bph, Partai Nasdem 840, Partai Hanura 835 ribu bph, dan PPP 810 ribu bph.

Dari usulan yang dilontarkan seluruh poksi fraksi, Menteri ESDM Sudirman Said menyimpulkan target lifting minyak sebesar 825 ribu bph untuk 2015, kesimpulan tersebut disetujui oleh anggota Komisi VII DPR.

nbsp"Ketika saya cek lifting minyak 825 ribu bph sudah bisa jalan. Kalau lebih tingi dari itu sangat berat. Kami dari pemerintah ajukan lifting 825 ribu bph," ungkap Sudirman dalam rapat tersebut.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menambahkan, dengan harga minyak di bawah US$ 50 per barel membuat perusahaan pencari minyak atau Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) mengerem kegiatan produksi sehingga mempengaruhi produksi minyak.

"Melihat perkembangan harga minyak di bawah US$ 50 per barel. Beberapa KKKS menyatakan ada beberapa pengeboran dihentikan," tutur Amien

Menurut Amien, dengan penurunan kegiatan produksi tersebut, ada KKKS yang mengusulkan target produksi yang telah ditetapkan dalam rencana kerja anggaran (Work Plan and Budget/WPnB). Produksi minyak yang realistis saat ini mencapai 810 ribu sampai 825 ribu bph.

"Ada yang usulkan untuk mengkaji ulang. Jadi range lifting minyak yang optimis itu 810-825 ribu bph," tutup Amien. (Pew/Ndw)



Back To Top Go To Bottom

95. Jokowi Bidik Investasi Rp 519 Triliun, Ini Jurus BKPM
Date/Time : 1/28/2015 6:50:38 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167676/jokowi-bidik-investasi-rp-519-triliun-ini-jurus-bkpm
 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memasang target investasi sebesar Rp 519,5 triliun atau meningkat lebih dari 14 persen dibanding realisasi investasi senilai Rp 456,6 triliun di 2014. Pertumbuhan ini optimistis tercapai meski ada ketidakpastian ekonomi global yang akan berdampak terhadap negara berkembang, terutama Indonesia.

Kepala BKPM, Franky Sibarani menyatakan, target investasi sebesar Rp 519,5 triliun terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp 175,8 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 343,7 triliun.

"Target itu diharapkan dari industri pimer prioritas, seperti peternakan, perkebunan, kehutanan, perikanan, tanaman pangan senilai Rp 97,6 triliun. Industri sekunder dari manufakturing dan hilirisasi senilai Rp 211,9 triliun serta industri dan jasa, perdagangan, telekomunikasi, transportasi senilai Rp 147,1 triliun," ujar dia dalam Konferensi Pers Realisasi Investasi di kantornya, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dijelaskan Franky, pihaknya akan mengejar proyeksi investasi sebesar Rp 519,5 triliun dengan mengandalkan beberapa fokus strategi. Lanjutnya, pertama, BKPM tetap fokus pada sektor-sektor penting dalam mencapai target investasi tahun ini, seperti sektor kelistrikan, pertanian, maritim, industri padat karya dan industri yang berorientasi pada ekspor serta industri substitusi impor.

"Strategi kedua, menyelesaikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat dan mencari solusi atas masalah atau hambatan perusahaan PMA dan PMDN yang sudah dikerjakan dari waktu ke waktu, supaya 95 proyek di 25 provinsi bisa dipercepat realisasinya di 2015," tegas dia.

Terobosan ketiga, sambungnya, BKPM tetap berupaya menarik investasi dari negara Amerika Serikat (AS), ASEAN, Jepang, China, Uni Eropa dan Korea Selatan.

"Kita akan membidik negara-negara tersebut walaupun kita tahu Jepang dan China sedang mengalami perlambatan ekonomi. Sebab Negara Asia dan AS diperkirakan akan menjadi penggerak pertumbuhan dunia di tahun ini," pungkas Franky. (Fik/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

96. Relawan Minta Jokowi Ganti Menteri Ekonomi Tak Kompeten
Date/Time : 1/28/2015 6:39:20 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167866/relawan-minta-jokowi-ganti-menteri-ekonomi-tak-kompeten
 

Relawan Jokowi menilai bahwa hingga menjelang 100 hari masa Pemerintahan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, tidak ada kebijakan-kebijakan yang bersifat tepat, baik dari Jokowi-JK langsung atau melalui menteri-menterinya.

Maka dari itu, diharapkan dari hasil evaluasi 100 hari masa kerjanya ini, Jokowi dapat mereshuffle para menterinya terutama yang menaungi ekonomi yang tidak memiliki skema tepat, seperti Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri ESDM Sudirman Said.

"Sudirman dan Rini jelas tidak memahami nawacita dan trisakti bung karno karena mereka berpaham neolib. Tidak ada kebijakan menteri-menteri yang bersifat antisipatif dan responsif," kata Relawan Jokowi Ferdinand Hutahaean di Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dia pun mengaku mendengar kabar yang menyebutkan bahwa Sudirman Said dan Rini Soemarno akan direshuffle.

"Infonya, Sudirman dan Rini akan di reshuffle. Semoga hal itu benar. Karena keduanya saya kira tidak memiliki skema dalam perencanaan tata kelola migas kita yang sedang krisis ini," ujarnya.

Ia menegaskan, semua kebijakan yang dilakukan menteri-menterinya ini tidak sesuai dengan apa yang dicita-citakan dalam visi misi Jokowi.

"Maka dari itu penting untuk dilakukan reshuffle kepada para menteri yang neolib itu. Daripada melengserkan Jokowi, lebih tepat melengserkan menteri-menterinya yang neolib itu. Karena terlalu mahal harganya jika melengserkan Jokowi," ucap pria yang juga selaku Direktur Eksekutif Energy Watch itu. (Amd)

nbsp



Back To Top Go To Bottom

97. Harga Gas Industri RI 3 Kali Lipat Lebih Mahal Dibanding Malaysia
Date/Time : 1/28/2015 6:38:55 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167670/harga-gas-industri-ri-3-kali-lipat-lebih-mahal-dibanding-malaysia
 

Pertumbuhan industri nasional seharusnya diimbangi oleh ketersediaan bahan baku berbasis minyak dan gas bumi. Namun sayangnya bahan baku ini belum mampu mengimbangi pertumbuhan tersebut.

Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur (BIM) Kementerian Perindustrian, Harjanto mengatakan, terjaminnya pasokan gas bagi sektor industri sangat diperlukan bagi pelaku usaha industri manufaktur.

"Terhambatnya pasokan gas, akan melemahkan daya saing khususnya industri baja nasional," ujar Harjanto di Kantor Kemenperin, Jakarta Selatan, Rabu (28/1/2015).

Menurut Harjanto, saat ini harga gas di Indonesia termasuk paling mahal jika dibandingkan dengan gas yang dijual di negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Hal ini yang membuat industri dalam negeri sulit bersaing.

"Untuk harga gas alam regional di Malaysia hanya UD$ 3,69 per MMBTU ( Million Metric British Thermal Unit) dan Singapura menyentuh US$ 3,94 per MMBTU. Sedangkan di Indonesia, harga gas industri mencapai US $10,2 per MMBTU," lanjutnya.

Harjanto mengungkapkan, harga gas yang ideal bagi sektor industri yang diusulkan pelaku usaha sebesar US$ 5 per MMBTU. Dengan demikian, industri dalam negeri bisa bersaing.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar harga gas bagi sektor industri bisa mengalami penurunan," tandasnya. (Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

98. Ajukan PMN Rp 48,1 Triliun, Pemerintah Tak Pro Rakyat
Date/Time : 1/28/2015 6:26:44 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167664/ajukan-pmn-rp-481-triliun-pemerintah-tak-pro-rakyat
 

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebanyak Rp 48,1 triliun yang akan disuntikkan untuk 35 BUMN.

Menurut Pengamat ekonomi politik Asoasiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Salamuddin Daeng, langkah yang dilakukan oleh pemerintah tersebut tidak berpihak kepada rakyat. Pasalnya, hasil dari PMN akan dinikmati oleh para birokrat saja.

"Ini mengambil keuntungan dari rakyat dan itu mengumumkan pendapatannya tiap tahun," kata dia pada acara Dialog 100 Hari Jokowi, Jakarta, Rabu (28/1/2014).

Tak sekadar itu, dia menegaskan dana yang besar kepada perusahaan pelat merah rawan akan penyimpangan. "Dana ini akan jadi bancakan orang-orang," ketusnya.

Pada kesempatan yang sama, Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Ferdinan Hutahahean mengatakan penunjukan Menteri BUMN Rini Soemarno pun sebetulnya sudah tidak tepat.

"Rini Soemarno ketika mengurus perusahaan sendiri gagal, sekarang disuruh ngurusi perusahaan yang lebih besar," ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini pemerintahan Jokowi ditopang oleh orang-orang yang menganut paham neoliberalisme. Hal itu berseberangan dengan prinsip Jokowi yang berpegang pada kerakyatan.

Terlihat, dari pencabutan subsidi BBM yang seharusnya untuk rakyat kecil. Kini pemerintah malah merencanakan suntikan dan untuk perusahaan pelat merah.

"Lihat Rini, PMN kepada BUMN. Ini aneh subsidi dicabut diberikan ke BUMN," tandas dia.

Ferdinand menilai Jokowi belum benar-benar berdaulat dalam menggunakan kekuasaan yang ada digenggaman tanganya. Sebab tidak ada satu komando pemerintahan ini.

Dia pun mengaku sempat meminta agar Menteri ESDM Sudirman Said mundur dari jabatannya lantaran meminta Perpu UU tentang minerba.

"Saya kira dia bagian dari mafia. Ketika UU ini berpihak kepada rakyat dimana mewajibkan para petambang membangun pengolahan (smelter) agar kita tahu berapa hasil tambang yang didapat perusahaan tambang di Indonesia," paparnya.

Ferdinand mengatakan Sudirman telah salah memahami Undang-Undang minerba yang ada."Amanat UU minerba kita sangat tegas, setahun sejak di UU maka perusahaan tambang mesti wajib membuat smelter. Tapi udah 5 tahun. Mungkin Sudirman tidak bisa membaca undang-undang dimana kewajiban membangun smelter itu setahun sejak diundang-undangkan," bebernya.

Ferdinand pun menilai jika komitmen Freeport untuk membangun smelter hanyalah omong kosong belaka lantaran smelter akan dibangun di Gresik, Jawa Timur.

Bahkan, Ferdinand menuding perpanjangan izin operasi yang diberikan pemerintah sengaja dilakukan di tengah kegaduhan pencalonan Kapolri.(Amd/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

99. Harga BBM Ikut Mekanisme Pasar, Rakyat Ditipu
Date/Time : 1/28/2015 6:16:28 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167654/harga-bbm-ikut-mekanisme-pasar-rakyat-ditipu
 

Pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis premium menjadi Rp 6.600 dan solar menjadi Rp 6.400 per liter. Harga BBM kini mengikuti mekanisme pasar dengan evaluasi harga 2 minggu sekali.

Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ferdinand Hutahea mengatakan, kebijakan tersebut sangat reaktif sehingga akan menimbulkan gejolak yang besar.

"Ini sesat kalau naik jadi siap-siap gejolak lebih parah dari sekarang. Tidak baik telah menggiring kita ke liberalisasi. Karena kepastian usaha tidak pasti," kata dia, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Dia pun mengkritisi, kebijakan penurunan harga BBM seharusnya dilanjutkan dengan penurunan harga komoditas. Namun, hal itu tidak terjadi karena adanya dugaan kartel.

"Saya tidak tahu tugas Menteri Perdagangan dan Menteri Perindustrian supaya yang bandel disikat. Kalau tidak menurunkan harga, itu kartel," ujarnya.

Dia menuturkan, jika kebijakan penurunan BBM masih dinilai positif oleh masyarakat maka dia bilang masyarakat sedang dininabobokan untuk kemudian bangun karena fluktuasi harga.

"Penurunan harga minyak, rakyat kita seperti dininabobokan," tutup dia.

Proses Tender ISC Dipertanyakan

Di sisi lain, Direktur Global Future Institute Hendrajit menduga tengah terjadi tarik menarik antar kepentingan pada proses tender minyak mentah ISC yang dilakukan sejak pekan lalu, hingga saat ini belum juga diumumkan pemenangnya.

"Ini nampaknya ada tarik menarik yang kuat, tapi pada dasarnya adalah kepentingan," kata Hendrajit.

Menurutnya, alih fungsi pengadaan dari Petral ke ISC yang direkomendasikan Faisal Basri dengan maksud supaya semua prosesnya menjadi melalui satu pintu, justru hanya menjadi pintu masuk untuk mengganti importir semata.

"Ini kan hanya untuk ganti importir dan justru persoalannya itu tidak berubah. Tidak ada upaya orientasi untuk menghentikan impor. Apalagi ketergantungan kita dari hampir kepada 16 negara. Sehingga kita dalam konteks ini tetap menghidupkan terus ruh importir yang berkedok broker. Ini yang ga berubah," tutur dia.

Perlu diketahui juga, tender sudah dibuka pada 22 Januari, dan seharusnya pada 27 Januari sudah diumumkan. Namun karena ditengari benturan kepentingan maka proses tender pun jadi molor, yang biasanya dalam kurun 1x24 jam sudah ada pengumuman tender.(Amd/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

100. RI Pangkas Produksi Minyak Gara-gara Harga Anjlok
Date/Time : 1/28/2015 6:13:07 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2167732/ri-pangkas-produksi-minyak-gara-gara-harga-anjlok
 

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan penurunan harga minyak dunia berpengaruh pada produksi minyak Indonesia.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan, dengan harga minyak di bawah US$ 50 per barel membuat perusahaan pencari minyak atau Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) mengerem kegiatan produksi sehingga mempengaruhi tingkat produksi minyak.

"Melihat perkembangan harga minyak di bawah US$ 50 per barel. Beberapa KKKS menyatakan ada beberapa pengeboran dihentikan," kata Amien di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/1/2015).

Menurut Amien, dengan penurunan kegiatan produksi tersebut, ada KKKS yang mengusulakn target produksi yang telah ditetapkan dalam rencana kerja anggaran (Work Plan and Budget/WPnB). Produksi minyak yang realistis saat ini mencapai 810 ribu sampai 825 ribu barel per hari

"Ada yang usulkan untuk mengkaji ulang. Jadi range lifting minyak yang optimis itu 810-825 ribu bph," ungkap Amien.

Amien mengaku SKK Migas telah meminta KKKS untuk mengkaji ulang biaya komponen yang terpengaruh penurunan harga minyak dunia.

"KKKS sedang mengkaji ulang karena memperhatikan turunnya harga minyak," tutupnya. (Pew/Ndw)



Back To Top Go To Bottom