Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Author : -
Overview : Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia
Language : English
Last Updated : 10/31/2014 11:25:01 PM
Website : http://bisnis.liputan6.com


View Channel View Channel

1. PGN Cetak Pendapatan US$ 2,5 Miliar di Kuartal III
Date/Time : 10/31/2014 9:19:17 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127399/pgn-cetak-pendapatan-us-25-miliar-di-kuartal-iii
 

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) mencatatkan pendapatan naik 14 persen menjadi US$ 2,5 miliar hingga kuartal III 2014 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 2,2 miliar.

Kenaikan pendapatan diperoleh dari kenaikan volume penjualan dari usaha distribusi sebesar 6,3 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yaitu dari 800 MMSCFD menjadi 859 MMSCFD. Sedangkan dari usaha transmisi, Perseroan dan anak usaha PT Transportasi Gas Indonesia mengalirkan gas sebesar 864 MMSCFD dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 867 MMSCFD.

Meski demikian, laba perseroan turun sekitar 7,7 persen menjadi US$ 591,79 juta hingga kuartal III 2014 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 641,66 juta. Demikian mengutip dari keterangan yang diterbitkan, Jumat (31/10/2014).

Dari sisi beban pokok pendapatan, kenaikan harga beli gas dari pemasok mulai 1 April 2013 mempengaruhi kenaikan beban pokok pendapatan sebesar 22 persen menjadi US$ 1,4 miliar hingga kuartal III 2014 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 1,2 miliar.

Kondisi ekonomi global juga mempengaruhi laba bersih perusahaan untuk periode 30 September 2014. Penguatan mata uang dolar berpengaruh terhadap pendapatan selisih kurs yang berasal dari translasi kewajiban dalam mata uang Yen ke US$.

Penguatan mata uang dolar memberikan keuntungan selisih kurs non cas (neto) sebesar US$ 15,8 juta dibandingkan dengan US$ 58,1 juta pada periode 30 September 2013.

Sementara itu, laba operasi naik 10 persen menjadi US$ 769,7 juta dibandingkan periode sama tahun sebelumnya US$ 697,6 juta dan Ebitda sebesar US$ 898,2 juta naik 7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya US$ 836 juta. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

2. Kuota Tak Cukup, Pertamina Harus Tetap Suplai BBM Bersubsidi
Date/Time : 10/31/2014 9:04:13 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127389/kuota-tak-cukup-pertamina-harus-tetap-suplai-bbm-bersubsidi
 

Meski jatah kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi sebesar 46 juta kilo liter (Kl) diperkirakan tidak cukup sampai akhir tahun, PT Pertamina (Persero) ditugaskan tetap menyalurkan BBM bersubsidi.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengungkapkan, dengan melihat konsumsi BBM bersubsidi terbaru, diperkirakan melampaui kuota yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Perubahan (APBNP) 2014 sebesar 46 juta Kilo liter (Kl).

"Tahun ini dialokasikan 46 juta Kl, per dua hari lalu sedikit melampau kuota per hari, diperkirakan melampui kuota yang ada sampai akhir tahun," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Meski demikian, menurut Sudirman, Pertamina harus tetap mensuplai BBM bersubsidi. Meski kuota tersebut tidak boleh ditambah, hal tersebut akan diurus oleh pemerintah bersama Pertamina ke depan.

"Tapi kita tahu semua, Pertamina kewajibannya berapa pun harus disuplai, nanti kalau kelebihan atau bagaimana seattlement Pertamina dengan kementerian keuangan," tutur Sudirman.

Sudirman mengakui, pemerintah harus menghormati aturan Pertamina sebagai korporasi yang berorientasi menghindari kerugian. Namun penjagaan stok BBM bersubsidi juga tidak kalah penting.

"Kita mengerti dan harus hormati, Pertamina korporasi punya kewajiban, dalam mengantisipasi proses ini siapkan stok yang cukup jangan sampai pergeseran stok nanti kurang," pungkasnya. (Pew/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

3. Beli Minyak dari Angola, Pemerintah Jokowi Hemat Rp 11 Triliun
Date/Time : 10/31/2014 8:51:20 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127381/beli-minyak-dari-angola-pemerintah-jokowi-hemat-rp-11-triliun
 

PT Pertamina (Persero) membeli minyak dari perusahaan nasional Angola Sonangol EP akan membuat pemerintah menghemat sekitar Rp 11 triliun per tahun (asumsi kurs Rp 12.082 per dolar Amerika Serikat).

"Hitungan kami kalau dapat 100 ribu barel sehari bisa menghemat sekitar US$ 2,5 juta dolar," kata Menteri ESDM, Sudirman Said di Istana Kepresidenan, Jumat (31/10/2014).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri memberikan waktu selama satu minggu kepada Kementerian ESDM dan Pertamina untuk menyusun poin-poin kesepakatan yang sudah di tandatangani‎ seperti kontrak harga, volume dan lainnya.

Sudirman menuturkan, pembelian minyak tersebut atas inisiatif dari PT Pertamina (Persero) yang kemudian dapat direalisasikan di masa pemerintahan Jokowi.

"Sonangol nanti kerja sama dengan Pertamina membangun kilang di Indonesia. Kami nanti akan membuat anak usaha joint venture dengan Sonangol‎ untuk mengelola itu," papar dia.

Sebelumnya Presiden Jokowi juga menyampaikan apa yang dilakukan ini merupakan bentuk efisiensi besar-besaran yang dilakukan Pemerintah dalam hal persediaan minyak dari luar negeri.

"(MoU) Ini artinya apa, artinya kalau yang namanya negara dengan negara kerjasama itu harus bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat, kalau tidak ya tidak usah tanda tangan," ujar Jokowi.

PT Pertamina (Persero) hari ini menandatangani nota kesepakatan pembelian minyak dengan‎ perusahaan nasional Angola, Sonangol EP di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi oleh menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said yang juga dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Angola, H.E. Mr. Manuel Domingos Vicente. (Yas/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

4. Harga BBM Bersubsidi Naik Bakal Tekan Penyelundupan
Date/Time : 10/31/2014 8:39:33 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127357/harga-bbm-bersubsidi-naik-bakal-tekan-penyelundupan
 

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, penaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bisa mengurangi aksi kejahatan di sektor energi.

Sudirman mengatakan, harga BBM bersubsidi naik akan memperkecil jarak antara harga BBM non bersubsidi. Sehingga dapat mengurangi aksi penyalahgunaan, karena selama ini ada oknum yang dimanfaatkan untuk mencari keuntungan.

"Semakin gap (jarak) besar penyelundupan semakin tinggi, kita tidak ingin terus menerus sektor energi kita diwarnai dengan kejahatan," kata Sudirman, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Sudirman mengungkapkan, semua pihak sepakat  kenaikan harga BBM bersubsidi harus dilakukan dan tidak bisa ditunda lagi.

"Saya kira seluruh negeri mau pengamat mau ekonom, politisi, sudah paham apakah kita bisa menunda rasanya tidak," kata Sudirman, di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Ia menambahkan, anggaran subsidi BBM dalam lima tahun terakhir sudah mencapai Rp 1.300 triliun, anggaran tersebut lebih besar dibanding anggaran kesejahteraan rakyat.

"Lima tahun terakhir Rp 1.300 triliun, sementara anggaran kesejahteraan rakyat Rp Rp 600 triliun, kalau ditambah infrastruktur sekitar 500 triliun. Bayangkan mengeluarkan produk tidak tepat sasaran rakyat terkorbankan," papar Sudirman.

Menurut Sudirman, saat ini pihak pemerintah sedang mempersiapkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Namun ia belum bisa menyebutkan waktu dan besaran kenaikannya. "Sekarang masalah kapan, itu sedang disiapkan dengan baik," pungkasnya. (Pew/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

5. Tersandung Kasus, Chevron Konsultasi ke Wapres JK
Date/Time : 10/31/2014 8:25:53 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127338/tersandung-kasus-chevron-konsultasi-ke-wapres-jk
 

PT Chevron Pacific Indonesia kukuh ingin menjadi bagian dari dunia migas di tanah air, meski kasus bioremediasi masih terus bergulir. Pihak Chevron pun sampai mendatangi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) untuk mengamankan posisinya.

"Saya pikir kita berikan ucapan selamat pada Wapres JK. Kami sebagai investor migas di Indonesia sekitar 90 tahun ingin meneruskan komitmen Chevron di Indonesia," tutur Cooperate Secretary Chevron Yanto Sianipar, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Menurut Yanto, pihak pemerintah menyambut baik niat Chevron untuk terus berkecimpung di dunia minyak di Indonesia. "Pak JK menyambut dengan gembira keinginan Chevron," imbuhnya.

Kasus bioremediasi ini sudah berjalan sejak 2012. Pengadilan Tipikor telah memutus karyawan CPI Bachtiar Abdul Fatah bersalah dan divonis 4 tahun penjara. Pihak Chevron pun akan mengajukan peninjauan kembali atau PK.

Yanto mengatakan tidak ada uang negara yang dirugikan, sehingga kasus ini seharusnya tidak kena pidana, melainkan masuk wilayah perdata. Ia juga menambahkan JK mendukung langkah hukum yang diambil Chevron Pacific Indonesia.

"PK Sedang dipersiapkan. Tapi memang belum PK karena akan berikan bukti baru. (Pak JK) Tentu saja mendukung usaha hukum yang kita lakukan. Karena banyak proses hukum sejak tipikor, kita ikuti dengan disiplin prosesnya, seluruh data dan fakta kita tampilkan terkait dengan hukum," tandas Yanto. (Silvanus Alvin/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

6. Efisiensi, Vale Indonesia Catatkan Laba Naik 175%
Date/Time : 10/31/2014 8:10:53 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127325/efisiensi-vale-indonesia-catatkan-laba-naik-175
 

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) membukukan kinerja positif hingga sembilan bulan pertama 2014. Hal itu didukung dari kenaikan harga jual realisasi rata-rata dan efisiensi.

Perseroan mencatatkan laba komprehensif periode berjalan naik 175,7 persen menjadi US$ 130,35 juta hingga kuartal III 2014 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 47,26 juta.  Kenaikan laba signifikan ini diikuti kenaikan penjualan sebesar 7,1 persen menjadi US$ 772,29 juta hingga kuartal III 2014.

Beban pokok pendapatan dapat diturunkan menjadi US$ 538,10 juta sehingga laba kotor naik menjadi US$ 234,18 juta hingga kuartal III 2014. Kinerja positif ini didukung dari volume produksi dan penjualan relatif stabil dan efisiensi yang dilakukan perseroan.

Perseroan mampu menurunkan biaya bahan bakar, pelumas dan karyawan sehingga berdampak terhadap kinerja perseroan. Adapun komponen utama strategi yang diambil perseroan dengan proyek konversi tahap 1 CCP1 perseroan yang mengganti minyak bakar bersulfur tinggi dengan batu bara di tanur pengering bijih.

Selain itu, produksi perseroan naik dari 57.503 metrik ton hingga kuartal III 2013 menjadi 58.141 hingga kuartal III 2014. Adapun penjualan naik menjadi 58.867 hingga kuartal III 2014. Sedangkan harga realisasi rata-rata naik menjadi US$ 13.119 hingga kuartal III 2014 dari periode sama tahun sebelumnya US$ 12.301.

Perseroan juga menurunkan liabilitas menjadi US$ 531,05 juta pada 30 September 2014. Ekuitas naik menjadi US$ 1,84 miliar. Kas perseroan mencapai US$ 372,4 juta pada 30 September 2014. Pada triwulan itu, Perseroan mengeluarkan dana sekitar US$ 19,7 juta untuk belanja modal.

Di sisa akhir tahun ini, perseroan akan tetap fokus untuk berbagai inisiatif melakukan penghematan biaya untuk mempertahankan keunggulan biaya perseroan. Selain itu juga perseroan akan terus meningkatkan kapasitas peleburan dan mengoptimalkan proses produksi.

Pada perdagangan saham, Jumat pekan ini, saham INCO ditutup naik 3,13 persen ke level Rp 3.790 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 4.249 kali dengan nilai transaksi Rp 79,9 miliar. (Ahm)



Back To Top Go To Bottom

7. Izin Satu Pintu Bisa Dinikmati Investor 2 Minggu Mendatang
Date/Time : 10/31/2014 7:55:26 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127323/izin-satu-pintu-bisa-dinikmati-investor-2-minggu-mendatang
 

Sebagai salah satu langkah untuk untuk menarik dan memberikan kemudahan bagi para pemodal untuk menanamkan investasinya di Indonesia, pemerintah berjanji akan merampungkan mekanisme Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan bahwa sebenarnuya mekanisme ini sudah ada, namun selama ini prosesnya belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Untuk itu dia menargetkan tak lama lagi hal ini sudah bisa dinikmati oleh para investor.

"Pak Presiden ingin izin satu atap, selama ini investor masih harus ke instansi yang berbeda. Kami akan melihat apa yang tidak bisa dan apa yang bisa. Mudah-mudahan dalam satu dua minggu akan bisa dilakukan pelaksanaan izin satu atap," ujarnya di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Dia menjelaskan, sesuai dengan arahan presiden, dirinya mendorong perubahan terkait perizinan agar bisa membuat bisnis lebih baik.

"Apa yang bisa dilakukan pemerintah akan dilakukan. Izin usaha akan kami teruskan. Seperti untuk izin di sektor kelautan, bisa dimudahkan dan transparan," lanjutnya.

Sofyan juga mengatakan bahwa dirinya sudah berdiskusi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menurutnya, Susi telah melaporkan bahwa selama ini banyak sekali proses perizinan yang membuat bisnis menjadi sulit.

"Proses perizinan itu selalu terbentur pada cost. Kalaupun bisa kemudian cost mahal sekali. Makanya itu kita ingin mengurangi cost of regulation," tandasnya. (Dny/Gdn)



Back To Top Go To Bottom

8. Penyelesaian Waduk Jatigede Jadi Prioritas Menko Perekonomian
Date/Time : 10/31/2014 7:40:04 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127315/penyelesaian-waduk-jatigede-jadi-prioritas-menko-perekonomian
 

Meski telah rampung, namun Waduk Jatigede hingga saat ini belum teraliri air. Salah satu penyebabnya yaitu masih banyak warga yang belum mau pindah dari wilayah sekitar waduk.

Untuk itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan proses pemindahan warga di sekitar waduk akan dijadikan prioritas pertamanya dalam sektor infrastruktur.

"Saya dilaporkan kemarin bahwa Waduk Jatigede itu masalahnya, masyarakat yang sudah dibebaskan tapi masih menduduki wilayah itu. Oleh sebab itu ini harus menjadi prioritas pertama," ujar Sofyan di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (31/10/2014).

Menurut Sofyan, proses pembangunan waduk tersebut sudah memakan waktu yang lama sehingga diharapkan tidak lagi tertunda pengairannya hanya karena masyarakat di sekitar waduk tidak ingin pindah.

"Karena kalau kita bangun waduk baru, butuh waktu panjang. Ini waduk sudah jadi, tinggal bagaimana waduk itu kita isi air," lanjutnya.

Dia mengaku masih berupaya untuk menyelesaikan kendala terakhir ini. Tetapi jika sudah selesai, maka dalam waktu setengah tahun ke depan waduk ini sudah akan terisi air.

"Kita masih bicarakan alternatif, saya belum bisa bilang kapan. Tapi bahwa itu (pembebasan masyarakat) harus menjadi prioritas pertama. Kalau itu bisa diselesaikan, maka dalam waktu 6 bulan Waduk Jatigede akan penuh air," tandasnya. (Dny/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

9. Kerjasama Pembelian Minyak Pertama di Era Jokowi
Date/Time : 10/31/2014 7:25:42 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127304/kerjasama-pembelian-minyak-pertama-di-era-jokowi
 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini menerima kunjungan kenegaraan dari Wakil Presiden Republik Angola‎, H.E. Mr. Manuel Domingos Vicente‎ di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Dalam kunjungannya, Wakil Presiden Angola dan Jokowi melakukan tanda tangan perjanjian pembelian minyak dari perusahaan nasional Angola, ‎Sonangol EP yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero).

‎"Hari ini telah di tandatangani, MoU antara Pertamina dengan Sonangol, ini BUMN, satunya lagi juga BUMN, dan ini adalah kerja sama pertama pemerintahan saya‎," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Jokowi berharap kerjasama ini untuk dapat segera direalisasikan mengingat hal itu akan menciptakan efisiensi dalam impor Bahan Bakar Minyak (BBM).

Untuk itu, Jokowi memberikan tenggat waktu untuk Kementerian ESDM bersama PT Pertamina untuk membuat rincian perjanjian mulai dari besaran volume hingga harga yang disepakati.

"Tadi sudah dihitung oleh Pak Menteri dan Dirut Pertamina berapa efisiensi yang kita dapatkan dengan kerjasama ini, karena kita minyak langsung ambil dari produksi, dan produsennya adalah perusahaan nasional di Angola," papar Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Rencananya, wakil presiden Angola masih akan tetap berada di Indonesia selama satu minggu untuk kemudian akan bertemu lagi dengan Kementerian ESDM dan Pertamina menyelesaikan detail perjanjian pembelian minyak tersebut.  (Yas/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

10. Pekerja Freeport Batal Mogok Kerja
Date/Time : 10/31/2014 7:21:12 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2127412/pekerja-freeport-batal-mogok-kerja
 

Serikat pekerja PT Freeport Indonesia membatalkan rencana aksi mogok kerja yang akan dilakukan pada 6 November 2014 hingga 6 Desember 2014.

Juru bicara Serikat Pekerja Freeport Indonesia, Juli Parorrongan mengatakan, serikat pekerja dengan manajemen Freeport telah mencapai kesepakatan atas aspirasi yang disampaikan.

“Dengan dicapainya kesepakatan, maka serikat pekerja segera menerbitkan surat pembatalan mogok kerja," kata Juli, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Juli menyebutkan dialog yang intensif, pihaknya berhasil mencapai suatu kesepakatan. Hanya saja, dia enggan membeberkan kesepakatan seperti apa yang telah dicapainya itu.

Seperti diketahui, Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Petambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPKEP SPSI) akan melakukan aksi mogok kerja bersama selama satu bulan penuh, dimulai pada 6 November 2014 hingga 6 Desember 2014.

Sebelumnya, Forum Komunitas Peduli PT Freeport Indonesia meminta  Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPKEP-SPSI), menghentikan semua rencana aksi mogok bersama pada 6 November sampai 6 Desember 2014.

Ketua Forum Komunitas Peduli PT Freeport Indonesia Arie Mandessy mengatakan, telah mengadakan rapat umum yang dihadiri berbagai tokoh, antara lain tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, serta tokoh perempuan di Kabupaten Mimika.

"Rapat membuat petisi yang ditujukan kepada Ketua SPKEP-SPSI, Sudiro agar,  menghentikan semua rencana mogok kerja dengan merevisi surat rencana mogok," pungkasArie. (Pew/Gdn)



Back To Top Go To Bottom