Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Author : -
Overview : Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia
Language : English
Last Updated : 12/28/2014 4:45:53 PM
Website : http://bisnis.liputan6.com


View Channel View Channel

1. Rute Penerbangan Pesawat AirAsia yang Hilang Paling Diminati
Date/Time : 12/28/2014 3:16:30 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153183/rute-penerbangan-pesawat-airasia-yang-hilang-paling-diminati
 

Hilangnya pesawat milik maskapai penerbangan Indonesia AirAsia membuat dunia penerbangan nasional terkejut. Kekhawatiran pun muncul mengingat maskapai ini membawa ratusan penumpang dalam penerbangannya.

Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Perusahaan Penjual Tiket Penerbangan (ASTINDO) Pauline Suharno mengakui  rute penerbangan milik AirAsia menjadi salah satu yang paling diminati masyarakat.

Itu karena maskapai ini berani menawarkan tiket penerbangan dengan harga murah untuk tujuan luar negeri dibandingkan pesaing lainnya.

"Karena pesawat Surabaya-Singapura kan juga tidak banyak, apalagi AirAsia low cost carrier," jelas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Minggu (28/12/2014).

Kelebihan lain dari AirAsia, dia mengungkapkan, maskapai ini juga menawarkan penerbangan lanjutan ke kota-kota lain.

Adapun yang menjadi pesaing AirAsia selama ini untuk rute Surabaya-Singapura seperti China Airlines, Singapore Airlines, Silk Air dan lainnya. Namun maskapai tersebut tercatat menawarkan harga tiket yang lebih mahal.

Seperti diketahui, pesawat AirAsia nomor penerbangan QZ8501 diketahui hilang kontak usai bertolak dari Surabaya menuju Singapura.

Pesawat yang berangkat pukul 05.20 WIB dari Bandara Juanda itu dikabarkan berpenumpang 130 dewasa, 24 anak dan 1 bayi. Pesawat tersebut diduga hilang kontak sekitar pukul 07.00 WIB.

"Benar pesawat kami jurusan Surabaya Singapura dikabarkan hilang kontak," ungkap Corporate Communication Manager AirAsia Audrey Progastama Petriny kepada Liputan6.com. (Nrm)

 

 



Back To Top Go To Bottom

2. Spesifikasi Pesawat AirAsia yang Hilang Usai 6 Tahun Beroperasi
Date/Time : 12/28/2014 2:36:18 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153156/spesifikasi-pesawat-airasia-yang-hilang-usai-6-tahun-beroperasi
 

Pesawat maskapai AirAsia jurusan Surabaya-Singapura mengalami hilang kontak pada Minggu pagi ini, sekitar pukul 06.17 WIB.

Awalnya, pesawat yang mengangkut tujuh kru serta 155 penumpang tersebut dijadwalkan tiba di Singapura pada pukul 8:30 waktu setempat.

"Hingga saat ini, kami masih belum menerima informasi lebih jauh mengenai status para kru dan penumpang yang terbang menuju Singapura, tapi kami akan terus memperbarui setiap informasi khususnya bagi seluruh pihak yang membutuhkan," ungkap pihak manajemen AirAsia dalam keterangan resminya.

Armada yang hilang tersebut merupakan pesawat jenis Airbus-200 dengan nomor registrasi PK-AXC. Pihak manajemen AirAsia mengatakan, proses pencarian dan penyelamatan tengah dilakukan di lapangan.

Lebih detil, dikutip dari Airfleets.net, Minggu (28/12/2014), pesawat Airbus tipe 320-216 tersebut pertama kali terbang pada 25 September 2008.

Dengan nomor serial 3648, pesawat yang kini hilang itu pertama kali tiba di Indonesia pada 16 Oktober 2008 dari pusat manufaktur Airbus di Toulouse, Prancis.

Pesawat tersebut memang dipesan untuk melayani penerbangan maskapai Indonesia AirAsia untuk wilayah domestik dan internasional. Dengan kode penerbangan QZ AWQ, pesawat Aibus itu dijuluki Wagon Air sebagai nama udaranya.

Setelah 6,3 tahun beroperasi, ini kali pertama pesawat Airbus jenis A320 tersebut mengalami insiden.
Terdapat 189 tempat duduk di dalam pesawat.

Pesawat AirAsia ini dilengkapi dengan mesin jenis Turbofan tipe 2 x CFMI CFM56-5B6/3. Armada udara itu juga dilengkapi dengan fixed wing multi engine. (Sis/Nrm)

 



Back To Top Go To Bottom

3. Pesawatnya Hilang, Apa Kata CEO AirAsia?
Date/Time : 12/28/2014 1:25:39 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153178/pesawatnya-hilang-apa-kata-ceo-airasia
 

Pesawat AirAsia Indonesiadengan nomor penerbangan QZ8501 yang terbang dari Surabaya menuju Singapura dipastikan hilang kontak sekitar pukul 06.17 WIB pada Minggu ini.

Atas hilangnya pesawat tersebut CEO AirAsia Tony Fernandes telah meminta seluruh tim di perusahaannya untuk tetap kuat dan terus melakukan pencarian.

"Kami akan segera mengeluarkan pernyataan berikutnya. Terima kasih atas seluruh doa dan dukungan Anda. Kami harus tetap kuat," ungkap Fernandes melalui akun Twitter-nya seperti dikutip dari The Star, Minggu (28/12/2014).

Pesawat tersebut tercatat memboyong 162 penumpang yang terdiri dari tujuh kru dan 155 penumpang komersil. Pesawat yang dijadwalkan tiba di Singapura pada pukul 8:30 waktu setempat tersebut hingga kini masih belum ditemukan.

Pihak manajemen maskapai mengatakan, proses pencarian dan penyelamatan penumpang kini tengah dilakukan. Dalam salah satu pernyataannya, AirAsia menjelaskan, pesawat tersebut merupakan produk Airbus A320-200 yang beroperasi untuk Indonesia AirAsia.

Kontak terakhir dilakukan saat pilot pesawat meminta untuk naik ke ketinggian 38 ribu kaki demi menghindari awan. Sebelum itu, pesawat juga meminta untuk bergeser ke kiri.

Namun beberapa menit kemudian, pesawat mulai tak terlacak. Pada pukul 06.18 WIB, pesawat benar-benar menghilang dari radar. Hanya ada rencana penerbangan saja pada radar. Realisasinya, jejak si burung besi telah menghilang.(Sis/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

4. Pesawat AirAsia Hilang Usai 10 Tahun Perayaan Operasi di RI
Date/Time : 12/28/2014 12:38:31 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153154/pesawat-airasia-hilang-usai-10-tahun-perayaan-operasi-di-ri
 

Satu lagi insiden di dunia penerbangan nasional terjadi di Indonesia. Kali ini menimpa maskapai AirAsia bernomor penerbangan QZ8501 dengan rute Surabaya-Singapura yang telah hilang kontak seusai lepas landas dari Bandara Djuanda, Surabaya.

Menilik dari data dan sejarahnya, AirAsia telah resmi beroperasi di Indonesia sejak 2004. Tepatnya, maskapai ini telah 10 tahun berupaya ikut mencicipi pasar penerbangan nasional.

Pada Senin (8/12/2014) lalu, manajemen sempat merayakan 10 tahun keberadaan AirAsia di Indonesia dengan menggelar beragam kegiatan yang dikemas dalam satu rangkaian yang bertajuk ‘Ten Awesome Years’.

"AirAsia Indonesia telah membuktikan kiprahnya dalam memberikan alternatif penerbangan hemat yang menyenangkan dan memudahkan penumpang dengan tetap berkomitmen terhadap faktor keselamatan dan keamanan. Sepuluh tahun bukanlah waktu yang singkat bagi sebuah perusahaan khususnya maskapai penerbangan dalam melayani kebutuhan transportasi udara berkualitas kepada masyarakat," ujar Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko dalam keterangan pers saat itu.

Mengacu pada penelusuran Liputan6.com, selama satu dekade beroperasi di  Indonesia, kinerja AirAsia belum mengalami insiden besar di Indonesia. Bahkan tercatat, ini baru pertamakalinya pesawat miliknya hilang di wilayah terbang Indonesia.

Hilangnya pesawat ini dibenarkan manajmen. "Benar pesawat kami jurusan Surabaya Singapura dikabarkan hilang kontak," ungkap Corporate Communication Manager Air Asia Audrey Progastama Petriny kepada Liputan6.com.

Pesawat yang berangkat pukul 05.20 WIB dari Bandara Juanda itu dikabarkan berpenumpang 130 dewasa, 24 anak dan 1 bayi.

Pesawat tersebut diduga hilang kontak sekitar pukul 07.00 WIB. "Untuk lebih jelasnya nanti kami akan jumpa pers," ujar Audrey.(Nrm)

 



Back To Top Go To Bottom

5. Industri Karet Alam Kembali Sumringah Tahun Depan
Date/Time : 12/28/2014 12:01:56 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153082/industri-karet-alam-kembali-sumringah-tahun-depan
 

Industri karet alam diprediksi membaik tahun depan. Hal ini didukung meningkatnya permintaan dari negara-negara konsumen di tengah pasokan yang rendah, menurut Direktur Jenderal Malaysia Rubber Board (MRB) Datuk Dr Salmiah Ahmad.

Dia mengatakan prospek cerah bagi industri dipicu kenaikan permintaan China yang telah terjadi sejak tahun ini.
"Ini berarti permintaan akan melebihi pasokan dunia dari karet alam," katanya melansir laman Bernama, Minggu (28/12/2014).

Sebuah laporan Dana Moneter mengatakan permintaan global untuk karet alam akan meningkat 5,3 persen pada 2014 dan 2015.

The International Rubber Study Group melaporkan pasokan karet alam turun menjadi 2,5 juta ton pada Juni dari 3.060.000 ton yang terdaftar di bulan yang sama tahun lalu. "Oleh karena itu, MRB memperkirakan harga karet lebih kuat tahun depan," tambah dia.

Dia mengatakan negara-negara penghasil karet utama telah mengambil langkah-langkah untuk mengontrol setiap penurunan lebih lanjut pada harga karet.

"The International Tripartite Rubber Council (ITRC) anggota berkumpul pada bulan November untuk mengatasi dan mencari solusi untuk masalah yang dihadapi oleh produsen karet, terutama untuk menopang harga komoditas," kata Salmiah.

Pada Pertemuan ITRC Komite Menteri tahun ini, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam menunjukkan minat dalam agenda ITRC untuk memperkuat harga karet alam agar saling menguntungkan.

Malaysia, Indonesia dan Thailand  memproduksi 67 persen karet alam global. Sementara Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam baru sebesar 13 persen. "Negara-negara ini sangat sensitif terhadap penurunan harga karet petani menerima dampak maksimum," tambah dia.

Tentang dampak harga minyak pada industri, Salmiah mencatat bahwa selama bertahun-tahun, korelasi antara berbasis karet-produk dan minyak mentah telah diminimalkan.

"Akan ada dampak minimal pada harga karet disebabkan oleh harga minyak mentah dunia sebagai korelasi antara kedua komoditas telah berkurang karena pengganti yang digunakan dalam produk berbasis karet. (Nrm)




Back To Top Go To Bottom

6. AirAsia Hilang Kontak, Kemenhub Gelar Konferensi Pers Siang Ini
Date/Time : 12/28/2014 10:54:18 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153130/airasia-hilang-kontak-kemenhub-gelar-konferensi-pers-siang-ini
 

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membenarkan jika pesawat AirAsia bernomor penerbangan QZ8501 dengan rute Surabaya-Singapura telah hilang kontak. Pesawat itu bertolak dari Bandara Djuanda, Surabaya pada pagi hari.

Terkait ini, Kemenhub berencana menggelar konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta pada siang hari ini. "Betul, kami akan menjelaskan siang ini pukul 11.30 di Bandara Soekarno Hatta," kata Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Mudjiatmodjo saat dihubungi Liputan.com, Minggu (28/12/2014).

Sebelumnya pihak dari AirAsia juga membenarkan hal ini. "Benar pesawat kami jurusan Surabaya Singapura dikabarkan hilang kontak," ungkap Corporate Communication Manager Air Asia Audrey Progastama Petriny kepada Liputan6.com.

Pesawat yang berangkat pukul 05.20 WIB dari Bandara Juanda itu dikabarkan berpenumpang 130 dewasa, 24 anak dan 1 bayi.

Pesawat tersebut diduga hilang kontak sekitar pukul 07.00 WIB. "Untuk lebih jelasnya nanti kami akan jumpa pers," ujar Audrey.(Nrm)



Back To Top Go To Bottom

7. Kepanikan Baru Terjadi Bila Harga Minyak Sentuh US$ 40/Barel
Date/Time : 12/28/2014 10:27:57 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153107/kepanikan-baru-terjadi-bila-harga-minyak-sentuh-us-40barel
 

Harga minyak dunia tahun ini terus menunjukkan kemerosotan hingga menyentuh level di bawah US$ 60 per barel. Tak peduli berapapun penurunan harga minyak, Arab Saudi menegaskan bahwa OPEC tetap akan menahan produksi minyak di level 30 juta per barel.

Meski begitu, CEO Breitling Energy Chris Faulkner mengatakan, bahkan eksportir minyak terbesar di dunia itu juga punya batasan dalam menghadapi kemerosotan harga seperti sekarang.

"Saya rasa, kepanikan baru akan muncul saat harga minyak menyentuh level US$ 40 per barel. Mereka bisa mengatakan apapun yang diinginkan, tapi pada akhirnya tak ada yang mau terus mengalami kerugian," ungkapnya seperti dilansir dari CNBC, Minggu (28/12/2014).

Sejauh ini, Faulkner memprediksi harga minyak akan menguat kembali, sedikitnya ke level US$ 70 per barel hingga akhir 2015.

Tapi itu akan terjadi setelah harga minyak merosot hingga ke level terendah di kisaran US$ 50 per barel dan kemungkinan menguat di kuartal II tahun depan.

Dengan harga minyak global saat ini, Venezuela kemungkinan akan gagal membayar utangnya yang jatuh tempo pada Maret dan Oktober tahun depan.

Pada akhir pekan lalu, harga minyak mentah jenis Brent untuk pengiriman Februari diperdagangkan di bawah US$ 61 per barel.

Sementara itu, Faulkner memperkirakan, harga gas tetap berada di bawah US$ 5 hingga 2020. Itu lantaran sejumlah fundamental pasokan dan permintaan tampak tidak berubah secara signifikan.

Akhir pekan lalu, harga gas turun ke bawah US$ 3 untuk pertama kalinya sejak perdagangan pada 24 September 2012.(Sis/Nrm)



Back To Top Go To Bottom

8. Analis Ini Prediksi Harga Emas Membaik di Paruh Kedua 2015
Date/Time : 12/28/2014 9:32:18 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153075/analis-ini-prediksi-harga-emas-membaik-di-paruh-kedua-2015
 

Para investor dipastikan tengah menantikan prediksi harga emas di tahun depan. Maklum, emas selama ini menjadi alternatif investasi jika keadaan ekonomi global memburuk.

Setelah banyak analis pesimistis dengan kondisi harga emas, analis komoditas ini justru memperkirakan harga emas bisa menguat di paruh kedua tahun depan.

Ole Hansen, kepala strategi komoditas Saxo Bank, sedikit lebih optimis tentang pasar emas untuk tahun 2015 dibandingkan dengan analis lainnya. Hansen mengatakan harga emas bisa berada pada posisi US$ 1.250 per ounce di tahun depan.

Tapi untuk mencapai itu, harga emas harus berjuang dalam jangka pendek karena bahkan bisa menembus posisi terendah di 2014 dalam beberapa bulan mendatang.

Sebab itu, Hansen mendesak investor untuk tidak mengesampingkan investasi emas sebagai safe haven. Permintaan emas bisa membantu pasar emas pada awal 2015 sebagai imbas krisis ekonomi di Rusia dan Eropa.

Hansen memperkirakan bahwa harga emas bisa jatuh ke posisi US$ 1.100 atau bahkan US$ 1.080 per ounce pada awal 2015 di tengah tekanan dolar AS.

Permintaan untuk komoditas berdenominasi dolar seperti emas biasanya melemah pada penguatan greenback karena membuat logam lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya, menurunkan daya tarik lindung nilai tersebut.

"Saya masih berpikir kita akan berakhir lebih tinggi berdasarkan [yang] akhir [2015]. Sebagian besar kelemahan akan terlihat pada semester pertama tahun ini, yang ada hubungannya dengan kelemahan dalam harga energi," jelas dia melansir laman Ibtimes, Minggu (28/12/2014).

Di sisi lain, harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari berakhir di posisi US$ 22,10, atau 1,88 persen lebih tinggi menjadi US$ 1.196,30 per ounce pada 26 Desember. Namun, harga emas turun 0,04 persen secara mingguan. (Nrm)



Back To Top Go To Bottom

9. Top 5 Bisnis: Daftar Peserta Lolos CPNS Paling Dinanti
Date/Time : 12/28/2014 8:25:24 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153090/top-5-bisnis-daftar-peserta-lolos-cpns-paling-dinanti
 

Tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selalu menjadi momen yang dinanti. Jutaan orang berebut ingin menjadi PNS di negara ini. Kepastian penghasilan dan fasilitas yang memadai di hari tua menjadi daya tariknya.

Tak heran, pembukaan tes CPNS selalu menjadi hal paling diburu. Bila pelaksanaan tes selesai, mereka yang mengikutinya akan segera ingin mencari tahu apakah mereka berhasil menjadi pengabdi di negara ini.

Pengumuman tes CPNS 2014 pun menjadi artikel paling diburu pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Berikut daftar lengkap artikel paling dicari pembaca kami:


1. Data Teranyar! Daftar Peserta yang Lolos CPNS 2014 di 96 Instansi

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah mengumumkan hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 di 96 instansi yang terdiri dari 11 kementerian/lembaga, sembilan pemerintah provinsi (Pemprov), 76 pemerintah kota (Pemkot)/pemerintah kabupaten (Pemkab).

2.5 Perusahaan Paling Bahagia Sejagat di 2015

Kebahagiaan saat bekerja akan membantu meningkatkan produktivitas individu. Sebuah situs pencarian kerja CareerBliss pun mengungkapkan hasil penelitan mereka terhadap delapan faktor yang menjadi faktor kebahagiaan seseorang di pekerjaannya.

Keseimbangan kehidupan kerja, hubungan dengan bos, hubungan dengan rekan kerja, lingkungan kantor, sumber daya kerja, kompensasi, peluang untuk berkembang, dan budaya kantor merupakan delapan faktor kebahagiaan seperti yang dilansir dari laman Forbes, Sabtu (27/12/2014).

3. Faisal Basri: Penentuan Harga Premium Pakai Rumus Aneh

Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi mengungkapkan alasan penghapusan bahan bakar (BBM) untuk jenis premium atau setara RON 88 dan menggantinya dengan BBM RON 92.

Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi Faisal Basri menerangkan, formula harga untuk premium tidak jelas dan menggunakan rumus aneh karena tidak adanya patokan harga komoditas tersebut di pasar internasional.

4. Premium Dihapus, Mobil Mewah Jadi Penikmat BBM Subsidi

Pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) angkat bicara soal rencana Tim Reformasi Tata Kelola Migas untuk nmenghapus bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi RON 88 atau dikenal premium dan menggantinya dengan BBM RON 92 (pertamax).

Dengan begitu, RON 92 yang kualitasnya lebih baik dari premium bakal masuk dalam kategori BBM subsidi. Jika ini terjadi, mobil-mobil mewah yang selama ini memakai Pertamax bakal menjadi penikmat subsidi BBM yang dikucurkan pemerintah.

5. Anjlok di 2014, Ini Prediksi Harga Minyak Tahun Depan

Harga minyak dunia  tahun ini terus merosot hingga terpuruk di kisaran US$ 55-US$ 65 per barel. Munculnya Amerika Serikat (AS) sebagai produsen shale gias  terbesar dibarengi dengan penolakan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk memangkas jumlah produksinya menekan harga minyak.

Harga minyak Brent telah jatuh dari puncaknya di atas US$ 110 per barel pada enam bulan yang lalu ke level $ 59,5 per barel. Sementara harga minyak West Texas Intermediate (WTI) telah jatuh dari US$ 101 ke US$ 53,94 pada periode yang sama. (Nrm)



Back To Top Go To Bottom

10. Dalam 3 Hari, Gelandangan Ini Raup Rp 1,2 Miliar dari Internet
Date/Time : 12/28/2014 7:30:11 AM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2153078/dalam-3-hari-gelandangan-ini-raup-rp-12-miliar-dari-internet
 

Internet bisa menjadi benda yang kejam dan juga tempat yang penuh cacian. Tapi jangan salah, internet juga diisi dengan banyak orang luar biasa dengan berbagai niat baiknya.

Thomas, gelandangan berhati mulia ini merupakan bukti nyata betapa internet bisa menjadi wadah bagi siapapun untuk berbuat baik. Bayangkan saja, hanya dalam tiga hari, Thomas sang gelandangan telah menerima donasi hingga berjumlah US$ 103 ribu atau Rp. 1,28 miliar. (kurs: Rp 12.409/US$)

Mengutip Business Insider, Minggu (28/12/2014), donasi tersebut masih bisa terus meningkat mengingat periode sumbangan berlangsung selama 30 hari. Sementara program donasi baru berjalan selama tiga hari saja.
Sejauh ini tercatat sebanyak 5.155 orang telah berpartisipasi menyumbangkan uangnya untuk gelandangan tersebut.

Guyuran donasi berjumlah hingga miliaran rupiah ini berawal dari video seorang pria bernama Josh Paler Lin yang diunggah ke YouTube. Video yang diambil secara diam-diam itu menyoroti kegiatan harian seorang gelandangan bernama Thomas.

Di hari pertama, video tersebut telah menyedot hampir 2 juta penonton. Kini setelah sepekan berlalu, video tersebut telah ditonton 22 juta pengunjung YouTube.

Awalnya, Lin ingin mengetahui apa yang terjadi jika Anda memberikan uang US$ 100 atau Rp 1,2 juta pada seorang gelandangan. Secara acak, pilihan sumbangan US$ 100 itu akhirnya jatuh pada Thomas.

Thomas sempat menolak sumbangan itu karena jumlahnya terlalu besar walaupun kemudian menerima uang tersebut karena Lin agak memaksa. Setelah itu, secara diam-diam, Lin mengikuti Thomas sambil merekam kegiatannya.

Tak lama setelah menerima uang, Thomas langsung menuju sebuah toko makanan. Thomas lalu membeli sejumlah makanan yang kemudian dibagikan pada para gelandangan lain di dekat taman. Orang-orang yang bahkan tidak dikenalinya.

Melihat semua itu, Lin sangat tersentuh dan tentu saja terkejut. Dia akhirnya keluar dari persembunyian dan meminta maaf karena telah merekam kegiatan Thomas secara diam-diam.

Dia lalu meminta Thomas menceritakan kisahnya hingga menjadi gelandangan. Rupanya Thomas sudah empat bulan tinggal di jalanan.

Thomas berhenti bekerja karena harus mengurus kedua orangtuanya yang sakit-sakitan. Beberapa minggu yang lalu, kedua orangtuanya meninggal dalam waktu yang berbeda.

"Banyak orang menjadi korban kekerasan hidup dan menjadi gelandangan bukan karena dia malas. Banyak orang baik yang akhirnya harus hidup sebagai gelandangan," tuturnya.

Dengan aksi donasinya di internet melalui video Thomas, Lin sudah tidak sabar mengabarkan Thomas mengenai uang yang dikumpulkannya untuk sang gelandangan.(Sis/Nrm)



Back To Top Go To Bottom