Search Channels
 for 
 

Free Diary Software

What Credit Card Should I Get?

Online RSS Preview
(Content viewed with Online RSS Viewer; converting raw RSS feeds into nicely formatted webpages everytime!)
 
 
 
Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Show/Hide Channel Info RSS Channel Source Add To My Channels | Hide All Content Show All Content
 
Hide Channel Info Channel Info

Berita Harian Bisnis, Ekonomi, Pasar Modal Dan Perbankan Indonesia
Author : -
Overview : Berita Bisnis Liputan6.com menyajikan kabar berita terkini dunia bisnis dan investasi, ekonomi, pasar modal hingga perbankan Indonesia
Language : English
Last Updated : 7/29/2014 8:43:33 PM
Website : http://bisnis.liputan6.com/


View Channel View Channel

1. OJK Imbau Bank BUMN Harus Konsolidasi
Date/Time : 7/29/2014 7:40:40 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084612/ojk-imbau-bank-bumn-harus-konsolidasi
 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perbankan pelat merah untuk melakukan konsolidasi baik secara institusional maupun strategis. Langkah tersebut telah mendapat lampu hijau dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad mengatakan, pihaknya terus mengupayakan konsolidasi 119 bank kecil, baik dengan penggabungan maupun akuisisi.

"Termasuk bank-bank asing di Indonesia, kalau pemiliknya sama atau ada dua sampai tiga bank lebih baik dikonsolidasikan. Jadi diharapkan lebih banyak merger dan peningkatkan kapasitas modal supaya mereka bisa bersaing," terang dia saat ditemui di rumahnya, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Meningkatkan modal, Muliaman menambahkan, dapat diperoleh dengan masuk ke pasar modal seperti melepas saham perdana ke publik atau Innitial Public Offering/IPO, dan strategic partner.

OJK, lanjut Muliaman, juga mengharapkan terjadinya konsolidasi di perbankan BUMN. Kondisi ini sangat mendesak untuk menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN perbankan di 2020.

"Konsolidasi bank BUMN harus sesegera mungkin. Caranya bisa dengan konsolidasi institusional (merger, akuisisi) dan strategi. Kalau institusional perlu waktu, bisa dengan konsolidasi strategi," tutur Muliaman.

Muliaman mengatakan, konsolidasi strategi bisa dalam bentuk pembagian tugas yang jelas dari sisi operasional sehingga bank akan mendapatkan lebih banyak manfaat, seperti pembiayaan kredit di sektor-sektor tertentu.

"Tujuannya agar tidak terjadi tumpang tindih, jangan jeruk makan jeruk. Karena di daerah, persaingan bank-bank pelat merah itu head to head. Jadi tugas jelas, efisiensi meningkat, mengembangkan sumber daya manusia, Informasi Teknologi (IT)," papar Muliaman.

Dia mengaku, pihaknya telah membicarakan rencana ini kepada Dahlan Iskan. "Bicara dengan Pak Dahlan sudah. Dia sangat setuju, bahkan menepuk-nepuk bahu saja," ujar Muliaman.

Sayangnya, dia belum mau membeberkan target realisasi konsolidasi baik untuk perbankan kecil maupun bank-bank BUMN. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

2. RI Kalah Lawan Newmont, Biaya Arbitrase Jatuh ke Jokowi
Date/Time : 7/29/2014 6:50:38 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084588/ri-kalah-lawan-newmont-biaya-arbitrase-jatuh-ke-jokowi
 

Ekonom Standard Chartered, Fauzi Ichsan mengkhawatirkan perlawanan pemerintah Indonesia terhadap gugatan arbitrase PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT). Pasalnya jika kalah, maka biaya arbitrase yang cukup mahal akan dibebankan pada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Yang dikhawatirkan kalau Indonesia kalah, seperti arbitrase lawan Newmont, maka biayanya jatuh ke tangan Jokowi. Kalah arbitrase di WTO soal impor produk hortikultura, dan sebagainya," ujar Fauzi di Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Dia mengaku, ada beberapa kasus arbitrase yang sedang dihadapi Indonesia saat ini. Dan keputusannya akan melibatkan pemerintahan Jokowi.

"Sekarang saja Indonesia digugat Amerika Serikat dan New Zealand di WTO. Jadi sangat penting bagi pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono untuk berkonsultasi dulu dengan tim ekonomi Jokowi supaya memastikan risiko yang dihadapi pemerintahan Jokowi nggak terlalu besar," tukas Fauzi.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia sedang menyiapkan jawaban gugatan arbitrase Newmont. Bahkan jika tak menarik gugatan tersebut, pemerintah mengancam akan menggugat balik perusahaan tambang tersebut.

Newmont Nusa Tenggara dan pemegang saham mayoritasnya, Nusa Tenggara Partnership B.V. (NTPBV), suatu badan usaha yang terdaftar di Belanda, mengajukan gugatan arbitrase internasional terhadap Pemerintah Indonesia terkait larangan ekspor yang diterapkan di Tanah Air.

Dalam gugatan arbitrase yang diajukan kepada the International Center for the Settlement of Investment Disputes, Newmont dan NTPBV menyatakan maksudnya untuk memperoleh putusan sela yang mengizinkan untuk dapat melakukan ekspor konsentrat tembaga agar kegiatan tambang Batu Hijau dapat dioperasikan kembali. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

3. Kriteria Menteri di Kabinet Jokowi-JK
Date/Time : 7/29/2014 6:10:48 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084571/kriteria-menteri-di-kabinet-jokowi-jk
 

Ekonom Standard Chartered, Fauzi Ichsan menyebut beberapa kriteria untuk menduduki posisi sebagai Menteri di Kabinet pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) periode 2014-2019. Khususnya bagi Menteri Keuangan (Menkeu) dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sebagai ujung tombak pemerintahan.

Dirinya mencontohkan kriteria tepat bagi seorang Menkeu, salah satunya harus diisi oleh sosok teknokrat yang handal dan pernah menghadapi krisis ekonomi besar.

"Figurnya harus yang berpengalaman, dan pernah menghadapi krisis besar di 1998, 2005 dan 2008 sebagai pengambil keputusan dan regulator, bukan dari luar," ungkap dia ditemui saat Halal Bihalal di Kediaman Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad, Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Kriteria tersebut, kata Fauzi, sangat diperlukan mengingat kompleksitas Kementerian Keuangan yang luar biasa besar karena mengurusi persoalan fiskal dan penerimaan negara seperti Pajak dan Bea Cukai.

Di samping itu, dia juga berharap besar pada sosok yang akan menempati jabatan sebagai Menko Perekonomian. Fauzi menilai, orang ini harus merupakan mantan menteri ekonomi yang disegani oleh menteri ekonomi lain.

"Menko juga diharapkan dari kalangan mantan menteri ekonomi yang di respect atau dihargai menteri ekonomi lain. Karena Menko Perekonomian nggak memiliki wewenang legal, dan eksekutif. Hanya wewenang moril saja," papar Fauzi.

Sedangkan jabatan menteri lain, kata Fauzi, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Perdagangan dan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) harus diduduki oleh para teknokrat dan kalangan profesional.

"Misalnya kebijakan perdagangan banyak unsur hukum yang harus diperhatikan, seperti dengan Organisasi Perdgangan Dunia (World Trade Organization/WTO), Bilateral Agreement dan lainnya. Sekarang saja Indonesia digugat Amerika Serikat dan New Zealand di WTO," terang Fauzi. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

4. Pemerintah Diam, Pedagang Permainkan Harga
Date/Time : 7/29/2014 5:15:17 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084566/pemerintah-diam-pedagang-permainkan-harga
 

Pengamat Ekonomi, Aviliani mengakui keberhasilan pemerintah dalam meredam gejolak harga bahan pangan di pasar sehingga inflasi lebih terkendali. Dengan kondisi ini, inflasi diperkirakan di level 0,3 persen pada Juli 2014.

"Ini pintarnya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menjaga pasar sehingga tidak terjadi kenaikan. Sehingga inflasi Juli ini diperkirakan kecil sekitar 0,3 persen," papar dia ditemui saat Halal Bihalal di Kediaman Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad, Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Aviliani menilai, perkiraan ini ditopang oleh kecukupan stok bahan pangan, dan stabilitas harga. Masyarakat, tambah dia, semakin pintar dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama saat harga mengalami lonjakan.

"Kalau harga daging di pasar tradisional tinggi, mereka beli di pasar modern. Selain itu, stok bawang melimpah karena lagi panen jadi nggak ada masalah," ujar Aviliani.

Dia menjelaskan, kenaikan tarif listrik yang terjadi di awal Mei ini belum berdampak ke inflasi Juli. Namun diprediksi akan berkontribusi pada inflasi September 2014.

"Saya dengar, pengusaha juga belum menaikkan harga sampai akhir tahun ini karena kenaikan tarif listrik. Jadi mungkin naik di awal tahun depan," papar Aviliani.

Dia menyarankan agar pemerintah terus berperan aktif dalam pengendalian harga dan inflasi supaya para pedagang tak berani bermain harga.

"Memang inflasi Lebaran kali ini nggak melonjak dibanding Lebaran sebelumnya. Karena pemerintah dari pekan ke pekan selalu umumkan (stok dan harga) jadi pasar nggak berani simpan-simpan barang. Pemerintah kalau diam sedikit terus mereka nanti mainin harga lagi," ungkapnya. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

5. Jumlah Pemudik dari Pelabuhan Ketapang Naik 38%
Date/Time : 7/29/2014 4:32:15 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084498/jumlah-pemudik-dari-pelabuhan-ketapang-naik-38
 

PT ASDP Indonesia mencatat ada sebanyak 22 kapal dengan 139 perjalanan yang telah menyeberangkan 25.055 penumpang dari 28 Juli pukul 08.00 WIB hingga 29 Juli pukul 08.00 WIB di Pelabuhan Ketapang.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia, Christine Hutabarat menuturkan, jumlah penumpang yang diseberangkan dari pelabuhan Ketapang, Jawa Timur naik 38 persen dari 18.210 orang pada 2013 menjadi 25.055 penumpang pada 2014.

Selain itu, kapal yang beroperasi juga telah menyeberangkan 1.071 unit kendaraan roda dua, jumlah ini naik 21 persen dari 884 unit pada 2013. Lalu 3.663 unit kendaraan roda empat campuran, dan jumlah kendaraan ini naik 32 persen dari 2.774 unit pada 2013.

"Kondisi di pelabuhan Ketapang terpantau ramai lancar dengan dominasi antrean kendaraan roda empat di dalam pelabuhan dengan kondisi cuaca berawan dan ketinggian gelombang normal," ujar Christine, seperti dikutip dari keterangan yang diterbitkan, Selasa (29/7/2014).

Sedangkan di pelabuhan Gilimanuk, ada 135 perjalanan telah dicapai dengan mengoperasikan 23 kapal yang telah menyeberangkan 27.291 orang penumpang. Jumlah ini turun delapan persen pada 2014 dari jumlah penumpang sekitar 29.671 orang pada 2013.

Kemudian, 4.723 unit kendaraan roda dua turun tipis 0,7 persen pada 2014 dari periode sama sebelumnya 4.754 unit kendaraan pada 2013. 3.126 unit kendaraan roda empat campuran turun 10 persen dari 3.489 unit kendaraan pada 2013.

Christine menambahkan, kondisi cuaca cerah dan ketinggian gelombang normal di pelabuhan Gilimanuk. "Saat ini situasi di pelabuhan terpantau lenggang dan tidak ada antrean kendaraan," ujar Christine. (Yas/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

6. Cegah Upaya Penyendupan, Bea Cukai Tetap Melayani Saat Lebaran
Date/Time : 7/29/2014 3:45:26 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084469/cegah-upaya-penyendupan-bea-cukai-tetap-melayani-saat-lebaran
 

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan tetap melakukan pelayanan saat perayaan hari raya Idul Fitri 1435 H.

"Walaupun libur Idul Fitri proses pelayanan tetap 24 jam. Pelayanan terbagi dalam dua shift pagi dan malam," ujar Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tanjung Priok Baiduri Wijayanta, seperti ditulis Selasa, (29/7/2014).

Pelaksanaan posko pelayanan 24 jam selama 7 hari terus menerus dilakukan tidak hanya saat liburan Lebaran kali ini, tetapi sudah dilakukan sejak pencanangan Bea Cukai Tanjung Priok sebagai Kantor Pelayanan utama pada 2007.

Wijayanta menambahkan, meski aktivitas pelayanan berkurang dan cenderung sepi, tidak mengendurkan semangat para petugas untuk tetap melakukan pengawasan di lapangan.

Hal senada dikatakan, Kepala Sekti Penindakan dan Penyidikan Bea dan Cukai Soekarno Hatta, Tony Riduan ketika Direktur Jenderal Bea dan Cukai Agung Kuswandono juga melakukan kunjungan di Bandara Soekarno Hatta.

Peninjauan dilakukan ke terminal kedatangan penumpang dari luar negeri (2D dan 2E), serta pelaksanaan pelayanan dan pengawasan di Gudang Cargo Bandara. Di kedua kantor itu, Agung berpesan agar tetap melakukan pelayanan dengan sebaik-baiknya dan tetap meningkatkan pengawasan terhadap upaya-upaya penyelundupan barang larangan, narkotika, dan barang berbahaya. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

7. Bankir: ATM Tak Pernah Kosong, Uang Tunai Aman Selama Idul Fitri
Date/Time : 7/29/2014 2:48:08 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084514/bankir-atm-tak-pernah-kosong-uang-tunai-aman-selama-idul-fitri
 

Perbankan telah memasok uang tunai puluhan triliun rupiah selama periode Lebaran. Para bankir pun memastikan tak ada kekosongan uang tunai di sejumlah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA), Jahja Setiaatmadja menyatakan, pasokan uang tunai sampai dengan hari kedua Lebaran ini terbilang aman.

"Aman, nggak akan kehabisan di mesin ATM. Kan itu dijagain sampai 24 jam," ungkap dia ditemui saat Halal Bihalal di Kediaman Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad, Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Meski tak mengetahui secara pasti jumlah uang tunai Lebaran yang sudah digelontorkan hingga saat ini, Jahja mengaku, kondisi saat ini lebih tenang.

"Sekarang sih sudah jauh lebih tenang, karena puncak (penarikan uang tunai paling banyak) saat H-1 Lebaran. Jadi kami standby terus," terang dia.

Sekadar informasi, BCA memasok uang tunai hingga Rp 50 triliun demi memenuhi kebutuhan nasabah menyambut Lebaran.

Di tempat yang sama, Wakil Direktur Utama, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Felia Salim mengatakan pihaknya mengalokasikan uang tunai Lebaran senilai Rp 14,4 triliun.

"Sampai sekarang saya belum dapat datanya berapa yang sudah terserap, tapi ada peningkatan dibanding tahun-tahun sebelumnya sekitar 20 persen. Yang penting sistem aman dan ATM nggak sampai kosong," cetusnya. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

8. Zillow Beli Trulia Senilai US$ 3,5 Miliar
Date/Time : 7/29/2014 2:32:08 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084559/zillow-beli-trulia-senilai-us-35-miliar
 

Dalam kurun waktu sembilan tahun terakhir,  Zillow dan Trulia telah berkompetisi di bisnis online real estate. Namun setelah enam minggu melakukan negosiasi, kedua perusahaan sepakat untuk merger.

Pada awal pekan ini, Zillow membeli saham Trulia senilai US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 40,52 triliun (asumsi kurs Rp 11.577 per dolar Amerika Serikat/AS). Langkah akuisisi itu akan menciptakan repositori raksasa online untuk real estate.

Berdasarkan ketentuan, Zillow akan membayar 0.444 per saham di Trulia. Berdasarkan harga penutupan saham Jumat 25 Juli 2014, penawaran saham itu bernilai US$ 70,53 saham Trulia, dan penawaran saham itu merupakan harga premium sekitar 25 persen.

Dengan penggabungan usaha ini, keduanya akan mendominasi traficc untuk bisnis perumahan online. Menurut comScore, Zillow melaporkan sekitar 83 juta pengguna baik di web dan mobile internet pada bulan lalu. Sementara itu, Trulia melaporkan 54 juta pengguna, yang gabungan web dan mobile dari total pengguna internet.

"Masing-masing perusahaan sudah mengenal satu sama lain dengan baik. Kami sudah bersaing selama sembilan tahun, dan saya selalu memiliki rasa hormat untuk mereka," ujar Spencer Rascoff, Chief Executive seperti dikutip dari laman Yahoofinance, Selasa (29/7/2014).

Menurut Rascoff, aksi korporasi ini membuat sedikit tumpang tindih dengan sekitar setengah pengguna web Trulia tidak mengunjungi Zillow. Trulia memiliki keunggulan menarikan lebih banyak pengunjung terutama penjual rumah berpotensial. Sementara itu, Zillow lebih dikenal sebagai pemain yang menghadirkan fitur berapa nilai sebuah properti.

Rascoff menambahkan, pihaknya mendekati Trulia mengenai akuisisi sekitar enam minggu lalu. Rencananya pun mendapatkan tanggapan baik dari Trulia.

Tim manajemen Trulia yang dipimpin Peter Flint pun bersedia untuk bernegosiasi. Mereka pun meminta kesepakatan agar pemegang saham juga mendapatkan keuntungan dari merger.

Dengan penggabungan perusahaan ini diharapkan ada penghematan biaya sekitar US$ 100 juta pada 2014. Zillow baru pun akan mengembangkan platform lebih besar untuk penjual, agen real estate, pengiklan dan lainnya.

Sebelum melirik Trulia, Zillow telah membeli StreetEasy dan situs pencarian apartemen HotPads pada 2013. Sementara Trulia membeli Market Leader senilai US$ 310 juta. Rascoff mengatakan, tujuan Zillow melakukan aksi korporasi itu untuk menciptakan sebuah portofolio properti real estate.

Untuk melakukan aksi korporasi ini, Zillow dibantu oleh Goldman Sachs dan firma hukum Shearman and Sterling and Perkins Coie. Sedangkan Trulia dibantu oleh JP Morgan Chaset and Qatalyst Partners, dan firma hukum Goodwin Procter and Wilson Sonsini Goodrich and Rosat.

Kesepakatan penggabungan usaha ini mendorong harga saham kedua perusahaan menguat pada penutupan perdagangan saham Senin waktu setempat. Saham Trulia melonjak 15,4 persen menjadi US$ 65,04. Lalu saham Zillow menguat 0,9 persen menjadi US$ 160,32. (Ahm/)



Back To Top Go To Bottom

9. Harga BBM Naik 40% Lebih Baik di Pemerintahan Jokowi
Date/Time : 7/29/2014 1:30:48 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084510/harga-bbm-naik-40-lebih-baik-di-pemerintahan-jokowi
 

Usulan Tim Ekonomi Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) yang mendesak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi untuk berbagi tugas menaikkan harga Bahan Bakar Minyak  (BBM) bersubsidi masing-masing 20 persen ditentang oleh Pengamat Ekonomi, Aviliani.

Menurut Aviliani, tak perlu ada pembagian tugas dalam menyesuaikan harga BBM antara pemerintahan saat ini dan mendatang.

"Langsung saja naikkan semuanya, (40 persen)," kata dia ditemui saat Halal Bihalal di Kediaman Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad, Jakarta, Selasa (29/7/2014).

Aviliani menegaskan, pemerintah harus mulai berani mengalihkan subsidi dari barang ke orang yang membutuhkan, terutama masyarakat miskin dan hampir miskin.

Kenaikan harga BBM, tambahnya, harus dilakukan pada pemerintahan Jokowi-JK. "Di pemerintahan Jokowi lah, kalau naikkan harga BBM di pemerintahan sekarang sudah nggak mungkin," tandas dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung (CT), kenaikan harga BBM dapat ditempuh di pemerintahan saat ini dan mendatang. "Bisa juga sebagian ditempuh pemerintahan saat ini, dan sebagian ditempuh pemerintahan yang akan datang," papar dia.

Namun CT menilai, opsi berbagi tugas ini agak sulit dilakykan di masa transisi sekarang. "Agak sulit bagi pemerintah yang berumur tinggal 2,5 bulan untuk mengambil kebijakan kenaikan harga BBM," tukasnya. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom

10. Menteri Ini Belajar Stabilkan Harga dari Soeharto
Date/Time : 7/29/2014 12:38:29 PM
Direct link : http://bisnis.liputan6.com/read/2084420/menteri-ini-belajar-stabilkan-harga-dari-soeharto
 

Pemerintah memperkirakan laju inflasi pada Juli ini akan berada di bawah satu persen. Di balik optimistis tersebut, ada cerita menarik yang dikisahkan Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung atau CT mengenai caranya dalam menstabilkan harga guna menekan inflasi serendah mungkin.

Dalam kesempatan halal bi halal, seperti ditulis Selasa (29/7/2014), CT memprediksi inflasi bulan ketujuh tahun ini akan berada di level 0,8 persen.

"Saya sudah ngecek ke Badan Pusat Statistik (BPS) di mana sampai minggu ketiga masih 0,7 persen. Mudah-mudahan jika dalam dua atau tiga hari ini nggak ada apa-apa, inflasi bisa di bawah satu persen atau 0,8 persen," ungkapnya di Jakarta.

Jika ini terjadi, CT mengklaim, inflasi Lebaran 2014 ini merupakan yang terendah selama pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Dia mengakui, kebijakan pengetatan moneter oleh Bank Indonesia mempengaruhi permintaan. Namun, lanjutnya, berkat koordinasi baik dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian, maka harga-harga bahan pangan cenderung stabil.

"Kami juga mengontrol spekulan-spekulan. Jujur saja, saya memang ngancem-ngancem sedikit," ucapnya.

Selain itu, pengendalian harga yang berdampak pada inflasi sangat cepat dilakukan pemerintah karena ditopang dari latar belakang CT sebagai pengusaha. Pemilik supermarket modern Carrefour ini, mengaku langsung bergerak ketika terjadi perubahan harga bahan pangan di pasar.

"Saya ini orang pasar, jadi ketika ada pergerakan sedikit saja saya tahu. Misalnya waktu harga daging ayam dan telur ayam naik, saya langsung bergerak. Bilang ke Menteri Perdagangan. Ini kebijakan saya yang paling berhasil," klaim dia.

Akibat keberhasilannya menjaga stabilisasi harga ini, CT mengatakan, dirinya kerap memperoleh pujian dari para Ibu.

"Tadi saya terima banyak pujian dari Ibu-ibu. Pembantu saya yang pulang kampung pun ikut dapat pujian di kampungnya. Di sinilah saya mempelajari betul kenapa Pak Soeharto bisa sampai 32 tahun berkuasa? Karena harga-harga ditekan," tutupnya. (Fik/Ahm)



Back To Top Go To Bottom